Pengaruh Pembelajaran Berbasis Proyek terhadap Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi Ditinjau dari Motivasi Berprestasi Siswa di Kabupaten Minahasa

Authors

DOI:

https://doi.org/10.53682/jpjsre.v6i1.11189

Keywords:

Pembelajaran Berbasis Projek, Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi, Motivasi Berprestasi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model project based learning PjBL terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi dan pengaruh motivasi berprestasi terhadap kemampuan berpikir nbsp;tingkat nbsp;tinggi Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimen penelitian eksperimen merupakan metode penelitian yang digunakan untuk mencari pengaruh sebagai perlakuan tertentu terhadap yang lain dalam kondisi yang terkendalikan Desain penelitian yang digunakan yaitu Non Equivalent Control Group< em> Populasi penelitian ini adalah siswa Sekolah Menengah Pertama yang menjadi Sekolah Penggerak di Kabupaten Minahasa kelas IX Terdapat dua sekolah penggerak tingkatan Sekolah Menengah Pertama SMP yaitu SMP N 1 Kawangkoan Teknik nbsp; yang digunakan dalam pengumpulan data yaitu observasi angket dan tes nbsp; Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah statistik inferensial parametrik Pada uji hipotesis ini menggunakan taraf signifikasi 0 05 Hasil penelitian menunjukkan bahwa model project based learning < em> PjBL lebih efektif dibandingkan dengan model konvensional dalam meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa kelas IX SMPN 1 Kawangkoan Nilai rata rata siswa yang dibelajarkan dengan model PjBL sebesar 33 47 sedangkan nilai rata rata siswa yang dibelajarkan dengan model konvensional sebesar 27 14 Selanjutnya kemampuan berpikir tingkat tinggi yang memiliki motivasi berprestasi tinggi lebih unggul dibandingkan dengan siswa yang memiliki motivasi berprestasi rendah Pada kelas yang diterapkan model PjBL rata rata kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa dengan motivasi berprestasi tinggi sebesar 44 45 dan motivasi berprestasi rendah sebesar 27 14 sedangkan pada kelas yang diterapkan model konvensional rata rata kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa dengan motivasi berprestasi tinggi sebesar 42 00 dan motivasi berprestasi rendah 26 25 < p>

References

Amayani A W Wiranata I H 2024 Penerapan Nilai Nilai Karakter Kreatif Mandiri dan Tanggung Jawab dalam Meningkatkan Motivasi Belajar PPKn pada Siswa SMP Islam YPWBI Kediri Prosiding Seminar Nasional Kesehatan Sains Dan Pembelajaran 3 1 312 319

Anderson L W Krathwohl D R 2015 Kerangka Landasan Untuk Pembelajaran Pengajaran dan Asesmen Revisi Taksonomi Pendidikan Bloom A Prihantoro ed ; Terjemahan Pustaka Belajar

Anjarini 2017 Pengaruh Model Project Based Learning PJBL Berbasis Outdoor Study Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Dan Kemampuan Menyusun Karya Ilmiah Geografi SMA Universitas Negeri Malang

Atkinson J 1982 Motivation and Achievement V H Winston and Sons

Cahyani M Mustari M Kurniawansyah E Sawaludin S 2024 Upaya Guru PPKn dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Melalui Pembelajaran Problem Based Learning Pada Siswa Kelas VIII di SMP Negeri 17 Mataram Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan 9 3 1534 1540 https: doi org 10 29303 jipp v9i3 2490

Creswell J W Cresswell J D 2018 Research Design Qualitative Quantitative and Mixed Methods Approaches In Sage Publications Fifth https: doi org 10 1017 CBO9781107415324 004

Dayanti R E Yunitasari A Fisabilillah A Rengganis M P Apriandi D 2024 Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Smp Negeri 2 Magetan Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran JRPP 7 1 593 599 https: doi org 10 31004 jrpp v7i1 24534

Deluca 2011 The GRIDc Project Developing Students s Thinking Skills in a Data Rich Environment Journal of Technology Education Vol 23 https: doi org 10 21061

Eja M E 2023 Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning Pada Mata Pelajaran Ppkn Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas Vii A Smp Negeri 16 Pontianak Satya Widya 39 1 76 86 https: doi org 10 24246 j sw 2023 v39 i1 p76 86

Felder R P M 2007 The Many Faces of Inductive Teaching and Learning Journal of College Science Teaching March Apri 14 20

Habib L Rispawati R Alqadri B Sumardi L 2022 Integrasi Nilai nilai Antikorupsi dalam Pelaksanaan pembelajaran PPKn di SMP Negeri 8 Mataram Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan 7 3b 1692 1701 https: doi org 10 29303 jipp v7i3b 836

Hanafiah N Suhana 2010 Konsep Strategi Pembelajaran Refika Aditama

Hayati 2016 Effektivitas Student Worksheet Berbasis Project Based Learning Dalam Menumbuhkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Mata Pelajaran Geografi Jurnal Pendidikan Volume 1 Nomor 3 468 474

Johnson E 2007 Contextual Teaching Learning : Menjadikan Kegiatan Belajar Mengajar Mengasyikkan dan Bermakna MLC

Kaptiasih R Taufiqulloh T Habibi B 2023 Penguatan Profil Pelajar Pancasila melalui Pembelajaran Berbasis Proyek Journal of Education Research 4 3 1488 1494 https: doi org 10 37985 jer v4i3 360

Majid A Rochman C 2014 Pendekatan Ilmiah dalam Implementasi Kurikulum 2013 Remaja Rosdakarya

Mumuan 2011 Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPA Dengan Model Pembelajaran Inkuiri pada Siswa Kelas IV SDN 3 Lembang Bandung Barat E Journal Universitas Pendidikan Indonesia

Noor A 2009 Pedagogical Issues in Integrating Thinking Skills in The Clasroom International Journal for Educational Studies 2 1 55 68 https: doi org DOI:10 26822 iejee 2018336189

Nurhayati Y Suherman Sudadio 2021 Pengaruh Interaksi Model Pembelajaran Berbasis Proyek Dan Kemampuan Berpikir Kritis Terhadap Hasil Belajar Ppkn Di Kelas Vii Smp Negeri 11 Kota Serang Jurnal Paris Langkis 2 1 30 36 https: doi org 10 37304 Paris V2i1 3348

Pamuja I A 2017 Pengaruh Model Project Based Learning dan Motivasi Berprestasi Terhadap Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Universitas Negeri Malang

Rahim A Sunarso 2017 Pengaruh Penggunaan Model Project Based Learning dan Problem Based Learning Terhadap Prestasi belajar PPKn di SMP Socia: Jurnal Ilmu Ilmu Sosial 14 2 1 12

Rizkiana F Dasna I W S M n d Pengaruh Praktikum dan Demonstrasi Dalam Pembelajaran Inkuiri Terbimbing terhadap Motivasi Berprestasi Belajar Siswa Pada Materi Asam Basa ditinjau dari Kemampuan Awal Jurnal Pendidikan Unversitas Negeri Malang Vol 1 No 3 hal 354 362

Sani R 2014 Pembelajaran Saintifik untuk Implementasi Kurikulum 2013 Bumi Aksara

Singh 2011 Study of Achievement Motivation in Relation to Academic Achievement of Student International Journal of Educational Planning Administration 1 2 161 171

Suharyati T Putu Arga H S 2023 Penerapan Model Project Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Pembelajaran PPKn di Kelas IV Sekolah Dasar Jurnal Profesi Pendidikan 2 1 45 53 https: doi org https: doi org 10 22460 jpp v2i1 13037

Sujarwo 2011 Pengaruh Strategi Pembelajaran Inkuiri Terbimbing dan Ekspositori Terhadap Hasil Belajar Sosiologi pada Siswa SMA Yang Memiliki Tingkat Motivasi Berprestasi dan Kreativitas Berbeda Universitas Negeri Malang

Susanto A 2013 Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar Prenada Media Group

Tembang Y Sulton Suharjo 2017 Peningkatan Motivasi Dan Hasil Belajar Melalui Model Pembelajaran Think Pair Share Berbantuan Media Gambar Di Sekolah Dasar Jurnal Pendidikan Universitas Negeri Malang 2 6 812 817

Thomas J W Mergendoller J R Michaelson A 2000 Project based learning: A handbook for middle and high school teachers The Buck Institute for Education

Trianto 2014 Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif dan Kontekstual Prenadamedia Group

Yusmanto H 2017 Meningkatkan Higher Order Thinking Skills HOTS Dan Hasil Belajar IPS Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Corousel Feedback Dan Round Table Studi Pada SMPS Islam Terpadu Darul Azhar Kabupaten Aceh Tenggara Universitas Negeri Malang

Zubaidah 2017 Keterampilan Abad ke 21 Keterampilan Yang Diajarkan Melalui Pembelajaran JProsiding: Jurusan Biologi FMIPAUniversitas Negeri Malang

Published

2025-06-04

How to Cite

Pengaruh Pembelajaran Berbasis Proyek terhadap Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi Ditinjau dari Motivasi Berprestasi Siswa di Kabupaten Minahasa. (2025). JURNAL PARADIGMA : Journal of Sociology Research and Education, 6(1), 150 168. https://doi.org/10.53682/jpjsre.v6i1.11189