Konsumerisme dan Alienasi: Dampak Budaya Materialistik terhadap Identitas dan Kesejahteraan Remaja
DOI:
https://doi.org/10.53682/jpjsre.v6i1.11457Keywords:
Konsumerisme, materialisme, identitas remajaAbstract
Fenomena konsumerisme semakin mengakar dalam budaya masyarakat modern, terutama di kalangan remaja Indonesia yang rentan terbawa pengaruh materialisme. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dampak konsumerisme terhadap identitas dan kesejahteraan psikologis remaja dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Data yang kami hadirkan dalam penelitian ini kami dapatkan melalui wawancara dan studi literatur terkait materialisme, alienasi, serta kesejahteraan subjektif. Dari hasil penelitian yang kami lakukan ini terlihat bahwasanya remaja yang memiliki orientasi materialistik cenderung mengalami tekanan sosial yang tinggi, kecemasan, dan ketidakpuasan hidup. Pengaruh media sosial dan lingkungan sosial semakin memperkuat keterasingan mereka dari identitas diri yang autentik, mengarahkan mereka pada pola konsumsi impulsif yang bertujuan untuk memperoleh validasi sosial. Meskipun demikian, terdapat kesadaran yang mulai tumbuh mengenai konsumsi berkelanjutan sebagai alternatif yang lebih sehat dan bijaksana. Beberapa remaja telah mengadopsi gaya hidup yang lebih selektif dalam mengikuti tren serta menunjukkan ketertarikan terhadap produk ramah lingkungan, ataupun hanya tertarik dengan produk atau barang yang sedang benar benar mereka butuhkan. Oleh karena itu, diperlukan intervensi dari berbagai pihak, termasuk keluarga, institusi pendidikan, dan kebijakan publik, untuk mendorong pola konsumsi yang lebih sadar dan berkelanjutan guna mendukung kesejahteraan psikologis remaja dalam jangka panjang.
References
Abyandary, T. T. (2023). Pengaruh Intensitas Menonton Youtube Terhadap Perilaku Konsumerisme Audiens. Tuturlogi: Journal of Southeast Asian Communication, 2(3), 193-206.
Alam, T. P., & Hasmira, M. H. (2021). Perilaku Konsumerisme Remaja Penggemar Olahraga Surfing di Pantai Air Manis Kota Padang. Jurnal Perspektif, 4(3), 307-319.
Christianti, Y. D., Amir, V., & Suhasto, R. I. N. (2021). Paradoks Konsumerisme “Manusia Akuntansi” Studi Fenomenologi Transendental Perilaku Konsumsi di Era Industri 4.0 Dalam Pandangan Islam. Jurnal Ilmiah Edunomika, 5(02), 462259.
Cindrakasih, R. (2021). Dinamika globalisasi budaya Korea di Indonesia dan pola konsumsi remaja “Korean Wave” di media sosial Instagram. Jurnal Public Relations (J-PR), 2(1), 17-28.
Fitriah, N. L., Islam, M. H., & Diharjo, R. F. (2023). Dampak Korean Wave Terhadap Perilaku Konsumerisme Merchaindise K-Pop Dikalangan Mahasiswa Probolinggo. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(2), 4427-4434.
Haliza, S. N., & Habib, M. A. F. (2022). Analisis Perilaku Konsumerisme Masyarakat Pada Diskon Belanja Online Pengguna E-Commerce Shopee. Jurnal Sosiologi Dialektika Sosial, 8(2), 85-101.
Hidayah Nur, H. (2016). Krisis Identitas Diri Pada Remaja “Identity Crisis of Adolescences.” Sulesana Volume, 10, 49–62.
Insani, I. M. I. I. M., Iqbal, M., & Rakhman, M. A. (2024). Dampak Budaya Korean Pop Dalam Perilaku Konsumerisme di Kalangan Penggemar K-Pop UKM Hallyu-Up Edutainment. The Indonesian Journal of Social Studies, 7(1), 143-157.
Jafar, M. K., Anggrainy, N. E., Suhardin, I., & Tohai, R. N. (2023). Gaya Hidup dan Perilaku Konsumtif Remaja di Manado. Maqrizi: Journal of Economics and Islamic Economics, 3(2), 96-105.
MA Pahmi, AFM Ayob, & G Suprayitno. (2022). Review: Dampak Disrupsi ICT dan Covid 19 terhadap Perubahan Perilaku Konsumen dan Digital E-Commerce di Indonesia. JENIUS : Jurnal Terapan Teknik Industri, 3(1), 22–32. https://doi.org/10.37373/jenius.v3i1.234
Mambela, I. J. (2019). “ Pengaruh Perkembangan Zaman Modern Yang Memunculkan Perilaku Abstrak : Pendahuluan : Pembahasan : Zaman Modern. Pengaruh Perkembangan Zaman Modern Yang Memunculkan Perilaku Gaya Hidup Konsumerisme, Di Kalangan Mahasiswa Teologi Zaman Ini, 4.
Munajah, M., Agniawati, N. G., & Sari, S. I. (2023). Globalisasi dan Alienasi: Dampak Media Sosial Terhadap Keterasingan Manusia. Integritas Terbuka: Peace and Interfaith Studies, 2(1), 35–46. https://doi.org/10.59029/int.v2i1.8
Nazarudin, H., & Widiastuti, T. (2022). Gaya Hidup Hedonisme dan Perilaku Konsumtif Remaja Putri Kota Kupang. Jurnal Ilmiah Aset, 24(1), 29-35.
Nisrina, D., Widodo, I. A., Larassari, I. B., & Rahmaji, F. (2020). Dampak konsumerisme budaya Korea (Kpop) di kalangan mahasiswa fakultas ilmu sosial universitas negeri Malang. Jurnal Penelitian Humaniora, 21(1), 78-88.
Rahayu, I. I., & Setiawati, F. A. (2019). Pengaruh Rasa Syukur Dan Memaafkan Terhadap Kesejahteraan Psikologis Pada Remaja. Jurnal Ecopsy, 6(1), 50–57. https://doi.org/10.20527/ecopsy.v6i1.5700
Ramadhan, M. W. N. (2023). Perilaku konsumerisme di kalangan mahasiswa Universitas Bhayangkara melalui media online shop (Shopee). Prosiding Konferensi Nasional Sosial dan Politik (KONASPOL), 1, 453-466.
Satriya, R. B., Andini, M. M., & Wulansari, Y. D. (2023). Gaya Hidup Mahasiswi Prodi Sosiologi Universitas Jember Dalam Perilaku Konsumerisme. ULIL ALBAB: Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 2(12), 5713-5718.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 JURNAL PARADIGMA : Journal of Sociology Research and Education

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.