Manajemen Sumber Daya Manusia Kompetensi Human Resouses (HR) Bidang Pendidikan di Era 5.0

Authors

  • Harold Lumapow Universitas Negeri Manado
  • Sarah S.N Tombokan Universitas Negeri Manado
  • Efvendi Robbi Sondakh Universitas Negeri Manado
  • Subhan Hayun Universitas Negeri Manado
  • Miryam Theofilia Kolibu Universitas Negeri Manado

DOI:

https://doi.org/10.53682/jpjsre.v5i2.10496

Keywords:

Human Resources (HR) Competencies, Education in Era 5.0

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui Manajemen Sumber Daya Manusia Human Resouses bidang Pendidikan. Jenis penelitian yang digunakan adalah kajian pustaka. data yang diperoleh melalui informasi kepustakaan, diantaranya buku, artikel, koran, majalah dan dokumen-dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan strategi digital yamg relevan untuk mencapai keberhasilan pendidikan dimasa yang akan datang, diera society 5.0 ini juga perlu adanya peningkatan dan pemenuhan kebutuhan pembelajaran yang berkualitas tinggi dan berintegritas dengan tenologi yang meliputi kemampuan, Kompetensi Pedagogik, Kompetensi Kepribadian, Kompetensi Sosial, Kompetensi Provesional, Dengan demikian Human  Resourses (HR) dibidang pendidikan pada era 5.0 harus berfokus pada peningkatan kompetensi yang relevan dengan trasformasi teknologi sambil tetap mempertahankan nilai- nilai humanis yang mendasari pendidikan. Pembaharuan dan ketrampilan dan pengembangan budaya belajar yang berkelanjutan menjadi kunci untuk memastikan bahwa tenaga pendidik dan staf lainnya siap menghadapi tantangan baru dalam pendidikan era digital.

References

Maulyan, F. F. (2019). Peran Pelatihan Guna Meningkatkan Kualitas Sumber Daya Manusia dan Pengembangan Karir: Theoretical Review. Jurnal Sain Manajemen, 1(1), 40–50ttp://ejurnal.univbsi.id/index.php/jsm/index.

Predy, M., Sutarto, J., Prihatin, T., & Yulianto, A. (2019). Generasi Milenial yang Siap Menghadapi Era Revolusi Digital ( Society 5 . 0 dan Revolusi Industri 4 . 0 ) di Bidang Pendidikan Melalui Pengembangan Sumber Daya Manusia. Seminar Nasional Pascasarjana.

Putri, D., Fauziah, S. N., & Gaol, P. L. (2023). Implementasi Perencanaan Sumber Daya Manusia dalam Mempersiapkan Era Society 5 . 0.

Tahar, A., Setiadi, P. B., & Rahayu, S. (2022). Strategi Pengembangan Sumber Daya Manusia dalam Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0 Menuju Era Society 5.0. Jurnal Pendidikan Tambusai.

Khumaini, F., Yulia, N. M., & Efenfi, M. Y. (2023). Strategi Pengembangan Manajemen Sumber Daya Manusia Era Society 5.0 di Madrasah. Al-Fahim: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam.

Khatibah. (2011). (5)Penelitian Kepustakaan. Iqra’, 05(01), 1–4. Khoirudin, A., Khoiri, N., Fahreza, R. B.,

Darmalaksana, W. (2020). Metode Penelitian Kualitatif Studi Pustaka dan Studi Lapangan. Pre-Print Digital Library UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

Burhanudin, (1999). Analisisi Administrasi Manajemen & Kepemimpinan Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Susan, E. (2019). Manajemen Sumber Daya Manusia. Adaara: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam.

Muzdalifah, F. (2021). Pengembangan Sumber Daya Manusia Untuk Menumbuhkan Karakteristik Pada Anak Usia Dini. NUSRA: Jurnal Penelitian dan Ilmu Pendidikan.

Danim Sudarwan. (2011, Pengembangan Profesi Guru. Jakarta: Kencana.

Danim, D. (2007). Inofasi Pendidikan Dalam Upaya Peningkatan Profesionalisme Tenaga Kependidikan. Jakarta: Pustaka Setia.

Dariyanto, (2008). Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta

Nisa', I. F. (2023). Manajemen Sekolah di Era Society 5.0 dalam Meningkatkan Kualitas dan Produktivitas Sumber Daya Manusia. Al-Fahim: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 5(2): 222-240. https://doi.org/10.54396/alfahim.

Lubis, D. S. W. (2023). Tantangan dan Peran Sumber Daya Manusia dalam Menghadapi Era Society 5.0. Literasi Jurnal Ekonomi Dan Bisnis.

Published

2024-12-28

How to Cite

Harold Lumapow, Sarah S.N Tombokan, Efvendi Robbi Sondakh, Subhan Hayun, & Miryam Theofilia Kolibu. (2024). Manajemen Sumber Daya Manusia Kompetensi Human Resouses (HR) Bidang Pendidikan di Era 5.0. JURNAL PARADIGMA : Journal of Sociology Research and Education, 5(2), 873-879. https://doi.org/10.53682/jpjsre.v5i2.10496