Penerapan Pendidikan Karakter Character Building dalam Pembelajaran Sejarah Siswa Kelas XI MIPA SMA Negeri 3 Payakumbuh
DOI:
https://doi.org/10.53682/jpjsre.v5i2.10510Keywords:
Implementation, Character Education, History LearningAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan pendidikan karakter dalam pembelajaran sejarah pada siswa kelas XI MIPA SMA Negeri 3 Payakumbuh termasuk mengidentifikasi faktor pendukung dan penghambatnya Pendidikan karakter sendiri merupakan upaya penanaman nilai nilai positif agar menjadi bagian dari kepribadian peserta didik dalam bertindak Metodologi yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif dengan melibatkan kepala sekolah guru sejarah dan 5 orang siswa sebagai subjek penelitian Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi pendidikan karakter dalam pembelajaran sejarah diawali dengan tahap perencanaan oleh guru Beberapa faktor pendukung yang ditemukan adalah program kedisiplinan sekolah kegiatan ekstrakurikuler dan seni untuk membentuk karakter berbudaya serta kompetensi guru dalam penyampaian materi dan penggunaan media pembelajaran Sementara itu faktor penghambat meliputi keterbatasan waktu pembelajaran kurangnya dukungan orang tua siswa dan pengaruh lingkungan yang kurang mendukung penerapan pendidikan karakter dalam pembelajaran sejarah Temuan ini mengindikasikan perlunya sinergi antara sekolah orang tua dan lingkungan dalam mendukung keberhasilan pendidikan karakter < p>
References
Abdul majid Dian andayani 2010 Pedidikan karakter dalam perspektif Islam Bandung: Insan Cita Utama
Agus Wibowo 2012Pendidikan Karakter: Strategi Membangun Karakter Bangsa Berperadaban Yogyakarta: Pustaka Pelajar
D Marimba 1989Pengantar Filsafat Pendidikan Islam Bandung: Al Ma arif
Diva Press Maksudin 2013Pendidikan Karakter Non Dikotomik Yogyakarta:Pustaka Pelajar
Doni Koesoema A 2007 Pendidikan Karakter: Strategi Mendidik Anak di Zaman Modern Jakarta: Grasindo
Jamal Ma mur Asmani 2011Buku Panduan Internalisasi Pendidikan Karakterdi Sekolah Yogyakarta: Diva Press
Lexy J Moleong 2007 Metodologi Penelitian Kualitatif Edisi Revisi Cetakan kedua puluh dua Bandung:PT Remaja Rosdakarya Offset
Lickona Thomas 2012 Mendidik Untuk Membentuk Karakter: BagaimanaSekolah dapat Memberikan Pendidikan Sikap Hormat dan Bertanggung Jawab Penerjemah: Juma Abdu Wamaungo Jakarta: Bumi Aksara
Maksudin 2013 Pendidikan Karakter Non Dikotomik Yogyakarta:Pustaka Pelajar
Masnur Muslich 2011 Pendidikan Karakter: Menjawab Tantangan Krisis Multidimensional Jakarta: Bumi Aksara
Mochtar Buchori Character Building dan Pendidikan Kita Kompas
Moh Kasiram 2010 Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Cet 2 Yogyakarta: UINMaliki Press
Muchlas Samani Hariyanto 2011 Konsep dan Model Pendidikan Karakter Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Mulyasa 2013 Pengembangan dan Implementasi Kurikulum Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Omeri N 2015 Pentingnya pendidikan karakter dalam dunia pendidikan Manajer Pendidikan 9 3
Purwanta dan Yovita Hardiwati 2008 Pembelajaran Sejarah: Teaching of History Jakarta: PT Grasindo
Sudirman N 1987 Ilmu Pendidikan Bandung: Remaja Rosdakarya
Sugiono 2008 Metode Penelitian Kombinasi Mixed Methods Bandung: Alfabeta
Sugiyono 2014 Memahami Penelitian Kualitatif Cet 10 Bandung: Alfabeta
Sugiyono 2012 Metode Penelitian Kuantitatif dan R D Bandung: Alfabeta
Syaharuddin S 2020 Pembelajaran Sejarah Lokal di Sekolah
Yahya Khan 2010 Pendidikan Karakter Berbasis Potensi Diri: Mendongkrak Kualitas Pendidikan Yogyakarta: Pelangi Publishing
Hazmi Nahdatul 2019 Tugas guru dalam proses pembelajaran Vol 2 No 1
Jasrudin 2020 Membangun karakter peserta didik melalui penguatan kompetensi PKN dan penerapan alternatif pendekatan pembelajaran Vol 10 No 2
Kiptiah 2020 Implementasi karakter kemandirian siswa di sekolah dasar pinggiran sungai kota Banjarmasin Jurnal Penelitian Vol 10 No 2
Sahroni D 2017 Pentingnya pendidikan karakter dalam pembelajaran In Prosiding Seminar Bimbingan Dan Konseling Vol 1 No 1 pp 115 124
Yanuarti E 2017 Pemikiran pendidikan ki Hajar dewantara dan relevansinya dengan kurikulum 13 Jurnal Penelitian 11 2 237 265
Daryanto 2003 dalam Dyah Kumalasari Hidden Curriculum dalam Pengajaran Sejarah dan Pembentukan Jiwa Nasionalisme Yogyakarta : Universitas Negeri Yogyakarta
Daryanto dalam Refly Surya Barkara 2015 Pendidikan Karakter dalam Mata Pelajaran Sejarah Untuk Meningkatkan Sikap Nasionalisme siswa di SMA 2 Lubuk Alung Padang: Universitas Negeri Padang
Gunawan H 2012 Pendidikan karakter Bandung: alfabeta 2 1
Nur G D L 2014 Pembelajaran vokal grup dalam kegiatan pengembangan diri di smp negeri 1 panumbangan ciamis Doctoral dissertation Universitas Pendidikan Indonesia
Wigi Astuti 2016 pendidikan karakter dalam pembelajaran sejarah pada sekolah menengah atas sma di wilayah perdesaan dan perkotaan di kabupaten cilacap Skripsi Semarang: Universitas Negeri Semarang






