Penerapan Pendidikan Karakter (Character Building) dalam Pembelajaran Sejarah Siswa Kelas XI MIPA SMA Negeri 3 Payakumbuh
DOI:
https://doi.org/10.53682/jpjsre.v5i2.10510Keywords:
Implementation, Character Education, History LearningAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan pendidikan karakter dalam pembelajaran sejarah pada siswa kelas XI MIPA SMA Negeri 3 Payakumbuh, termasuk mengidentifikasi faktor pendukung dan penghambatnya. Pendidikan karakter sendiri merupakan upaya penanaman nilai-nilai positif agar menjadi bagian dari kepribadian peserta didik dalam bertindak. Metodologi yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif dengan melibatkan kepala sekolah, guru sejarah, dan 5 orang siswa sebagai subjek penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi pendidikan karakter dalam pembelajaran sejarah diawali dengan tahap perencanaan oleh guru. Beberapa faktor pendukung yang ditemukan adalah program kedisiplinan sekolah, kegiatan ekstrakurikuler dan seni untuk membentuk karakter berbudaya, serta kompetensi guru dalam penyampaian materi dan penggunaan media pembelajaran. Sementara itu, faktor penghambat meliputi keterbatasan waktu pembelajaran, kurangnya dukungan orang tua siswa, dan pengaruh lingkungan yang kurang mendukung penerapan pendidikan karakter dalam pembelajaran sejarah. Temuan ini mengindikasikan perlunya sinergi antara sekolah, orang tua, dan lingkungan dalam mendukung keberhasilan pendidikan karakter.
References
Abdul majid, Dian andayani, 2010 Pedidikan karakter dalam perspektif Islam, Bandung: Insan Cita Utama.
Agus Wibowo, 2012Pendidikan Karakter: Strategi Membangun Karakter Bangsa Berperadaban, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
D. Marimba, 1989Pengantar Filsafat Pendidikan Islam, Bandung: Al-Ma’arif,
Diva Press. Maksudin, 2013Pendidikan Karakter Non-Dikotomik , Yogyakarta:Pustaka Pelajar.
Doni Koesoema A., 2007 Pendidikan Karakter: Strategi Mendidik Anak di Zaman Modern, Jakarta: Grasindo.
Jamal Ma’mur Asmani, 2011Buku Panduan Internalisasi Pendidikan Karakterdi Sekolah. Yogyakarta: Diva Press.
Lexy J. Moleong, 2007 Metodologi Penelitian Kualitatif Edisi Revisi, Cetakan kedua puluh dua, Bandung:PT. Remaja Rosdakarya Offset.
Lickona, Thomas. 2012 Mendidik Untuk Membentuk Karakter: BagaimanaSekolah dapat Memberikan Pendidikan Sikap Hormat dan Bertanggung Jawab. (Penerjemah: Juma Abdu Wamaungo. Jakarta: Bumi Aksara.
Maksudin. 2013 Pendidikan Karakter Non-Dikotomik Yogyakarta:Pustaka Pelajar.
Masnur Muslich. 2011 Pendidikan Karakter: Menjawab Tantangan Krisis Multidimensional. Jakarta: Bumi Aksara.
Mochtar Buchori, Character Building dan Pendidikan Kita. Kompas
Moh. Kasiram, 2010 Metode Penelitian Kuantitatif-Kualitatif, Cet. 2, Yogyakarta: UINMaliki Press.
Muchlas Samani & Hariyanto. 2011 Konsep dan Model Pendidikan Karakter. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Mulyasa, 2013 Pengembangan dan Implementasi Kurikulum , Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Omeri, N. 2015. Pentingnya pendidikan karakter dalam dunia pendidikan. Manajer Pendidikan, 9(3).
Purwanta dan Yovita Hardiwati, 2008 Pembelajaran Sejarah: Teaching of History, Jakarta: PT.Grasindo.
Sudirman N, 1987 Ilmu Pendidikan, (Bandung: Remaja Rosdakarya.
Sugiono, 2008 Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods), Bandung: Alfabeta, .
Sugiyono, 2014 Memahami Penelitian Kualitatif, Cet. 10, (Bandung: Alfabeta.
Sugiyono, 2012 Metode Penelitian Kuantitatif dan R&D, (Bandung: Alfabeta,
Syaharuddin, S. (2020). Pembelajaran Sejarah Lokal di Sekolah.
Yahya Khan. 2010 Pendidikan Karakter Berbasis Potensi Diri: Mendongkrak Kualitas Pendidikan.. Yogyakarta: Pelangi Publishing.
Hazmi, Nahdatul. 2019. Tugas guru dalam proses pembelajaran (Vol. 2, No 1)
Jasrudin, (2020). Membangun karakter peserta didik melalui penguatan kompetensi PKN dan penerapan alternatif pendekatan pembelajaran (Vol. 10, No 2)
Kiptiah, (2020). Implementasi karakter kemandirian siswa di sekolah dasar pinggiran sungai kota Banjarmasin. Jurnal Penelitian (Vol. 10, No 2)
Sahroni, D. (2017). Pentingnya pendidikan karakter dalam pembelajaran. In Prosiding Seminar Bimbingan Dan Konseling (Vol. 1, No. 1, pp. 115-124).
Yanuarti, E. (2017). Pemikiran pendidikan ki. Hajar dewantara dan relevansinya dengan kurikulum 13. Jurnal Penelitian, 11(2), 237-265
Daryanto, 2003 dalam Dyah Kumalasari, Hidden Curriculum dalam Pengajaran Sejarah dan Pembentukan Jiwa Nasionalisme, (Yogyakarta : Universitas Negeri Yogyakarta.
Daryanto, dalam Refly Surya Barkara, 2015 Pendidikan Karakter dalam Mata Pelajaran Sejarah Untuk Meningkatkan Sikap Nasionalisme siswa di SMA 2 Lubuk Alung, Padang: Universitas Negeri Padang..
Gunawan, H. (2012). Pendidikan karakter. Bandung: alfabeta, 2(1).
Nur, G. D. L. (2014). “Pembelajaran vokal grup dalam kegiatan pengembangan diri di smp negeri 1 panumbangan ciamis” (Doctoral dissertation, Universitas Pendidikan Indonesia).
Wigi Astuti ,2016.“ pendidikan karakter dalam pembelajaran sejarah pada sekolah menengah atas (sma) di wilayah perdesaan dan perkotaan di kabupaten cilacap” Skripsi. Semarang: Universitas Negeri Semarang.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 JURNAL PARADIGMA : Journal of Sociology Research and Education
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.