Pengaruh Pembelajaran Berbasis Proyek terhadap Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi Ditinjau dari Motivasi Berprestasi Siswa di Kabupaten Minahasa
DOI:
https://doi.org/10.53682/jpjsre.v6i1.11189Keywords:
Pembelajaran Berbasis Projek, Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi, Motivasi BerprestasiAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model project based learning (PjBL) terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi dan pengaruh motivasi berprestasi terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimen. penelitian eksperimen merupakan metode penelitian yang digunakan untuk mencari pengaruh sebagai perlakuan tertentu terhadap yang lain dalam kondisi yang terkendalikan. Desain penelitian yang digunakan yaitu Non Equivalent Control Group. Populasi penelitian ini adalah siswa Sekolah Menengah Pertama yang menjadi Sekolah Penggerak di Kabupaten Minahasa kelas IX. Terdapat dua sekolah penggerak tingkatan Sekolah Menengah Pertama (SMP) yaitu, SMP N 1 Kawangkoan. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data, yaitu observasi, angket dan tes. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah statistik inferensial parametrik. Pada uji hipotesis ini menggunakan taraf signifikasi 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model project based learning (PjBL) lebih efektif dibandingkan dengan model konvensional dalam meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa kelas IX SMPN 1 Kawangkoan. Nilai rata-rata siswa yang dibelajarkan dengan model PjBL sebesar 33,47, sedangkan nilai rata-rata siswa yang dibelajarkan dengan model konvensional sebesar 27,14. Selanjutnya, kemampuan berpikir tingkat tinggi yang memiliki motivasi berprestasi tinggi lebih unggul dibandingkan dengan siswa yang memiliki motivasi berprestasi rendah. Pada kelas yang diterapkan model PjBL rata-rata kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa dengan motivasi berprestasi tinggi sebesar 44,45 dan motivasi berprestasi rendah sebesar 27,14, sedangkan pada kelas yang diterapkan model konvensional rata-rata kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa dengan motivasi berprestasi tinggi sebesar 42,00 dan motivasi berprestasi rendah 26,25.
References
Amayani, A. W. ., & Wiranata, I. H. (2024). Penerapan Nilai-Nilai Karakter Kreatif, Mandiri dan Tanggung Jawab dalam Meningkatkan Motivasi Belajar PPKn pada Siswa SMP Islam YPWBI Kediri. Prosiding Seminar Nasional Kesehatan, Sains Dan Pembelajaran, 3(1), 312–319.
Anderson, L.W. & Krathwohl, D. R. (2015). Kerangka Landasan Untuk Pembelajaran, Pengajaran, dan Asesmen Revisi Taksonomi Pendidikan Bloom (A. Prihantoro (ed.); Terjemahan). Pustaka Belajar.
Anjarini. (2017). Pengaruh Model Project Based Learning (PJBL) Berbasis Outdoor Study Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Dan Kemampuan Menyusun Karya Ilmiah Geografi SMA. Universitas Negeri Malang.
Atkinson, J. (1982). Motivation and Achievement. V. H. Winston and Sons.
Cahyani, M., & Mustari, M. ., Kurniawansyah, E. ., & Sawaludin, S. (2024). Upaya Guru PPKn dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Melalui Pembelajaran Problem Based Learning Pada Siswa Kelas VIII di SMP Negeri 17 Mataram. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 9(3), 1534–1540. https://doi.org/10.29303/jipp.v9i3.2490
Creswell, J. W., & Cresswell, J. D. (2018). Research Design Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches. In Sage Publications (Fifth). https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004
Dayanti, R. E., Yunitasari, A., Fisabilillah, A., Rengganis, M. P., & Apriandi, D. (2024). Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Smp Negeri 2 Magetan. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(1), 593–599. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i1.24534
Deluca. (2011). The GRIDc Project Developing Students’s Thinking Skills in a Data-Rich Environment. Journal of Technology Education, Vol 23. https://doi.org/10.21061
Eja, M. E. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning Pada Mata Pelajaran Ppkn Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas Vii A Smp Negeri 16 Pontianak. Satya Widya, 39(1), 76–86. https://doi.org/10.24246/j.sw.2023.v39.i1.p76-86
Felder, R. & P. M. (2007). The Many Faces of Inductive Teaching and Learning. Journal of College Science Teaching, March/Apri, 14–20.
Habib, L., Rispawati, R., Alqadri, B., & Sumardi, L. (2022). Integrasi Nilai-nilai Antikorupsi dalam Pelaksanaan pembelajaran PPKn di SMP Negeri 8 Mataram. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(3b), 1692–1701. https://doi.org/10.29303/jipp.v7i3b.836
Hanafiah, N., & Suhana. (2010). Konsep Strategi Pembelajaran. Refika Aditama.
Hayati. (2016). Effektivitas Student Worksheet Berbasis Project Based Learning Dalam Menumbuhkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Mata Pelajaran Geografi. Jurnal Pendidikan, Volume 1(Nomor 3), 468–474.
Johnson, E. . (2007). Contextual Teaching & Learning : Menjadikan Kegiatan Belajar-Mengajar Mengasyikkan dan Bermakna. MLC.
Kaptiasih, R., Taufiqulloh, T., & Habibi, B. (2023). Penguatan Profil Pelajar Pancasila melalui Pembelajaran Berbasis Proyek. Journal of Education Research, 4(3), 1488–1494. https://doi.org/10.37985/jer.v4i3.360
Majid, A., & Rochman, C. (2014). Pendekatan Ilmiah dalam Implementasi Kurikulum 2013. Remaja Rosdakarya.
Mumuan. (2011). Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPA Dengan Model Pembelajaran Inkuiri pada Siswa Kelas IV SDN 3 Lembang Bandung Barat. E-Journal. Universitas Pendidikan Indonesia.
Noor, A. . (2009). Pedagogical Issues in Integrating Thinking Skills in The Clasroom. International Journal for Educational Studies, 2 (1), 55–68. https://doi.org/DOI:10.26822/iejee.2018336189
Nurhayati, Y., Suherman, & Sudadio. (2021). Pengaruh Interaksi Model Pembelajaran Berbasis Proyek Dan Kemampuan Berpikir Kritis Terhadap Hasil Belajar Ppkn Di Kelas Vii Smp Negeri 11 Kota Serang. Jurnal Paris Langkis, 2(1), 30–36. https://doi.org/10.37304/Paris.V2i1.3348
Pamuja, I. A. (2017). Pengaruh Model Project Based Learning dan Motivasi Berprestasi Terhadap Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi. Universitas Negeri Malang.
Rahim, A., & Sunarso. (2017). Pengaruh Penggunaan Model Project Based Learning dan Problem Based Learning Terhadap Prestasi belajar PPKn di SMP. Socia: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial, 14 (2), 1–12.
Rizkiana, F., Dasna, I. W., & S, M. (n.d.). Pengaruh Praktikum dan Demonstrasi Dalam Pembelajaran Inkuiri Terbimbing terhadap Motivasi Berprestasi Belajar Siswa Pada Materi Asam Basa ditinjau dari Kemampuan Awal. Jurnal Pendidikan Unversitas Negeri Malang., Vol. 1(No.3), hal 354-362.
Sani, R. (2014). Pembelajaran Saintifik untuk Implementasi Kurikulum 2013. Bumi Aksara.
Singh. (2011). Study of Achievement Motivation in Relation to Academic Achievement of Student. International Journal of Educational Planning & Administration, 1(2), 161–171.
Suharyati, T., & Putu Arga, H. S. (2023). Penerapan Model Project Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Pembelajaran PPKn di Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Profesi Pendidikan, 2(1), 45–53. https://doi.org/https://doi.org/10.22460/jpp.v2i1.13037
Sujarwo. (2011). Pengaruh Strategi Pembelajaran (Inkuiri Terbimbing dan Ekspositori) Terhadap Hasil Belajar Sosiologi pada Siswa SMA Yang Memiliki Tingkat Motivasi Berprestasi dan Kreativitas Berbeda. Universitas Negeri Malang.
Susanto. A. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Prenada Media Group.
Tembang, Y., Sulton, & Suharjo. (2017). Peningkatan Motivasi Dan Hasil Belajar Melalui Model Pembelajaran Think Pair Share Berbantuan Media Gambar Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Universitas Negeri Malang, 2(6), 812–817.
Thomas, J. W. Mergendoller, J. R Michaelson, A. (2000). Project-based learning: A handbook for middle and high school teachers. The Buck Institute for Education.
Trianto. (2014). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif, dan Kontekstual. Prenadamedia Group.
Yusmanto, H. (2017). Meningkatkan Higher Order Thinking Skills (HOTS) Dan Hasil Belajar IPS Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Corousel Feedback Dan Round Table (Studi Pada SMPS Islam Terpadu Darul Azhar Kabupaten Aceh Tenggara). Universitas Negeri Malang.
Zubaidah. (2017). Keterampilan Abad ke-21 Keterampilan Yang Diajarkan Melalui Pembelajaran. JProsiding: Jurusan Biologi FMIPAUniversitas Negeri Malang.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 JURNAL PARADIGMA : Journal of Sociology Research and Education

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.