Perkembangan Kurikulum Sebagai Bentuk Evolusi Sosial: Studi Teori Herbert Spencer dalam Pendidikan
DOI:
https://doi.org/10.53682/jpjsre.v6i1.11385Keywords:
Social Evolution, Education and Change, Curriculum Development, Sociology of Education, Theory of Social EvolutionAbstract
Penelitian ini mengkaji implementasi Kurikulum Merdeka di perguruan tinggi Indonesia dengan fokus utama pada dampak kurikulum terhadap metode pembelajaran adaptasi mahasiswa dan kesiapan tenaga pengajar dalam mengimplementasikan kurikulum baru Tujuan penelitian ini adalah untuk menggali tantangan yang dihadapi mahasiswa dalam beradaptasi dengan Kurikulum Merdeka serta kesiapan dan pemahaman dosen dalam menjalankan kurikulum tersebut dan dampaknya terhadap pengalaman serta keterampilan mahasiswa Pendekatan kualitatif digunakan dalam penelitian ini dengan wawancara sebagai instrumen utama Sampel penelitian melibatkan 7 narasumber yaitu mahasiswa semester 2 yang sudah mengalami Kurikulum Merdeka mahasiswa semester 4 yang masih mengikuti kurikulum sebelumnya serta dosen yang terlibat langsung dalam proses pengajaran Pemilihan responden dilakukan dengan menggunakan teknik purposive sampling yaitu memilih individu yang masih aktif sebagai bagian dari civitas akademika Data yang terkumpul kemudian dianalisis menggunakan studi kasus dan pendekatan analisis konstruktif Hasil penelitian menunjukkan bahwa meskipun Kurikulum Merdeka memberikan fleksibilitas dalam pembelajaran implementasinya belum sepenuhnya menghasilkan perubahan yang signifikan dalam pengalaman belajar mahasiswa Faktor utama yang menghambat adaptasi mahasiswa adalah kesulitan dalam beralih ke metode pembelajaran yang lebih mandiri dan pemanfaatan teknologi dalam pendidikan Selain itu evaluasi yang kurang mencerminkan pemahaman mahasiswa secara nyata juga menjadi kendala Penelitian ini menyimpulkan bahwa keberhasilan Kurikulum Merdeka sangat bergantung pada kesiapan tenaga pengajar dalam memahami dan mengimplementasikan kurikulum tersebut dengan efektif serta pada konsistensi kebijakan pendidikan yang harus dijaga untuk menciptakan stabilitas dalam sistem pendidikan di Indonesia < p>
References
Abdul Sakti 2023 Meningkatkan Pembelajaran Melalui Teknologi Digital Jurnal Penelitian Rumpun Ilmu Teknik 2 2 212 219 https: doi org 10 55606 juprit v2i2 2025
Al Fajri T A Andarwulan T 2023 Implementasi Kurikulum Merdeka Di Indonesia: Tantangan Dan Peluang Jurnal Inovasi Pendidikan Erudio 10 2 https: doi org
Aprianti A Tiara Maulia S 2023 Kebijakan Pendidikan : Dampak Kebijakan Perubahan Kurikulum Pendidikan Bagi Guru Dan Peserta Didik Jurnal Pendidikan Dan Sastra Inggris 3 1
Aprianus Telaumbanua A T 2024 Pengaruh Soft Skill Dan Hard Skill Mahasiswa Terhadap Kesiapan Kerja Di Era Revolusi Industri 4 0 Jurnal Suluh Pendidikan JSP 12 2
Aprillia E Nurhayati C Belawati Pandiangan A P 2023 Perubahan Kurikulum Pada Proses Pembelajaran Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Sosial JIPSI 1 4 https: doi org 10 58540 jipsi v1i4 78
Badrudin B Setiana R Fauziyyah S Ramdani S 2024 Standarisasi Pendidikan Nasional JIIP Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan 7 2 1797 1808 https: doi org 10 54371 jiip v7i2 3962
Handayani R 2020 Metode Penelitian Sosial In Bandung Issue September
Hunaepi H Putu Suharta I G 2024 Transformasi Pendidikan Di Indonesia: Dampak Dan Tantangan Kurikulum Merdeka Belajar Jalur Sains: Jurnal Ilmiah Elektronik Internasional 10 6
Masruroh Kobandaha I Sidik F 2021 Harmonisasi Kebijakan Kurikulum Pendidikan Islam dan Kurikulum Pendidikan Nasional Tadbir: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam 9 1 33 44 https: doi org 10 30603 tjmpi v9i1 2054
Mufadila R Malang U N Timur J 2024 KESENJANGAN PENGETAHUAN DAN KETERAMPILAN GURU Proceedings Series of Educational Studies 387 393
Muhammad D 2023 PERAN TEKNOLOGI PENDIDIKAN DALAM MENDUKUNG EFEKTIVITAS PELAKSANAAN KURIKULUM MERDEKA BELAJAR DI PERGURUAN TINGGI 6 1265 1271 https: journal universitaspahlawan ac id index php jrpp article view 20755 14904
Ngurah Santika G Suarni N K Lasmawan I W 2022 Analisis perubahan kurikulum ditinjau dari kurikulum sebagai suatu ide Jurnal Education and Development Institut Pendidikan Tapanuli Selatan 10 3 694 695
Pitaloka H Arsanti M 2022 Pembelajaran Diferensiasi dalam Kurikulum Merdeka Seminar Nasional Pendidikan Sultan November 2020 2023 http: jurnal unissula ac id index php sendiksa article view 27283
Pramesti K D Meisya N I Amrillah R 2024 Relevansi Lulusan Perguruan Tinggi dengan Dunia Kerja Jurnal Pendidikan Islam Dan Sosial Agama 03 04 236234 236243
Said S 2023 Peran Tekonologi Sebagai Media Pembelajaran di Era Abad 21 Jurnal PenKoMi : Kajian Pendidikan Ekonomi 6 2 194 202
Sakman Abdulkarim T Komalasari K Sitti Masyiatoh I 2024 Mengungkap Kurikulum Merdeka: Tinjauan Integrasi Kearifan Lokal Dalam Pendidikan Kewarganegaraan Di SMP KnE Social Sciences 200 208
Sari E C 2022 Kurikulum Di Indonesia: Tinjauan Perkembangan Kurikulum Pendidikan Inculco Journal of Christian Education 2 2 93 109 https: doi org 10 59404 ijce v2i2 54
Setiawati F 2022 Dampak Kebijakan Perubahan Kurikulum Terhadap Pembelajaran Di Sekolah Jurnal Manajemen Pendidikan Islam JMPI 7 1
Sohibun Agus Setiawan Samsudin A Riksa Yustika Y 2023 Perspektif pedagogik tentang evaluasi pendidikan: Analisis kesiapan guru dalam penerapan kurikulum se kabupaten rokan hulu kurikulum 2013 versus kurikulum merdeka Jurnal Pendidik Indonesia 4 1 https: doi org 10 61291 jpi v2i1 37
Tri Saputra A 2023 Kurikulum 2013 Ke Kurikulum Merdeka : Revitalisasi Kurikulum Pendidikan Di Indonesia HAMKA Insight 2 2 https: doi org 10 51574 hamka v2i2 100






