Privasi atau Manipulasi? Dramaturgi Instagram dalam Fenomena Second Account dan Close Friends

Authors

  • Nabila Annisa Universitas Pendidikan Indonesia
  • Adisti Putri Rahmadiani Pendidikan Sosiologi, Universitas Pendidikan Indonesia
  • Ima Rohimah Pendidikan Sosiologi, Universitas Pendidikan Indonesia
  • Haryadi Hidayat Pendidikan Sosiologi, Universitas Pendidikan Indonesia
  • Achmad Hufad Pendidikan Sosiologi, Universitas Pendidikan Indonesia
  • Yani Achdiani Pendidikan Sosiologi, Universitas Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.53682/jpjsre.v6i1.11608

Keywords:

Dramaturgi, Identitas, Instagram, Interaksi, Privasi

Abstract

Dengan penerapan konsep dramaturgi, para pengguna second account dan closefriend Instagram menciptakan ruang yang sesuai dengan keinginan juga preferensi mereka. Penelitian ini menggali teori Dramaturgi Erving Goffman sebagai sarana dalam mengidentifikasi Konstruksi Diri individu dalam Dunia Maya, Privasi dan keamanan yang dirasakan oleh para pengguna juga hubungan sosial yang terjalin pada akun tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk memahami bagaimana pengguna membangun identitas digital mereka melalui mekanisme panggung depan dan panggung belakang dalam interaksi daring. Jenis penelitian yang digunakan adalah Metode penelitian Kualitatif dengan identifikasi fenomenologi. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah wawancara dan observasi terhadap pengguna Instagram yang memiliki lebih dari satu akun dan aktif menggunakan fitur close friend. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengguna memanfaatkan akun utama untuk membangun citra profesional yang terstruktur, sementara second account dan fitur closefriend menjadi ruang ekspresi diri yang lebih bebas dan personal. Dengan demikian, dalam dunia maya individu secara strategis membagi peran dan identitas mereka sesuai dengan audiens yang dituju, guna mengelola ekspektasi sosial dan menjaga citra diri.

References

Amelia, C. (2024). Dramaturgi dalam Media Sosial: Second Account Instagram sebagai Self-Disclosure pada Mahasiswa Muslimah. Jurnal Audiens, 5(4), 591–606. https://doi.org/10.18196/jas.v5i4.486

Asmayulia, A., & Rohmah, A. N. (2023). Pengungkapan Diri (Self Disclosure) Ditinjau dari Teori Communnication Privacy Management Pada Penggunaan Fitur Close Friend di Instagram. EJournal Ilmu Komunikasi, 2023(3), 183–197.

Catona, D., & Greene, K. (2020). Self Disclosure Generasi Milenial melalui Second Account Instagram Edy. Jurnal Ilmu Komunikasi, 18(April), 312–323.

Creswell, J. W. (2014). Research Design: Pendekatan Metode Kualitatif, Kuantitatif, dan Campuran (S. Z. Qudsi (ed.); 3rd ed.). Pustaka Pelajar.

Firdaus, W. (2022). Pengaruh Dramaturgi Penggunaan Second Account Media Sosial Instagram Terhadap Interaksi Sosial Pada Mahasiswa. UNIVERSITAS ISLAM NEGERI MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG.

Pamungkas, I. R., & Lailiyah, N. (2019). Presentasi Diri Pemilik Dua Akun Instagram Di Akun Utama Dan Akun Alter. Interaksi Online, 7(4), 371–376. https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/interaksi-online/article/view/24960

Sisnawar, W. C., Karimah, K. El, & Zein, D. (2023). Penggunaan Fitur Closefriend Instagram Sebagai Bentuk Self Disclosure. Comdent: Communication Student Journal, 1(1), 134. https://doi.org/10.24198/comdent.v1i1.45736

Syaefulloh, I., & Bandung, U. L. (2023). MOTIF PENGGUNAAN SECOND ACCOUNT INSTAGRAM MAHASISWA DI KOTA BANDUNG Iqbal Syaefulloh Universitas Langlangbuana Bandung Pendahuluan Dalam era digital yang semakin berkembang , media sosial telah menjadi bagian integral dari kehidupan. Jurnal Ilmu Komunikasi, 13(1).

Syahrizal, H., & Jailani, M. S. (2023). Jenis-Jenis Penelitian Dalam Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Jurnal QOSIM Jurnal Pendidikan Sosial & Humaniora, 1(1), 13–23. https://doi.org/10.61104/jq.v1i1.49

Wasisto Aji, P., Prahastiwi Utari, & Sudarmo. (2023). Manajemen Privasi Generasi Z Menghadapi Komersialisasi Data Pribadi di Media Sosial. JURNAL IPTEKKOM Jurnal Ilmu Pengetahuan & Teknologi Informasi, 24(2), 103–116. https://doi.org/10.17933/iptekkom.24.2.2022.103-116

Zahra, F. F., Hidayat, R., & Afdhal, A. (2023). The Melting of Student Identity through Second Accounts on Instagram. The Journal of Society and Media, 6(2), 508–526. https://doi.org/10.26740/jsm.v6n2.p508-526

Published

2025-06-25

How to Cite

Annisa, N., Rahmadiani, A. P. ., Ima Rohimah, Haryadi Hidayat, Achmad Hufad, & Yani Achdiani. (2025). Privasi atau Manipulasi? Dramaturgi Instagram dalam Fenomena Second Account dan Close Friends. JURNAL PARADIGMA : Journal of Sociology Research and Education, 6(1), 596-604. https://doi.org/10.53682/jpjsre.v6i1.11608