Proyek Ecoprint dalam Pembelajaran di Sekolah Dasar pada Era Kurikulum Merdeka: Tinjauan Literatur Sistematis

Authors

  • Muh. Saiful Mudawwam Universitas Negeri Surabaya image/svg+xml
  • Wahono Widodo Universitas Negeri Surabaya image/svg+xml
  • Nadi Suprapto Universitas Negeri Surabaya image/svg+xml
  • Hendratno Universitas Negeri Surabaya image/svg+xml
  • Nurul Istiq’faroh Universitas Negeri Surabaya image/svg+xml

DOI:

https://doi.org/10.53682/jpjsre.v5i2.10472

Keywords:

Independent Curriculum, Project Based Learning (PjBL), Project for Strengthening Pancasila Student Profiles (P5), Ecoprint, Elementary School.

Abstract

Ecoprint< em> sebagai suatu teknik pewarnaan alami yang menggunakan bagian bagian tumbuhan seperti daun bunga maupun kulit kayu yang digunakan untuk mencetak pola pada media kain atau kertas Penelitian ini menggunakan metode tinjauan literatur sistematis yang < em>membahas kerelevansian proyek ecoprint < em>dengan pembelajaran berbasis proyek Project Based Learning PjBL < em>dalam kerangka Kurikulum Merdeka Penelitian ini menawarkan kontribusi baru dengan menggunakan artikel atau jurnal publikasi tahun 2022 2024 yang bertujuan untuk meninjau secara kritis dan komprehensif beberapa penelitian yang sudah ada terkait implementasi pembelajaran berbasis proyek melalui kegiatan membatik melalui teknik ecoprint < em>dengan subjek siswa sekolah dasar Dari beberapa artikel atau jurnal penelitian yang terpilih penulis menemukan beberapa cakupan mengenai tujuan kegiatan kerelevansian kegiatan dengan mata pelajaran serta hasil akhir atau umpan balik dari kegiatan Masalah umum yang sering muncul pada artikel artikel tersebut adalah tidak adanya aspek keberlanjutan Banyak peneliti yang lebih memfokuskan pada teori langkah langkah serta hasil akhir dari proyek ecoprint < em>yang dipresentasikan atau dilaporkan Setelah pelaksanaan dan pelaporan kegiatan selesai dilakukan hal yang mungkin memengaruhi siswa adalah timbulnya ketidakkonsistenan dalam keterampilan berkelanjutan pembiasaan pola pikir dalam kehidupan sehari hari atau hanya menjadi pengalaman sesaat Hasil dari penelitian tinjauan literatur ini memberikan rekomendasi penting untuk mengintegrasikan aspek keberlanjutan dalam implementasi Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila P5 menggunakan pendekatan pembelajaran berbasis proyek di pendidikan dasar sehingga dapat memperkuat dampak positif dari proyek ecoprint pada pembelajaran siswa Kesimpulan dari penelitian ini adalah peningkatan keterlibatan siswa dan pemahaman tentang isu isu lingkungan serta efektivitas dari pembelajaran berbasis proyek < p>

References

Amaliyah N Indri D B 2024 Efektivitas Metode Proyek melalui kegiatan Ecoprint untuk Meningkatkan Kreativitas Anak di Kelompok B Ra Putra Harapan Gondang JICN: Jurnal Intelek dan Cendikiawan Nusantara 1 4 5202 5212 https: jicnusantara com index php jicn

Azizah N 2024 Implementasi Pelmbelajaran Berbasis STEAM melalui Pelatihan Pembuatan Ecoprint untuk Mengembangkan Kreativitas Siswa pada Abad 21 Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar 9 2

Creswell J W 2014 Research Design: Research Design Qualitative Quantitative and Mixed Methods Approaches

Damayanti A 2024 Implementasi Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila P5 dalam Membentuk Karakter Budaya pada Siswa Kelas 5 di SD Islamic Center Samarinda Digital Repository Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda

Firdaus Z Sutama S 2021 Public Relations Sebagai Taktik Politik Kepemimpinan di Dunia Pendidikan Didaktis: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Pengetahuan 21 1

Ika 2023 Project Kebekerjaan P5 dengan Tema Ecoprint SMK Negeri 2 Magelang https: smkn2mgl sch id read 411 proje ct kebekerjaan p5 dengan tema ecoprint

Kamaruddin I Suarni E Rambe S Sakti B P S Rachman R S Kurniadi P 2023 Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Proyek Dalam Pendidikan: Tinjauan Literatur Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran JRPP 6 4 2742 2747 https: doi org 10 31004 jrpp v6i4 22138

Kurniawan B et al 2024 Dinamika Penerapan Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar: Tinjauan Literatur Sistematis Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru 9 3 1672 1678

Manshur M I et al 2023 Pelatihan Pembuatan Ecoprint pada Totebag sebagai Pengembangan Kreativitas bagi Anak Sekolah Dasar Journal of Community Services 1 1 https: annpublisher org ojs index php abdisci

Masdalipa et al 2024 Program Pelatihan Ecoprint dan P5 dengan Tema Gaya Hidup Berkelanjutan Mendaur Ulang Sampah Kresek di SDN 4 Baturiti Fashionista: Jurnal Desain Mode 2 1 https: jurnal idbbali ac id index php fashionista

Mawarni P Y 2023 Pengenalan Kearifan Lokal melalui Pelatihan Pembuatan Batik Ecoprint pada Siswa Sekolah Dasar SDN Pangur 1 Ngawi Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar 8 2

Mitasari Z et al 2023 Pelatihan Pembuatan Ecoprint Hapazome untuk Siswa Madrasah Tsanawiyah GERVASI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 7 3 2598 6155

Millati N A 2023 Bab II Landasan Teori Kurikulum Merdeka IAIN Kudus http: repository iainkudus ac id

Novitasari S A 2023 Penerapan Pembelajaran Berbasis Proyek di Luar Kelas: Memperkuat Keterlibatan Siswa Melalui Pembelajaran di Komunitas Lokal Jurnal Pendidikan West Science 1 04 248 257 https: doi org 10 58812 jpdws v1i4 462

Peraturan Perundang undangan Undang undang UU Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional Sisdiknas

Pristiwanti D Badariah B Hidayat S Dewi R S 2022 Pengertian Pendidikan Jurnal Pendidikan Dan Konseling JPDK 4 6 7911 7915

Rini R Y et al 2024 Pembelajaran Proyek Berbasis Ecoprint dalam menstimulasi kreativitas anak Sekolah Dasar Undar Andir KREATIF: Jurnal Pengabdian Masyarakat Nusantara 4 3 https: doi org 10 55606 kreatif v4i3 4202

Sari D C Muthmainnah M 2023 Implementasi Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila melalui Kegiatan Membatik Ecoprint Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 7 5 https: doi org 10 31004 obsesi v7i5 52

Sidik S Tanipu F Solapari N Assabana M S Rahman R 2023 Konsep Pendidikan Keadilan Gender di dalam Sistem Pendidikan Indonesia Studi Komparasi Pemikiran M Quraish Shihab dan KH Husein Muhammad JIIP Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan 6 4 https: d1wqtxts1xzle7 cloudfront net 1

Sugianto H et al 2024 Pelatihan Ecoprint untuk Wali Murid dan Peserta Didik di UPT SDN 2 Sebagai Penerapan P5 PANCASONA: Pengabdian dalam Cakupan Ilmu Sosial dan Humaniora 3 1 2985 6213

Tania W Wardani N S 2024 Upaya Peningkatan Keaktifan Belajar IPAS melalui PjBL Peserta Didik Kelas 4 Sekolah Dasar Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang 10 1

Tarigan Mardinal et al 2022 Filsafat Pendidikan Ki Hajar Dewantara dan Perkembangan Pendidikan di Indonesia Mahaguru: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar 3 1 149 159 https: ummaspul e journal id

Taqiyyah F Rondl W S 2024 Penguatan Nilai Kreativitas melalui Pembuatan Batik Ecoprint untuk Melestarikan Kearifan Lokal pada Kegiatan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Siswa Sekolah Dasar Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang 10 2

Tuerah R M S Tuerah J M 2023 Kurikulum Merdeka dalam Perspektif Kajian Teori: Analisis Kebijakan untuk Peningkatan Kualitas Pembelajaran di Sekolah Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan https: jurnal peneliti net index php JIWP

Widiantoro S 2020 Pengembangan Model Pembelajaran Ecoprint untuk Meningkatkan Keterampilan Abad 21 di Sekolah Dasar Jurnal Didaktika Pendidikan Dasar 4 3 759 778 doi:10 26811 didaktika v4i3 142

Widiyaningsih N 2024 Peningkatan Kreativitas Siswa Melalui Model Pembelajaran Project Based Learning pada Materi Teknik Membatik Siswa Kelas VI Sekolah Dasar Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar 9 1 https: doi org 10 23969 jp v9i1 11321

Zuni M et al 2023 Pelatihan Pembuatan Ecoprint Hapazome untuk Siswa Madrasah Tsanawiyah GERVASI: Jurnal Pengabdian Masyarakat 7 3 3https: doi org 10 31571 gervasi v7i3 6213

Published

2024-12-28

How to Cite

Proyek Ecoprint dalam Pembelajaran di Sekolah Dasar pada Era Kurikulum Merdeka: Tinjauan Literatur Sistematis. (2024). JURNAL PARADIGMA : Journal of Sociology Research and Education, 5(2), 880 890. https://doi.org/10.53682/jpjsre.v5i2.10472