Transformasi Kreativitas Belajar sebagai Strategi Sosial Pendidikan di Era Digital
DOI:
https://doi.org/10.53682/jpjsre.v6i1.11675Keywords:
Kreativitas Belajar, Transformasi Pendidikan, Strategi Sosial, Era DigitalAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji transformasi kreativitas belajar sebagai strategi sosial pendidikan di era digital. Perkembangan teknologi telah mengubah paradigma pendidikan, dari yang sebelumnya bersifat konvensional menjadi lebih fleksibel, kolaboratif, dan kreatif. Kreativitas belajar tidak hanya dipandang sebagai kemampuan individu untuk menghasilkan ide-ide baru, tetapi juga sebagai proses sosial yang mendukung pembentukan karakter peserta didik yang adaptif dan inovatif. Melalui pendekatan kualitatif dengan metode studi literatur, penelitian ini menelaah berbagai sumber ilmiah berupa jurnal, buku, dan dokumen kebijakan untuk memahami peran kreativitas dalam proses pendidikan digital serta strategi sosial yang menyertainya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa teknologi digital dapat menjadi katalisator bagi peningkatan kreativitas siswa, khususnya melalui pembelajaran berbasis proyek, eksploratif, dan kolaboratif. Kreativitas belajar terbukti mampu meningkatkan partisipasi, motivasi, dan pemahaman siswa secara lebih mendalam. Selain itu, strategi sosial pendidikan yang melibatkan komunitas belajar, dukungan kebijakan, dan kolaborasi lintas aktor pendidikan turut memperkuat ekosistem belajar yang inovatif. Namun, transformasi ini tidak lepas dari tantangan seperti keterbatasan infrastruktur, kompetensi guru, dan budaya belajar yang belum mendukung kreativitas. Kesimpulan dari penelitian ini menekankan pentingnya sinergi antara inovasi, kebijakan, dan budaya pendidikan dalam mendorong transformasi kreativitas belajar secara menyeluruh. Penelitian ini memberikan kontribusi teoretis terhadap pengembangan pendidikan yang relevan, partisipatif, dan berkeadilan sosial di tengah perubahan global yang semakin kompleks.
References
Boote, D. N., & Beile, P. (2005). Scholars Before Researchers: On the Centrality of the Dissertation Literature Review in Research Preparation. Educational Researcher, 34(6), 3–15.
Craft, A. (2005). Creativity in Schools: Tensions and Dilemmas. Routledge.
Creswell, J. W. (2013). Qualitative Inquiry and Research Design: Choosing Among Five Approaches (3rd ed.). SAGE Publications.
Fisher, R. (2005). Teaching Children to Think (2nd ed.). Nelson Thornes.
Fullan, M. (2007). The New Meaning of Educational Change (4th ed.). Teachers College Press.
Krippendorff, K. (2004). Content Analysis: An Introduction to Its Methodology (2nd ed.). SAGE Publications.
Lestari, N. (2020). Peran Guru sebagai Agen Transformasi dalam Pendidikan Digital. Jurnal Pendidikan dan Teknologi, 8(2), 112–120.
Nugroho, R., & Fatimah, S. (2021). Strategi Sosial dalam Pembelajaran Kolaboratif Daring. Jurnal Pendidikan Sosial Humaniora, 6(1), 45–56.
Prensky, M. (2010). Teaching Digital Natives: Partnering for Real Learning. Corwin Press.
Ridwan, M. (2015). Metodologi Penelitian Kualitatif: Studi Literatur dalam Pendidikan. Alfabeta.
Robinson, K. (2011). Out of Our Minds: Learning to Be Creative (2nd ed.). Capstone.
Sulaiman, A. (2018). Peningkatan Kreativitas Belajar melalui Media Digital Berbasis Proyek. Jurnal Teknologi Pendidikan, 10(1), 33–41.
Tapscott, D. (2009). Grown Up Digital: How the Net Generation is Changing Your World. McGraw-Hill.
Trilling, B., & Fadel, C. (2009). 21st Century Skills: Learning for Life in Our Times. Jossey-Bass.
UNESCO. (2015). Rethinking Education: Towards a Global Common Good?. UNESCO Publishing.
Vygotsky, L. S. (1978). Mind in Society: The Development of Higher Psychological Processes. Harvard University Press.
Warschauer, M. (2004). Technology and Social Inclusion: Rethinking the Digital Divide. MIT Press.
Yamin, M. (2020). Kebijakan Sekolah dalam Menunjang Transformasi Pembelajaran Digital. Jurnal Manajemen Pendidikan, 5(2), 88–95.
Zed, M. (2004). Literature Review: Langkah-Langkah Penelitian untuk Penulisan Skripsi, Tesis dan Disertasi. UI Press.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 JURNAL PARADIGMA : Journal of Sociology Research and Education

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.