Strategi Komunikasi Komunitas Teman Berjalan dalam Mengelola Kegiatan Sosial untuk Meningkatkan Kesehatan Mental (Studi Kasus Komunitas Teman Berjalan)
DOI:
https://doi.org/10.53682/jpjsre.v5i2.10529Keywords:
Strategi Komunikasi, Kesehatan Mental, Teman Berjalan.idAbstract
Penelitian yang dilakukan ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi komunikasi komunitas Teman Berjalan sebagai NGO ( Non Government Organization ) dalam meningkatkan kesehatan mental melalui Instagram dan Kegiatan Sosial. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan paradigma intreprektif. Dengan menggunakan studi kasus dan tehnik pengumpulan wawancara mendalam dan menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan pada analisis data serta menggunakan triangulasi dalam validasi data yang diperoleh. Berdasarkan hasil yang diperoleh oleh peneliti, strategi komunikasi yang dilakukan oleh Teman Berjalan.id dalam meningkatkan kesehatan mental sudah memberikan dampak bagi peserta dan pengikutnya. Mulai dari mengenal khalayak hingga memilih media yang digunakan. Teman Berjalan.id menggunakan Instagram dan Kegiatan Sosial untuk memberikan edukasi yang ringan dan menggunakan grafis yang menarik dan memberikan sebuah wadah bertemu secara langsung supaya bisa menciptakan sebuah jaringan yang bisa memberikan dukungan bagi pesertanya. Dan dari langkah yang telah mereka lakukan sudah menjadi awal untuk bisa meningkatkan kepedulian terhadap lingkungan sekitar mereka.
References
Alfansyur, A., & Mariyani. (2020). Seni Mengelola Data : Penerapan Triangulasi Teknik, Sumber Dan Waktu pada Penelitian Pendidikan Sosial. HISTORIS: Jurnal Kajian, Penelitian & Pengembangan Pendidikan Sejarah, 5(2),
Anwar Arifin, Ilmu Komunikasi : Sebuah Pengantar Ringkas. Jakarta, Indonesia: PT Raja Grafindo Persada, 2016.
Efendi, E., Salam, M. A. H., Daffa, M., Sanjaya, S., & Azmi, R. N. (2023). Peran Komunikasi Media Sosial Dalam Meningkatkan Kesehatan Mental. Al-Hikmah Media Dakwah, Komunikasi, Sosial Dan Kebudayaan, 14(2), 175-188.
Effendy, Onong Uchjana. 2008. Dinamika Komunikasi.Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
Ihtifazhuddin, Bryan Hashfi and , Sidiq Setyawan, S.I.Kom., M.I.Kom (2023) Strategi Komunikasi Komunitas "Sahabat Kapas" Dalam Sosialisasi Kesehatan Mental Pada Instagram. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Moleong, L. J. (2017). Moleong Penelitian Kualitatif.
Margono, S. (2005). Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: PT Rineka Cipta
Ndolu, M. A. (2023). Strategi Komunikasi Akun Instagram@ apdcindonesia Dalam Meningkatkan Kesadaran Pengikutnya Mengenai Kesehatan Mental. Brand Communication: Jurnal Ilmu Komunikasi, 2(2), 159-169.
Onong Uchjana Effendy, Hubungan Masyarakat : Suatu Studi Komunikologis. Bandung, Indonesia: Remaja Rosda Karya, 2002.
Pawito. (2007). Penelitian Komunikasi Kualitatif. Yogyakarta: LkiS Pelangi Aksara
Rachmawati, A. A. (2020). Darurat Kesehatan Mental bagi Remaja. Egsaugm
Sagita, N. C., & Purnamasari, N. I. (2022). Strategi Komunikasi Media Sosial Indonesian Future Leaders Yogyakarta Terkait Isu Kesehatan Mental di Kalangan Remaja. Jurnal Ilmiah Komunikasi (JIKOM) STIKOM IMA, 14(02), 62-69.
Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Tulandi, E. V., Rifai, M., & Lubis, F. O. (2021). Strategi Komunikasi Akun Instagram UbahStigma Dalam Meningkatkan Kesadaran Masyarakat Mengenai Kesehatan Mental. PETIK: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 7(2), 136-143.
Wibowo. (2013). Perilaku dalam Organisasi. Rajawali Perss.
World Health Organization. (2022, Juni 17). “Mental Health,” Diperoleh dari World Health Organization:https://www.who.int/news-room/fact-sheets/detail/mental-health strengthening-our-response
Ramadhani, F. (2021). Gambaran Literasi
Kesehatan Mental pada Mahasiswa Kesehatan
di Daerah Istimewa Yogyakarta
(Doctoral dissertation, Universitas Gadjah Mada)
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 JURNAL PARADIGMA : Journal of Sociology Research and Education
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.