Perkembangan Kurikulum Sebagai Bentuk Evolusi Sosial: Studi Teori Herbert Spencer dalam Pendidikan

Authors

  • Siti Zahra Universitas Pendidikan Indonesia
  • Mohammad Irvan Universitas Pendidikan Indonesia
  • Zaidan Andra Deristian Universitas Pendidikan Indonesia
  • Saif Harits Wijaya Universitas Pendidikan Indonesia
  • Achmad Hufad Universitas Pendidikan Indonesia
  • Yani Achdiani Universitas Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.53682/jpjsre.v6i1.11385

Keywords:

Social Evolution, Education and Change, Curriculum Development, Sociology of Education, Theory of Social Evolution

Abstract

Penelitian ini mengkaji implementasi Kurikulum Merdeka di perguruan tinggi Indonesia, dengan fokus utama pada dampak kurikulum terhadap metode pembelajaran, adaptasi mahasiswa, dan kesiapan tenaga pengajar dalam mengimplementasikan kurikulum baru. Tujuan penelitian ini adalah untuk menggali tantangan yang dihadapi mahasiswa dalam beradaptasi dengan Kurikulum Merdeka, serta kesiapan dan pemahaman dosen dalam menjalankan kurikulum tersebut, dan dampaknya terhadap pengalaman serta keterampilan mahasiswa. Pendekatan kualitatif digunakan dalam penelitian ini dengan wawancara sebagai instrumen utama. Sampel penelitian melibatkan 7 narasumber, yaitu mahasiswa semester 2 yang sudah mengalami Kurikulum Merdeka, mahasiswa semester 4 yang masih mengikuti kurikulum sebelumnya, serta dosen yang terlibat langsung dalam proses pengajaran. Pemilihan responden dilakukan dengan menggunakan teknik purposive sampling, yaitu memilih individu yang masih aktif sebagai bagian dari civitas akademika. Data yang terkumpul kemudian dianalisis menggunakan studi kasus dan pendekatan analisis konstruktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa meskipun Kurikulum Merdeka memberikan fleksibilitas dalam pembelajaran, implementasinya belum sepenuhnya menghasilkan perubahan yang signifikan dalam pengalaman belajar mahasiswa. Faktor utama yang menghambat adaptasi mahasiswa adalah kesulitan dalam beralih ke metode pembelajaran yang lebih mandiri dan pemanfaatan teknologi dalam pendidikan. Selain itu, evaluasi yang kurang mencerminkan pemahaman mahasiswa secara nyata juga menjadi kendala. Penelitian ini menyimpulkan bahwa keberhasilan Kurikulum Merdeka sangat bergantung pada kesiapan tenaga pengajar dalam memahami dan mengimplementasikan kurikulum tersebut dengan efektif, serta pada konsistensi kebijakan pendidikan yang harus dijaga untuk menciptakan stabilitas dalam sistem pendidikan di Indonesia.

References

Abdul Sakti. (2023). Meningkatkan Pembelajaran Melalui Teknologi Digital. Jurnal Penelitian Rumpun Ilmu Teknik, 2(2), 212–219. https://doi.org/10.55606/juprit.v2i2.2025

Al Fajri, T. A., & Andarwulan, T. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka Di Indonesia: Tantangan Dan Peluang . Jurnal Inovasi Pendidikan Erudio, 10(2). https://doi.org/

Aprianti, A., & Tiara Maulia, S. (2023). Kebijakan Pendidikan : Dampak Kebijakan Perubahan Kurikulum Pendidikan Bagi Guru Dan Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Dan Sastra Inggris , 3(1).

Aprianus Telaumbanua, A. T. (2024). Pengaruh Soft Skill Dan Hard Skill Mahasiswa Terhadap Kesiapan Kerja Di Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Suluh Pendidikan (JSP), 12(2).

Aprillia, E., Nurhayati, C., & Belawati Pandiangan, A. P. (2023). Perubahan Kurikulum Pada Proses Pembelajaran . Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Sosial (JIPSI), 1(4). https://doi.org/10.58540/jipsi.v1i4.78

Badrudin, B., Setiana, R., Fauziyyah, S., & Ramdani, S. (2024). Standarisasi Pendidikan Nasional. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(2), 1797–1808. https://doi.org/10.54371/jiip.v7i2.3962

Handayani, R. (2020). Metode Penelitian Sosial. In Bandung (Issue September).

Hunaepi, H., & Putu Suharta, I. G. (2024). Transformasi Pendidikan Di Indonesia: Dampak Dan Tantangan Kurikulum Merdeka Belajar. Jalur Sains: Jurnal Ilmiah Elektronik Internasional, 10(6).

Masruroh Kobandaha, I., & Sidik, F. (2021). Harmonisasi Kebijakan Kurikulum Pendidikan Islam dan Kurikulum Pendidikan Nasional. Tadbir: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 9(1), 33–44. https://doi.org/10.30603/tjmpi.v9i1.2054

Mufadila, R., Malang, U. N., & Timur, J. (2024). KESENJANGAN PENGETAHUAN DAN KETERAMPILAN GURU. Proceedings Series of Educational Studies, 387–393.

Muhammad, D. (2023). PERAN TEKNOLOGI PENDIDIKAN DALAM MENDUKUNG EFEKTIVITAS PELAKSANAAN KURIKULUM MERDEKA BELAJAR DI PERGURUAN TINGGI. 6, 1265–1271. https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jrpp/article/view/20755/14904

Ngurah Santika, G., Suarni, N. K., & Lasmawan, I. W. (2022). Analisis perubahan kurikulum ditinjau dari kurikulum sebagai suatu ide. Jurnal Education and Development Institut Pendidikan Tapanuli Selatan, 10(3), 694–695.

Pitaloka, H., & Arsanti, M. (2022). Pembelajaran Diferensiasi dalam Kurikulum Merdeka. Seminar Nasional Pendidikan Sultan …, November, 2020–2023. http://jurnal.unissula.ac.id/index.php/sendiksa/article/view/27283

Pramesti, K. D., Meisya, N. I., & Amrillah, R. (2024). Relevansi Lulusan Perguruan Tinggi dengan Dunia Kerja. Jurnal Pendidikan Islam Dan Sosial Agama, 03(04), 236234–236243.

Said, S. (2023). Peran Tekonologi Sebagai Media Pembelajaran di Era Abad 21. Jurnal PenKoMi : Kajian Pendidikan & Ekonomi., 6(2), 194–202.

Sakman, Abdulkarim, T., Komalasari, K., & Sitti Masyiatoh, I. (2024). Mengungkap Kurikulum Merdeka: Tinjauan Integrasi Kearifan Lokal Dalam Pendidikan Kewarganegaraan Di SMP. KnE Social Sciences, 200–208.

Sari, E. C. (2022). Kurikulum Di Indonesia: Tinjauan Perkembangan Kurikulum Pendidikan. Inculco Journal of Christian Education, 2(2), 93–109. https://doi.org/10.59404/ijce.v2i2.54

Setiawati , F. (2022). Dampak Kebijakan Perubahan Kurikulum Terhadap Pembelajaran Di Sekolah. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam (JMPI), 7(1).

Sohibun, Agus Setiawan, Samsudin, A., & Riksa Yustika, Y. (2023). Perspektif pedagogik tentang evaluasi pendidikan: Analisis kesiapan guru dalam penerapan kurikulum se-kabupaten rokan hulu (kurikulum 2013 versus kurikulum merdeka). Jurnal Pendidik Indonesia, 4(1). https://doi.org/10.61291/jpi.v2i1.37

Tri Saputra , A. (2023). Kurikulum 2013 Ke Kurikulum Merdeka : Revitalisasi Kurikulum Pendidikan Di Indonesia. HAMKA Insight, 2(2). https://doi.org/10.51574/hamka.v2i2.100

Published

2025-06-20

How to Cite

Zahra, S., Irvan, M. ., Deristian, Z. A., Wijaya, S. H., Hufad, A. ., & Achdiani, Y. . (2025). Perkembangan Kurikulum Sebagai Bentuk Evolusi Sosial: Studi Teori Herbert Spencer dalam Pendidikan. JURNAL PARADIGMA : Journal of Sociology Research and Education, 6(1), 485-497. https://doi.org/10.53682/jpjsre.v6i1.11385