Efektivitas Pelayanan Penyediaan Air Bersih Perusahaan Umum Daerah Aur Minum Tirta Kencana Kecamatan Jombang Kabupaten Jombang

Authors

  • Musyarofah Nur Wahidah Purwati Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jawa Timur
  • Diana Hertati Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jawa Timur

DOI:

https://doi.org/10.53682/jpjsre.v5i2.10545

Keywords:

Pelayanan, efektivitas, PERUMDAM

Abstract

Perusahaan Umum Daerah Air Minum Tirta Kencana Kabupaten Jombang merupakan salah satu perusahaan di Indonesia yang menyediakan dan mengelolah semberdaya air Proses pengelolaan ini di harapkan agar mempermudah masyarakat dalam memperoleh air bersih dalam memenuhi kebutuhan sehari hari Penelitihan ini dianalisis dengan menggunakan teori efektifitas dari Sondang P Siagian terdapat beberapa aspek untuk mengetahui efektifitas yaitu 1 Ukuran Waktu 2 Ukuran Harga 3 Ukuran Nilai nilai Sosial Budaya 4 Ukuran Ketelitihan Pelayanan penyediaan air bersih ini sudah berjalan sesuai dengan standart prosedur yang telah ditentukan oleh perusahaan Masyarakat terbantu dengan adanya PERUMDAM Tirta Kencana Kabupaten Jombang khusnya Kecamatan Jombang mereka lebih mudah dalam mengakses air bersih dengan pelayanan yang cukup baik dan harga yang sesuai < p>

References

Arliliwati Rusli Z Febri Yuliani 2020 Evaluasi Manajemen Pelayanan Publik JIANA Jurnal Ilmu Administrasi Negara 17 2 323 327

bidin A 2017 No Title Vol 4

Candra G 2018 Efektivas organisasi pemerintah dalam pelayanan izin mendirikan bangunan imb study kantor wilayah pelayanan perizinan dan penanaman modal kabupaten Solok Jurnal Penelitian Dan Kajian Ilmiah Menara Ilmu XII 7 1 6

Ditjen Cipta Karya 2022 Pamsimas 2022 Pedoman Umum Program Pamsimas

Fadli M R 2021 Memahami desain metode penelitian kualitatif 21 1 33 54 https: doi org 10 21831 hum v21i1

Geoniti G M 2019 Analisis Kebutuhan Dan Ketersediaan Air Pdam Tirtawening Wilayah Bandung Timur Kecamatan Kiaracondong Kota Bandung xx x 1 7 Retrieved from http: eprints itenas ac id id eprint 1613

Hardani et al 2022 Buku Metode Penelitian Kualitatif Kuantitatif LP2M UST Jogja

Hata Wibowo M T Setiawan S 2022 Analisis Efektivitas Organisasi Pada Desa Raharja Kecamatan Tanjungsari Kabupaten Sumedang Neo Politea 3 1 21 35 https: doi org 10 53675 neopolitea v3i1 491

Kusumawiranti R 2022 Pengelolaan Air Bersih Pab Banyumili Berbasis Masyarakat Di Srimulyo Piyungan Bantul Populika 10 2 62 72 https: doi org 10 37631 populika v10i2 546

Lismawati 2021 Evaluasi Kualitas Air Pada Sistem Pengelolaan Air Bersih Berbasis Masyarakat Di Kecamatan Bukit Kab Bener Meriah Lingkar : Journal of Environmental Engineering 2 2 1 10 https: doi org 10 22373 ljee v2i2 1361

Muliawaty L Hendryawan S 2020 Peranan e government dalam pelayanan publik studi kasus: Mal pelayanan publik Kabupaten Sumedang Kebijakan: Jurnal Ilmu 11 101 112 Retrieved from https: www journal unpas ac id index php kebijakan article view 2898 0Ahttps: www journal unpas ac id index php kebijakan article download 2898 1285

Nursantosa I Hariyadi M R P Paskalis T Ramdhan M F S 2023 Analisis Pengelolaan Sumber Daya Air Oleh BUMN BUMD dan BUMS Sebagai Bentuk Kerjasama Dalam Meningkatkan Perekonomian Nasional Ilmiah Wahana Pendidikan 9 12 219 230

Nusantara D A Pendidikan J Vol B Arrahmaniyah O S 2023 Research And Development R D Penelitian Yang Inovatif Dalam Pendidikan 1 1

Oktohandoko M Q 2019 Pengelolaan Sumberdaya Air pada Perusahaan Daerah Air Minum Kota Yogyakarta Pasca Putusan Mahkamah Konstitusi Nomor 85 PUU XI 2013 Jurnal Hukum Ekonomi Syariah 2 2 105 https: doi org 10 30595 jhes v2i2 5612

Parawu H E Tahir N Negara I A Makassar U M Negara I A Makassar U M Makassar U M 2023 11381 35686 1 Pb 4 April

Pramesti D S Puspikawati S I 2020 Analysis of Turbidity Test Bottled Drinking Water In Banyuwangi District Preventif : Jurnal Kesehatan Masyarakat 11 2 75 85 https: doi org 10 22487 preventif v11i2 59

Purwanto et al 2022 Prinsip Asas Dan Unsur Pelayanan Publik Pelayanan Publik Di Era Tatanan Normal Baru March Retrieved from https: www researchgate net publication 359232993_PRINSIP_ASAS_DAN_UNSUR_PELAYANAN_PUBLIK

Rahmadani N Syafri M Mustari S 5715 WATER AND SUSTAINABILITY ENVIRONMENT Penerbit FATIMA PRESS 2023

Rawung C R Sambiran S Sampe S 2023 No Title 3 1 1 8

Ristiani I Y Publik P 2020 Coopetition: Jurnal Ilmiah Manajemen Manajemen Pelayanan Publik Pada Mall Pelayanan Publik di Kabupaten Sumedang Provinsi Jawa Barat X 2 165 178

Sellang K Ahmad J Mustanir A 2019 Strategi dalam peningkatan kualitas pelayanan publik August 1 168 Retrieved from https: play google com store books details Kamaruddin_Sellang_S_Sos_M_AP_STRATEGI_DALAM_PENIN?id=U06rDwAAQBAJ

Supriatna C 2021 PERKEMBANGAN Yudi Rusfiana

T Rama Auliansyah 2020 Efektifitas Pelayanan Publik Di Kantor Dinas Kependudukan Dan Catatan Sipil Kabupaten Nagan Raya Berdasarkan Undang Undang Nomor 25 Tahun 2009 Tentang Pelayanan Publik Journal of Chemical Information and Modeling 53 9 1689 1699

Tangkilisan H N S 2005 Manajemen Publik The Journal Publishing 28

Zaini P M Zaini P M Saputra N Penerbit Y Zaini M Lawang K A Susilo A 2023 Metodologi Penelitian Kualitatif

Published

2024-12-30

How to Cite

Efektivitas Pelayanan Penyediaan Air Bersih Perusahaan Umum Daerah Aur Minum Tirta Kencana Kecamatan Jombang Kabupaten Jombang. (2024). JURNAL PARADIGMA : Journal of Sociology Research and Education, 5(2), 911 916. https://doi.org/10.53682/jpjsre.v5i2.10545