Pengaruh Social Media Marketing Dan Brand Love Terhadap Purchase Decision Pada Solo Album Happy Kim Seokjin BTS.
DOI:
https://doi.org/10.53682/jpjsre.v6i1.11656Keywords:
Purchase Decision, Social Media Marketing, Brand Love, Digital Marketing, K-popAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Social Media Marketing dan Brand Love terhadap Purchase Decision dalam pembelian Solo Album “Happy” milik Kim Seokjin BTS. Fenomena perilaku konsumen dalam komunitas penggemar K-pop, khususnya Army yang menunjukan bahwa startegi pemasaran digital serta ikatan emosional terhadap idola menjadi faktor utama yang mempengaruhi Purchase Decision. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode eksplanasi. Pengumpulan data dilakukan dengan melalui penyebaran kuesioner melalui google Form kepada komunitas Army yang masuk kedalam anggota grup Borahae.Hope Store yang telah membeli album “Happy” tersebut. Analisis data pada penelitian ini dilakukan menggunakan model Structurl Equation Modeling (SEM) berbasis Partial Least Square (PLS). Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa Social Media Marketing dan Brand Love berpegaruh positif dan signifikan terhadap Purchase Decision. Penelitian ini juga memperkuat hasil penelitian sebelumnya serta menegaskan pentingnya peran media sosial sebagai sarana promosi, sekaligus menunjukan ketertarikan emosional penggemar K-pop dalam membeli album di industri musik Korea.
References
Ayuningsih, F., & Maftukhah, I. (2020). The Influence Of Product Knowledge, Brand Image, And Brand Love On Purchase Decision Through Word Of Mouth. Management Analysis Journal, 9(4), 355–369. Https://Doi.Org/10.15294/Maj.V9i4.40796
Azizah, N., Fadhilah, M., & Cahyani, D. (2024). Entrepreneurship Bisnis Manajemen Akuntansi Pengaruh Celebrity Endorsement Dan Social Media Marketing Terhadap Purchase Decision Dengan Brand Image Sebagai Variabel Intervening. 5(2), 433–450.
Baskara, A., & Nurhayati. (2023). Consumer Behavior In Marketing 4.0: Social Media Marketing And Website Marketing On Purchasing Decisions Through TAM As A Mediating Variable. International Journal Of Social Science And Business, 7(3), 550–559. Https://Doi.Org/10.23887/Ijssb.V7i3.52056
Christivany, & Iskamto, D. (2023). Impact Social Media Marketing And Brand Loyalty On Purchase Decision For Brand Love Kpop Treasure Music Albums. JIMFE (Jurnal Ilmiah Manajemen Fakultas Ekonomi), 9(2), 65–80. Https://Doi.Org/10.34203/Jimfe.V9i2.8118
Fahirra, H., & Andjarwati, A. L. (2022). Pengaruh Korean Wave Dan Gaya Hidup Hedonis Terhadap Keputusan Pembelian Album Official BTS. Jurnal Ilmu Manajemen, 10(1), 148–159.
Febrianti, & Sudrajat, A. (2021). Pengaruh Design Produk Dan Digital Marketing Terhadap Minat Beli Album Fisik Musik K-Pop Di Indonesia. Permana : Jurnal Perpajakan, Manajemen, Dan Akuntansi, 13(2), 140–149. Https://Doi.Org/10.24905/Permana.V13i2.160
Ghazali, I., & Latan, H. (2015). Konsep, Teknik, Aplikasi Menggunakan Smart PLS 3.0 Untuk Penelitian Empiris. Diponegoro.
Giovani, R. R., & Purwanto, S. (2023). Pengaruh Social Media Marketing Dan Brand Awareness Terhadap Keputusan Pembelian Pada Cafe Pitstop Gresik. REVITALISASI, 11, 10. Https://Doi.Org/10.54239/2319-022-001-001
Juli, E. K. (2022). Pengaruh Harga, Kepercayaan, Brand Love Dan E-Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Produk Wardah Pada Pengguna Aplikasi Tiktok Pada Era Pandemi Covid 19. Jurnal Ekonomi Manajemen Dan Bisnis, 3(1), 1–13. Https://Doi.Org/10.32815/Jubis.V3i1.1083
Kambali, I., & Masitoh K. (2021). Pengaruh Social Media Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Jasa Pengiriman Barang Di Kantor Pos Pati 59100. Jurnal Bisnis Dan Pemasaran, 11(1), 1–10.
Kotler, P., Kelller, L. K., & Chernev, A. (2022). Marketing Management. In Pearson.
Lestiyani, D. N., & Purwanto, S. (2023). Analisis Pengaruh Influencer Marketing Dan Brand Love Terhadap Keputusan Pembelian Produk Skincare Skintific. El-Mal: Jurnal Kajian Ekonomi & Bisnis Islam, 5(2), 886–898. Https://Doi.Org/10.47467/Elmal.V5i2.5513
Narayana, K. G. S., & Rahanatha, G. B. (2020). Peran Brand Image Memediasi Social Media Marketing. 9(5), 1962–1982.
Nasaruddin, Wonua, & Ismanto. (2023). Pengaruh Social Media Marketing Dan Online Customer Review Terhadap Keputusan Pembelian Pada Mahasiswa. Jurnal Ekonomi Manajemen, 9(1), 45–53.
Naufal, M. H., & Maftukhah, I. (2017). Pengaruh Brand Image Dan Brand Love Terhadap Purchase Decision Melalui Word Of Mouth. Management Analysis Journal, 6(4), 378–387.
Putri, D. M., & Budiantara, M. (2023). Pengaruh Product Quality, Produk Price Dan Social Media Marketing Terhadap Purchase Decision Produk Scarlett Whitening. MANDAR: Management Development And Applied Research Journal, 6(1), 29–40. Https://Doi.Org/10.31605/Mandar.V6i1.3321
Putri, D., Sudirman, A., Suganda, A. D., Kartika, R. D., Martini, E., Susilowati, H., Bambang, Trenggana, A. F. M., Zulfikar, R., Handayani, T., Kusuma, G. P. E., Triwardhani, D., Rini, N. K., Pertiwi, W. N. B., & Roslan, A. H. (2021). Brand Marketing.
Ramadhan, M. F. R., & Daulay, M. Y. I. (2024). Pengaruh Brand Image, Price Dan Social Media Marketing Terhadap Purchase Decision Pada Produk Sepatu Lokal Di Kota Bengkulu. Jurnal Ilmiah MEA, 8(1), 1485–1497.
Rimbasari, A., Widjayanti, R. E., & Thahira, A. (2023). Pengaruh Viral Marketing Dan Social Media Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Di Platform Tiktok. CAPITAL: Jurnal Ekonomi Dan Manajemen, 6(2), 457. Https://Doi.Org/10.25273/Capital.V6i2.15304
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian. In Sutopo (Ed.), Sustainability (Switzerland) (1st Ed., Vol. 11, Issue 1). Alfabeta.
Sugiyono. (2021). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R Dan D. Alfabeta.
Sumarto, C., & Anggarawati, S. (2024). Pengaruh Social Media Marketing Terhadap Purchase Decision Melalui Brand Trust: Studi Kasus Pada Produk SKECHERS Di Indonesia. Al-Kharaj: Jurnal Ekonomi, Keuangan & Bisnis Syariah, 6(4), 5270–5287. Https://Doi.Org/10.47467/Alkharaj.V6i4.1062
Suwondono, N., & Andriana, A. N. (2023). Pengaruh Online Customer Review, Content Marketing Dan Brand Love Terhadap Keputusan Pembelian Produk Skintific Pada Platform Tiktok Shop. Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MEA), 7(3), 1205–1226. Https://Doi.Org/10.31955/Mea.V7i3.3510
Syafikarani, A. (2021). Analisis Strategi Digital Marketing Dalam Pemasaran Album K-Pop (Studi Kasus : Weverse Shop – BTS). TANRA: Jurnal Desain Komunikasi Visual Fakultas Seni Dan Desain Universitas Negeri Makassar, 8(1), 1. Https://Doi.Org/10.26858/Tanra.V8i1.19114
Tauran, R. H., Andriani, D. R., Wahyuningtyas, A. S. H., & Isaskar, R. (2022). The Effect Of Social Media Marketing On The Purchase Decision Of Kooka Coffee Products Using Brand Image As A Mediation Variable. Agricultural Socio-Economics Journal, 22(3), 223. Https://Doi.Org/10.21776/Ub.Agrise.2022.022.3.9
Tuten, T. L., & Solomon, M. R. (2018). Social Consumers. In Social Media Marketing.
Upadana, M. Wahyu K., & Pramudana, K. A. S. (2020). Brand Awareness Memediasi Pengaruh Social Media Marketing Terhadap Keputusan Pembelian. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 9(5), 1921. Https://Doi.Org/10.24843/Ejmunud.2020.V09.I05.P14
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 JURNAL PARADIGMA : Journal of Sociology Research and Education

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.