Transformasi Kreativitas Belajar sebagai Strategi Sosial Pendidikan di Era Digital
DOI:
https://doi.org/10.53682/jpjsre.v6i1.11675Keywords:
Kreativitas Belajar, Transformasi Pendidikan, Strategi Sosial, Era DigitalAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji transformasi kreativitas belajar sebagai strategi sosial pendidikan di era digital Perkembangan teknologi telah mengubah paradigma pendidikan dari yang sebelumnya bersifat konvensional menjadi lebih fleksibel kolaboratif dan kreatif Kreativitas belajar tidak hanya dipandang sebagai kemampuan individu untuk menghasilkan ide ide baru tetapi juga sebagai proses sosial yang mendukung pembentukan karakter peserta didik yang adaptif dan inovatif Melalui pendekatan kualitatif dengan metode studi literatur penelitian ini menelaah berbagai sumber ilmiah berupa jurnal buku dan dokumen kebijakan untuk memahami peran kreativitas dalam proses pendidikan digital serta strategi sosial yang menyertainya Hasil penelitian menunjukkan bahwa teknologi digital dapat menjadi katalisator bagi peningkatan kreativitas siswa khususnya melalui pembelajaran berbasis proyek eksploratif dan kolaboratif Kreativitas belajar terbukti mampu meningkatkan partisipasi motivasi dan pemahaman siswa secara lebih mendalam Selain itu strategi sosial pendidikan yang melibatkan komunitas belajar dukungan kebijakan dan kolaborasi lintas aktor pendidikan turut memperkuat ekosistem belajar yang inovatif Namun transformasi ini tidak lepas dari tantangan seperti keterbatasan infrastruktur kompetensi guru dan budaya belajar yang belum mendukung kreativitas Kesimpulan dari penelitian ini menekankan pentingnya sinergi antara inovasi kebijakan dan budaya pendidikan dalam mendorong transformasi kreativitas belajar secara menyeluruh Penelitian ini memberikan kontribusi teoretis terhadap pengembangan pendidikan yang relevan partisipatif dan berkeadilan sosial di tengah perubahan global yang semakin kompleks < p>
References
Boote D N Beile P 2005 Scholars Before Researchers: On the Centrality of the Dissertation Literature Review in Research Preparation Educational Researcher 34 6 3 15
Craft A 2005 Creativity in Schools: Tensions and Dilemmas Routledge
Creswell J W 2013 Qualitative Inquiry and Research Design: Choosing Among Five Approaches 3rd ed SAGE Publications
Fisher R 2005 Teaching Children to Think 2nd ed Nelson Thornes
Fullan M 2007 The New Meaning of Educational Change 4th ed Teachers College Press
Krippendorff K 2004 Content Analysis: An Introduction to Its Methodology 2nd ed SAGE Publications
Lestari N 2020 Peran Guru sebagai Agen Transformasi dalam Pendidikan Digital Jurnal Pendidikan dan Teknologi 8 2 112 120
Nugroho R Fatimah S 2021 Strategi Sosial dalam Pembelajaran Kolaboratif Daring Jurnal Pendidikan Sosial Humaniora 6 1 45 56
Prensky M 2010 Teaching Digital Natives: Partnering for Real Learning Corwin Press
Ridwan M 2015 Metodologi Penelitian Kualitatif: Studi Literatur dalam Pendidikan Alfabeta
Robinson K 2011 Out of Our Minds: Learning to Be Creative 2nd ed Capstone
Sulaiman A 2018 Peningkatan Kreativitas Belajar melalui Media Digital Berbasis Proyek Jurnal Teknologi Pendidikan 10 1 33 41
Tapscott D 2009 Grown Up Digital: How the Net Generation is Changing Your World McGraw Hill
Trilling B Fadel C 2009 21st Century Skills: Learning for Life in Our Times Jossey Bass
UNESCO 2015 Rethinking Education: Towards a Global Common Good? UNESCO Publishing
Vygotsky L S 1978 Mind in Society: The Development of Higher Psychological Processes Harvard University Press
Warschauer M 2004 Technology and Social Inclusion: Rethinking the Digital Divide MIT Press
Yamin M 2020 Kebijakan Sekolah dalam Menunjang Transformasi Pembelajaran Digital Jurnal Manajemen Pendidikan 5 2 88 95
Zed M 2004 Literature Review: Langkah Langkah Penelitian untuk Penulisan Skripsi Tesis dan Disertasi UI Press






