Pengaruh Penggunaan Hashtag Engagement #Generasikulitsehat Terhadap Minat Beli Produk NPURE (Survei Followers @npureofficial)
DOI:
https://doi.org/10.53682/jpjsre.v5i2.10626Keywords:
Hashtag Engagement, Minat Beli, Instagram, Npure, Teori S-O-RAbstract
Media sosial menjadi sangat populer di era saat ini, khususnya Instagram, yang kini menjadi platform yang efektif untuk pemasaran digital. Fitur Instagram yang digunakan untuk promosi adalah penggunaan hashtag (#) dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan keterlibatan konsumen dalam mempromosikan. Npure adalah salah satu perusahaan yang menggunakan hashtag engagement untuk memperluas jangkauan konsumen mereka dalam kampanye digital mereka. Teori pada penelitian ini merupakan Teori Stimulus-Organism-Response (S-O-R), dimana Hashtag Engagement sebagai stimulus, followers Npure sebagai organisme, dan minat beli sebagai respons. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan teknik pengumpulan survei yang disebarkan kepada 100 responden followers Instagram @Npureofficial. Uji koefisien determinasi menghasilkan data sebesar 70,5%, yang merupakan hasil yang cukup besar untuk mempengaruhi variabel Y. Selain itu, nilai signifikansi sebesar.001 dan nilai t hitung 5,302 > 1,664. Maka, H1 diterima dan H0 ditolak, menyatakan bahwa variabel X (hashtag engagement) berpengaruh terhadap variabel Y (minat beli) produk Npure. Hasil penelitian ini sesuai dengan teori Stimulus-Organism-Response (S-O-R), di mana Hashtag Engagement #GenerasiKulitSehat dapat mempengaruhi organisme dalam penelitian ini, yaitu followers @npureofficial, untuk menghasilkan respons berupa minat beli.
References
Abdullah, Ma’ruf. 2015. Metodologi Penelitian Kuantitatif. 1st ed. Aswaja Pressindo.
Annedean. 2022. “Bukan Kulit Putih Yang Jadi Acuan, NPURE Bikin Gebrakan #GenerasiKulitSehat!” FEMALE DAILY. Retrieved (https://editorial.femaledaily.com/blog/2022/05/24/bukan-kulit-putih-yang-jadi-acuan-npure-bikin-gebrakan-generasikulitsehat).
Anon. n.d. “DIGITAL 2024: 5 MILIAR PENGGUNA MEDIA SOSIAL.” We Are Social. Retrieved December 16, 2024 (https://wearesocial.com/id/blog/2024/01/digital-2024-5-billion-social-media-users/).
Asyari, Hasyim. 2024. “Strategi Penggunaan Content Marketing Pada Pengguna TikTok Dan Instagram Berdasarkan Audience Behaviour Di Perusahaan X.” Jurnal Vokasi Indonesia 12(1). doi: 10.7454/jvi.v12i1.1215.
Fahimah, Mar’atul, and Isyam Rotul Ainiyah. 2023. “Minat Beli Produk Fashion: Penggunaan Hashtag Dan Review Produk Pada Aplikasi TikTok.” Jurnal Ecoment Global 8(2):79–87. doi: 10.36982/jeg.v8i2.2780.
Hand, Steve. n.d. “10 Contoh Hashtag Sempurna Yang Membuat Kampanye Hashtag Sukses.” Miappi. Retrieved July 16, 2024 (https://blog.miappi.com/10-perfect-examples-successful-hashtag-campaigns).
Julius, Niko. 2024. “Data Jumlah Pengguna Instagram Di Indonesia 2024.” Upgraded. Retrieved November 5, 2024 (https://upgraded.id/data-jumlah-pengguna-instagram-di-indonesia).
Kusuma, Diana Fitri, and Mohamad Syahriar Sugandi. 2019. “Strategi Pemanfaatan Instagram Sebagai Media Komunikasi Pemasaran Digital Yang Dilakukan Oleh Dino Donuts.” Jurnal Manajemen Komunikasi 3(1):18–33. doi: 10.24198/jmk.v3i1.12963.
Oktavia, Yasmin. 2015. “PENGARUH HASHTAG ENGAGEMENT #PEOPLEWEAROEMAHETNIK DI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM TERHADAP BRAND IMAGE UKM OEMAH ETNIK.” Ekp 13(071511533062):113–21.
Rizky, Muhammad Fakhru, and Hanifa Yasin. 2014. “PENGARUH PROMOSI DAN HARGA TERHADAP MINAT BELI PERUMAHAN OBAMA PT. NAILAH ADI KURNIA SEI MENCIRIM MEDAN.” Jurnal Manajemen & Bisnis 14(33):44.
Rumiati, Siti. 2017. “Profitabilitas, Ukuran Perusahaan, Pergantian Manajemen, Dividend Payout Ratio Dan Leverage Terhadap Tindakan Perataan Laba (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur Yang Go Publik Di BEI Tahun 2013-2015).” Universitas Muhammadiyah Gresik.
Sugiono, Noerdjanah, and Afrianti Wahyu. 2020. “Uji Validitas Dan Reliabilitas Alat Ukur SG Posture Evaluation.” Jurnal Keterapian Fisik 5(1):55–61. doi: 10.37341/jkf.v5i1.167.
Sugiyono. 2022. Metode Penelitian Kuantitatif. Cetakan ke. edited by M. P. Setiyawami, S.H. ALFABETA.
Utami, Putu Hardayani, Amanda Ni Made Ras, and I. Gusti Agung Alit Suryawati. 2021. “Pengaruh Penggunaan #skincareviral Di Video TikTok Terhadap Minat Beli Skincare Bagi Pengguna Tiktok Di Denpasar.” Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik Universitas Udayana 1–8.
Valency, Devania Putri. 2022. “Pengaruh Penggunaan Hashtag Terhadap Minat Beli Produk Skincare Lokal Pada Remaja (Studi Kuantitatif Pada Hashtag #BelanjaLokal Akun TikTok @Sabrinaalyaw Oleh Anggota Komunitas Skincare Enthusiast) [Skrispi, Dipublikasikan].” Universitas Pembangunan Jaya.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 JURNAL PARADIGMA : Journal of Sociology Research and Education
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.