Pengaruh Kompetensi Profesional dan Kompetensi Pedagogik Guru terhadap Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pembelajaran Ekonomi Materi Akuntansi di SMA Negeri 11 Luwu Utara
DOI:
https://doi.org/10.53682/jpjsre.v5i2.10476Keywords:
Profiessional Compietence, Pedaigogic Competeince, Motivation Student LeariningAbstract
Tujcuan dari peneclitian ini adaclah untcuk menyelidiki: (1) Pengaruch kompbetensi pedagogik guru dan kompetensi profesional terhacdap motivcasi belacjar siswca pada kelas ekocnomi khususnya muatan akuntansi di SMAN 11 Luwu Utara; (2) pengcaruh kompcetensi pedagcogik dan komcpetensi profesiconal guru terhadcap moticvasi belcajar siscwa pada mata pelacjaran yang sama; selanjutnya (3) Faktor manakah yang mempengaruhi motivasi siswa untuk belajar lebih banyak?. Variabel penelitiannya adalah Motivasi Belajar (Y), Kompetensi Pedagogis (X2), Kompetensi Profesional (X1), dan Motivasi Belajar (X2). Populasi penelitian adalah 340 siswa terdaftar di SMAN 11 Luwu Utara yang sedang mempelajari akuntansi dan ekonomi. Decngan mencggunakan teknik proporsional stratified random sampling, sampel diambil sebanyak 77 siswa. Data dikumcpulkan melalui kuecsioner dan dokumecntasi. Dengan menggunakan SPSS 22 for Windows, analisis data menggunakan pengujcian instrumcen, pengcujian asumcsi tradisioncal, dan pcengujian hipotcesis. Temduan penelitian menudnjukkan : (1) Pengaruh baik dan signifidkan secadra simudltan Kompedtensi Pedagodgik Guru dan Kompedtensi Prodfesional terhaddap Modtivasi Bdelajar Siswda; (2) Komdpetensi Profesional Guru secara parsial berpedngaruh podsitif dan sigdnifikan terhadadp Motivasi Belajadr Siswda; (3) Maotivasi Baelajar Siaswa sedikit banyak dipeangaruhi secaara signifiakan dan positif oleh Kompetensi Pedaagogik Guru; dan (4) Di SMAN 11 Luwu Utara, Kodmpetensi Profesiondal mdempunyai pendgaruh yang lebih besar terhadadp Mdotivasi Bdelajar Siswda pada kelas akuntansi dan ekonomi.
References
Furi, A.S. (2023). Pengaruh Kompetensi Guru terhadap Motivasi Belajar Siswa di SMK Negeri 40 Jakarta. Jurnal Pembelajaran dan Pengembangan Diri. 107-118.
Ghozali,I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25. Cetakan Kesembilan. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Hasibuan, Melayu S.P. (2017). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bumi Aksara.
Hamalik, O. (2015). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.
Kesumawati, N., Retta, A. M., & Sari, N. (2019). Pengantar Statistika Penelitian. (Edisi 1 Cetakan Ketiga). Depok: Rajawali Pers.
Kurniasih, I & Berlin Sani. 2017. Kupas Tuntas Kompetensi Pedagogik. Surabaya: Kata Pena.
Mulyasa,E. (2008). Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) Kemandirian Guru dan Kepala Sekolah. Jakarta: Bumi Aksara.
Mulyasa, E. (2013). Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Musfah,J. (2015). Peningkatan Kompetensi Guru melalui Pelatihan dan Sumber Belajar. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Nurhalimah, N., Baisa, H., & Asmahasanah, S. (2020). Pengaruh Kompetensi Pedagogik Guru terhadap Motivasi Belajar Siswa di MI I’anatusshibyan.Jurnal Pendidikan Guru, 1 (1), 29-41.
Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indoesia Nomor 16 Tahun 2007 Tentang Standar Kualifikasi Akademik Dan Kompetensi Guru.
Ramayulis. (2013). Profesi & Etika Keguruan. Jakarta: Kalam Mulia.
Rukajat, A. (2018). Pendekatan Penelitian Kuantitatif. Yogyakarta: Deepublish.
Sardiman. (2018). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Depok: Raja Grafindo Persada.
Slameto. (2015). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sukmadinata, N.S. (2011). Landasan Psikologi Proses Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Suprihatiningrum, Jamil. (2013). Guru Profesional. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Susanto, A. (2016). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Perdana Media Group.
Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen.
Uno, H.B. (2017). Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Usman, M.U. (2011). Menjadi Guru Profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Wahyuningsih, R. (2017). Pengaruh Kompetensi Pedagogik dan Kompetensi Profesional GuruterhadapMotivasi Belajar Siswa pada mata Pembelajaran Ekonomi Materi Akuntansi di MAN 5 Jombang. Jurnal Pendidikan Ekonomi, Kewirausahaan, Bisnis, dan Manajemen (JPEKBM), 1 (1), 19–27.
.
Wibowo, A & Hamrin. (2012). Menjadi Guru Berkarakter. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Yusuf, S. 2009. Program Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Bandung: Rizqi Perss.
Zahroh, A. (2014). Membangun Kualitas Melalui Dimensi Profesionalisme Guru. Jakarta: Yrama Widya
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 JURNAL PARADIGMA : Journal of Sociology Research and Education
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.