Evaluasi Program Pelatihan Komputer Model CIPP Di LKP Widya Eduskill Kota Prabumulih

Authors

  • Intan Carroline Universitas Sriwijaya
  • Henny Helmi Universitas Sriwijaya
  • Erna Reta Sapitri Universitas Sriwijaya

DOI:

https://doi.org/10.53682/jpjsre.v6i1.11697

Keywords:

Evaluasi Program, Model CIPP, Pelatihan Komputer

Abstract

Penelitian ini mengevaluasi program pelatihan komputer yang dilaksankan oleh Lembaga Kurusu Dan Pelatihan (LKP) Widya Eduskill di Kota Prabumulih menggunakan model CIPP (context, input, process dan  product). Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini meliputi kepala LKP, instruktur, peserta didik pelatihan dan alumni peserta didik pelatihan. Hasil evaluasi pada aspek context menunjukkan bahwa program pelatihan komputer berlandaskan hukum yang jelas, relevan dengan kebutuhan peserta didik dan dunia kerja. Pada aspek input, ditemukan bahwa sumber daya manusia, sarana prasarana, dan sumber belajar sudah memadai namun masih perlu peningkatan di beberapa bagian. Evaluasi process menunjukkan bahwa pelaksanaan pelatihan berjalan sesuai rencana dan kurikulum berdasarkan acuan standar kompetensi kerja nasional Indonesia (SKKNI) , sedangkan pada aspek product, pelatihan memberikan dampak efek panjang terhadap peningkatan keterampilan peserta dan semua peserta berhasil mencapai kompetensi secara maksimal. Secara keseluruhan, program pelatihan komputer di LKP Widya Eduskill dinilai cukup efektif, namun disarankan untuk melakukan peningkatan pada aspek fasilitas dan evaluasi berkelanjutan agar kualitas program dapat terus ditingkatkan.

References

A. Muri Yusuf, Asesmen dan Evaluasi Pendidikan: Pilar Penyedia Informasi dan Kegiatan Pengendalian Pendidikan (Jakarta: Prenadamedia, 2015), 144.ABC.

Abuddin Nata, Filsafat Pendidikan Islam I, Logos Wacana Ilmu, Jakarta, 2007, 293.

Arikunto, S. (2020). Manajemen Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Arikunto, Suharsimi dan Jabar, Cepi Safruddin Abdul. 2009. Evaluasi ProgramPendidikan:Pedoman Teoretis Praktis bagi Mahasiswa dan Praktisi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Aulia, R., Yaswinda, Y., & Movitaria, M. A. (2022). Penerapan Model Evaluasi Cipp dalam Mengevaluasi Penyelenggaraan Lembaga PAUD Tentang Pendidikan Holistik Integratif di Nagari Taram. Jurnal Inovasi Penelitian, 2(8), 2363–2372.

Bachtiar, B. (2021). Desain dan Strategi Pelaksanaan Program Pelatihan untuk Capaian Hasil Maksimal. EduPsyCouns: Journal of Education, Psychology and Counseling, 3(2), 127–140.

Badan Diklat Keagamaan Jakarta. (2022). Evaluasi Efektivitas Kurikulum dalam Program Pelatihan. Jakarta: Kementerian Agama Republik Indonesia.

Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP). (2021). Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI) Bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi. Jakarta: BNSP.

Dalmia, D., & Alam, F. A. (2021). Evaluasi Program Model Context dan Input dalam Bimbingan Konseling. Jurnal Bimbingan Konseling Dan Psikologi, 1(2), 111–124.

Daryanto. (2013). Media Pembelajaran: Peranannya Sangat Penting dalam Mencapai Tujuan Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media.

Eko Putro Widoyoko, Evaluasi Program Pembelajaran (Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2013),

Fadilah, R. (2023). Evaluasi Program Kelas Tahfizh Al-Qur'an dengan Model CIPP di Pesantren X. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang. Diakses dari etheses.uin-malang.ac.id

Firmansyah, R. (2023). Evaluasi Model CIPP pada Program Unggulan Riset MAN 3 Palembang. ResearchGate. Diakses dari researchgate.net

Freeman, R. E. (1984). Strategic Management: A Stakeholder Approach. Pitman Publishing

Gagné, R. M., Wager, W. W., Golas, K. C., & Keller, J. M. (2005). Principles of Instructional Design (5th ed.). Cengage Learning.

Gunawan, I. (2011). Evaluasi program pembelajaran. Jurnal Pendidikan, 17(1).

Hasibuan, M. (2019). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: PT Bumi Aksara..

Julianto, A., & Fitriah, A. (2021). Evaluasi Program Ekstrakurikuler Baca Al-Qur’an Di SMP Negeri 03 Bengkulu Selatan. Jurnal Pendidikan Islam Al-Affan, 1(2), 175–184.

Kolb, D. A. (1984). Experiential Learning: Experience as the Source of Learning and Development. Prentice Hall.

Kurniawan, D. (2019). Evaluasi Program dan Kebijakan Publik. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Lagantondo, H., Pandipa, A. K. H., & Thomassawa, R. (2023). Analisis Pelaksanaan Evaluasi Program Pemberdayaan Masyarakat di Desa Tiwaa. SOSIOLOGI: Jurnal Ilmiah Kajian Ilmu Sosial Dan Budaya, 25(1), 54–71.

Lestari, S. (2022). Model-Model Evaluasi Pendidikan. Jurnal Mitra Ash-Syibyan, 1(1), 45–58.

Manulu, F. (2023). Membangun Program Pelatihan yang Efektif untuk Meningkatkan Kompetensi Karyawan. Gudang Jurnal Manajemen Indonesia, 4(3), 123-130.

Mayer, R. E. (2021). Multimedia Learning (3rd ed.). Cambridge University Press.

Muhaimin, Suti’ah, dan Sugeng Listyo Prabowo, 2009, Manajemen Pendidikan, Jakarta: ...Kencana, h. 349.

Nasution, S. (2021). Evaluasi Program Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers.

Prasetiya Mulya Executive Learning Institute. (2023). Tujuan dan Manfaat Lembaga Kursus dan Pelatihan.

Published

2025-06-08

How to Cite

Carroline, I. ., Helmi, H. ., & Sapitri, E. R. . (2025). Evaluasi Program Pelatihan Komputer Model CIPP Di LKP Widya Eduskill Kota Prabumulih. JURNAL PARADIGMA : Journal of Sociology Research and Education, 6(1), 351-357. https://doi.org/10.53682/jpjsre.v6i1.11697