Proyek Ecoprint dalam Pembelajaran di Sekolah Dasar pada Era Kurikulum Merdeka: Tinjauan Literatur Sistematis

Authors

  • Muh. Saiful Mudawwam Universitas Negeri Surabaya
  • Wahono Widodo Universitas Negeri Surabaya
  • Nadi Suprapto Universitas Negeri Surabaya
  • Hendratno Universitas Negeri Surabaya
  • Nurul Istiq’faroh Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.53682/jpjsre.v5i2.10472

Keywords:

Independent Curriculum, Project Based Learning (PjBL), Project for Strengthening Pancasila Student Profiles (P5), Ecoprint, Elementary School.

Abstract

Ecoprint sebagai suatu teknik pewarnaan alami yang menggunakan bagian-bagian tumbuhan seperti daun, bunga, maupun kulit kayu yang digunakan untuk mencetak pola pada media kain atau kertas. Penelitian ini menggunakan metode tinjauan literatur sistematis yang membahas kerelevansian proyek ecoprint dengan pembelajaran berbasis proyek, Project Based-Learning (PjBL) dalam kerangka Kurikulum Merdeka. Penelitian ini menawarkan kontribusi baru dengan menggunakan artikel atau jurnal publikasi tahun 2022-2024, yang bertujuan untuk meninjau secara kritis dan komprehensif beberapa penelitian yang sudah ada terkait implementasi pembelajaran berbasis proyek melalui kegiatan membatik melalui teknik ecoprint dengan subjek siswa sekolah dasar. Dari beberapa artikel atau jurnal penelitian yang terpilih, penulis menemukan beberapa cakupan mengenai tujuan kegiatan, kerelevansian kegiatan dengan mata pelajaran, serta hasil akhir atau umpan balik dari kegiatan. Masalah umum yang sering muncul pada artikel-artikel tersebut adalah tidak adanya aspek keberlanjutan. Banyak peneliti yang lebih memfokuskan pada teori, langkah-langkah, serta hasil akhir dari proyek ecoprint yang dipresentasikan atau dilaporkan. Setelah pelaksanaan dan pelaporan kegiatan selesai dilakukan, hal yang mungkin memengaruhi siswa adalah timbulnya ketidakkonsistenan dalam keterampilan berkelanjutan, pembiasaan pola pikir dalam kehidupan sehari-hari atau hanya menjadi pengalaman sesaat. Hasil dari penelitian tinjauan literatur ini memberikan rekomendasi penting untuk mengintegrasikan aspek keberlanjutan dalam implementasi Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5), menggunakan pendekatan pembelajaran berbasis proyek di pendidikan dasar sehingga dapat memperkuat dampak positif dari proyek ecoprint pada pembelajaran siswa. Kesimpulan dari penelitian ini adalah peningkatan keterlibatan siswa dan pemahaman tentang isu-isu lingkungan serta efektivitas dari pembelajaran berbasis proyek.

References

Amaliyah, N., & Indri, D. B. (2024). Efektivitas Metode Proyek melalui kegiatan Ecoprint untuk Meningkatkan Kreativitas Anak di Kelompok B Ra Putra Harapan Gondang. JICN: Jurnal Intelek dan Cendikiawan Nusantara, 1(4), 5202-5212. https://jicnusantara.com/index.php/jicn

Azizah, N. (2024). Implementasi Pelmbelajaran Berbasis STEAM melalui Pelatihan Pembuatan Ecoprint untuk Mengembangkan Kreativitas Siswa pada Abad 21. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9 (2).

Creswell, J. W. (2014). Research Design: Research Design Qualitative Quantitative and Mixed Methods Approaches.

Damayanti, A. (2024). Implementasi Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) dalam Membentuk Karakter Budaya pada Siswa Kelas 5 di SD Islamic Center Samarinda. Digital Repository. Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda.

Firdaus, Z., & Sutama, S. (2021). Public Relations Sebagai Taktik Politik Kepemimpinan di Dunia Pendidikan. Didaktis: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Pengetahuan, 21(1)

Ika. (2023). Project Kebekerjaan P5 dengan Tema Ecoprint. SMK Negeri 2 Magelang. https://smkn2mgl.sch.id/read/411/proje ct-kebekerjaan-p5-dengan-tema- ecoprint

Kamaruddin, I., Suarni, E., Rambe, S., Sakti, B. P. S., Rachman, R. S. ., & Kurniadi , P. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Proyek Dalam Pendidikan: Tinjauan Literatur. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 6(4), 2742–2747. https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.22138

Kurniawan, B., et.al. (2024). Dinamika Penerapan Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar: Tinjauan Literatur Sistematis. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 9(3), 1672-1678.

Manshur, M. I., et.al. (2023). Pelatihan Pembuatan Ecoprint pada Totebag sebagai Pengembangan Kreativitas bagi Anak Sekolah Dasar. Journal of Community Services, 1 (1). https://annpublisher.org/ojs/index. php/ abdisci

Masdalipa, et.al. (2024). Program Pelatihan Ecoprint dan P5 dengan Tema Gaya Hidup Berkelanjutan (Mendaur Ulang Sampah Kresek) di SDN 4 Baturiti. Fashionista: Jurnal Desain Mode, 2 (1). https://jurnal.idbbali.ac.id/index.php/fashionista

Mawarni, P.Y. (2023). Pengenalan Kearifan Lokal melalui Pelatihan Pembuatan Batik Ecoprint pada Siswa Sekolah Dasar SDN Pangur 1 Ngawi. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8 (2).

Mitasari, Z., et.al. (2023). Pelatihan Pembuatan Ecoprint Hapazome untuk Siswa Madrasah Tsanawiyah. GERVASI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat. 7(3), 2598-6155.

Millati, N.A. (2023). Bab II Landasan Teori Kurikulum Merdeka. IAIN Kudus. http://repository.iainkudus.ac.id

Novitasari, S. A. (2023). Penerapan Pembelajaran Berbasis Proyek di Luar Kelas: Memperkuat Keterlibatan Siswa Melalui Pembelajaran di Komunitas Lokal. Jurnal Pendidikan West Science, 1(04), 248–257. https://doi.org/10.58812/jpdws.v1i4.462

Peraturan Perundang-undangan, Undang-undang (UU) Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional (Sisdiknas).

Pristiwanti, D., Badariah, B. ., Hidayat, . S. ., & Dewi, R. S. (2022). Pengertian Pendidikan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 7911–7915.

Rini, R.Y., et.al. (2024). Pembelajaran Proyek Berbasis Ecoprint dalam menstimulasi kreativitas anak Sekolah Dasar Undar Andir. KREATIF: Jurnal Pengabdian Masyarakat Nusantara, 4 (3). https://doi.org/10.55606/kreatif.v4i3.4202

Sari, D. C., & Muthmainnah, M. (2023). Implementasi Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila melalui Kegiatan Membatik Ecoprint. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(5). https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i5.52

Sidik, S., Tanipu, F., Solapari, N., Assabana, M. S., & Rahman, R. (2023). Konsep Pendidikan Keadilan Gender di dalam Sistem Pendidikan Indonesia (Studi Komparasi Pemikiran M. Quraish Shihab dan KH. Husein Muhammad). JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(4). https://d1wqtxts1xzle7.cloudfront.net/1

Sugianto, H., et.al. (2024). Pelatihan Ecoprint untuk Wali Murid dan Peserta Didik di UPT SDN 2 Sebagai Penerapan P5. PANCASONA: Pengabdian dalam Cakupan Ilmu Sosial dan Humaniora, 3 (1), 2985-6213.

Tania, W., Wardani, N.S. (2024). Upaya Peningkatan Keaktifan Belajar IPAS melalui PjBL Peserta Didik Kelas 4 Sekolah Dasar. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 10 (1).

Tarigan, Mardinal., et.al. (2022). Filsafat Pendidikan Ki Hajar Dewantara dan Perkembangan Pendidikan di Indonesia. Mahaguru: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 3(1), 149-159. https://ummaspul.e-journal.id

Taqiyyah, F., Rondl, W. S. (2024). Penguatan Nilai Kreativitas melalui Pembuatan Batik Ecoprint untuk Melestarikan Kearifan Lokal pada Kegiatan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Siswa Sekolah Dasar. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 10 (2).

Tuerah, R. M.S, & Tuerah, J.M. (2023). Kurikulum Merdeka dalam Perspektif Kajian Teori: Analisis Kebijakan untuk Peningkatan Kualitas Pembelajaran di Sekolah. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan. https://jurnal.peneliti.net/index.php/JIWP

Widiantoro, S. (2020). Pengembangan Model Pembelajaran Ecoprint untuk Meningkatkan Keterampilan Abad-21 di Sekolah Dasar. Jurnal Didaktika Pendidikan Dasar, 4(3), 759-778. doi:10.26811/didaktika.v4i3.142

Widiyaningsih, N. (2024). Peningkatan Kreativitas Siswa Melalui Model Pembelajaran Project Based Learning pada Materi Teknik Membatik Siswa Kelas VI Sekolah Dasar. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9 (1). https://doi.org/10.23969/jp.v9i1.11321

Zuni M., et.al. (2023). Pelatihan Pembuatan Ecoprint Hapazome untuk Siswa Madrasah Tsanawiyah. GERVASI: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 7 (3). 3https://doi.org/10.31571/gervasi.v7i3. 6213

Published

2024-12-28

How to Cite

Muh. Saiful Mudawwam, Wahono Widodo, Nadi Suprapto, Hendratno, & Nurul Istiq’faroh. (2024). Proyek Ecoprint dalam Pembelajaran di Sekolah Dasar pada Era Kurikulum Merdeka: Tinjauan Literatur Sistematis. JURNAL PARADIGMA : Journal of Sociology Research and Education, 5(2), 880-890. https://doi.org/10.53682/jpjsre.v5i2.10472