Pengaruh User Generated Content dan Social Media Advertising terhadap Keputusan Berkunjung pada Wisata Kamodjan Fillage
DOI:
https://doi.org/10.53682/jpjsre.v5i1.10961Keywords:
Iklan Media Sosial, Keputusan Berkunjung, Konten Buatan PenggunaAbstract
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh User Generated Content dan Social Media Advertising terhadap Keputusan Berkunjung pada Kamodjan Fillage, destinasi wisata populer di Garut, Jawa Barat. Dengan menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif, data diperoleh dari 100 responden dengan menggunakan metode penyebaran kuesioner. Alat analisis yang digunakan yaitu Structural Equation Modeling-Partial Least Square (SEM-PLS). Temuan mengungkapkan bahwa User Generated Content dan Social Media Advertising memiliki pengaruh positif yang signifikan terhadap Keputusan Berkunjung. Penelitian ini berkontribusi pada literatur pariwisata dengan memberikan bukti empiris tentang efektivitas strategi pemasaran digital tersebut. Hasilnya mempunyai implikasi praktis bagi pengelola pariwisata yang berupaya meningkatkan daya tarik destinasi dan meningkatkan jumlah pengunjung.
References
Adiatma, D., Susilawati, W., & Anggraeni, W. (2024). Pengaruh Accessibility Dan Social Media Marketing Pada Minat Berkunjung Kembali Di Objek Wisata Taman Wisata Alam Talaga Bodas. Jurnal Industri Pariwisata, 6(2), 190–203. https://doi.org/10.36441/pariwisata.v6i2.1757
Christine, Situmorang, S. H., & Sembiring, B. K. F. (2024). User Generated Content (UGC) to Visit and Purchase Intention: Literature Review. Jurnal Akutansi …, 4(2), 108–120. https://journal.fkpt.org/index.php/JAMEK/article/download/1265/608
Dewi, I. K., Astawa, I. P., Siwantara, I. W., & Mataram, I. G. A. B. (2019). Peranan Sosial Media dalam Menentukan Daerah Tujuan Wisata. Jurnal Bisnis Dan Kewirausahaan, 15(3), 127–136. https://doi.org/10.31940/jbk.v15i3.1462
Dewi, M. S. R. (2024). Analisis Digital Branding pada Akun Media Sosial Instagram @umbulbrondong Klaten. Jurnal Kajian Pariwisata, 8(2), 142–154. https://doi.org/10.51977/jiip.v6i2.1871
Eksitasari, A. D., & Rahmatin, L. S. (2024). Pengaruh Media Sosial Instagram dan Atraksi Wisata terhadap Keputusan Berkunjung Wisatawan ke Wisata Puncak Pinus Becici, Yogyakarta. Jurnal Kajian Pariwisata Dan Bisnis Perhotelan, 4(3), 201–210. https://doi.org/10.24036/jkpbp.v4i3.70572
Fadhillah, R., & Suyuthie, H. (2020). Pengaruh Promosi Media Sosial Instagram Terhadap Keputusan Berkunjung di Objek Wisata Puncak Pato Kabupaten Tanah Datar. Fillgap in Management and Tourism, 5, 234–240.
Fitra, B., & Shasrini, T. (2023). Utilization of the Dorkoro Classic Custom Youtube Channel as a Means of Information for Custom Motorcycle Lovers in Pekanbaru. JSD Jurnal Sunan Doe, 1(5), 2985–3877.
Hair. (2014). A Primer on Partial Last Square Structural Equation Modeling (PLS-SEM). Sage.
Halnon, E. (2023). Outdoor Participation Trends Report Offers Insights Into How to Connect More Children With Nature. CHILDREN & NATURE NETWORK.
Hutomo, A. I., Raharjo, J. S. D., & Idris, J. (2024). Analisa Instagram Sebagai Sosial Media Pemasaran Di Industri Pariwisata. SEMNASIA (Seminar Nasional Ilmu Administrasi), 51–55.
Jufitasari, R., Syahputra, E., & Hardiningrum, I. S. (2023). Advertising Dan Daya Tarik Wisata Terhadap Keputusan Berkunjung Wisatawan Di Wisata Pagung Agrowisata Kediri. Commodities, Journal of Economic and Business, 4(2), 080–095. https://doi.org/10.59689/commo.v4i2.755
Khalidah, N. D. (2023). Analisis Pengaruh Video Marketing Dan User Generated Content Terhadap Purchase Intention Melalui Brand Awareness Sebagai Variabel Intervening (Studi Kasus Pada Wisata Kuliner Jamjamyeon Di Kabupaten Sumenep).
Komaling, A. G., Mandey, S. L., & Poluan, J. G. (2023). Dampak Periklanan Online, E-Wom, Dan Contentmarketing Terhadap Keputusan Membeli Produk Healthy Food Di Manado Pada Masa Newnormal. Jurnal EMBA : Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 11(4), 827–837. https://doi.org/10.35794/emba.v11i4.51751
Kurniawati, R. (2022). Faktor - Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Wisatawan Indonesia Berkunjung Ke Wisata Halal Luar Negeri. 33(1), 1–12.
Latan, H., & Ghozali, I. (2019). Partial Least Square: Konsep, Metode dan Aplikasi. Badan Penerbit Universitas Dipenogoro.
Lubis, K., & Harahap, I. M. (2023). Pengaruh Instagram dan Fasilitas terhadap Keputusan Berkunjung pada Objek Wisata Alam Air Terjun Sikulikap Kab. Karo Sumatera Utara. BUDGETING : Journal of Business, Management and Accounting, 5(1), 108–118.
Maesari, S., Irwansyah, N., & Iskandar, M. F. (2024). Analisis Faktor dalam Pengambilan Keputusan Wisatawan pada Wisata Pulau Pari Gugusan Pulau Seribu. Jurnal Ekonomi Bisnis Dan Humaniora, 3(2), 38–47.
Mutia, S., & Ahmady, D. (2023). Manajemen Digital Marketing Dan Atribut Produk Wisata Terhadap Keputusan Pengunjung Melalui Minat Berkunjung Sebagai Variabel Intervening Pada Obyek Taman Wisata Celosia Garden Kabupaten Aceh Jaya. ASIA-PACIFIC JOURNAL OF PUBLIC POLICY, 01(2), 1–10.
O’Hern, M. S., & Kahle, L. R. (2020). The Empowered Customer: User-Generated Content and the Future of Marketing. Global Economics and Management Review, 18(1), 22–30. https://doi.org/10.1016/s2340-1540(13)70004-5
Pan, P., & Zhang, H. (2023). Research on Social Media Advertising Persuasion Based on the Elaboration Likelihood Model. SHS Web of Conferences, 154, 03024. https://doi.org/10.1051/shsconf/202315403024
Purba, T. D., & Simbolon, A. P. (2024). Pengaruh Fasilitas dan Media Promosi terhadap Keputusan Berkunjung Kembali di Wisata Alam Geosite Sipinsur Kabupaten Humbang Hasundutan. BUDGETING : Journal of Business, Management and Accounting, 5(2), 894–904. https://doi.org/10.31539/budgeting.v5i2.7776
Rachman, A., Setiawati, L., & Rafdinal, W. (2021). Pengaruh Informasi UGC dari Media Sosial pada Minat Berwisata di Destinasi Wisata Jawa Barat. Prosiding The 12th Industrial Research Workshop and National Seminar, 4–5.
Rohimat, & Wibowo, L. A. (2020). Analisis Faktor Corporate Reputation pada Tempat Wisata. Jurnal Wacana Ekonomi, 19.
Setiawati, R., & Pritalia, G. L. (2023). Pemanfaatan Media Sosial sebagai Sarana Promosi Sektor Pariwisata. KONSTELASI: Konvergensi Teknologi Dan Sistem Informasi, 3(2), 278–285. https://doi.org/10.24002/konstelasi.v3i2.7255
Sikulikap, T., Karo, K. A. B., & Utara, S. (2023). Keputusan Berkunjung Pada Objek Wista Alam Air. 5(1), 108–118.
Simamora, S. U., Yusrizal, & Syafina, L. (2023). Pengaruh Media Sosial dan Fasilitas terhadap Keputusan Wisatawan Berkunjung Ke Pantai Pandan. SURPLUS : JURNAL EKONOMI DAN BISNIS, 1, 298–312.
Somadi, Cupian, C., & Hayati, A. (2024). Faktor Yang Mempengaruhi Pengambilan Keputusan Wisatawan Untuk Berkunjung Ke Wisata Halal. Jurnal Nusantara Aplikasi Manajemen Bisnis, 9(1), 1–19. https://doi.org/10.29407/nusamba.v9i1.19901
Sultan, M. F. (2024). Kamodjan Fillage: Destinasi Wisata Keluarga dengan Fasilitas Lengkap di Kamojang, Jawa Barat. SPORT TOURISM.ID.
Tewuh, G., Tawas, H., & Djemly, W. (2023). Faktor-faktor Penentu Daya Tarik Wisatawan untuk Berkunjung Ke Objek Wisata Bukit Kasih Kanonang. Jurnal EMBA : Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 11(1), 590–600. https://doi.org/10.35794/emba.v11i1.45327
Trigani, I., & P. Tobing, R. (2022). Pengaruh Social Media Advertising dan Electronic Word Of Mouth Terhadap Brand Trust Produk Sepatu Lokal. Jurnal Manajemen Dan Bisnis Madani, 4(2), 46–59. https://doi.org/10.51353/jmbm.v4i2.649
Utomo, S. B. (2023). Pemanfaatan Digital Marketing dalam Memperkenalkan Kawasan Wisata Jalan Tunjungan di Surabaya. Indo-Fintech Intellectuals: Journal of Economics and Business, 3(2), 449–458. https://doi.org/10.54373/ifijeb.v3i2.284
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.