Pengaruh Live Shopping dan Flash Sale terhadap Impulsive buying Produk Fashion di TiktokShop pada Generasi Z

Authors

  • Viana Nurul Khovifah Universitas Garut
  • Rohimat Nurhasan Universitas Garut
  • Deri Alan kurniawan Universitas Garut

DOI:

https://doi.org/10.53682/jpjsre.v6i1.11530

Keywords:

Live shopping, Flash Sale, Tiktok Shop, Generasi Z

Abstract

Perkembangan e-commerce di era digital mengalami perunahan pada pola konsumsi masyarakat, khususnya pada Generasi Z yang aktif menggunakan platform media sosial seperti TikTok Shop. Strategi pemasaran digital seperti Live shopping dan Flash Sale semakin banyak digunakan untuk menarik perhatian konsumen dan mendorong pembelian impulsif. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Live shopping dan Flash Sale terhadap Impulsive buying khususnya untuk produk fashion. Pada penelitian ini digunakan pendekatan kuantitatif deskriptif, dan data dikumpulkan dari 100 responden melalui survei online, kemudian dianalisis dengan metode menggunakan metode Structural Equation Modeling berbasis Partial Least Squares (SEM-PLS) dengan bantuan software SmartPLS versi 3. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Flash Sale berpengaruh positif  terhadap pembelian impulsif, sedangkan Live shopping tidak memiliki pengaruh terhadap Impulsive buying. Penemuan dalam studi ini menunjukan bahwa Discount during promo dalam Flash Sale akan lebih efektif dalam mendorong Impulsive buying. Implikasi dari penelitian ini adalah pemasar dapat lebih mengoptimalkan strategi Flash Sale dalam kampanye pemasaran digital, sementara Live shopping dapat difokuskan untuk membangun loyalitas pelanggan dan meningkatkan keterlibatan konsumen.

References

Adawiyah, A., & Haris, H. (2024). Pengaruh Live Streaming , Shopping Lifestyle , dan Hedonic Shopping Value terhadap Impulsive buying melalui TikTok Shop dengan Mediasi Price Discount pada Generasi Z. Jurnal Manajemen Bisnis dan Keuangan, 5(2), 372–385.

Cahyaning Utami, Savitri2, C., & Faddila, S. P. (2024). PENGARUH FLASH SALE DAN DISKON TERHADAP IMPULSIVE BUYING PADA PRODUK FASHION DI SHOPEE Cahyaning. Journal of Management and Bussines (JOMB), 6(4), 1519–1531. https://doi.org/https://doi.org/10.31539/jomb.v6i4.10118 PENGARUH

Chen, J., Shen, X. L., & Li, Q. (2020). The impact of live streaming on consumers’ purchase intention in e-commerce. Journal of Retailing and Consumer Services, 54, 101944. https://doi.org/10.1016/j.jretconser.2019.101944

Dinova, S., & Suharyati. (2023). Pengaruh Live Streaming Shopping dan Flash Sale Terhadap Pembelian Implusif Pengguna Shopee di Kecamatan Jatinegara. Journal Of Young Entrepreneurs, 2(4), 88–102.

Ernestivita, G., Budiyanto, & Suhermin. (2023). Seni Digital Marketing Untuk Meningkatkan Pembelian Impulsif Dan Compulsif. In R. R. Rerung (Ed.), Journal of Physics A: Mathematical and Theoretical (Vol. 44, Nomor 8). CV. Media Sains Indonesia. https://doi.org/10.1088/1751-8113/44/8/085201

Faliha Utama, N., Surya Santosa, N., Honesta, J., Sharon Yong Sonbai, J., Lesley Koesnadi, V., Jonathan, E., Arthur Marcia, F., & Yulia Ningsih, R. (2024). Pengaruh E-Commerce Terhadap Perilaku Impulsive buying pada Generazi Z. Jurnal Manajemen dan Pemasaran Digital (JMPD), 2(3), 218–226. https://creativecommons.org/licenses/by/4.0/

Fatika, R. A. (2024). 10 Negara dengan Pengguna TikTok Terbesar, Indonesia Urutan Berapa? GoodStats. https://data.goodstats.id/statistic/10-negara-dengan-pengguna-tiktok-terbesar-indonesia-urutan-berapa-xFOgI

Fatika, S. (2024). Peran TikTok dalam Transformasi E-Commerce di Indonesia. Penerbit ITB.

Ghozali, I., & Latan, H. (2020). Partial Least Square: Konsep, Metode, dan Aplikasi menggunakan program WarpPLS 5.0. Badan Penerbit Universitas Diponegoro. https://penerbit.undip.ac.id/index.php/penerbit/catalog/book/345

Gulfraz, M. B., Sufyan, M., Mustak, M., Salminen, J., & Srivastava, D. K. (2022). Understanding the impact of online customers’ shopping experience on online Impulsive buying: A study on two leading E-commerce platforms. Journal of Retailing and Consumer Services, 68, 103000. https://doi.org/10.1016/j.jretconser.2022.103000

Gumilang, R. R., Sumiati, A., Tresnadi, A., April, U. S., Behavior, I. B., & Streaming, L. (2024). Pengaruh Flash Sale dan Live Streaming Terhadap Impulse Buying Behavior Pada Platform TikTok. Jurnal Ilmiah Manajemen, 15(3), 479–488.

Gustari, M. S., Nurhasan, R., & Setiawan, R. (2022). Electronic Word Of Mouth Terhadap Brand Awareness Dan Dampaknya Pada Purchase Intention Kerudung Deenay Di Kabupaten Garut. Journal Of Entrepreneurship and Strategic Management, 1(02), 64–76. https://doi.org/10.52434/jesm.v1i02.123

Jodi, I. W. G. A. S. (2024). The Influence of Flash Sales, Online Customer Reviews, and Use Behavior Online Shopping Application on Impulsive buying Behavior in Generation Y and Z Shopee Application Users in Bali. International Journal of Research and Review, 11(2), 458–466. https://doi.org/10.52403/ijrr.20240249

Joseph F. Hair Jr., Hult, G. T. M., Ringle, C. M., Sarstedt, M., Danks, N. P., & Ray, S. (2021). Partial Least Squares Structural Equation Modeling (PLS-SEM) Using R: A Workbook. Springer International Publishing. https://doi.org/10.1007/978-3-030-80519-7

Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Management (15th ed.). Pearson.

Kurnaeli, K., Kurniawan, D. A., & Fathoni, I. (2022). Kualitas Pelayanan dan Kualitas Produk terhadap Kepuasan Pelanggan pada Perusahaan Distro di Kabupaten Garut. Jurnal Wacana Ekonomi, 21(2), 082. https://doi.org/10.52434/jwe.v21i2.1837

Lemeshow, S., Hosmer, D. W., Klar, J., & Lwanga, S. K. (1990). Adequacy of sample size in health studies. Wiley.

Mardhiana, H. R. (2024). GEN Z’S IMPULSE BUYING BEHAVIOR OF SHOPPING THROUGH LIVE-STREAMING SOCIAL COMMERCE PLATFORMS:: Investigating the Role of Parasocial …. Srawung: Journal Of Social Sciences And …, 3. http://journal.jfpublisher.com/index.php/jssh/article/view/588%0Ahttp://journal.jfpublisher.com/index.php/jssh/article/download/588/643

Nugroho, A., & Sari, M. (2024). Analisis Tingkat Perhatian Konsumen dalam Sesi Live shopping dan Dampaknya terhadap Pembelian Impulsif. Jurnal Pemasaran Digital, 8(1), 45–58. https://ejournal.upnvj.ac.id/jye/article/view/6986/2615

Putri, A., & Anggraeni, F. (2022). Motivasi Hedonis dan Promosi di Media Sosial terhadap Perilaku Pembelian Impulsif Konsumen E-Commerce. Jurnal Ekonomi dan Bisnis Digital, 9(3), 210–225. https://doi.org/10.1234/jebd.v9i3.5678

Rahma Dini Aulia, Najwa Khoerunissa, & Abdul Yusuf. (2024). Pengaruh Fitur Shopping Live Terhadap Pembelian Impulsif Pengguna Aplikasi Shopee. Economic Reviews Journal, 3(3), 1962–1975. https://doi.org/10.56709/mrj.v3i3.292

Rahmawati, D., & Santoso, B. (2023). Pengaruh Kelelahan Keputusan terhadap Perilaku Pembelian Impulsif pada Generasi Z di Era Digital. Jurnal Psikologi dan Perilaku Konsumen, 15(2), 123–135. https://journal.ikopin.ac.id/index.php/coopetition/article/view/4813/3863

Rhani Nastiti, & Edi Suswardji Nugroho. (2020). The Effect Of Flash Sale And Discount Towards Impulsive buying (Study On Shopee Users). Jurnal Akuntansi, Manajemen Dan Ekonomi, 22(4), 1–8.

Robert B. Cialdini. (2001). Influence: Science and Practice (5th ed.). Allyn & Bacon. https://archive.org/details/influencescience0000cial_k6u1

Rook D.W. (1987). The Buying Impulse. Journal of Consumer Research, 14(2), 189–199.

Sanjaya, V., & Widoatmodjo, S. (2022). Analisis Faktor yang Memengaruhi Pembelian Impulsif pada E-Commerce di Jakarta selama Pandemi Covid-19. Jurnal Manajemen Bisnis dan Kewirausahaan, 6(5), 503–508. https://doi.org/10.24912/jmbk.v6i5.20302

Sari, I. N. S. A. W., & Kadi, D. C. A. (2023). Pengaruh TikTok Live Streaming, Sales Promotion, Shopping Lifestyle, Dan Fashion Involvement Terhadap Impulse Buying Produk Pada E-Commerce TikTok Shop (Studi Kasus Pada Generasi Z Di Kota Madiun). SIMBA: Seminar Inovasi Manajemen Bisnis Dan Akuntansi, 5(1), 110–122.

Schwartz, B. (2004). The Paradox of Choice. HarperCollins. https://archive.org/details/the-paradox-of-choice-barry-schwartz

Simamora, V., & Islami, P. (2023). Millennial and Generation Z Online Purchasing Decisions on Indonesian Marketplace. Journal Research of Social Science, Economics, and Management, 2(8), 1706–1721. https://doi.org/10.59141/jrssem.v2i08.380

Social, W. A., & Meltwater. (2024). Digital 2024: Indonesia. DataReportal. https://datareportal.com/reports/digital-2024-indonesia

Tariq, H., & Rehman, S. (2023). Live shopping and Consumer Impulses: A New Trend in E-commerce. Jurnal Bisnis Digital, 11((5)), 67–82.

Utami Zuchdiawati Luthfi. (2024). The Influence of Flash Sale and Shopee Live on Impulsive buying Behavior in Marketing Management Students. MAMEN: Jurnal Manajemen, 3(3), 155–165. https://doi.org/10.55123/mamen.v3i3.3893

Published

2025-06-01

How to Cite

Viana Nurul Khovifah, Rohimat Nurhasan, & Deri Alan kurniawan. (2025). Pengaruh Live Shopping dan Flash Sale terhadap Impulsive buying Produk Fashion di TiktokShop pada Generasi Z. JURNAL PARADIGMA : Journal of Sociology Research and Education, 6(1), 112-124. https://doi.org/10.53682/jpjsre.v6i1.11530