Pengaruh User Generated Content dan Social Media Advertising terhadap Keputusan Berkunjung pada Wisata Kamodjan Fillage

Authors

DOI:

https://doi.org/10.53682/jpjsre.v5i1.10961

Keywords:

Iklan Media Sosial, Keputusan Berkunjung, Konten Buatan Pengguna

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh User Generated Content< em> dan Social Media Advertising< em> terhadap Keputusan Berkunjung pada Kamodjan Fillage destinasi wisata populer di Garut Jawa Barat Dengan menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif data diperoleh dari 100 responden dengan menggunakan metode penyebaran kuesioner Alat analisis yang digunakan yaitu Structural Equation Modeling Partial Least Square< em> SEM PLS Temuan mengungkapkan bahwa User Generated Content< em> dan Social Media Advertising< em> memiliki pengaruh positif yang signifikan terhadap Keputusan Berkunjung Penelitian ini berkontribusi pada literatur pariwisata dengan memberikan bukti empiris tentang efektivitas strategi pemasaran digital tersebut Hasilnya mempunyai implikasi praktis bagi pengelola pariwisata yang berupaya meningkatkan daya tarik destinasi dan meningkatkan jumlah pengunjung < p>

References

Adiatma D Susilawati W Anggraeni W 2024 Pengaruh Accessibility Dan Social Media Marketing Pada Minat Berkunjung Kembali Di Objek Wisata Taman Wisata Alam Talaga Bodas Jurnal Industri Pariwisata 6 2 190 203 https: doi org 10 36441 pariwisata v6i2 1757

Christine Situmorang S H Sembiring B K F 2024 User Generated Content UGC to Visit and Purchase Intention: Literature Review Jurnal Akutansi 4 2 108 120 https: journal fkpt org index php JAMEK article download 1265 608

Dewi I K Astawa I P Siwantara I W Mataram I G A B 2019 Peranan Sosial Media dalam Menentukan Daerah Tujuan Wisata Jurnal Bisnis Dan Kewirausahaan 15 3 127 136 https: doi org 10 31940 jbk v15i3 1462

Dewi M S R 2024 Analisis Digital Branding pada Akun Media Sosial Instagram @umbulbrondong Klaten Jurnal Kajian Pariwisata 8 2 142 154 https: doi org 10 51977 jiip v6i2 1871

Eksitasari A D Rahmatin L S 2024 Pengaruh Media Sosial Instagram dan Atraksi Wisata terhadap Keputusan Berkunjung Wisatawan ke Wisata Puncak Pinus Becici Yogyakarta Jurnal Kajian Pariwisata Dan Bisnis Perhotelan 4 3 201 210 https: doi org 10 24036 jkpbp v4i3 70572

Fadhillah R Suyuthie H 2020 Pengaruh Promosi Media Sosial Instagram Terhadap Keputusan Berkunjung di Objek Wisata Puncak Pato Kabupaten Tanah Datar Fillgap in Management and Tourism 5 234 240

Fitra B Shasrini T 2023 Utilization of the Dorkoro Classic Custom Youtube Channel as a Means of Information for Custom Motorcycle Lovers in Pekanbaru JSD Jurnal Sunan Doe 1 5 2985 3877

Hair 2014 A Primer on Partial Last Square Structural Equation Modeling PLS SEM Sage

Halnon E 2023 Outdoor Participation Trends Report Offers Insights Into How to Connect More Children With Nature CHILDREN NATURE NETWORK

Hutomo A I Raharjo J S D Idris J 2024 Analisa Instagram Sebagai Sosial Media Pemasaran Di Industri Pariwisata SEMNASIA Seminar Nasional Ilmu Administrasi 51 55

Jufitasari R Syahputra E Hardiningrum I S 2023 Advertising Dan Daya Tarik Wisata Terhadap Keputusan Berkunjung Wisatawan Di Wisata Pagung Agrowisata Kediri Commodities Journal of Economic and Business 4 2 080 095 https: doi org 10 59689 commo v4i2 755

Khalidah N D 2023 Analisis Pengaruh Video Marketing Dan User Generated Content Terhadap Purchase Intention Melalui Brand Awareness Sebagai Variabel Intervening Studi Kasus Pada Wisata Kuliner Jamjamyeon Di Kabupaten Sumenep

Komaling A G Mandey S L Poluan J G 2023 Dampak Periklanan Online E Wom Dan Contentmarketing Terhadap Keputusan Membeli Produk Healthy Food Di Manado Pada Masa Newnormal Jurnal EMBA : Jurnal Riset Ekonomi Manajemen Bisnis Dan Akuntansi 11 4 827 837 https: doi org 10 35794 emba v11i4 51751

Kurniawati R 2022 Faktor Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Wisatawan Indonesia Berkunjung Ke Wisata Halal Luar Negeri 33 1 1 12

Latan H Ghozali I 2019 Partial Least Square: Konsep Metode dan Aplikasi Badan Penerbit Universitas Dipenogoro

Lubis K Harahap I M 2023 Pengaruh Instagram dan Fasilitas terhadap Keputusan Berkunjung pada Objek Wisata Alam Air Terjun Sikulikap Kab Karo Sumatera Utara BUDGETING : Journal of Business Management and Accounting 5 1 108 118

Maesari S Irwansyah N Iskandar M F 2024 Analisis Faktor dalam Pengambilan Keputusan Wisatawan pada Wisata Pulau Pari Gugusan Pulau Seribu Jurnal Ekonomi Bisnis Dan Humaniora 3 2 38 47

Mutia S Ahmady D 2023 Manajemen Digital Marketing Dan Atribut Produk Wisata Terhadap Keputusan Pengunjung Melalui Minat Berkunjung Sebagai Variabel Intervening Pada Obyek Taman Wisata Celosia Garden Kabupaten Aceh Jaya ASIA PACIFIC JOURNAL OF PUBLIC POLICY 01 2 1 10

O Hern M S Kahle L R 2020 The Empowered Customer: User Generated Content and the Future of Marketing Global Economics and Management Review 18 1 22 30 https: doi org 10 1016 s2340 1540 13 70004 5

Pan P Zhang H 2023 Research on Social Media Advertising Persuasion Based on the Elaboration Likelihood Model SHS Web of Conferences 154 03024 https: doi org 10 1051 shsconf 202315403024

Purba T D Simbolon A P 2024 Pengaruh Fasilitas dan Media Promosi terhadap Keputusan Berkunjung Kembali di Wisata Alam Geosite Sipinsur Kabupaten Humbang Hasundutan BUDGETING : Journal of Business Management and Accounting 5 2 894 904 https: doi org 10 31539 budgeting v5i2 7776

Rachman A Setiawati L Rafdinal W 2021 Pengaruh Informasi UGC dari Media Sosial pada Minat Berwisata di Destinasi Wisata Jawa Barat Prosiding The 12th Industrial Research Workshop and National Seminar 4 5

Rohimat Wibowo L A 2020 Analisis Faktor Corporate Reputation pada Tempat Wisata Jurnal Wacana Ekonomi 19

Setiawati R Pritalia G L 2023 Pemanfaatan Media Sosial sebagai Sarana Promosi Sektor Pariwisata KONSTELASI: Konvergensi Teknologi Dan Sistem Informasi 3 2 278 285 https: doi org 10 24002 konstelasi v3i2 7255

Sikulikap T Karo K A B Utara S 2023 Keputusan Berkunjung Pada Objek Wista Alam Air 5 1 108 118

Simamora S U Yusrizal Syafina L 2023 Pengaruh Media Sosial dan Fasilitas terhadap Keputusan Wisatawan Berkunjung Ke Pantai Pandan SURPLUS : JURNAL EKONOMI DAN BISNIS 1 298 312

Somadi Cupian C Hayati A 2024 Faktor Yang Mempengaruhi Pengambilan Keputusan Wisatawan Untuk Berkunjung Ke Wisata Halal Jurnal Nusantara Aplikasi Manajemen Bisnis 9 1 1 19 https: doi org 10 29407 nusamba v9i1 19901

Sultan M F 2024 Kamodjan Fillage: Destinasi Wisata Keluarga dengan Fasilitas Lengkap di Kamojang Jawa Barat SPORT TOURISM ID

Tewuh G Tawas H Djemly W 2023 Faktor faktor Penentu Daya Tarik Wisatawan untuk Berkunjung Ke Objek Wisata Bukit Kasih Kanonang Jurnal EMBA : Jurnal Riset Ekonomi Manajemen Bisnis Dan Akuntansi 11 1 590 600 https: doi org 10 35794 emba v11i1 45327

Trigani I P Tobing R 2022 Pengaruh Social Media Advertising dan Electronic Word Of Mouth Terhadap Brand Trust Produk Sepatu Lokal Jurnal Manajemen Dan Bisnis Madani 4 2 46 59 https: doi org 10 51353 jmbm v4i2 649

Utomo S B 2023 Pemanfaatan Digital Marketing dalam Memperkenalkan Kawasan Wisata Jalan Tunjungan di Surabaya Indo Fintech Intellectuals: Journal of Economics and Business 3 2 449 458 https: doi org 10 54373 ifijeb v3i2 284

Published

2024-06-30

How to Cite

Pengaruh User Generated Content dan Social Media Advertising terhadap Keputusan Berkunjung pada Wisata Kamodjan Fillage. (2024). JURNAL PARADIGMA : Journal of Sociology Research and Education, 5(1), 417 428. https://doi.org/10.53682/jpjsre.v5i1.10961