Pengembangan Media Promosi Berbasis Digital Branding untuk Meningkatkan Penjualan Produk UMKM Talenan Jeje Kota Prabumulih
DOI:
https://doi.org/10.53682/jpjsre.v6i1.11353Keywords:
Development, Promotional Media, UMKM, Empowerment, Digital Branding.Abstract
Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan sebuah media promosi berbasis digital branding dengan memanfaatkan media sosial. Penelitian ini merupakan jenis penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan model pengembangan yang digunakan adalah Borg and Gall, terdapat sepuluh langkah-langkah penelitian dan pengembangan, namun menyesuaikan dengan lokasi penelitian sehingga peneliti hanya melakukan enam tahapan yaitu, Analisis dan Potensi Masalah, Mengumpulkan informasi dan Identifikasi Kebutuhan, Desain Produk, Pengembangan Produk, Perbaikan Produk dan Uji Coba Produk. Proses pengumpulan data melalui tahapan analisis awal yaitu dengan penyebaran angket kebutuhan, dilanjutkan dengan pembuatan produk, validasi oleh tiga orang ahli, yaitu ahli bahasa, ahli media dan ahli materi. Analisi menggunakan skala likert dan skala guttman. Uji coba produk terbagi menjadi dua, yaitu uji coba one to one pada tiga konsumen dan uji coba small group pada sebelas konsumen. Hasil penilaian dari validasi bahasa , ahli media dan ahli materi dengan kategori sangat valid. Sehingga media yang dikembangkan valid untuk digunakan sebagai media promosi. Tingkat kepraktisan dari uji coba one to one dan uji coba small group dengan kategori sangat praktis sebagai media promosi. Hal ini membuktikan bahwa media promosi berbasis digital branding praktis digunakan sebagai media promosi.
References
Anjani, R. L. (2025). Pemberdayaan Masyarakat Dalam Mengembangkan Lingkungan Sehat Di Kelurahan Gulak-Galik Kecamatan Teluk Betung Utara Kota Bandar Lampung (Doctoral Dissertation, Uin Raden Intan Lampung).
Arianto, B. (2019). Buzzer Media Sosial Dan Branding Produk Umkm Daerah Istimewa Yogyakarta. Jurnal Umkm Dewantara, 2(1), 27-46.
Aprilya, R. A., Marseto, M., & Nisa, F. L. (2023). Pengembangan UMKM Madona Kulit di Kelurahan Klampok Kota Blitar Melalui Digital Branding. Warta Pengabdian, 17(2), 144-159.
Bobsaid, A. A., & Saputro, E. A. (2022). Pendampingan strategi pemasaran UMKM Desa Giripurno melalui digital marketing. Jurnal Ilmiah Pangabdhi, 8(2), 57-61.
Chalim, M. A., Listyowati, P. R., Hanim, L., & Noorman, M. S. (2022). Peran Pemerintah Dalam Pengembangan Koperasi Modern Dan Umkm Berdasarkan Pp No. 7 Tahun 2021. Audi Et Ap: Jurnal Penelitian Hukum, 1(01), 21-29.
Febriani, S., & Harmain, H. (2023). Analisis Faktor Penghambat Dan Pendukung Perkembangan Umkm Serta Peran Dewan Pengurus Wilayah Asprindo Dalam Perkembangan Umkm Di Sumatera Utara Masa Pandemi Covid-19. Al-Kharaj: Jurnal Ekonomi, Keuangan & Bisnis Syariah, 5(3), 1275-1290.
Hindarwati, E. N., Munawar, A., Judijanto, L., Lukito, D., Budiman, D., Sya’rani, R., ...& Agustin, D. (2024). Inovasi Bisnis: Membangun Keunggulan Bersaing di Era Digital. PT. Green Pustaka Indonesia.
Kurniawan, I., Maulana, Y., Sulthony, M., Mubais, A., Hikmah, N., Putri, V. F., & Kurniati, Z. (2022). Analisis dan Perancangan Sistem digital Branding UMKM Berbasis Web dalam Membantu Promosi dan Pemasaran Produk. Journal of Information System and Computer, 2(2), 14-19.
Lestari, S. P. (2015). Hubungan Komunikasi Pemasaran Dan Promosi Dengan Keputusan Memilih Jasa Layanan Kesehatan (Studi Pada Rumah Sakit Islam Lumajang). Interaksi: Jurnal Ilmu Komunikasi, 4(2), 139-147.
Nazhif, M. N., & Nugraha, I. (2023). Branding Umkm Untuk Meningkatkan Penjualan Produk Ecoprint Andin Collection. SELAPARANG: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 7(1), 261-267.
Nurahman, D., Rahma, A. A., & Muyani, I. (2024). Penerapan Branding Dan Digital Marketing Dalam Peningkatan Penjualan Pada Umkm Papais. Jurnal Karya Inovasi Pengabdian Masyarakat (Jkipm), 2(2), 94-104.
Pratama, Y., & Dkk, M. H. (2023). Pengetahuan Masyarakat Mengenai Umkm Di Kelurahan Air Batu Dan Air Batu Jaya. Prosiding Kuliah Kerja Nyata Universitas Muhammadiyah Palembang, 1(1), 60-66.
Pakpahan, A. K. (2020). Covid-19 Dan Implikasi Bagi Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah. Jurnal Ilmiah Hubungan Internasional, 20(4), 59-64.
Rizki Dwianda. (2022). Strategi Pengembangan Usaha Mikro Kecil Dan Menengah Pembuatan Pempek Untuk Meningkatkan Perekonomian Masyarakat Di Kota Palembang Provinsi Sumatera Selatan. Asdaf Kota Palembang, Sumatera Selatan.
Silvani, S. (2023). Green Innovation Sebagai Strategi Pengembangan Umkm Dalam Mendukung Business Sustainability Menurut Perspektif Islam (Studi Pada Depot Air Minum Putri Ro Kelurahan Prabujaya) (Doctoral Dissertation, Uin Raden Intan Lampung).
Sari, W. P., Sholihah, Z., & Masali, F. (2023). Digital Branding Umkm Melalui Komunikasi Visual. Jurnal Abdi: Media Pengabdian Kepada Masyarakat, 8(2), 129-134.
Slamet, F. A. (2022). Model Penelitian Pengembangan (R n D). Malang: Institut Agama Islam Sunan Kalojogo Malang.
Ummamah, L., Syafitri, A., Sukaris, S., & Baskoro, H. (2023, October). Pengembangan UMKM Kiupak Melalui Digital Marketing dan Digital Branding Di Dusun Baratsungai. In Prosiding Seminar Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat dan Kuliah Kerja Nyata (Vol. 1, No. 1, pp. 230-235).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 JURNAL PARADIGMA : Journal of Sociology Research and Education

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.