Implikasi Pernikahan Asimilasi Orang Tua dalam Pengasuhan Anak Usia Dini di Desa Sumber Sari Kabupaten Musi Banyuasin
Keywords:
Assimilation Marriage, Parenting Patterns, Early ChildhoodAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implikasi dari adanya pernikahanan asimilasi dalam perbedaan suku di Desa Sumber Sari, Kabupaten Musi Banyuasin. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dokumentasi dengan teknik analisis data melalui pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Sampel penelitian ini berjumlah 12 informan terdiri dari 1 Kepala Desa dan 11 orang tua dengan kriteria pernikahan beda suku dan memiliki anak berusia dini 1-6 tahun berdasarkan purposive random sampling. Suku yang berbeda tersebut berasal dari 3 suku yaitu Suku Jawa, Suku Sunda dan Suku Melayu. Berdasarkan hasil analisis data penelitian yang berasal dari 4 indikator yaitu budaya keluarga, sosial ekonomi, pengalaman dalam mengasuh anak dan pendidikan yang ditempuh orang tua, bahwasannya dari pola asuh orang tua tidak lagi mengenalkan adanya budaya turun menurun ataupun kesenian tradisional yang berasal dari kedua orang tua dari masing-masing suku yang berbeda. Orang tua menggunakan pengasuhan kombinasi berdasarkan pada pola asuh demokratis, permisif, dan otoriter, dalam kebudayaan tetap menjunjung tata krama yang diajarkan oleh orang tua terdahulu.
References
Adawiah, R. (2017). Pola asuh orang tua dan implikasinya terhadap pendidikan anak: Studi pada Masyarakat Dayak di Kecamatan Halong Kabupaten Balangan. Jurnal pendidikan kewarganegaraan, 7(1), 33-48.
Alfaeni.D.K.N, Rachmawati.Y (2023). Etnoparenting: Pola Pengasuhan Alternatif Masyarakat Indonesia. Journal on Early Childhood. Vol 6 No 1
Apriyanti H. (2019). Pemhaman Orang Tua Terhadap Pentingnya Anak Usia Dini. Journal Education Research and Development. Vol 3 No 1
Azizah, N. (2020). Struktur dan Kultur Budaya dalam Keluarga di Era AKB (Adaptasi Kebiasaan Baru) di Lingkungan Keluarga Kota Bandung. Journal of Gender and Family Studies). Vol 1 no 1
Conala E. N, Asriati N, Hidayah R. A. (2021). Pola Asuh Anak Pada Anak Perkawinan Campur Etnis Dayak Dan Melayu Di Kelurahan Kantor. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan Khatulistiwa. Vol 10. No 5.
Defera W, Ponda A, Merry.Y.A. (2021). Hubungan Tingkat Pengetahuan Dan Pola Asuh Orang Tua Dengan Perkembangananak Pra Sekolah Di Kelurahan Lubuk Buaya Padang Tahun 2019. Jurnal Sehat Mandiri. Vol 16 No 2.
Dwiki P, dkk. (2022). Pengaruh Faktor Sosial Ekonomi Terhadap Kejadian Stunting. Jurnal Pangan Gizi dan Kesehatan.
Elminah, E., Hesrawati, E. D., & Syafwandi, S. (2022). Pengaruh pola asuh orang tua terhadap perilaku sosial pada anak usia dini. Jurnal Sosial Teknologi, 2(7), 574-580.
Febiani. R.R.M, Krisnani H. (2020). Pentingnya Peran Orang Tua Dalam Membangun Kepercayaan Diri Seorang Anak Dari Usia Dini. Prosiding Penelitian & Pengabdian Kepada Masyarakat. Vol 7 No 1
Goa, L. (2017). Perubahan sosial dalam kehidupan bermasyarakat. SAPA: Jurnal Kateketik Dan Pastoral, 2(2), 53-67.
Hanum, N., & Safuridar, S. (2018). Analisis kondisi sosial ekonomi keluarga terhadap kesejahteraan keluarga di Gampong Karang Anyar Kota Langsa. Jurnal Samudra Ekonomi Dan Bisnis, 9(1), 42-49.
Herawati T, dkk. (2020). Faktor-faktor yang Mempengaruhi Pelaksanaan Fungsi Keluarga di Indonesia. Jurnal Ilmu Keluarga dan Konsumen. Vol 13 No 3
Mutakim J. (2025). Peran Orang Tua dalam Mengajar untuk Meningkatkan Pengalaman Belajar Anak Usia Din. Jurnal Ilmu Pendidikan. Vol 8 No 1
Mutaqin, I., & Pratiwi, M. R. (2021). Pengalaman orang tua dalam proses pendampingan pembelajaran daring di masa pandemi. Jurnal Komunikasi Korporasi Dan Media (JASIMA), 2(1), 1-19.
Oktavia, R. (2021). Hubungan faktor sosial ekonomi keluarga dengan kejadian stunting. Jurnal Medika Hutama, 3(01 Oktober), 1616-1620.
Pramaswari, E. (2018). Pengaruh Tingkat Pendidikan Orangtua Terhadap Motivasi Belajar. JPEKA: Jurnal Pendidikan Ekonomi, Manajemen Dan Keuangan, 2(2), 77-82.
S. Arliman L, (2019). Peran Lembaga Catatan Sipil Terhadap Perkawinan Campuran Berdasarkan Undang-Undang Perkawinan. Jurnal Cendekia Hukum. Vol 2.
Samho, B. (2024). Pola pengasuhan yang relevan untuk pengembangan karakter anak pada era teknologi digital dan globalisasi. Academy of Education Journal, 15(1), 860-873.
Omeri, N. (2015). Pentingnya pendidikan karakter dalam dunia pendidikan. Manajer Pendidikan: Jurnal Ilmiah Manajemen Pendidikan Program Pascasarjana, 9(3).
Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Penerbit Alfabeta
Utomo. P, Pahlevi. R. (2022). Orang Tua, Anak dan Pola Asuh: Studi Kasus tentang Pola layanan dan Bimbingan Keluarga terhadap Pembentukan Karakter Anak. Jurnal Hawa: Studi Pengarus Utamaan Gender dan Anak. Vol 4
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 JURNAL PARADIGMA : Journal of Sociology Research and Education

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.