Strategi Komunikasi Komunitas Teman Berjalan dalam Mengelola Kegiatan Sosial untuk Meningkatkan Kesehatan Mental Studi Kasus Komunitas Teman Berjalan

Authors

DOI:

https://doi.org/10.53682/jpjsre.v5i2.10529

Keywords:

Strategi Komunikasi, Kesehatan Mental, Teman Berjalan.id

Abstract

Penelitian yang dilakukan ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi komunikasi komunitas Teman Berjalan sebagai NGO Non Government Organization dalam meningkatkan kesehatan mental melalui Instagram dan Kegiatan Sosial Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan paradigma intreprektif Dengan menggunakan studi kasus dan tehnik pengumpulan wawancara mendalam dan menggunakan reduksi data penyajian data dan penarikan kesimpulan pada analisis data serta menggunakan triangulasi dalam validasi data yang diperoleh Berdasarkan hasil yang diperoleh oleh peneliti strategi komunikasi yang dilakukan oleh Teman Berjalan id dalam meningkatkan kesehatan mental sudah memberikan dampak bagi peserta dan pengikutnya Mulai dari mengenal khalayak hingga memilih media yang digunakan Teman Berjalan id menggunakan Instagram dan Kegiatan Sosial untuk memberikan edukasi yang ringan dan menggunakan grafis yang menarik dan memberikan sebuah wadah bertemu secara langsung supaya bisa menciptakan sebuah jaringan yang bisa memberikan dukungan bagi pesertanya Dan dari langkah yang telah mereka lakukan sudah menjadi awal untuk bisa meningkatkan kepedulian terhadap lingkungan sekitar mereka < p>

Author Biography

  • Indah Wenerda, Universitas Ahmad Dahlan

    Dosen Ilmu Komunikasi Universitas Ahmad Dahlan

References

Alfansyur A Mariyani 2020 Seni Mengelola Data : Penerapan Triangulasi Teknik Sumber Dan Waktu pada Penelitian Pendidikan Sosial HISTORIS: Jurnal Kajian Penelitian Pengembangan Pendidikan Sejarah 5 2

Anwar Arifin Ilmu Komunikasi : Sebuah Pengantar Ringkas Jakarta Indonesia: PT Raja Grafindo Persada 2016

Efendi E Salam M A H Daffa M Sanjaya S Azmi R N 2023 Peran Komunikasi Media Sosial Dalam Meningkatkan Kesehatan Mental Al Hikmah Media Dakwah Komunikasi Sosial Dan Kebudayaan 14 2 175 188

Effendy Onong Uchjana 2008 Dinamika Komunikasi Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Ihtifazhuddin Bryan Hashfi and Sidiq Setyawan S I Kom M I Kom 2023 Strategi Komunikasi Komunitas Sahabat Kapas Dalam Sosialisasi Kesehatan Mental Pada Instagram Skripsi thesis Universitas Muhammadiyah Surakarta

Moleong L J 2017 Moleong Penelitian Kualitatif

Margono S 2005 Metodologi Penelitian Pendidikan Jakarta: PT Rineka Cipta

Ndolu M A 2023 Strategi Komunikasi Akun Instagram@ apdcindonesia Dalam Meningkatkan Kesadaran Pengikutnya Mengenai Kesehatan Mental Brand Communication: Jurnal Ilmu Komunikasi 2 2 159 169

Onong Uchjana Effendy Hubungan Masyarakat : Suatu Studi Komunikologis Bandung Indonesia: Remaja Rosda Karya 2002

Pawito 2007 Penelitian Komunikasi Kualitatif Yogyakarta: LkiS Pelangi Aksara

Rachmawati A A 2020 Darurat Kesehatan Mental bagi Remaja Egsaugm

Sagita N C Purnamasari N I 2022 Strategi Komunikasi Media Sosial Indonesian Future Leaders Yogyakarta Terkait Isu Kesehatan Mental di Kalangan Remaja Jurnal Ilmiah Komunikasi JIKOM STIKOM IMA 14 02 62 69

Sugiyono 2009 Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif Kualitatif dan R D Bandung: Alfabeta

Tulandi E V Rifai M Lubis F O 2021 Strategi Komunikasi Akun Instagram UbahStigma Dalam Meningkatkan Kesadaran Masyarakat Mengenai Kesehatan Mental PETIK: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi Dan Komunikasi 7 2 136 143

Wibowo 2013 Perilaku dalam Organisasi Rajawali Perss

World Health Organization 2022 Juni 17 Mental Health Diperoleh dari World Health Organization:https: www who int news room fact sheets detail mental health strengthening our response

Ramadhani F 2021 Gambaran Literasi

Kesehatan Mental pada Mahasiswa Kesehatan

di Daerah Istimewa Yogyakarta

Doctoral dissertation Universitas Gadjah Mada

Published

2024-12-27

How to Cite

Strategi Komunikasi Komunitas Teman Berjalan dalam Mengelola Kegiatan Sosial untuk Meningkatkan Kesehatan Mental Studi Kasus Komunitas Teman Berjalan . (2024). JURNAL PARADIGMA : Journal of Sociology Research and Education, 5(2), 720 729. https://doi.org/10.53682/jpjsre.v5i2.10529