Efektivitas Pelayanan Penyediaan Air Bersih Perusahaan Umum Daerah Aur Minum Tirta Kencana Kecamatan Jombang Kabupaten Jombang

Authors

  • Musyarofah Nur Wahidah Purwati Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jawa Timur
  • Diana Hertati Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jawa Timur

DOI:

https://doi.org/10.53682/jpjsre.v5i2.10545

Keywords:

Pelayanan, efektivitas, PERUMDAM

Abstract

Perusahaan Umum Daerah Air Minum Tirta Kencana Kabupaten Jombang merupakan salah satu perusahaan di Indonesia yang menyediakan dan mengelolah semberdaya air. Proses pengelolaan ini di harapkan agar mempermudah masyarakat dalam memperoleh air bersih dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari. Penelitihan ini dianalisis dengan menggunakan teori efektifitas dari Sondang P. Siagian, terdapat beberapa aspek untuk mengetahui efektifitas yaitu 1) Ukuran Waktu, 2) Ukuran Harga, 3) Ukuran Nilai-nilai Sosial Budaya, 4) Ukuran Ketelitihan. Pelayanan penyediaan air bersih ini sudah berjalan sesuai dengan standart prosedur yang telah ditentukan oleh perusahaan. Masyarakat terbantu dengan adanya PERUMDAM Tirta Kencana Kabupaten Jombang khusnya Kecamatan Jombang mereka lebih mudah dalam mengakses air bersih dengan pelayanan yang cukup baik dan harga yang sesuai.

References

Arliliwati, Rusli, Z., & Febri Yuliani. (2020). Evaluasi Manajemen Pelayanan Publik. JIANA (Jurnal Ilmu Administrasi Negara), 17(2), 323–327.

bidin A. (2017). Опыт аудита обеспечения качества и безопасности медицинской деятельности в медицинской организации по разделу «Эпидемиологическая безопасностьNo Title. Вестник Росздравнадзора (Vol. 4).

Candra, G. (2018). Efektivas organisasi pemerintah dalam pelayanan izin mendirikan bangunan (imb) (study kantor wilayah pelayanan, perizinan dan penanaman modal kabupaten Solok). Jurnal Penelitian Dan Kajian Ilmiah Menara Ilmu, XII(7), 1–6.

Ditjen Cipta Karya. (2022). Pamsimas 2022 Pedoman Umum Program Pamsimas.

Fadli, M. R. (2021). Memahami desain metode penelitian kualitatif, 21(1), 33–54. https://doi.org/10.21831/hum.v21i1.

Geoniti, G. M. (2019). Analisis Kebutuhan Dan Ketersediaan Air Pdam Tirtawening Wilayah Bandung Timur Kecamatan Kiaracondong Kota Bandung, xx(x), 1–7. Retrieved from http://eprints.itenas.ac.id/id/eprint/1613

Hardani et al. (2022). Buku Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif. LP2M UST Jogja.

Hata Wibowo, M. T., & Setiawan, S. (2022). Analisis Efektivitas Organisasi Pada Desa Raharja Kecamatan Tanjungsari Kabupaten Sumedang. Neo Politea, 3(1), 21–35. https://doi.org/10.53675/neopolitea.v3i1.491

Kusumawiranti, R. (2022). Pengelolaan Air Bersih (Pab) Banyumili Berbasis Masyarakat Di Srimulyo Piyungan Bantul. Populika, 10(2), 62–72. https://doi.org/10.37631/populika.v10i2.546

Lismawati. (2021). Evaluasi Kualitas Air Pada Sistem Pengelolaan Air Bersih Berbasis Masyarakat Di Kecamatan Bukit Kab. Bener Meriah. Lingkar : Journal of Environmental Engineering, 2(2), 1–10. https://doi.org/10.22373/ljee.v2i2.1361

Muliawaty, L., & Hendryawan, S. (2020). Peranan e-government dalam pelayanan publik (studi kasus: Mal pelayanan publik Kabupaten Sumedang). Kebijakan: Jurnal Ilmu …, 11, 101–112. Retrieved from https://www.journal.unpas.ac.id/index.php/kebijakan/article/view/2898%0Ahttps://www.journal.unpas.ac.id/index.php/kebijakan/article/download/2898/1285

Nursantosa, I., Hariyadi, M. R. P., Paskalis, T., & Ramdhan, M. F. S. (2023). Analisis Pengelolaan Sumber Daya Air Oleh BUMN, BUMD dan BUMS Sebagai Bentuk Kerjasama Dalam Meningkatkan Perekonomian Nasional. Ilmiah Wahana Pendidikan, 9(12), 219–230.

Nusantara, D. A., Pendidikan, J., Vol, B., & Arrahmaniyah, O. S. (2023). Research And Development ( R & D ) Penelitian Yang Inovatif Dalam Pendidikan, 1(1).

Oktohandoko, M. Q. (2019). Pengelolaan Sumberdaya Air pada Perusahaan Daerah Air Minum Kota Yogyakarta Pasca Putusan Mahkamah Konstitusi Nomor 85/PUU-XI/2013. Jurnal Hukum Ekonomi Syariah, 2(2), 105. https://doi.org/10.30595/jhes.v2i2.5612

Parawu, H. E., Tahir, N., Negara, I. A., Makassar, U. M., Negara, I. A., Makassar, U. M., … Makassar, U. M. (2023). 11381-35686-1-Pb, 4(April).

Pramesti, D. S., & Puspikawati, S. I. (2020). Analysis of Turbidity Test Bottled Drinking Water In Banyuwangi District. Preventif : Jurnal Kesehatan Masyarakat, 11(2), 75–85. https://doi.org/10.22487/preventif.v11i2.59

Purwanto et al. (2022). Prinsip, Asas, Dan Unsur Pelayanan Publik. Pelayanan Publik Di Era Tatanan Normal Baru, (March). Retrieved from https://www.researchgate.net/publication/359232993_PRINSIP_ASAS_DAN_UNSUR_PELAYANAN_PUBLIK

Rahmadani, N., Syafri, M., & Mustari, S. (5715). WATER AND SUSTAINABILITY ENVIRONMENT Penerbit FATIMA PRESS 2023.

Rawung, C. R., Sambiran, S., & Sampe, S. (2023). No Title, 3(1), 1–8.

Ristiani, I. Y., & Publik«, P. (2020). Coopetition: Jurnal Ilmiah Manajemen Manajemen Pelayanan Publik Pada Mall Pelayanan Publik di Kabupaten Sumedang Provinsi Jawa Barat, X(2), 165–178.

Sellang, K., Ahmad, J., & Mustanir, A. (2019). Strategi dalam peningkatan kualitas pelayanan publik, (August), 1–168. Retrieved from https://play.google.com/store/books/details/Kamaruddin_Sellang_S_Sos_M_AP_STRATEGI_DALAM_PENIN?id=U06rDwAAQBAJ

Supriatna, C. (2021). PERKEMBANGAN Yudi Rusfiana.

T. Rama Auliansyah. (2020). Efektifitas Pelayanan Publik Di Kantor Dinas Kependudukan Dan Catatan Sipil Kabupaten Nagan Raya Berdasarkan Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 Tentang Pelayanan Publik. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.

Tangkilisan, H. N. S. (2005). Manajemen Publik. The Journal Publishing, 28.

Zaini, P. M., Zaini, P. M., Saputra, N., Penerbit, Y., Zaini, M., Lawang, K. A., & Susilo, A. (2023). Metodologi Penelitian Kualitatif.

Published

2024-12-30

How to Cite

Purwati, M. N. W., & Hertati, D. . (2024). Efektivitas Pelayanan Penyediaan Air Bersih Perusahaan Umum Daerah Aur Minum Tirta Kencana Kecamatan Jombang Kabupaten Jombang. JURNAL PARADIGMA : Journal of Sociology Research and Education, 5(2), 911-916. https://doi.org/10.53682/jpjsre.v5i2.10545