Pengembangan Model Kurikulum Digital Adaptasi untuk Daya Saing Global Mahasiswa di Era 4 0

Authors

DOI:

https://doi.org/10.53682/jpjsre.v6i1.11666

Keywords:

Adaptif Digital, Kurikulum, Teknologi

Abstract

Revolusi Industri 4 0 telah membawa perubahan signifikan dalam pendidikan tinggi termasuk dalam bidang Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia yang menuntut adanya kurikulum yang lebih adaptif dan berbasis teknologi Kurikulum konvensional yang ada saat ini sering kali tidak dapat mengikuti kemajuan teknologi dan kebutuhan industri Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan model kurikulum digital adaptif yang dapat meningkatkan daya saing global mahasiswa di Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia di STKIP Budidaya Binjai Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan desain Research and Development R amp;D Data dikumpulkan melalui wawancara observasi dan studi dokumentasi untuk mengidentifikasi kebutuhan kurikulum yang relevan dan berbasis teknologi Hasil penelitian menunjukkan bahwa kurikulum digital adaptif yang dikembangkan secara signifikan meningkatkan keterlibatan mahasiswa dan hasil belajar dengan 85 mahasiswa melaporkan peningkatan keterlibatan dan peningkatan rata rata nilai sebesar 20 dibandingkan dengan kurikulum konvensional Penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi dalam pengembangan kurikulum yang lebih relevan fleksibel dan sesuai dengan tuntutan Revolusi Industri 4 0 < p>

References

Anderson T 2008 The Theory and Practice of Online Learning Athabasca University Press

Anwar M Utami M 2020 Kurikulum Digital Adaptif di Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia: Tinjauan Teoretis Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra 19 2 113 120

Clark R C Mayer R E 2011 e Learning and the Science of Instruction: Proven Guidelines for Consumers and Designers of Multimedia Learning John Wiley Sons

Creswell J W 2014 Research Design: Qualitative Quantitative and Mixed Methods Approaches Sage Publications

Garrison D R Anderson T Archer W 2001 Critical thinking cognitive presence and computer conferencing in distance education American Journal of Distance Education 15 1 7 23

Hidayat M A Siregar A 2021 Pemanfaatan Teknologi dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di Era Digital Jurnal Teknologi Pendidikan 14 3 220 228

Miles M B Huberman A M 1994 Qualitative Data Analysis: An Expanded Sourcebook Sage Publications

Mulyadi H 2021 Pengembangan Kurikulum Digital Adaptif untuk Pendidikan Tinggi di Era Industri 4 0 Pustaka Abadi

Nurkholis M 2020 Model Kurikulum Digital Adaptif dalam Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Jurnal Pendidikan dan Pengajaran 12 3 45 56

North B Green P Smith M 2008 The Role of Technology in Education and its Implications for the Workforce Springer Science Business Media

Patton M Q 2002 Qualitative Research Evaluation Methods Sage Publications

Prasetyo D Nugroho B 2021 Kurikulum Digital dan Tantangan Pendidikan di Indonesia Jakarta: Penerbit Buku Pendidikan

Ridwan M 2020 Kurikulum Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia: Tantangan dan Solusi di Era Digital Pustaka Media

Saputra Y Andini R 2022 Pengembangan Kurikulum Pendidikan Bahasa Indonesia dalam Konteks Teknologi Informasi dan Komunikasi Jurnal Ilmiah Pendidikan 6 2 102 110

Setiawan I 2019 Pengembangan Kurikulum Pendidikan Bahasa Indonesia berbasis Teknologi untuk Meningkatkan Keterampilan Digital Mahasiswa Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia 18 4 201 208

_______ Hidayat M 2020 Implementasi Kurikulum Digital di Perguruan Tinggi: Evaluasi dan Rekomendasi Surabaya: Pustaka Karya

Shuell T J 1996 Teaching and Learning in a Complex World Educational Psychologist 31 4 187 194

Strauss A Corbin J 1998 Basics of Qualitative Research: Techniques and Procedures for Developing Grounded Theory Sage Publications

Sugiyono 2013 Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R D Alfabeta

Wahyuni S Hartono P 2022 Model Kurikulum Digital Adaptif untuk Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia di STKIP Budidaya Binjai Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra 21 1 115 124

Published

2025-06-30

How to Cite

Pengembangan Model Kurikulum Digital Adaptasi untuk Daya Saing Global Mahasiswa di Era 4 0. (2025). JURNAL PARADIGMA : Journal of Sociology Research and Education, 6(1), 769 775. https://doi.org/10.53682/jpjsre.v6i1.11666