Pengaruh Live Shopping dan Flash Sale terhadap Impulsive buying Produk Fashion di TiktokShop pada Generasi Z

Authors

DOI:

https://doi.org/10.53682/jpjsre.v6i1.11530

Keywords:

Live shopping, Flash Sale, Tiktok Shop, Generasi Z

Abstract

Perkembangan e commerce di era digital mengalami perunahan pada pola konsumsi masyarakat khususnya pada Generasi Z yang aktif menggunakan platform media sosial seperti TikTok Shop Strategi pemasaran digital seperti Live shopping< em> dan Flash Sale< em> semakin banyak digunakan untuk menarik perhatian konsumen dan mendorong pembelian impulsif Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Live shopping< em> dan Flash Sale< em> terhadap Impulsive buying< em> khususnya untuk produk fashion Pada penelitian ini digunakan pendekatan kuantitatif deskriptif dan data dikumpulkan dari 100 responden melalui survei online kemudian dianalisis dengan metode menggunakan metode Structural Equation Modeling berbasis Partial Least Squares SEM PLS dengan bantuan software SmartPLS versi 3 Hasil penelitian menunjukkan bahwa Flash Sale< em> berpengaruh positif terhadap pembelian impulsif sedangkan Live shopping< em> tidak memiliki pengaruh terhadap Impulsive buying< em> Penemuan dalam studi ini menunjukan bahwa Discount during promo dalam Flash Sale< em> akan lebih efektif dalam mendorong Impulsive buying< em> Implikasi dari penelitian ini adalah pemasar dapat lebih mengoptimalkan strategi Flash Sale< em> dalam kampanye pemasaran digital sementara Live shopping< em> dapat difokuskan untuk membangun loyalitas pelanggan dan meningkatkan keterlibatan konsumen < p>

References

Adawiyah A Haris H 2024 Pengaruh Live Streaming Shopping Lifestyle dan Hedonic Shopping Value terhadap Impulsive buying melalui TikTok Shop dengan Mediasi Price Discount pada Generasi Z Jurnal Manajemen Bisnis dan Keuangan 5 2 372 385

Cahyaning Utami Savitri2 C Faddila S P 2024 PENGARUH FLASH SALE DAN DISKON TERHADAP IMPULSIVE BUYING PADA PRODUK FASHION DI SHOPEE Cahyaning Journal of Management and Bussines JOMB 6 4 1519 1531 https: doi org https: doi org 10 31539 jomb v6i4 10118 PENGARUH

Chen J Shen X L Li Q 2020 The impact of live streaming on consumers purchase intention in e commerce Journal of Retailing and Consumer Services 54 101944 https: doi org 10 1016 j jretconser 2019 101944

Dinova S Suharyati 2023 Pengaruh Live Streaming Shopping dan Flash Sale Terhadap Pembelian Implusif Pengguna Shopee di Kecamatan Jatinegara Journal Of Young Entrepreneurs 2 4 88 102

Ernestivita G Budiyanto Suhermin 2023 Seni Digital Marketing Untuk Meningkatkan Pembelian Impulsif Dan Compulsif In R R Rerung Ed Journal of Physics A: Mathematical and Theoretical Vol 44 Nomor 8 CV Media Sains Indonesia https: doi org 10 1088 1751 8113 44 8 085201

Faliha Utama N Surya Santosa N Honesta J Sharon Yong Sonbai J Lesley Koesnadi V Jonathan E Arthur Marcia F Yulia Ningsih R 2024 Pengaruh E Commerce Terhadap Perilaku Impulsive buying pada Generazi Z Jurnal Manajemen dan Pemasaran Digital JMPD 2 3 218 226 https: creativecommons org licenses by 4 0

Fatika R A 2024 10 Negara dengan Pengguna TikTok Terbesar Indonesia Urutan Berapa? GoodStats https: data goodstats id statistic 10 negara dengan pengguna tiktok terbesar indonesia urutan berapa xFOgI

Fatika S 2024 Peran TikTok dalam Transformasi E Commerce di Indonesia Penerbit ITB

Ghozali I Latan H 2020 Partial Least Square: Konsep Metode dan Aplikasi menggunakan program WarpPLS 5 0 Badan Penerbit Universitas Diponegoro https: penerbit undip ac id index php penerbit catalog book 345

Gulfraz M B Sufyan M Mustak M Salminen J Srivastava D K 2022 Understanding the impact of online customers shopping experience on online Impulsive buying: A study on two leading E commerce platforms Journal of Retailing and Consumer Services 68 103000 https: doi org 10 1016 j jretconser 2022 103000

Gumilang R R Sumiati A Tresnadi A April U S Behavior I B Streaming L 2024 Pengaruh Flash Sale dan Live Streaming Terhadap Impulse Buying Behavior Pada Platform TikTok Jurnal Ilmiah Manajemen 15 3 479 488

Gustari M S Nurhasan R Setiawan R 2022 Electronic Word Of Mouth Terhadap Brand Awareness Dan Dampaknya Pada Purchase Intention Kerudung Deenay Di Kabupaten Garut Journal Of Entrepreneurship and Strategic Management 1 02 64 76 https: doi org 10 52434 jesm v1i02 123

Jodi I W G A S 2024 The Influence of Flash Sales Online Customer Reviews and Use Behavior Online Shopping Application on Impulsive buying Behavior in Generation Y and Z Shopee Application Users in Bali International Journal of Research and Review 11 2 458 466 https: doi org 10 52403 ijrr 20240249

Joseph F Hair Jr Hult G T M Ringle C M Sarstedt M Danks N P Ray S 2021 Partial Least Squares Structural Equation Modeling PLS SEM Using R: A Workbook Springer International Publishing https: doi org 10 1007 978 3 030 80519 7

Kotler P Keller K L 2016 Marketing Management 15th ed Pearson

Kurnaeli K Kurniawan D A Fathoni I 2022 Kualitas Pelayanan dan Kualitas Produk terhadap Kepuasan Pelanggan pada Perusahaan Distro di Kabupaten Garut Jurnal Wacana Ekonomi 21 2 082 https: doi org 10 52434 jwe v21i2 1837

Lemeshow S Hosmer D W Klar J Lwanga S K 1990 Adequacy of sample size in health studies Wiley

Mardhiana H R 2024 GEN Z S IMPULSE BUYING BEHAVIOR OF SHOPPING THROUGH LIVE STREAMING SOCIAL COMMERCE PLATFORMS:: Investigating the Role of Parasocial Srawung: Journal Of Social Sciences And 3 http: journal jfpublisher com index php jssh article view 588 0Ahttp: journal jfpublisher com index php jssh article download 588 643

Nugroho A Sari M 2024 Analisis Tingkat Perhatian Konsumen dalam Sesi Live shopping dan Dampaknya terhadap Pembelian Impulsif Jurnal Pemasaran Digital 8 1 45 58 https: ejournal upnvj ac id jye article view 6986 2615

Putri A Anggraeni F 2022 Motivasi Hedonis dan Promosi di Media Sosial terhadap Perilaku Pembelian Impulsif Konsumen E Commerce Jurnal Ekonomi dan Bisnis Digital 9 3 210 225 https: doi org 10 1234 jebd v9i3 5678

Rahma Dini Aulia Najwa Khoerunissa Abdul Yusuf 2024 Pengaruh Fitur Shopping Live Terhadap Pembelian Impulsif Pengguna Aplikasi Shopee Economic Reviews Journal 3 3 1962 1975 https: doi org 10 56709 mrj v3i3 292

Rahmawati D Santoso B 2023 Pengaruh Kelelahan Keputusan terhadap Perilaku Pembelian Impulsif pada Generasi Z di Era Digital Jurnal Psikologi dan Perilaku Konsumen 15 2 123 135 https: journal ikopin ac id index php coopetition article view 4813 3863

Rhani Nastiti Edi Suswardji Nugroho 2020 The Effect Of Flash Sale And Discount Towards Impulsive buying Study On Shopee Users Jurnal Akuntansi Manajemen Dan Ekonomi 22 4 1 8

Robert B Cialdini 2001 Influence: Science and Practice 5th ed Allyn Bacon https: archive org details influencescience0000cial_k6u1

Rook D W 1987 The Buying Impulse Journal of Consumer Research 14 2 189 199

Sanjaya V Widoatmodjo S 2022 Analisis Faktor yang Memengaruhi Pembelian Impulsif pada E Commerce di Jakarta selama Pandemi Covid 19 Jurnal Manajemen Bisnis dan Kewirausahaan 6 5 503 508 https: doi org 10 24912 jmbk v6i5 20302

Sari I N S A W Kadi D C A 2023 Pengaruh TikTok Live Streaming Sales Promotion Shopping Lifestyle Dan Fashion Involvement Terhadap Impulse Buying Produk Pada E Commerce TikTok Shop Studi Kasus Pada Generasi Z Di Kota Madiun SIMBA: Seminar Inovasi Manajemen Bisnis Dan Akuntansi 5 1 110 122

Schwartz B 2004 The Paradox of Choice HarperCollins https: archive org details the paradox of choice barry schwartz

Simamora V Islami P 2023 Millennial and Generation Z Online Purchasing Decisions on Indonesian Marketplace Journal Research of Social Science Economics and Management 2 8 1706 1721 https: doi org 10 59141 jrssem v2i08 380

Social W A Meltwater 2024 Digital 2024: Indonesia DataReportal https: datareportal com reports digital 2024 indonesia

Tariq H Rehman S 2023 Live shopping and Consumer Impulses: A New Trend in E commerce Jurnal Bisnis Digital 11 5 67 82

Utami Zuchdiawati Luthfi 2024 The Influence of Flash Sale and Shopee Live on Impulsive buying Behavior in Marketing Management Students MAMEN: Jurnal Manajemen 3 3 155 165 https: doi org 10 55123 mamen v3i3 3893

Published

2025-06-01

How to Cite

Pengaruh Live Shopping dan Flash Sale terhadap Impulsive buying Produk Fashion di TiktokShop pada Generasi Z. (2025). JURNAL PARADIGMA : Journal of Sociology Research and Education, 6(1), 112 124. https://doi.org/10.53682/jpjsre.v6i1.11530