Meningkatkan Keputusan Pembelian: Peran Brand Love Social Media Marketing dan Viral Marketing Pada Produk Skintific di E commerce Studi Pada Konsumen Skintific Pengguna Tiktokshop Di Kabupaten Garut

Authors

DOI:

https://doi.org/10.53682/jpjsre.v6i1.11568

Keywords:

Viral marketing, Social media marketing, Brand love, Purchase Decision

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh viral marketing< em> social media marketing< em> dan brand love < em>terhadap keputusan pembelian produk skintific pada platform< em> tiktokshop di Kabupaten Garut Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan pendekatan kuantitatif Sementara itu metode pengumpulan data meliputi penyebaran kuesioner pada Google Form< em> data diperoleh dari 100 konsumen pengguna skintific alat analisis yang digunakan adalah Structural Equation Modeling Partial Least Square< em> SEM PLS versi 3 0 Hasil penelitian ini menunjukkan adanya pengaruh viral marketing< em> terhadap keputusan pembelian social media marketing< em> berpengaruh terhadap keputusan pembelian brand love < em>berpengaruh terhadap keputusan pembelian Temuan dalam penelitian ini menunjukkan bahwa semakin besar kepuasan dan kebahagiaan yang dirasakan oleh setiap konsumen terhadap suatu produk semakin meningkatkan pula keputusan mereka untuk melakukan pembelian < p>

References

Abdjul f d massie j D mandagie y 2022 Pengaruh content marketing search engine optimization dan social media marketing terhadap keputusan pembelian mahasiswa feb unsrat di e commerce sociolla the effect of content marketing search engine optimization and social media marketing on purchase decisions for feb unsrat students at e commerce sociolla 10 3 225 236 Www sociolla com

Adha h V wahyudi h riyani o 2025 Pengaruh brand trust dan brand love terhadap brand loyalty konsumen hand and body lotion marina mahasiswa fakultas ekonomi universitas baiturrahmah Journals of management and entrepreneurship 00 0 2025 Https: doi org 10 xxxxx

Ananda tiara s sulistyowati r 2022 Jurnal pendidikan tata niaga jptn

Andora m yusuf a 2021 Pengaruh viral marketing terhadap keputusan pembelian melalui kepercayaan pelanggan pada platform shopee vol 20 issue desember Http: ejournal upi edu index php manajerial

Aprelyani s ali h 2024 Pengaruh harga kualitas produk dan minat beli produk skincare somethinc terhadap keputusan pembelian di e commerce shopee pada generasi z Https: doi org 10 38035 jmpd v2i3

Catur rahayu martiningtiyas hermawan a chaniago n baliartati b O lestari n 2022 Peran media sosial untuk pemasaran digital Dirkantara indonesia 1 1 25 30 Https: doi org 10 55837 di v1i1 30

Chen s C lin c P 2019 Understanding the effect of social media marketing activities: the mediation of social identification perceived value and satisfaction Technological forecasting and social change 140 22 32 Https: doi org 10 1016 j techfore 2018 11 025

Chusnu syarifa diah kusuma r augustinah f hendrayani e 2022 Ulos product purchase decision judging from aspects of price brand love and customer brand engagement Https: sultanist ac id index php sultanist

Diniy a islam d hidayati n asiah s 2019 Pengaruh brand love terhadap word of mouth serta dampaknya terhadap keputusan pembelian konsumen muda

Efendi f B aminah s 2023 Pengaruh promosi dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian produk skincare skintific studi pada mahasiswa upn veteran jawa timur J mas jurnal manajemen dan sains 8 1 762 Https: doi org 10 33087 jmas v8i1 1055

Elizabeth krida setya juli 2022 Pengaruh harga kepercayaan brand love dan e promosi terhadap keputusan pembelian

Ghozali i l 2019 Partial least square: konsep metode dan aplikasi Badan penerbit universitas diponegoro

Hajjid i soetomo h kristaung r susanto a 2022 Pengujian empiris brand satisfaction terhadap brand loyalty yang di moderasi oleh emotional brand attachment dan brand love International journal of digital entrepreneurship and business 3 2 49 59 Https: doi org 10 52238 ideb v3i2 84

Harahap d A amanah d 2022 Memahami impulsif buying dalam proses keputusan pembelian konsumen Jurnal manajemen dan bisnis performa 19 01 31 55 Https: doi org 10 29313 performa v19i01 9719

Hartanto a faisal ; dan a 2023 Strategi manajemen pemasaran dalam era digital vol 03 issue 2 Http: www openjournal unpam ac id index php snh

Hatta i H rachbini w parenrengi s 2018 Analysis of product innovation product quality promotion and price and purchase decisions South east asia journal of contemporary business economics and law 16

Hikmah n savitri c pramudita faddila s 2024 The influence of brand ambassador refal hady and viral marketing on tiktok @avoskinbeauty accounts on purchasing decisions for avoskin skincare pengaruh brand ambassador refal hady dan viral marketing pada akun tiktok @avoskinbeauty terhadap keputusan pembelian skincare avoskin In management studies and entrepreneurship journal vol 5 issue 2 Http: journal yrpipku com index php msej

Isnawati s I 2022 Viral marketing sebagai strategi pemasaran melalui media sosial In manajemen dan akuntansi vol 2 issue 1 Http: jibaku unw ac id

Kurniawan f komariah k deni r danial m sukabumi u M 2022 Online consumer review and viral marketing analysis of skincare somethinc purchase decisions In management studies and entrepreneurship journal vol 3 issue 4 Http: journal yrpipku com index php msej

Lashwaty n D widiati i S 2022 Analisis penggunaan media sosial sebagai strategi pemasaran di kalangan wirausahawan muda Jurnal pamator : jurnal ilmiah universitas trunojoyo 15 2 277 288 Https: doi org 10 21107 pamator v15i2 14106

Mihartinah d anggarawati s 2023 Student journal of business and management pengaruh viral marketing harga dan kepercayaan konsumen terhadap keputusan pembelian online melalui media sosial instagram Https: www bps go id

Mubarokah a I iskandar y lestari m N 2022 Pengaruh social media marketing dan corporate branding terhadap keputusan pembelian studi pada diamond victory merch store vol 4

Najwah j chasanah a N 2022 Pengaruh viral marketing online consumer reviews harga dan brand ambassador terhadap keputusan pembelian secara online di tokopedia

Nofa lestiyani d purwanto sugeng 2024 Analisis pengaruh influencer marketing dan brand love terhadap keputusan pembelian produk skincare skintific

Nur setiyadi i rahman alamsyah a kusdyah rachmawati i 2022 Maker: jurnal manajemen pengaruh kualitas produk social media marketing e wom dan promosi terhadap keputusan pembelian konsumen produk skincare alzena di kabupaten pati Http: www maker ac id index php maker

Nurmalasari l 2021 Pengaruh social media marketing dan keterlibatan konsumen terhadap keputusan pembelian secara online studi kasus pada umkm bidang kuliner the influence of social media marketing and consumer engagement on online purchasing decisions studies on culinary smes Jurnal apresiasi ekonomi 9 3 288 300

Pasaribu a F 2023 Pengaruh content marketing viral marketing dan influencer terhadap minat beli produk skincare pada mahasiswa 10 2 Https: doi org 10 36987 ecobi v10i2

Priyono m B sari d P 2023 Dampak aplikasi tiktok dan tiktok shop terhadap umkm di indonesia Jurnal ilmiah wahana pendidikan 9 17 497 506 Https: doi org 10 5281 zenodo 8315865

Purba d G nurbasari a 2024 Pengaruh social media marketing dan influencer marketing terhadap keputusan pembelian konsumen produk skincare azarine di universitas kristen maranatha Jurnal sekretaris administrasi bisnis jsab 8 2 146 Https: doi org 10 31104 jsab v8i2 467

Putri dewi a hariniati w septivani djohari n mintawati h 2023 Pengaruh konten tiktok terhadap keputusan konsumen dalam membeli produk di tiktok shop universitas nusa putra In principal : journal of managerial vol 1 issue 2

Rahmawati r nurhasan r rismanto h 2021 Journal of knowledge management pengaruh green marketing terhadap keputusan pembelian pada konsumen air mineral ades di garut Www jurnal uniga ac id

Raturandang v E lapian j 2022 The influence of lifestyle product innovation and viral marketing on purchase decisions for ms glow skincare products at reseller 45 market manado In mandagie 620 jurnal emba vol 10 issue 2

Rimbasari a widjayanti r E thahira a 2023 Pengaruh viral marketing dan social media marketing terhadap keputusan pembelian di platform tiktok Capital: jurnal ekonomi dan manajemen 6 2 457 Https: doi org 10 25273 capital v6i2 15304

Rohani a surveyandini m 2024 Pengaruh kualitas produk persepsi harga citra merek dan brand love terhadap keputusan pembelian laptop merek acer di lingkungan mahasiswa universitas wijayakusuma purwokerto Majalah ilmiah manajemen bisnis

Saputra f ali h mahaputra m R 2023 Peran ingredients influencer review dan live streaming marketing terhadap minat beli konsumen pada produk skincare varian mugwort Jkis 1 3 Https: doi org 10 38035 jkis v1i3

Setiawan m R purwanto e 2024 Penerapan digital marketing pada sosial media terhadap strategi komunikasi pemasaran produk jasa pada supoyo consultant Equilibrium : jurnal ilmiah ekonomi dan pembelajarannya 12 1 1 Https: doi org 10 25273 equilibrium v12i1 18186

Setya i jayanti d kusumawardhani a 2023 Social media marketing melalui tiktok sebagai sarana pemasaran produk umkm fashion tulus signature dan ghaffa the label In noctis vol 02 issue 01 Https: journal uns ac id noctis index

Sopini p susanti e 2024 Eksis: jurnal ilmiah ekonomi dan bisnis pengaruh viral marketing dan brand awareness terhadap keputusan pembelian produk skincare ms glow studi kasus pada masyarakat kec Muara sabak timur kab Tanjabtim provinsi jambi 15 2 154 161 Https: doi org 10 33087 eksis v15i2 476

Sutjiadi i prasetya w 2021 Effect of instagram promotion towards buying intention and buying decision of pekopurin id Journal of communication public relations 1 1 5 Https: doi org 10 37535 105001120212

Tendean m R mananeke l 2020 Pengaruh viral marketing store location dan food quality terhadap keputusan pembelian di mcdonald s manado the effect of viral marketing store location and food quality on purchase decisions in mcdonald s manado In roring 146 jurnal emba vol 8 issue 1

Wita ayu widyadhari drs W M M ph D 2023 Pengaruh viral marketing brand ambassador dan online customer review terhadap keputusan pembelian di marketplace tokopedia dengan gaya hidup sebagai variabel intervening

Zagita y dewi d R K 2025 Pengaruh konten review produk skincare dan kecantikan tasya farasya terhadap keputusan pembelian skincare Jurnal locus penelitian dan pengabdian 4 1 1118 1131 Https: doi org 10 58344 locus v4i1 3790

Zanjabila r hidayat r 2017 Analisis pengaruh social media marketing terhadap analysis of social media marketing on purchasing decisions of bandung techno park study on bandung techno park customers 2017

Published

2025-06-05

How to Cite

Meningkatkan Keputusan Pembelian: Peran Brand Love Social Media Marketing dan Viral Marketing Pada Produk Skintific di E commerce Studi Pada Konsumen Skintific Pengguna Tiktokshop Di Kabupaten Garut . (2025). JURNAL PARADIGMA : Journal of Sociology Research and Education, 6(1), 286 298. https://doi.org/10.53682/jpjsre.v6i1.11568