Digital Public Relations Humas Pemda DIY Melalui Akun Media Sosial Instagram @Humasjogja

Authors

  • Ramadhan Sandi Babussalam Universitas Ahmad Dahlan
  • Iva Fikriani Deslia Universitas Ahmad Dahlan

DOI:

https://doi.org/10.53682/jpjsre.v5i2.10546

Keywords:

Digital Public Relations, Model SOME, Humas Pemda DIY, Sosial Media, Instagram

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan praktik teori Digital Public Relations menurut Onggo serta model SOME menurut Regina Luttrell melalui media sosial Instagram @humasjogja. Peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan melakukan wawancara dengan narasumber serta pengumpulan informasi dari artikel yang memuat seputar Humas Pemda DIY. Studi ini berfokus pada Humas Pemda DIY yang sebagai praktisi Digital Public Relations sekaligus. Hasil menunjukkan bahwa Humas Pemda DIY telah menerapkan teori Digital Public Relations dan Cyber Public Relations dengan baik namun masih memiliki kekurangan di beberapa tempat seperti tidak selalu bisa memberikan informasi secara real-time.

References

Cyber, M., Relations, P., Website, P., & Id, S. S. C. H. (2024). DALAM MENUNJANG KOMUNIKASI SEKOLAH DAN MASYARAKAT. 5(2), 170–176.

Elyus, D. S., & Soleh, M. (2021). Hum_4"Strategi Humas Dalam Meningkatkan Citra Sekolah Di Era Pendemi Covid 19". Jurnal Inspirasi Manajemen Pendidikan, 09, 281–289.

Girsang, C. N. (2020). Pemanfaatan Micro-Influencer pada Media Sosial sebagai Strategi Public Relations di Era Digital. Ultimacomm: Jurnal Ilmu Komunikasi, 12(2), 206–225. https://doi.org/10.31937/ultimacomm.v12i2.1299

Hajar, S. A., & Anshori, M. S. (2021). Strategi Komunikasi Persuasif Farah Qoonita Dalam Menyampaikan Dakwah Melalui New Media. Aksiologi : Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 1(2), 62–66. https://doi.org/10.47134/aksiologi.v1i2.12

Linda, Nurfauzi, K. R., & Amalin, K. (2024). Circular Model of SOME dalam Komunikasi Korporasi MYLK di Media Sosial Instagram. ANALOGI Jurnal Ilmu Sosial Dan Humaniora, 2(2), 32–47. https://doi.org/10.61902/analogi.v2i2.1026

Malla Avila, D. E. (2022). Strategi Media Relations Humas Pemda DIY dalam Penanganan Kasus Covid-19 di Daerah. In הארץ (Issue 8.5.2017).

Mustopa, M. (2023). Peran Humas Pemerintahan Di Masa Pendemi Covid-19 Program Studi Magister Imu Komunikasi. 19.

Nasiroh, A., Sadono, T. P., & Pratiwi, N. M. I. (2022). Strategi Humas Dalam Menangani Komplain Di RSU Bunda Sidoarjo. Seminar Nasional Hasil Skripsi, 1(01), 16–20.

Nugraha, A. R., Sjoraida, D. F., Erdinaya, L. K., & Komariah, K. (2020). Komunikasi humas pemerintahan kabupaten/kota di Jawa Barat melalui media digital Instagram. Jurnal Kajian Komunikasi, 8(2), 221. https://doi.org/10.24198/jkk.v8i2.26407

Rania, R., & Diniati, A. (2023). Analisis Strategi Humas Diskominfo Kota Bogor Dalam Mengelola Media Sosial Instagram @Kominfobogor. Jurnal Pendidikan Sejarah Dan Riset Sosial Humaniora (KAGANGA), 6(1), 291–302. https://medium.com/@arifwicaksanaa/pengertian-use-case-a7e576e1b6bf

Rhesa Rahmayanti, D. (2014). Implementasi Corporate Social Responsibility dalam Membangun Reputasi Perusahaan. Jurnal ILMU KOMUNIKASI, 11(1), 93–104. https://doi.org/10.24002/jik.v11i1.387

Rona, N. M., Sufa, S. A., & Ratnasari, E. (2022). Aktivitas Digital Public Relations Dalam Akun Instagram @Ortuseight. Medium, 10(1), 69–83. https://doi.org/10.25299/medium.2022.vol10(1).9149

Surapati, M. U., Rasyid, A., & Nurjanah. (2020). Strategi Humas Dalam Mempromosikan Sekolah Pekanbaru. Jurnal Ilmu Komunikasi, 9, 347–362.

Syaipudin, L., & Awwalin, I. N. (2022). Strategi Promosi Melalui Pemanfaatan Media Sosial Instagram Dalam Meningkatkan Penjualan pada Home Industry Baso Aci Mahira Lamongan. Sanskara Manajemen Dan Bisnis, 1(01), 31–42. https://sj.eastasouth-institute.com/index.php/smb/article/view/22

Yananingtyas, H. Z., & Irwansyah. (2020). Cyber Public Relation Melalui Microblogging Dalam Menjaga Citra PemProv DKI Jakarta. Jurnal Komunikasi, 14(2), 199–212. https://doi.org/10.21107/ilkom.v14i2.7456

Published

2024-12-23

How to Cite

Babussalam, R. S., & Deslia, I. F. . (2024). Digital Public Relations Humas Pemda DIY Melalui Akun Media Sosial Instagram @Humasjogja. JURNAL PARADIGMA : Journal of Sociology Research and Education, 5(2), 509-520. https://doi.org/10.53682/jpjsre.v5i2.10546