Strategi Komunikasi komunitas 4K Yogyakarta melalui akun Instagram @4k yogyakarta Dalam Menumbuhkan Kesadaran Masyarakat Mengenai Pelestarian Penyu di Yogyakarta
DOI:
https://doi.org/10.53682/jpjsre.v5i2.10543Keywords:
strategi komunikasi digital, konservasi penyu, media social instagramAbstract
Penelitian ini mengkaji strategi komunikasi Komunitas 4K Yogyakarta melalui platform Instagram dalam upaya meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pelestarian penyu di Yogyakarta Dengan menggunakan metodologi penelitian deskriptif kualitatif dan pendekatan analisis Miles dan Huberman penelitian ini menganalisis konten feeds dan reels dari akun Instagram @4K yogyakarta Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam dan observasi dengan validasi menggunakan triangulasi sumber Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemilihan Instagram sebagai platform utama merupakan keputusan strategis yang efektif didukung oleh data demografis yang menunjukkan 167 8 juta pengguna aktif di Indonesia dengan 89 9 berusia 18 44 tahun Strategi komunikasi yang diterapkan meliputi tiga aspek utama: membangun kredibilitas melalui konten kolaboratif menyajikan infografis edukatif berbasis data dan mengembangkan konten yang menciptakan hubungan emosional dengan audiens Implementasi teori uses and gratification membantu mengoptimalkan penyampaian pesan sesuai kebutuhan audiens Penelitian ini menyimpulkan bahwa strategi komunikasi digital yang komprehensif dan terencana dapat secara efektif meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap pelestarian penyu yang dibuktikan dengan tingkat keterlibatan audiens yang tinggi dan perubahan persepsi positif terhadap upaya konservasi < p>
References
Akademia 2024 Analisis Data Miles dan Huberman: Pengertian Langkah dan
Karakteristiknya https: akademia co id analisis data miles dan huberman pengertian langkah dan karakteristiknya ?gad_source=1 gclid=EAIaIQobChMIvcS96eCMhwMVD6lmAh3jagXV
EAAYASAAEgIde_D_BwE
Astuti R D Widodo A 2024 Optimizing Social Media Limitations for Environmental
Campaigns: A Case Study of Indonesian Conservation Organizations Journal of Digital
Marketing 12 1 45 62
Ario R Wibowo E Pratikto I Fajar S 2016 Pelestarian Habitat Penyu Dari Ancaman
Kepunahan Di Turtle Conservation And Education Center TCEC Bali Jurnal Kelautan
Tropis 19 1 60 https: doi org 10 14710 jkt v19i1 602
Bao Y Chen H Zhang K 2020 Social Media and Environmental Campaigns: A New Era
of Digital Activism Journal of Environmental Communication 15 3 178 195
Data Reportal 2024 Digital 2024: Indonesia Retrieved from
Greenpeace Indonesia 2023 Social Media Impact Report: Environmental Campaigns 2023
Jakarta: Greenpeace Indonesia Publications
Hootsuite 2024 Digital 2024 Global Overview Report Retrieved from
Hamino T Z A E Parawangsa I N Y Sari L A Arsad S 2021 Efektifitas Pengelolaan
Konservasi Penyu di Education Center Serangan Denpasar Bali Journal of Marine and
Coastal Science Vol 10 1 18 34 https: e journal unair ac id JMCS article download 25604 13512
Herna H Hiswanti H Hidayaturahmi H Putri A A 2019 Strategi Komunikasi Media
Sosial untuk Mendorong Partisipasi Khalayak pada Situs Online kitabisa com Jurnal
Komunikasi Pembangunan 17 2 146 156 https: doi org 10 46937 17201926843
Juliono M R 2017 Penyu dan Usaha Pelestariannya Serambi Saintia: Jurnal Sains Dan
Aplikasi 5 1 45 54
Kurniawan A Santoso B Pratiwi D 2022 Efektivitas Media Sosial dalam Kampanye
Lingkungan di Indonesia Jurnal Komunikasi Lingkungan 7 1 45 62
Lee K Park J Kim S 2021 Visual Content Strategy for Environmental Awareness on
Social Media Environmental Communication Quarterly 28 2 89 112
Marlina L Anwar F 2022 Karakteristik Pengguna Media Sosial dan Keterlibatannya dalam
Isu Lingkungan Jurnal Komunikasi Indonesia 11 2 156 171
Nurseha A Cerlin A Rento A Suryani D Ratnasari R 2023 Nilai nilai Pendidikan
JURNAL PARADIGMA: Journal of Sociology Research and Education
Vol No Tahun 20
ISSN: Online 2774 6984
Copyright 20
Moral dalam Budaya Dongdang 17 an di Desa Sumbersari Kecamatan Kiarapedes
Kabupaten Purwakarta Jurnal Pendidikan 7 3 21697 21701
https: jptam org index php jptam article view 9757 0Ahttps: jptam org index php jptam
article download 9757 7926
NapoleonCat 2023 Instagram Users in Indonesia Retrieved from
Pratama B 2023 Strategi Adaptasi Terhadap Perubahan Algoritma Media Sosial dalam
Kampanye Lingkungan Jurnal Media Digital 9 2 112 129
Pitasari D N 2023 Komunikasi Pemasaran Melalui Pemanfaatan Media Sosial Instagram
Sebagai Media Informasi Prosiding Seminar Nasional Komunikasi Administrasi Negara
Dan Hukum 1 1 169 176 https: doi org 10 30656 senaskah v1i1 222
Rahman A Putri I K Hermawan D 2023 Collaborative Approaches in Environmental
Social Media Campaigns Asian Journal of Communication 33 4 378 395






