Pemetaan Kompetensi Pendidik Paling Dibutuhkan oleh Sekolah Swasta di Kota Pekanbaru

Authors

  • Zetri Rahmat UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU
  • Reinaldi Reinaldi Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
  • Rahma Dinda Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

DOI:

https://doi.org/10.53682/jpjsre.v5i2.10621

Keywords:

Guru, Kepribadian, Profesional, Pedagogik, Sosial

Abstract

Latar belakang dari penelitian ini adalah banyaknya mahasiswa calon guru dan beberapa dosen yang belum bisa menjawab kompetensi pendidik yang paling dibutuhkan oleh pihak sekolah. Tujuan dari penelitian ini adalah memetakan masing-masing kompetensi keguruan yang paling dibutuhkan oleh pihak sekolah dari empat kompetensi yang diberikan oleh pemerintah melalui UU 14 Tahun 2006..Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode penelitian survei. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh sekolah menengah atas sederajat yang berstatus sekolah swasta di kota Pekanbaru. Sampel diambil sebanyak 42 sekolah dan dilakukan dengan teknik ramdom sampling.Kesimpulan dari penelitian ini adalah dari empat kompetensi keguruan yang ditetapkan pemerintah yaitu kompetensi kepribadian, kompetensi sosaial, kompetensi professional dan kompetensi pedagogik maka kompetensi kepribadian yang paling dibutuhkan oleh pihak sekolah dengan skor 96,6 %.Maka bagi calon guru seharusnya mempersiapkan semua kompetensi yang dibutuhkan, dan tentu memberikan perhatian yang lebih banyak kepada kompetensi kepribadian sebagai kompetensi yang paling butuhkan oleh pihak sekolah.

References

Agung, Iskandar, and Agus Santosa. 2017. “Dinamika LPTK Menuju Perguruan Tinggi Kelas Dunia (World Class University/WCU).” Perspektif Ilmu Pendidikan 31(1): 43–54.

Asmara, Husna. 2015. “Profesi Kependidikan.” Bandung: Alfabeta.

Bhakti, Caraka Putra, and Ika Maryani. 2016. “Peran LPTK Dalam Pengembangan Kompetensi Pedagogik Calon Guru.” JP (Jurnal Pendidikan): Teori Dan Praktik 1(2): 98–106.

Citradewi, Adelina, and Margunani Margunani. 2016. “Pengaruh Kepribadian, Pendidikan Kewirausahaan, Dan Lingkungan Keluarga Terhadap Aktivitas Berwirausaha Mahasiswa Universitas Negeri Semarang.” Economic Education Analysis Journal 5(2): 519.

DATABOOKS. 2022. “Ini Kondisi Kemiskinan Dan Pengangguran RI Lima Tahun Terakhir.” https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2022/08/19/ini-kondisi-kemiskinan-dan-pengangguran-ri-lima-tahun-terakhir.

Fikri, Aula Ahmad Hafidh Saiful, Tejo Nurseto, Ali Muhson, and Supriyanto Supriyanto. 2017. “Peluang Kerja Lulusan Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta.” Jurnal Penelitian Humaniora 22(2): 71–82.

Muhson, Ali, Daru Wahyuni, Supriyanto Supriyanto, and Endang Mulyani. 2012. “Analisis Relevansi Lulusan Perguruan Tinggi Dengan Dunia Kerja.” Jurnal Economia 8(1): 42–52.

Rizaty, Monavia Ayu. 2022. “ILO: 73 Juta Anak Muda Diperkirakan Menganggur Pada 2022 Artikel Ini Telah Tayang Di Dataindonesia.Id Dengan Judul ‘ILO: 73 Juta Anak Muda Diperkirakan Menganggur Pada 2022’.” dataindonesia.id. https://dataindonesia.id/sektor-riil/detail/ilo-73-juta-anak-muda-diperkirakan-menganggur-pada-2022.

Tohir, Mohammad. 2020. “Merdeka Belajar: Kampus Merdeka.”

Wulandari, Silvy Putri, Pardiman Pardiman, and Afi Rahmat Slamet. 2022. “Pengaruh Kompetensi Mahasiswa Terhadap Kesiapan Memasuki Dunia Kerja Di Era 4.0.” Jurnal Ilmiah Riset Manajemen 11(15).

Published

2024-12-27

How to Cite

Rahmat, Z., Reinaldi , R. ., & Dinda, R. . (2024). Pemetaan Kompetensi Pendidik Paling Dibutuhkan oleh Sekolah Swasta di Kota Pekanbaru. JURNAL PARADIGMA : Journal of Sociology Research and Education, 5(2), 828-837. https://doi.org/10.53682/jpjsre.v5i2.10621