Urgensi Pendidikan Karakter dalam Mencegah Terkikisnya Moral Siswa di Lingkungan Sekolah

Authors

  • Galang Pratama Ramadhan Universitas Muhammadiyah Sidoarjo
  • Anita Puji Astutik Universitas Muhammadiyah Sidoarjo

DOI:

https://doi.org/10.53682/jpjsre.v6i1.11148

Keywords:

Urgensi, Pendidikan, Karakter

Abstract

 Penggunaan bahasa kotor yang terus-menerus oleh siswa, kemarahan dalam menanggapi nasihat instruktur, perundungan terhadap teman sekelas yang dianggap lebih lemah, dan pembangkangan terhadap perintah guru merupakan semua masalah yang disoroti oleh penelitian ini. Tindakan siswa saat berada di lingkungan sekolah, khususnya di kelas, memberikan bukti yang jelas tentang hal ini. Oleh karena itu, pendidikan karakter dipandang penting untuk diperkenalkan sejak usia muda di Indonesia, mengingat fakta bahwa moral siswa telah menurun sejak munculnya globalisasi. Indikator kehidupan komunal yang berkualitas tinggi adalah moralitas. -orang beragama memiliki asumsi bahwa agama selalu mengajarkan pengikutnya untuk berbuat baik dan melarangnya melakukan kesalahan. Sedangkan budayawan berasumsi moralitas seseorang diliat dari sebagaimana seseorang mematuhi nilai dan norma di masyarakat. Berdasarkan kajian literatur dari 14 artikel jurnal, ditemukan bahwa penguasaan kelas, etika sosial, dan kompetensi dasar menjadi faktor kunci. Tantangan yang di hadapi meliputi kurangnya Sosialisasi dan kesadaran terkait dengan pendidikan karakter, penilaian terhadap karakter siswa yang belum sesuai. Untuk mengatasi hal ini peneliti merekomendasikan pihak sekolah dan kepala sekolah serta guru-guru lebih memperhatikan pendidikan karakter siswa dibanding dengan aspek pengetahuan. Dan melakukan upaya-upaya secara serius mengenai pendidikan karakter siswa-siswa nya.

References

E. Aprilia and A. Pujiastutik, “Character Values of Islamic Education in the Novel ‘Laskar Pelangi’ By Andrea Hirata,” Acad. Open, vol. 4, pp. 1–9, 2021, doi: 10.21070/acopen.4.2021.2576.

W. R. Fahira, Y. G. Sari, B. E. Putra, and M. Setiawati, “Peranan Filsafat Pendidikan Dalam Pembentukan Moralitas Siswa,” Edu Sociata ( J. Pendidik. Sosiologi), vol. 6, no. 1, pp. 29–40, 2023, doi: 10.33627/es.v6i1.1122.

A. D. Galuh, D. Maharani, L. Meynawati, D. Anggraeni, and Y. F. Furnamasari, “Urgensi Nilai dan Moral dalam Upaya Meningkatkan Pendidikan Karakter Melalui Pembelajaran Pkn di Sekolah Dasar,” J. Basicedu, vol. 5, no. 6, pp. 5169–5178, 2021, doi: 10.31004/basicedu.v5i6.1598.

M. C. Rozikin and A. P. Astutik, “Implementation of Character Education in Islamic Boarding Schools,” Acad. Open, vol. 4, pp. 1–11, 2021, doi: 10.21070/acopen.4.2021.2544.

U. Khairiyah and H. R. Dewinda, “Peran Pendidikan Karakter dalam Mempersiapkan Sumber Daya Manusia yang Bermutu,” Psyche 165 J., vol. 15, no. 3, pp. 119–124, 2022, doi: 10.35134/jpsy165.v15i3.175.

Sugiarto, “Keteladanan guru sebagai sarana pendiikan karakter,” vol. 4, no. 1, pp. 1–23, 2021.

Noor Chasanah, Budiyono Saputro, and A. Ghoni, “Implementasi Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Kemandirian Siswa Dalam Pembelajaran Tematik Di Mi Al Ijtihad Citrosono Magelang,” Inventa, vol. 7, no. 1, pp. 27–36, 2023, doi: 10.36456/inventa.7.1.a6969.

Musyawir, “Pembelajaran Inovatif untuk Menanamkan Nilai-Nilai Karakter pada Siswa Sekolah Dasar (SD) di Namlea Kabupaten Buru (Studi Meta-Sintesis),” Pros. Semin. Nas. Pendidikan, Bahasa, Sastra, Seni, dan Budaya, vol. 1, no. 2, pp. 15–29, 2022.

A. W. Wibowo, “Pola Asuh Orang Tua dalam Membentuk Karakter Kedisiplinan Siswa Sekolah Dasar,” Sch. J. Pendidik. dan Kebud., vol. 14, no. 01, pp. 35–45, 2024, doi: 10.24246/j.js.2024.v14.i01.p35-45.

N. P. S. Yuliandari, I. G. Dharman Gunawan, I. W. Jatiyasa, N. W. Sariani Binawati, and I. D. G. N. Diatmika, “Pendidikan Karakter dan Moralitas Dalam Ajaran Catur Guru,” Metta J. Ilmu Multidisiplin, vol. 3, no. 1, pp. 84–96, 2023, doi: 10.37329/metta.v3i1.1783.

N. Anisyah, S. Marwah, and V. Yumarni, “Pendidikan Karakter dalam Pembentukan Akhlak Anak Pra Sekolah,” Murhum J. Pendidik. Anak Usia Dini, vol. 4, no. 1, pp. 287–295, 2023, doi: 10.37985/murhum.v4i1.164.

R. Rony and S. A. Jariyah, “Urgensi Pendidikan Karakter dalam Membentuk Akhlak Peserta Didik,” Tafkir Interdiscip. J. Islam. Educ., vol. 1, no. 1, pp. 79–100, 2021, doi: 10.31538/tijie.v1i1.18.

B. K. D. Laksono and Y. M. Manik, “Pendidikan Karakter Moral dan Toleransi Siswa,” Edu Cendikia J. Ilm. Kependidikan, vol. 3, no. 01, pp. 162–166, 2023, doi: 10.47709/educendikia.v3i01.2388.

A. Sunarso, “Revitalisasi Pendidikan Karakter Melalui Internalisasi Pendidikan Agama Islam (Pai) Dan Budaya Religius,” J. Kreat. J. Kependidikan Dasar, vol. 10, no. 2, pp. 155–169, 2020.

F. E. Dole, “EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN Pengaruh Pendidikan Karakter terhadap Kedisiplinan Peserta Didik di Sekolah Dasar,” Pengaruh Pendidik. Karakter terhadap Kedisiplinan Peserta Didik di Sekol. Dasar, vol. 3, no. 6, pp. 3675–3688, 2021.

M. Baiah and M. Fadiana, “Pendidikan Karakter Peduli Lingkungan dengan Penerapan Budaya Sekolah Berwawasan Lingkungan,” J. Basicedu, vol. 8, no. 3, pp. 1700–1710, 2024, doi: 10.31004/basicedu.v8i3.7455.

E. R. Nofrida and B. Dwi Saputra, “Urgensi Implementasi Pembelajaran Pkn Dalam Penanaman Pendidikan Karakter Di Sekolah Dasar,” Trihayu J. Pendidik. Ke-SD-an, vol. 8, no. 3, pp. 1429–1434, 2022, doi: 10.30738/trihayu.v8i3.12326.

P. A. Annur, E. Susanti, and I. G. Gera, “Urgensi Pendidikan Moral Sekolah Dasar dalam Membentuk Karakter Religius di Era Digital menurut Henry Alexis Rudolf Tilaar,” J. Edukasi, vol. 1, no. 3, pp. 271–287, 2023, doi: 10.60132/edu.v1i3.182.

D. Apriliani, U. Hasanah, P. Paulus, M. Suhendro, and U. Balikpapan, “Debi Apriliani 1 , Uswatun Hasanah 2 , Petrus Paulus Mbette Suhendro 3 , Fahrurrozi 4 Kompetensi Universitas Balikpapan,” vol. 17, no. 1, pp. 125–133, 2024.

M. Frandani, Y. Yuhdi, H. Abdul Aziz, R. Riska, and M. Irmayanti, “Urgensi pendidikan adab dan akhlak di sekolah dasar menuju generasi emas 2045,” Idarah Tarb. J. Manag. Islam. Educ., vol. 5, no. 2, pp. 123–133, 2024, doi: 10.32832/itjmie.v5i2.7263.

A. P. Ambarwati, A. R. Budiarti, N. Laela, A. Q. ‘Ainin Dhiaulil Haqq, and M. Makhful, “Urgensi Pendidikan Karakter Religius dalam Meningkatkan Kedisiplinan Siswa,” J. Pendidik. dan Media Pembelajaran, vol. 1, no. 1, pp. 35–46, 2023, doi: 10.61813/jpmp.v0i0.58.

L. Parhanuddin, E. S. Nurdin, D. Budimasyah, and Y. Ruyadi, “Urgensi Pendidikan Karakter Berbasis Kearifan Lokal Etnis Sasak di Sekolah Dasar,” J. Paedagogy, vol. 10, no. 3, p. 926, 2023, doi: 10.33394/jp.v10i3.8159.

A. Widodo and H. W. Jannah, “Urgensi Penerapan Budaya 7K Untuk Membentuk Karakter di Sekolah Dasar,” J. Kegur. dan Ilmu Pendidik., vol. 9, no. 2, pp. 13–21, 2021, doi: 10.47178/jkip.v9i2.1312.

M. A. Ratri and S. E. Atmojo, “Urgensi Dan Implementasi Pendidikan Karakter Pada Sekolah Dasar Di Indonesia,” Wawasan Pendidik., vol. 4, no. 1, pp. 266–278, 2024, doi: 10.26877/wp.v4i1.16882.

W. Jurnal et al., “Attadib: Journal of Elementary Education Attadib: Journal of Elementary Education SINTA 3,” vol. 8, no. 1, pp. 2614–1752, 2024.

N. Niswah, E. Zumrotun, and C. Nichla Syailin Attalina, “Character Education for Learners of the Teaching Campus Programme in Primary Schools Pendidikan Karakter Peserta Didik Program Kampus Mengajar di Sekolah Dasar Abstrak,” PPIM Pakar Pendidik., vol. 21, no. 2, pp. 179–190, 2023.

Gampang Saiful Hada and E. Z. Erna, “Analisis Penerapan Budaya Sekolah 5S (Senyum, Salam Sapa, Sopan, Santun) Dalam Membangun Karakter di Sekolah Dasar,” Janacitta, vol. 7, no. 1, pp. 63–71, 2024, doi: 10.35473/jnctt.v7i1.3055.

H. Rahmawati, E. Purwanti, and R. Amsir, “Urgensi Pendidikan Karakter Dalam Mengatasi Krisis Moral Dikalangan Siswa Sekolah Dasar Di Mi Yasmida Parerejo,” pp. 18–24.

Published

2025-06-26

How to Cite

Ramadhan, G. P., & Astutik, A. P. . (2025). Urgensi Pendidikan Karakter dalam Mencegah Terkikisnya Moral Siswa di Lingkungan Sekolah. JURNAL PARADIGMA : Journal of Sociology Research and Education, 6(1), 605-617. https://doi.org/10.53682/jpjsre.v6i1.11148