Pengaruh Social Media Marketing Dan Brand Love Terhadap Purchase Decision Pada Solo Album Happy Kim Seokjin BTS
DOI:
https://doi.org/10.53682/jpjsre.v6i1.11656Keywords:
Purchase Decision, Social Media Marketing, Brand Love, Digital Marketing, K-popAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Social Media Marketing< em> dan Brand Love< em> terhadap Purchase Decision< em> dalam pembelian Solo Album Happy < em> milik Kim Seokjin BTS Fenomena perilaku konsumen dalam komunitas penggemar K pop khususnya Army yang menunjukan bahwa startegi pemasaran digital serta ikatan emosional terhadap idola menjadi faktor utama yang mempengaruhi Purchase Decision< em> Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode eksplanasi Pengumpulan data dilakukan dengan melalui penyebaran kuesioner melalui google Form< em> kepada komunitas Army yang masuk kedalam anggota grup Borahae Hope Store < em>yang telah membeli album Happy < em> tersebut Analisis data pada penelitian ini dilakukan menggunakan model Structurl Equation Modeling< em> SEM berbasis Partial Least Square< em> PLS Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa Social Media Marketing< em> dan Brand Love< em> berpegaruh positif dan signifikan terhadap Purchase Decision< em> Penelitian ini juga memperkuat hasil penelitian sebelumnya serta menegaskan pentingnya peran media sosial sebagai sarana promosi sekaligus menunjukan ketertarikan emosional penggemar K pop dalam membeli album di industri musik Korea < p>
References
Ayuningsih F Maftukhah I 2020 The Influence Of Product Knowledge Brand Image And Brand Love On Purchase Decision Through Word Of Mouth Management Analysis Journal 9 4 355 369 Https: Doi Org 10 15294 Maj V9i4 40796
Azizah N Fadhilah M Cahyani D 2024 Entrepreneurship Bisnis Manajemen Akuntansi Pengaruh Celebrity Endorsement Dan Social Media Marketing Terhadap Purchase Decision Dengan Brand Image Sebagai Variabel Intervening 5 2 433 450
Baskara A Nurhayati 2023 Consumer Behavior In Marketing 4 0: Social Media Marketing And Website Marketing On Purchasing Decisions Through TAM As A Mediating Variable International Journal Of Social Science And Business 7 3 550 559 Https: Doi Org 10 23887 Ijssb V7i3 52056
Christivany Iskamto D 2023 Impact Social Media Marketing And Brand Loyalty On Purchase Decision For Brand Love Kpop Treasure Music Albums JIMFE Jurnal Ilmiah Manajemen Fakultas Ekonomi 9 2 65 80 Https: Doi Org 10 34203 Jimfe V9i2 8118
Fahirra H Andjarwati A L 2022 Pengaruh Korean Wave Dan Gaya Hidup Hedonis Terhadap Keputusan Pembelian Album Official BTS Jurnal Ilmu Manajemen 10 1 148 159
Febrianti Sudrajat A 2021 Pengaruh Design Produk Dan Digital Marketing Terhadap Minat Beli Album Fisik Musik K Pop Di Indonesia Permana : Jurnal Perpajakan Manajemen Dan Akuntansi 13 2 140 149 Https: Doi Org 10 24905 Permana V13i2 160
Ghazali I Latan H 2015 Konsep Teknik Aplikasi Menggunakan Smart PLS 3 0 Untuk Penelitian Empiris Diponegoro
Giovani R R Purwanto S 2023 Pengaruh Social Media Marketing Dan Brand Awareness Terhadap Keputusan Pembelian Pada Cafe Pitstop Gresik REVITALISASI 11 10 Https: Doi Org 10 54239 2319 022 001 001
Juli E K 2022 Pengaruh Harga Kepercayaan Brand Love Dan E Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Produk Wardah Pada Pengguna Aplikasi Tiktok Pada Era Pandemi Covid 19 Jurnal Ekonomi Manajemen Dan Bisnis 3 1 1 13 Https: Doi Org 10 32815 Jubis V3i1 1083
Kambali I Masitoh K 2021 Pengaruh Social Media Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Jasa Pengiriman Barang Di Kantor Pos Pati 59100 Jurnal Bisnis Dan Pemasaran 11 1 1 10
Kotler P Kelller L K Chernev A 2022 Marketing Management In Pearson
Lestiyani D N Purwanto S 2023 Analisis Pengaruh Influencer Marketing Dan Brand Love Terhadap Keputusan Pembelian Produk Skincare Skintific El Mal: Jurnal Kajian Ekonomi Bisnis Islam 5 2 886 898 Https: Doi Org 10 47467 Elmal V5i2 5513
Narayana K G S Rahanatha G B 2020 Peran Brand Image Memediasi Social Media Marketing 9 5 1962 1982
Nasaruddin Wonua Ismanto 2023 Pengaruh Social Media Marketing Dan Online Customer Review Terhadap Keputusan Pembelian Pada Mahasiswa Jurnal Ekonomi Manajemen 9 1 45 53
Naufal M H Maftukhah I 2017 Pengaruh Brand Image Dan Brand Love Terhadap Purchase Decision Melalui Word Of Mouth Management Analysis Journal 6 4 378 387
Putri D M Budiantara M 2023 Pengaruh Product Quality Produk Price Dan Social Media Marketing Terhadap Purchase Decision Produk Scarlett Whitening MANDAR: Management Development And Applied Research Journal 6 1 29 40 Https: Doi Org 10 31605 Mandar V6i1 3321
Putri D Sudirman A Suganda A D Kartika R D Martini E Susilowati H Bambang Trenggana A F M Zulfikar R Handayani T Kusuma G P E Triwardhani D Rini N K Pertiwi W N B Roslan A H 2021 Brand Marketing
Ramadhan M F R Daulay M Y I 2024 Pengaruh Brand Image Price Dan Social Media Marketing Terhadap Purchase Decision Pada Produk Sepatu Lokal Di Kota Bengkulu Jurnal Ilmiah MEA 8 1 1485 1497
Rimbasari A Widjayanti R E Thahira A 2023 Pengaruh Viral Marketing Dan Social Media Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Di Platform Tiktok CAPITAL: Jurnal Ekonomi Dan Manajemen 6 2 457 Https: Doi Org 10 25273 Capital V6i2 15304
Sugiyono 2019 Metode Penelitian In Sutopo Ed Sustainability Switzerland 1st Ed Vol 11 Issue 1 Alfabeta
Sugiyono 2021 Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R Dan D Alfabeta
Sumarto C Anggarawati S 2024 Pengaruh Social Media Marketing Terhadap Purchase Decision Melalui Brand Trust: Studi Kasus Pada Produk SKECHERS Di Indonesia Al Kharaj: Jurnal Ekonomi Keuangan Bisnis Syariah 6 4 5270 5287 Https: Doi Org 10 47467 Alkharaj V6i4 1062
Suwondono N Andriana A N 2023 Pengaruh Online Customer Review Content Marketing Dan Brand Love Terhadap Keputusan Pembelian Produk Skintific Pada Platform Tiktok Shop Jurnal Ilmiah Manajemen Ekonomi Akuntansi MEA 7 3 1205 1226 Https: Doi Org 10 31955 Mea V7i3 3510
Syafikarani A 2021 Analisis Strategi Digital Marketing Dalam Pemasaran Album K Pop Studi Kasus : Weverse Shop BTS TANRA: Jurnal Desain Komunikasi Visual Fakultas Seni Dan Desain Universitas Negeri Makassar 8 1 1 Https: Doi Org 10 26858 Tanra V8i1 19114
Tauran R H Andriani D R Wahyuningtyas A S H Isaskar R 2022 The Effect Of Social Media Marketing On The Purchase Decision Of Kooka Coffee Products Using Brand Image As A Mediation Variable Agricultural Socio Economics Journal 22 3 223 Https: Doi Org 10 21776 Ub Agrise 2022 022 3 9
Tuten T L Solomon M R 2018 Social Consumers In Social Media Marketing
Upadana M Wahyu K Pramudana K A S 2020 Brand Awareness Memediasi Pengaruh Social Media Marketing Terhadap Keputusan Pembelian E Jurnal Manajemen Universitas Udayana 9 5 1921 Https: Doi Org 10 24843 Ejmunud 2020 V09 I05 P14






