Kualitas Pelayanan Publik di Puskesmas Keputih Kecamatan Sukolilo Kota Surabaya

Authors

  • Delta Diva Dinanty UPN "Veteran" Jawa Timur
  • Indira Arundinasari UPN "Veteran" Jawa Timur

DOI:

https://doi.org/10.53682/jpjsre.v6i1.10749

Keywords:

Pelayanan Publik, Kualitas Pelayanan, Puskesmas Keputih

Abstract

Pemerintah Kota Surabaya melakukan Survei Kepuasan Masyarakat kepada pengguna layanan kesehatan Terdapat hasil Indeks Kepuasan Masyarakat IKM Puskesmas dari tahun 2020 hingga 2023 mengalami fluktuasi namun cenderung naik Namun ada beberapa temuan yang terkait dengan pelaksanaan pelayanan kesehatan di Puskesmas Keputih Kecamatan Sukolilo Kota Surabaya Maka Rumusan Masalahnya Bagaimakan Kualitas Pelayanan Publik di Puskesmas Keputih Kecamatan Sukolilo Kota Surabaya? Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan mengetahui Kualitas Pelayanan Publik di Puskesmas Keputih Kecamatan Sukolilo Kota Surabaya Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi wawancara dan dokumentasi Fokus dalam penelitian adalah 1 Berwujud Tampak Terjamah Tangibles ; 2 Keterandalan Kehandalan Realibility ; 3 Keresponsifan Tanggap Responsiviness ; 4 Keyakinan Jaminan Assurance ; dan 5 Empati Empathy Penelitian ini menggunakan informan penelitian yang terdiri dari pejabat fungsional yang bertugas memberikan pelayanan di Puskesmas Keputih Kecamatan Sukolilo; staf administrasi Puskesmas Keputih Kecamatan Sukolilo; dan masyarakat pengguna pelayanan kesehatan di Puskesmas Keputih Kecamatan Sukolilo sebagai sumber data primer Teknik analisis data yang digunakan peneliti adalah analisis data deskriptif Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1 Mutu pelayanan kesehatan di Puskesmas Keputih Kecamatan Sukolilo dilihat dari dimensi Berwujud Tampak Terjamah Tangibles ; 2 Keterandalan Kehandalan Realibility Keresponsifan Tanggap Responsiviness ; 4 Keyakinan Jaminan Assurance telah sejalan dengan harapan masyarakat namun ternyata pada dimensi Empati Emphaty belum memenuhi harapan masyarakat sehingga masih perlu dibenahi < p>

References

Andry S 2021 Analisis Implementasi Layanan E Health PadaPusat Kesehatan Masyarakat Di Kecamatan Bungaraya Kabupaten Siak Jurnal Kemunting Vol 2 No 1

Anggara S 2015 Metode Penelitian Journal of Chemical Information and Modeling 53 9 1689 1699

Azwar A 2010 Pengantar Administrasi Kesehatan Jakarta : Edisi III Binarupa aksara

Berry P d 1985 Conceptual Model of ServiceQuality and its implication for future research Jurnal Marketing Vol 49 41 50

Christian E 2023 Analisis Efektivitas Penerapan Layanan E Health di Kota Bandung Jurnal Lestari Sosial Budaya

Fitri N 2022 Identifikasi Faktor Risiko Keselamatan dan Kesehatan Kerja di Fasilitas Pelayanan Kesehatan Studi Kasus di Puskesmas Kota Malang Media Publikasi Promosi Kesehatan Indonesia MPPKI 5 6 721 726

Hardiyansyah 2018 Kualitas Pelayanan Publik Yogyakarta: Bina Media

Imran I Yulihasri Y Almasdi A Syavardie Y 2021 Dampak Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien Puskesmas Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Sains Dan Humaniora 5 3 389 396 https: doi org 10 23887 jppsh v5i3 4084

Khozin M 2019 Kualitas Pelayanan Kesehatan Lansia di Kota Yogyakarta Studi kasus pelayanan kesehatan pada Puskesmas Mantrijeron Jurnal Manajemen Pelayanan Publik 143

Kristanto 2018 Perancangan Sistem Informasi dan Aplikasinya Yogyakarta:: Gava Media

Kusmayadi Rudiana Badruzaman 2015 Good Corporate Governance Tasikmalaya: LPPM Universitas Siliwangi

Lexy J Moleong 2016 Metodologi Penelitian Kualitatif Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Mardiansyah M 2019 Kualitas Pelayanan Puskesmas Terhadap Pengguna Program Bpjs Kesehatan Di Puskesmas Pagurawan Jurnal Kesehatan Masyarakat Gizi Jkg 1 2 16 20 https: doi org 10 35451 jkg v1i2 115

Ni Ketut Siya Darmini A A N Oka Suryadinatha Gorda 2021 menyigi kualitas pelayanan kesehatan di puskesmas pada era pandemi 16 2 1 4

Puspawanti W 2022 pemanfaatan pelayanan kesehatan di PSC 119 Kabupaten Kepulauan Selayar tahun 2022 ADMINISTRASI KEBIJAKAN KESEHATAN

Salim dan Syahrum 2012 Metodologi Penelitian Kualitatif Konsep dan Aplikasi dalamIlmu Sosial Keagamaan dan Pendidikan Bandung: Citapustaka Media

Santika I W 2023 Analisis Implementasi Keberhasilan Sistem Informasi Manajemen Puskesmas SIMPUS : Tinjauan Teoritis Journal Clinical Pharmacy and Pharmaceutical Science 2 1 50 56

Suharyana Y 2017 implementasi e government untuk pelayanan publik Jurnal Kebijakan Pembangunan Daerah 45 58

Sulistyowati W 2018 Kualitas Layanan Teori Dan Aplikasinya Sidoarjo : UMSIDA Press

Tarwiyah H 2017 Hubungan Frekuensi Konsumsi Bahan Makanan SumberGluten dan Kasein Dengan Perilaku Autistik Anak Autis Usia 5 12 Tahun Skripsi Program Studi Ilmu Gizi Fakultas Ilmu Kesehatan UniversitasMuhammadiyah Surakarta

Umardiono A A A 2019 Peningkatan Pelayanan KesehatanPuskesmas Untuk Penanggulangan Penyakit Tropis Demam Berdarah Dengu JAKPP Jurnal Analisis Kebijakan Pelayanan Publik 4 1 :60

Published

2025-06-10

How to Cite

Kualitas Pelayanan Publik di Puskesmas Keputih Kecamatan Sukolilo Kota Surabaya. (2025). JURNAL PARADIGMA : Journal of Sociology Research and Education, 6(1), 358 374. https://doi.org/10.53682/jpjsre.v6i1.10749