Peranan Motivasi dan Kreativitas dalam Membuat Karya Karya Kreatif Media Pembelajaran Mahasiswa PGSD STKIP Widyaswara Indonesia
DOI:
https://doi.org/10.53682/jpjsre.v5i1.10790Keywords:
Hubungan, Motivasi Belajar, Perhatian KeluargaAbstract
Penelitian ini ditujukan untuk menginvestigasi peran motivasi dan kreativitas dalam pengembangan media pembelajaran kreatif oleh mahasiswa PGSD di STKIP Widyaswara Indonesia Media pembelajaran yang inovatif memegang peranan vital dalam menciptakan proses belajar mengajar yang efektif dengan motivasi intrinsik dan ekstrinsik sebagai pendorong utama mahasiswa dalam menghasilkan karya berkualitas Metodologi yang diterapkan menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain studi kasus Pengumpulan data dilakukan melalui tiga metode utama: observasi langsung terhadap proses pembuatan karya wawancara mendalam dengan mahasiswa dan analisis dokumen terhadap karya karya yang dihasilkan Pendekatan ini memungkinkan pemahaman mendalam tentang dinamika motivasi dan kreativitas dalam proses pengembangan media pembelajaran Hasil penelitian mengungkapkan bahwa tingkat motivasi mahasiswa baik yang bersumber dari dalam diri seperti minat personal dan aspirasi pengembangan diri maupun dari luar seperti dukungan dosen dan atmosfer akademik memiliki pengaruh signifikan terhadap kualitas karya kreatif yang dihasilkan Perkembangan kreativitas mahasiswa juga terlihat optimal ketika mereka diberikan ruang untuk bereksplorasi dan memiliki pemahaman komprehensif tentang prinsip prinsip media pembelajaran efektif Berdasarkan temuan tersebut direkomendasikan agar program PGSD mengembangkan sistem pembelajaran yang mengintegrasikan aspek motivasi dan kreativitas secara lebih terstruktur Hal ini penting untuk memfasilitasi mahasiswa dalam menghasilkan media pembelajaran yang tidak hanya inovatif tetapi juga efektif dalam penerapannya < p>
References
A M Sardiman 1990 Interaksi Dan Motivasi Belajar Mengajar Jakarta: Raja Grafindo Persada
Bank James A 1985 Seni Budaya Peristiwa Masa Lalu Dalam buku Ilmu Seni Budaya dan Historiografi Arah dan Perspektif
Kardiawarman 2007 Penelitian Tindakan Kelas Jakarta: Ditjen PMPTK Depdiknas
H Arief Furchan M Ph D 2004 Pengantar Penelitian Dalam Pendidikan Yogyakarta:Pustaka Belajar
Margono 2010 Metodologi Penelitian Pendidikan Jakarta: Rineka Cipta
Sugiyono 2012 Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R B Bandung:
Alfabeta
Salvicion Celis 1998 Bina Keluarga Jakarta : Erlangga 2003
Suryabrata Sumadi 2011 Psikologi Kepribadian Raja Gravindo Persada
Pasaribu I L Simanungkalit B 1984 Pengantarr Psikologi Perkembangan Bandung
Olen R Dale 1990 Kecakapan Hidup Pada Anak Yogyakarta
Arikunto Suharsimi 2010 Metode Penelitian Pendidikan Jakarta:Rineka Cipta
Slameto 2015 Belajar dan Faktor Faktor yang Mempengaruhinya Jakarta:Rineka Cipta
Sudjana 1998 Metode Statistik Tarsito Jakarta
Ary Donald dkk 1982 Pengantar Penelitian Dalam Pendidikan Surabaya:Usaha Nasional
Riduwan 2008 Rumus dan Data Dalam Analisis Statiska Bandung:Alfabeta
Mardayanti Mella Hubungan antara Perhatian Orangtua dan Motivasi Belajar dengan Prestasi Belajar Siswa Riset dan Konseptual vol 5 no 4 2021
Wati Haspina Kontribusi Pola Asuh Orang Tua Terhadap Perkembangan Kepribadian Siswa Dalam jurnal vol 4 no 2 2013
Endriani Ani Hubungan Perhatian Orangtua Dengan Motivasi Belajar Dalam jurnal bimbingan dan konseling vol 1 no2 2016 IKIP Mataram
Anjani Dewi Metode motivasi dan fungsi motivasi belajar Dalam jurnal intelektual vol 1 no 3 2021
Salvician Pendidikan keluarga sebagai basis pendidikan anak Dalam jurnal vol 5 no1 2020
Anik Puspo Rini Hubungan Antara Perhatian Orang Tua Dengan Motivasi Belajar Siswa Kelas IX SMP Negeri 1 Kalasan Tahun Pelajaran 2009 2010
Nur Evialida Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Seni Budaya Kebudayaan Islam Pada Masa Covid19 di MTs Sabilal Muhtadin Jaya Karet
Lestari Dian 2012 Pengaruh Motivasi Dan Metode Pembelajaran Terhadap Prestasi Akuntansi Padang:FIP UNP






