Mengemis Online di Tiktok Live Cara Baru Cari Uang di Internet
DOI:
https://doi.org/10.53682/jpjsre.v6i1.11256Keywords:
Kata kunci: Gift Tiktok, Mengemis Online, TikTok Live, Teori DramaturgiAbstract
Perkembangan teknologi digital telah mengubah cara individu mencari penghasilan secara daring Salah satu fenomena yang muncul adalah praktik mengemis online melalui TikTok Live di mana pengguna memanfaatkan fitur live streaming untuk meminta donasi dari penonton dengan berbagai cara termasuk menampilkan kesan kemiskinan atau eksploitasi individu rentan Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis fenomena tersebut dalam perspektif interaksi simbolik Erving Goffman yang menyoroti bagaimana individu membangun citra diri guna menarik simpati audiens dan memperoleh keuntungan finansial Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi literatur library research yang menelaah berbagai jurnal buku dan dokumen akademik terkait Hasil penelitian menunjukkan bahwa algoritma TikTok berkontribusi dalam mendorong konten sensasional dan dramatis sehingga semakin banyak pengguna memanfaatkan cara manipulatif demi mendapatkan lebih banyak donasi Fenomena ini menormalisasi mengemis online sebagai bentuk ekonomi digital yang pada akhirnya dapat memengaruhi etika sosial dan mengubah cara pandang masyarakat terhadap kerja dan usaha Kesimpulannya meskipun TikTok dan media sosial lainnya memberikan peluang ekonomi penyalahgunaan fitur live streaming untuk mengemis online menimbulkan dilema etis dan sosial Oleh karena itu diperlukan regulasi yang lebih ketat serta kesadaran masyarakat untuk membedakan antara bantuan sosial yang nyata dan eksploitasi digital demi keuntungan pribadi < p>
References
Adnan A F Surwati C H D 2021 Studi Deskriptif Kuantitatif Motif Penggunaan Media dan Kepuasan Menonton Konten Dance di Media Sosial TikTok di Kalangan Mahasiswa Ilmu Komunikasi Reguler Universitas Sebelas Maret Surakarta Angkatan 2019 2020 Jurnal Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik 1 19
Agustya S V Rahma H M Natalia K 2023 Analisis Interaksi Simbolik pada Konten TikTok @don Gustavio dalam Memaknai Karakter Generasi 80 an 90 an dan 2000 an Scriptura 13 1 14 26 https: doi org 10 9744 scriptura 13 1 14 26
Anand F A Rahmansyah I F 2021 Media Sosial Sebagai Sarana Peningkatan Profit Bisnis di Era Pandemi Seminar Nasional Sistem Informasi 1 5 https: seminar unmer ac id index php senasif senasif5 paper view 941
APRYANTO F 2022 Peran Generasi Muda Terhadap Perkembangan Teknologi Digital Di Era Society 5 0 Media Husada Journal Of Community Service 2 2 130 134 https: doi org 10 33475 mhjcs v2i2 35
Asbar R F Witarsa R 2020 Kajian Literatur Tentang Penerapan Pembelajaran Terpadu Di Sekolah Dasar Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran 3 2 225 236 https: doi org 10 31004 jrpp v3i2 1220
Danuri M 2019 Development and transformation of digital technology Infokam XV II 116 123
Dhamayanti E A Alamsyah P A L Ekaputri S D Widyarto S 2024 Eksplorasi Interaksi Simbolik Pengemis Online di Ekosistem TikTok Calathu: Jurnal Ilmu Komunikasi 6 1 59 69 https: doi org 10 37715 calathu v6i1 4508
Fidiyansyah A Octaviana R Asriani W 2023 Peran Media Sosial Tiktok Dalam Mempengaruhi Perilaku Sosial Remaja Di Era Digital 1 2 9 15
Khatimah H 2018 Posisi Dan Peran Media Dalam Kehidupan Masyarakat Tasamuh 16 1 119 138 https: doi org 10 20414 tasamuh v16i1 548
Marisa M 2021 Inovasi Kurikulum Merdeka Belajar di Era Society 5 0 Santhet: Jurnal Sejarah Pendidiikan Dan Humaniora 5 1 72 https: doi org 10 36526 js v3i2 e ISSN
Moh Mahdy Abyyu Yunitasari Anggraeny Velysa Novita Hariyanto 2023 Dramaturgi Kehidupan Pengemis Alun Alun Kabupaten Jember Jurnal Sosial Humaniora Dan Pendidikan 2 2 144 153 https: doi org 10 55606 inovasi v2i2 1343
Sengkey D J Deniyanti Sampoerno P Aziz T A 2023 Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis: Sebuah Kajian Literatur Griya Journal of Mathematics Education and Application 3 1 67 75 https: doi org 10 29303 griya v3i1 265
Siahaan F M Hartono A 2022 Personal Social Responsibility Psr Model Miha Dan Kaitannya Dengan Teori Interaksi Simbolik Studi Kasus Rumah Belajar Pelangi Nusantara Rawamangun Journal of Innovation Research and Knowledge 1 9 1029 1038 https: bajangjournal com index php JIRK article view 1443
Yudha A T Nisa A Rahma D Pohan S 2023 Metakomunikasi dalam Fenomena Mengemis Online di Media Sosial TikTok Metacommunication in the Online Begging Phenomenon on TikTok Social Media 6 2 959 967 https: doi org 10 34007 jehss v6i2 1964
Zaxrie S A Rina N Thoibah S Putri K Sosial M 2024 PERAN MEDIA SOSIAL SEBAGAI SALURAN KOMUNIKASI DIGITAL DALAM KEHUMASAN THE ROLE OF SOCIAL MEDIA AS A DIGITAL 3 1 26 39






