Kualitas Pelayanan Publik di Puskesmas Keputih Kecamatan Sukolilo Kota Surabaya

Authors

  • Delta Diva Dinanty UPN "Veteran" Jawa Timur
  • Indira Arundinasari UPN "Veteran" Jawa Timur

DOI:

https://doi.org/10.53682/jpjsre.v6i1.10749

Keywords:

Pelayanan Publik, Kualitas Pelayanan, Puskesmas Keputih

Abstract

Pemerintah Kota Surabaya melakukan Survei Kepuasan Masyarakat kepada pengguna layanan kesehatan. Terdapat hasil Indeks Kepuasan Masyarakat  (IKM) Puskesmas dari tahun 2020 hingga 2023 mengalami fluktuasi, namun cenderung naik, Namun ada beberapa temuan yang terkait dengan pelaksanaan pelayanan kesehatan di Puskesmas Keputih Kecamatan Sukolilo Kota Surabaya. Maka Rumusan Masalahnya “Bagaimakan Kualitas Pelayanan Publik di Puskesmas Keputih Kecamatan Sukolilo Kota Surabaya?”. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan mengetahui Kualitas Pelayanan Publik di Puskesmas Keputih Kecamatan Sukolilo Kota Surabaya. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Fokus dalam penelitian adalah 1.Berwujud /Tampak /Terjamah (Tangibles); 2. Keterandalan/Kehandalan (Realibility); 3. Keresponsifan/Tanggap (Responsiviness); 4. Keyakinan/Jaminan (Assurance); dan 5. Empati (Empathy). Penelitian ini menggunakan informan penelitian yang terdiri dari pejabat fungsional yang bertugas memberikan pelayanan di Puskesmas Keputih Kecamatan Sukolilo; staf administrasi Puskesmas Keputih Kecamatan Sukolilo; dan masyarakat pengguna pelayanan kesehatan di Puskesmas Keputih Kecamatan Sukolilo sebagai sumber data primer. Teknik analisis data yang digunakan peneliti adalah analisis data deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Mutu pelayanan kesehatan di Puskesmas Keputih Kecamatan Sukolilo dilihat dari dimensi Berwujud/Tampak/Terjamah (Tangibles); 2. Keterandalan/Kehandalan (Realibility) Keresponsifan/Tanggap (Responsiviness); 4. Keyakinan/Jaminan (Assurance) telah sejalan dengan harapan masyarakat, namun ternyata pada dimensi Empati (Emphaty) belum memenuhi harapan masyarakat sehingga masih perlu dibenahi.

References

Andry., S. &. (2021). “Analisis Implementasi Layanan E-Health PadaPusat Kesehatan Masyarakat Di Kecamatan Bungaraya Kabupaten Siak.”. Jurnal Kemunting, Vol. 2, No.1.

Anggara, S. ,. (2015). Metode Penelitian. Journal of Chemical Information and Modeling 53(9),, 1689–1699.

Azwar, A. ( 2010. ). Pengantar Administrasi Kesehatan. Jakarta.: Edisi III. Binarupa aksara.

Berry, P. d. (1985). Conceptual Model of ServiceQuality and its implication for future research. Jurnal Marketing, Vol 49., 41-50.

Christian, E. (2023). Analisis Efektivitas Penerapan Layanan E-Health di Kota Bandung. Jurnal Lestari Sosial Budaya.

Fitri, N. &. (2022). Identifikasi Faktor Risiko Keselamatan dan Kesehatan Kerja di Fasilitas Pelayanan Kesehatan (Studi Kasus di Puskesmas Kota Malang. Media Publikasi Promosi Kesehatan Indonesia (MPPKI), 5(6), 721-726.

Hardiyansyah. (2018). Kualitas Pelayanan Publik.Yogyakarta: Bina Media

Imran, I., Yulihasri, Y., Almasdi, A., & Syavardie, Y. (2021). Dampak Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien Puskesmas. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Sains Dan Humaniora, 5(3), 389–396. https://doi.org/10.23887/jppsh.v5i3.4084

Khozin, M. (2019). Kualitas Pelayanan Kesehatan Lansia di Kota Yogyakarta (Studi kasus pelayanan kesehatan pada Puskesmas Mantrijeron). Jurnal Manajemen Pelayanan Publik, 143.

Kristanto. (2018.). Perancangan Sistem Informasi dan Aplikasinya. . Yogyakarta:: Gava Media, .

Kusmayadi, Rudiana, & Badruzaman. (2015). Good Corporate Governance. Tasikmalaya: LPPM Universitas Siliwangi.

Lexy J Moleong. (2016). Metodologi Penelitian Kualitatif,. Bandung: PT.Remaja Rosdakarya.

Mardiansyah, M. (2019). Kualitas Pelayanan Puskesmas Terhadap Pengguna Program Bpjs Kesehatan Di Puskesmas Pagurawan. Jurnal Kesehatan Masyarakat & Gizi (Jkg), 1(2), 16–20. https://doi.org/10.35451/jkg.v1i2.115

Ni Ketut Siya Darmini A.A.N. Oka Suryadinatha Gorda. (2021). menyigi kualitas pelayanan kesehatan di puskesmas pada era pandemi. 16(2), 1–4.

Puspawanti, W. (2022). pemanfaatan pelayanan kesehatan di PSC 119 Kabupaten Kepulauan Selayar tahun 2022. ADMINISTRASI KEBIJAKAN KESEHATAN.

Salim dan Syahrum. (2012). Metodologi Penelitian Kualitatif (Konsep dan Aplikasi dalamIlmu Sosial, Keagamaan dan Pendidikan. Bandung: Citapustaka Media.

Santika, I. W. (2023). Analisis Implementasi Keberhasilan Sistem Informasi Manajemen Puskesmas (SIMPUS): Tinjauan Teoritis. Journal Clinical Pharmacy and Pharmaceutical Science, 2(1), 50- 56. .

Suharyana, Y. (2017). implementasi e-government untuk pelayanan publik. Jurnal Kebijakan Pembangunan Daerah, 45– 58.

Sulistyowati, W. ( 2018). Kualitas Layanan Teori Dan Aplikasinya. . Sidoarjo.: UMSIDA Press.

Tarwiyah, H. (2017). Hubungan Frekuensi Konsumsi Bahan Makanan SumberGluten dan Kasein Dengan Perilaku Autistik Anak Autis Usia 5-12 Tahun. Skripsi Program Studi Ilmu Gizi.Fakultas Ilmu Kesehatan. UniversitasMuhammadiyah Surakarta.

Umardiono A, A. A. (2019). Peningkatan Pelayanan KesehatanPuskesmas Untuk Penanggulangan Penyakit Tropis Demam Berdarah Dengu. JAKPP (Jurnal Analisis Kebijakan Pelayanan Publik). , 4(1):60

Published

2025-06-10

How to Cite

Diva Dinanty, D., & Arundinasari, I. . (2025). Kualitas Pelayanan Publik di Puskesmas Keputih Kecamatan Sukolilo Kota Surabaya. JURNAL PARADIGMA : Journal of Sociology Research and Education, 6(1), 358-374. https://doi.org/10.53682/jpjsre.v6i1.10749