Meningkatkan Keputusan Pembelian: Peran Brand Love, Social Media Marketing dan Viral Marketing Pada Produk Skintific di E-commerce (Studi Pada Konsumen Skintific Pengguna Tiktokshop Di Kabupaten Garut)
DOI:
https://doi.org/10.53682/jpjsre.v6i1.11568Keywords:
Viral marketing, Social media marketing, Brand love, Purchase DecisionAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh viral marketing, social media marketing dan brand love terhadap keputusan pembelian produk skintific pada platform tiktokshop di Kabupaten Garut. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan pendekatan kuantitatif. Sementara itu, metode pengumpulan data meliputi penyebaran kuesioner pada Google Form, data diperoleh dari 100 konsumen pengguna skintific, alat analisis yang digunakan adalah Structural Equation Modeling-Partial Least Square (SEM-PLS) versi 3.0. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya pengaruh viral marketing terhadap keputusan pembelian, social media marketing berpengaruh terhadap keputusan pembelian, brand love berpengaruh terhadap keputusan pembelian. Temuan dalam penelitian ini menunjukkan bahwa semakin besar kepuasan dan kebahagiaan yang dirasakan oleh setiap konsumen terhadap suatu produk, semakin meningkatkan pula keputusan mereka untuk melakukan pembelian.
References
Abdjul, f., d massie, j. D., & mandagie, y. (2022). Pengaruh content marketing, search engine optimization dan social media marketing terhadap keputusan pembelian mahasiswa feb unsrat di e-commerce sociolla the effect of content marketing, search engine optimization, and social media marketing on purchase decisions for feb unsrat students at e-commerce sociolla. 10(3), 225–236. Www.sociolla.com.
Adha, h. V., wahyudi, h., & riyani, o. (2025). Pengaruh brand trust dan brand love terhadap brand loyalty konsumen hand and body lotion marina mahasiswa fakultas ekonomi universitas baiturrahmah. Journals of management and entrepreneurship, 00(0), 2025. Https://doi.org/10.xxxxx
Ananda tiara, s., & sulistyowati, r. (2022). Jurnal pendidikan tata niaga (jptn).
Andora, m., & yusuf, a. (2021). Pengaruh viral marketing terhadap keputusan pembelian melalui kepercayaan pelanggan pada platform shopee (vol. 20, issue desember). Http://ejournal.upi.edu/index.php/manajerial/
Aprelyani, s., & ali, h. (2024). Pengaruh harga, kualitas produk dan minat beli produk skincare somethinc terhadap keputusan pembelian di e-commerce shopee pada generasi z. Https://doi.org/10.38035/jmpd.v2i3
Catur rahayu martiningtiyas, hermawan, a., chaniago, n., baliartati, b. O., & lestari, n. (2022). Peran media sosial untuk pemasaran digital. Dirkantara indonesia, 1(1), 25–30. Https://doi.org/10.55837/di.v1i1.30
Chen, s. C., & lin, c. P. (2019). Understanding the effect of social media marketing activities: the mediation of social identification, perceived value, and satisfaction. Technological forecasting and social change, 140, 22–32. Https://doi.org/10.1016/j.techfore.2018.11.025
Chusnu syarifa diah kusuma, r., augustinah, f., & hendrayani, e. (2022). Ulos product purchase decision judging from aspects of price, brand love and customer brand engagement. Https://sultanist.ac.id/index.php/sultanist
Diniy, a., islam, d., hidayati, n., & asiah, s. (2019). Pengaruh brand love terhadap word of mouth serta dampaknya terhadap keputusan pembelian konsumen muda.
Efendi, f. B., & aminah, s. (2023). Pengaruh promosi dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian produk skincare skintific (studi pada mahasiswa upn “veteran” jawa timur). J-mas (jurnal manajemen dan sains), 8(1), 762. Https://doi.org/10.33087/jmas.v8i1.1055
Elizabeth krida setya juli &. (2022). Pengaruh harga, kepercayaan, brand love dan e-promosi terhadap keputusan pembelian.
Ghozali, i. & l. (2019). Partial least square: konsep, metode dan aplikasi. Badan penerbit universitas diponegoro.
Hajjid, i., soetomo, h., kristaung, r., & susanto, a. (2022). Pengujian empiris brand satisfaction terhadap brand loyalty yang di moderasi oleh emotional brand attachment dan brand love. International journal of digital entrepreneurship and business, 3(2), 49–59. Https://doi.org/10.52238/ideb.v3i2.84
Harahap, d. A., & amanah, d. (2022). Memahami impulsif buying dalam proses keputusan pembelian konsumen. Jurnal manajemen dan bisnis performa, 19(01), 31–55. Https://doi.org/10.29313/performa.v19i01.9719
Hartanto, a., & faisal, ) ; dan a. (2023). Strategi manajemen pemasaran dalam era digital (vol. 03, issue 2). Http://www.openjournal.unpam.ac.id/index.php/snh
Hatta, i. H., rachbini, w., & parenrengi, s. (2018). Analysis of product innovation, product quality, promotion, and price, and purchase decisions. South east asia journal of contemporary business, economics and law, 16.
Hikmah, n., savitri, c., & pramudita faddila, s. (2024). The influence of brand ambassador refal hady and viral marketing on tiktok @avoskinbeauty accounts on purchasing decisions for avoskin skincare pengaruh brand ambassador refal hady dan viral marketing pada akun tiktok @avoskinbeauty terhadap keputusan pembelian skincare avoskin. In management studies and entrepreneurship journal (vol. 5, issue 2). Http://journal.yrpipku.com/index.php/msej
Isnawati, s. I. (2022). Viral marketing sebagai strategi pemasaran melalui media sosial. In manajemen dan akuntansi (vol. 2, issue 1). Http://jibaku.unw.ac.id
Kurniawan, f., komariah, k., deni, r., danial, m., & sukabumi, u. M. (2022). Online consumer review and viral marketing analysis of skincare somethinc purchase decisions. In management studies and entrepreneurship journal (vol. 3, issue 4). Http://journal.yrpipku.com/index.php/msej
Lashwaty, n. D., & widiati, i. S. (2022). Analisis penggunaan media sosial sebagai strategi pemasaran di kalangan wirausahawan muda. Jurnal pamator : jurnal ilmiah universitas trunojoyo, 15(2), 277–288. Https://doi.org/10.21107/pamator.v15i2.14106
Mihartinah, d., & anggarawati, s. (2023). Student journal of business and management pengaruh viral marketing, harga dan kepercayaan konsumen terhadap keputusan pembelian online melalui media sosial instagram. Https://www.bps.go.id/
Mubarokah, a. I., iskandar, y., & lestari, m. N. (2022). Pengaruh social media marketing dan corporate branding terhadap keputusan pembelian (studi pada diamond victory merch store) (vol. 4).
Najwah, j., & chasanah, a. N. (2022). Pengaruh viral marketing, online consumer reviews, harga, dan brand ambassador terhadap keputusan pembelian secara online di tokopedia.
Nofa lestiyani, d., & purwanto sugeng. (2024). Analisis pengaruh influencer marketing dan brand love terhadap keputusan pembelian produk skincare skintific.
Nur setiyadi, i., rahman alamsyah, a., & kusdyah rachmawati, i. (2022). Maker: jurnal manajemen pengaruh kualitas produk, social media marketing, e-wom, dan promosi terhadap keputusan pembelian konsumen produk skincare alzena di kabupaten pati. Http://www.maker.ac.id/index.php/maker
Nurmalasari, l. (2021). Pengaruh social media marketing dan keterlibatan konsumen terhadap keputusan pembelian secara online (studi kasus pada umkm bidang kuliner) the influence of social media marketing and consumer engagement on online purchasing decisions (studies on culinary smes). Jurnal apresiasi ekonomi, 9(3), 288–300.
Pasaribu, a. F. (2023). Pengaruh content marketing, viral marketing dan influencer terhadap minat beli produk skincare pada mahasiswa. 10(2). Https://doi.org/10.36987/ecobi.v10i2
Priyono, m. B., & sari, d. P. (2023). Dampak aplikasi tiktok dan tiktok shop terhadap umkm di indonesia. Jurnal ilmiah wahana pendidikan, 9(17), 497–506. Https://doi.org/10.5281/zenodo.8315865
Purba, d. G., & nurbasari, a. (2024). Pengaruh social media marketing dan influencer marketing terhadap keputusan pembelian konsumen produk skincare azarine di universitas kristen maranatha. Jurnal sekretaris & administrasi bisnis (jsab), 8(2), 146. Https://doi.org/10.31104/jsab.v8i2.467
Putri dewi, a., hariniati, w., septivani djohari, n., & mintawati, h. (2023). Pengaruh konten tiktok terhadap keputusan konsumen dalam membeli produk di tiktok shop universitas nusa putra. In principal : journal of managerial (vol. 1, issue 2).
Rahmawati, r., nurhasan, r., & rismanto, h. (2021). Journal of knowledge management pengaruh green marketing terhadap keputusan pembelian (pada konsumen air mineral ades di garut). Www.jurnal.uniga.ac.id
Raturandang, v. E., & lapian, j. (2022). The influence of lifestyle, product innovation and viral marketing on purchase decisions for ms glow skincare products at reseller 45 market manado. In mandagie 620 jurnal emba (vol. 10, issue 2).
Rimbasari, a., widjayanti, r. E., & thahira, a. (2023). Pengaruh viral marketing dan social media marketing terhadap keputusan pembelian di platform tiktok. Capital: jurnal ekonomi dan manajemen, 6(2), 457. Https://doi.org/10.25273/capital.v6i2.15304
Rohani, a., & surveyandini, m. (2024). Pengaruh kualitas produk, persepsi harga, citra merek dan brand love terhadap keputusan pembelian laptop merek acer di lingkungan mahasiswa universitas wijayakusuma purwokerto. Majalah ilmiah manajemen & bisnis.
Saputra, f., ali, h., & mahaputra, m. R. (2023). Peran ingredients, influencer review dan live streaming marketing terhadap minat beli konsumen pada produk skincare varian mugwort. Jkis, 1(3). Https://doi.org/10.38035/jkis.v1i3
Setiawan, m. R., & purwanto, e. (2024). Penerapan digital marketing pada sosial media terhadap strategi komunikasi pemasaran produk jasa pada supoyo consultant. Equilibrium : jurnal ilmiah ekonomi dan pembelajarannya, 12(1), 1. Https://doi.org/10.25273/equilibrium.v12i1.18186
Setya, i., jayanti, d., & kusumawardhani, a. (2023). Social media marketing melalui tiktok sebagai sarana pemasaran produk umkm fashion “tulus signature” dan “ghaffa the label.” In noctis (vol. 02, issue 01). Https://journal.uns.ac.id/noctis/index
Sopini, p., & susanti, e. (2024). Eksis: jurnal ilmiah ekonomi dan bisnis pengaruh viral marketing dan brand awareness terhadap keputusan pembelian produk skincare ms glow (studi kasus pada masyarakat kec. Muara sabak timur kab. Tanjabtim provinsi jambi). 15(2), 154–161. Https://doi.org/10.33087/eksis.v15i2.476
Sutjiadi, i., & prasetya, w. (2021). Effect of instagram promotion towards buying intention and buying decision of pekopurin.id. Journal of communication & public relations, 1(1), 5. Https://doi.org/10.37535/105001120212
Tendean, m. R., & mananeke, l. (2020). Pengaruh viral marketing, store location dan food quality terhadap keputusan pembelian di mcdonald’s manado the effect of viral marketing, store location and food quality on purchase decisions in mcdonald’s manado. In roring… 146 jurnal emba (vol. 8, issue 1).
Wita ayu widyadhari, drs. W. M. M. , ph. D. (2023). Pengaruh viral marketing, brand ambassador, dan online customer review terhadap keputusan pembelian di marketplace tokopedia dengan gaya hidup sebagai variabel intervening.
Zagita, y., & dewi, d. R. K. (2025). Pengaruh konten review produk skincare dan kecantikan tasya farasya terhadap keputusan pembelian skincare. Jurnal locus penelitian dan pengabdian, 4(1), 1118–1131. Https://doi.org/10.58344/locus.v4i1.3790
Zanjabila, r., & hidayat, r. (2017). Analisis pengaruh social media marketing terhadap analysis of social media marketing on purchasing decisions of bandung techno park (study on bandung techno park customers 2017).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 JURNAL PARADIGMA : Journal of Sociology Research and Education

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.