Pengembangan Media Promosi Berbasis Digital Branding untuk Meningkatkan Penjualan Produk UMKM Talenan Jeje Kota Prabumulih
DOI:
https://doi.org/10.53682/jpjsre.v6i1.11353Keywords:
Development, Promotional Media, UMKM, Empowerment, Digital Branding.Abstract
Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan sebuah media promosi berbasis digital branding < em>dengan memanfaatkan media sosial Penelitian ini merupakan jenis penelitian dan pengembangan Research and Development < em>dengan model pengembangan yang digunakan adalah Borg and Gall terdapat sepuluh langkah langkah penelitian dan pengembangan namun menyesuaikan dengan lokasi penelitian sehingga peneliti hanya melakukan enam tahapan yaitu Analisis dan Potensi Masalah Mengumpulkan informasi dan Identifikasi Kebutuhan Desain Produk Pengembangan Produk Perbaikan Produk dan Uji Coba Produk Proses pengumpulan data melalui tahapan analisis awal yaitu dengan penyebaran angket kebutuhan dilanjutkan dengan pembuatan produk validasi oleh tiga orang ahli yaitu ahli bahasa ahli media dan ahli materi Analisi menggunakan skala likert dan skala guttman Uji coba produk terbagi menjadi dua yaitu uji coba one to one < em>pada tiga konsumen dan uji coba small group < em>pada sebelas konsumen Hasil penilaian dari validasi bahasa ahli media dan ahli materi dengan kategori sangat valid Sehingga media yang dikembangkan valid untuk digunakan sebagai media promosi Tingkat kepraktisan dari uji coba one to one < em>dan uji coba small group < em>dengan kategori sangat praktis sebagai media promosi Hal ini membuktikan bahwa media promosi berbasis digital branding < em>praktis digunakan sebagai media promosi < p>
References
Anjani R L 2025 Pemberdayaan Masyarakat Dalam Mengembangkan Lingkungan Sehat Di Kelurahan Gulak Galik Kecamatan Teluk Betung Utara Kota Bandar Lampung Doctoral Dissertation Uin Raden Intan Lampung
Arianto B 2019 Buzzer Media Sosial Dan Branding Produk Umkm Daerah Istimewa Yogyakarta Jurnal Umkm Dewantara 2 1 27 46
Aprilya R A Marseto M Nisa F L 2023 Pengembangan UMKM Madona Kulit di Kelurahan Klampok Kota Blitar Melalui Digital Branding Warta Pengabdian 17 2 144 159
Bobsaid A A Saputro E A 2022 Pendampingan strategi pemasaran UMKM Desa Giripurno melalui digital marketing Jurnal Ilmiah Pangabdhi 8 2 57 61
Chalim M A Listyowati P R Hanim L Noorman M S 2022 Peran Pemerintah Dalam Pengembangan Koperasi Modern Dan Umkm Berdasarkan Pp No 7 Tahun 2021 Audi Et Ap: Jurnal Penelitian Hukum 1 01 21 29
Febriani S Harmain H 2023 Analisis Faktor Penghambat Dan Pendukung Perkembangan Umkm Serta Peran Dewan Pengurus Wilayah Asprindo Dalam Perkembangan Umkm Di Sumatera Utara Masa Pandemi Covid 19 Al Kharaj: Jurnal Ekonomi Keuangan Bisnis Syariah 5 3 1275 1290
Hindarwati E N Munawar A Judijanto L Lukito D Budiman D Sya rani R Agustin D 2024 Inovasi Bisnis: Membangun Keunggulan Bersaing di Era Digital PT Green Pustaka Indonesia
Kurniawan I Maulana Y Sulthony M Mubais A Hikmah N Putri V F Kurniati Z 2022 Analisis dan Perancangan Sistem digital Branding UMKM Berbasis Web dalam Membantu Promosi dan Pemasaran Produk Journal of Information System and Computer 2 2 14 19
Lestari S P 2015 Hubungan Komunikasi Pemasaran Dan Promosi Dengan Keputusan Memilih Jasa Layanan Kesehatan Studi Pada Rumah Sakit Islam Lumajang Interaksi: Jurnal Ilmu Komunikasi 4 2 139 147
Nazhif M N Nugraha I 2023 Branding Umkm Untuk Meningkatkan Penjualan Produk Ecoprint Andin Collection SELAPARANG: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan 7 1 261 267
Nurahman D Rahma A A Muyani I 2024 Penerapan Branding Dan Digital Marketing Dalam Peningkatan Penjualan Pada Umkm Papais Jurnal Karya Inovasi Pengabdian Masyarakat Jkipm 2 2 94 104
Pratama Y Dkk M H 2023 Pengetahuan Masyarakat Mengenai Umkm Di Kelurahan Air Batu Dan Air Batu Jaya Prosiding Kuliah Kerja Nyata Universitas Muhammadiyah Palembang 1 1 60 66
Pakpahan A K 2020 Covid 19 Dan Implikasi Bagi Usaha Mikro Kecil Dan Menengah Jurnal Ilmiah Hubungan Internasional 20 4 59 64
Rizki Dwianda 2022 Strategi Pengembangan Usaha Mikro Kecil Dan Menengah Pembuatan Pempek Untuk Meningkatkan Perekonomian Masyarakat Di Kota Palembang Provinsi Sumatera Selatan Asdaf Kota Palembang Sumatera Selatan
Silvani S 2023 Green Innovation Sebagai Strategi Pengembangan Umkm Dalam Mendukung Business Sustainability Menurut Perspektif Islam Studi Pada Depot Air Minum Putri Ro Kelurahan Prabujaya Doctoral Dissertation Uin Raden Intan Lampung
Sari W P Sholihah Z Masali F 2023 Digital Branding Umkm Melalui Komunikasi Visual Jurnal Abdi: Media Pengabdian Kepada Masyarakat 8 2 129 134
Slamet F A 2022 Model Penelitian Pengembangan R n D Malang: Institut Agama Islam Sunan Kalojogo Malang
Ummamah L Syafitri A Sukaris S Baskoro H 2023 October Pengembangan UMKM Kiupak Melalui Digital Marketing dan Digital Branding Di Dusun Baratsungai In Prosiding Seminar Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat dan Kuliah Kerja Nyata Vol 1 No 1 pp 230 235






