Evaluasi Program Pelatihan Komputer Model CIPP Di LKP Widya Eduskill Kota Prabumulih
DOI:
https://doi.org/10.53682/jpjsre.v6i1.11697Keywords:
Evaluasi Program, Model CIPP, Pelatihan KomputerAbstract
Penelitian ini mengevaluasi program pelatihan komputer yang dilaksankan oleh Lembaga Kurusu Dan Pelatihan LKP Widya Eduskill di Kota Prabumulih menggunakan model CIPP context input process dan product Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi wawancara dan dokumentasi Subjek dalam penelitian ini meliputi kepala LKP instruktur peserta didik pelatihan dan alumni peserta didik pelatihan Hasil evaluasi pada aspek context menunjukkan bahwa program pelatihan komputer berlandaskan hukum yang jelas relevan dengan kebutuhan peserta didik dan dunia kerja Pada aspek input ditemukan bahwa sumber daya manusia sarana prasarana dan sumber belajar sudah memadai namun masih perlu peningkatan di beberapa bagian Evaluasi process menunjukkan bahwa pelaksanaan pelatihan berjalan sesuai rencana dan kurikulum berdasarkan acuan standar kompetensi kerja nasional Indonesia SKKNI sedangkan pada aspek product pelatihan memberikan dampak efek panjang terhadap peningkatan keterampilan peserta dan semua peserta berhasil mencapai kompetensi secara maksimal Secara keseluruhan program pelatihan komputer di LKP Widya Eduskill dinilai cukup efektif namun disarankan untuk melakukan peningkatan pada aspek fasilitas dan evaluasi berkelanjutan agar kualitas program dapat terus ditingkatkan < p>
References
A Muri Yusuf Asesmen dan Evaluasi Pendidikan: Pilar Penyedia Informasi dan Kegiatan Pengendalian Pendidikan Jakarta: Prenadamedia 2015 144 ABC
Abuddin Nata Filsafat Pendidikan Islam I Logos Wacana Ilmu Jakarta 2007 293
Arikunto S 2020 Manajemen Pendidikan Jakarta: Rineka Cipta
Arikunto Suharsimi dan Jabar Cepi Safruddin Abdul 2009 Evaluasi ProgramPendidikan:Pedoman Teoretis Praktis bagi Mahasiswa dan Praktisi Pendidikan Jakarta: Bumi Aksara
Aulia R Yaswinda Y Movitaria M A 2022 Penerapan Model Evaluasi Cipp dalam Mengevaluasi Penyelenggaraan Lembaga PAUD Tentang Pendidikan Holistik Integratif di Nagari Taram Jurnal Inovasi Penelitian 2 8 2363 2372
Bachtiar B 2021 Desain dan Strategi Pelaksanaan Program Pelatihan untuk Capaian Hasil Maksimal EduPsyCouns: Journal of Education Psychology and Counseling 3 2 127 140
Badan Diklat Keagamaan Jakarta 2022 Evaluasi Efektivitas Kurikulum dalam Program Pelatihan Jakarta: Kementerian Agama Republik Indonesia
Badan Nasional Sertifikasi Profesi BNSP 2021 Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia SKKNI Bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi Jakarta: BNSP
Dalmia D Alam F A 2021 Evaluasi Program Model Context dan Input dalam Bimbingan Konseling Jurnal Bimbingan Konseling Dan Psikologi 1 2 111 124
Daryanto 2013 Media Pembelajaran: Peranannya Sangat Penting dalam Mencapai Tujuan Pembelajaran Yogyakarta: Gava Media
Eko Putro Widoyoko Evaluasi Program Pembelajaran Yogyakarta: Pustaka Pelajar 2013
Fadilah R 2023 Evaluasi Program Kelas Tahfizh Al Qur an dengan Model CIPP di Pesantren X Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang Diakses dari etheses uin malang ac id
Firmansyah R 2023 Evaluasi Model CIPP pada Program Unggulan Riset MAN 3 Palembang ResearchGate Diakses dari researchgate net
Freeman R E 1984 Strategic Management: A Stakeholder Approach Pitman Publishing
Gagn R M Wager W W Golas K C Keller J M 2005 Principles of Instructional Design 5th ed Cengage Learning
Gunawan I 2011 Evaluasi program pembelajaran Jurnal Pendidikan 17 1
Hasibuan M 2019 Manajemen Sumber Daya Manusia Jakarta: PT Bumi Aksara
Julianto A Fitriah A 2021 Evaluasi Program Ekstrakurikuler Baca Al Qur an Di SMP Negeri 03 Bengkulu Selatan Jurnal Pendidikan Islam Al Affan 1 2 175 184
Kolb D A 1984 Experiential Learning: Experience as the Source of Learning and Development Prentice Hall
Kurniawan D 2019 Evaluasi Program dan Kebijakan Publik Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Lagantondo H Pandipa A K H Thomassawa R 2023 Analisis Pelaksanaan Evaluasi Program Pemberdayaan Masyarakat di Desa Tiwaa SOSIOLOGI: Jurnal Ilmiah Kajian Ilmu Sosial Dan Budaya 25 1 54 71
Lestari S 2022 Model Model Evaluasi Pendidikan Jurnal Mitra Ash Syibyan 1 1 45 58
Manulu F 2023 Membangun Program Pelatihan yang Efektif untuk Meningkatkan Kompetensi Karyawan Gudang Jurnal Manajemen Indonesia 4 3 123 130
Mayer R E 2021 Multimedia Learning 3rd ed Cambridge University Press
Muhaimin Suti ah dan Sugeng Listyo Prabowo 2009 Manajemen Pendidikan Jakarta: Kencana h 349
Nasution S 2021 Evaluasi Program Pendidikan Jakarta: Rajawali Pers
Prasetiya Mulya Executive Learning Institute 2023 Tujuan dan Manfaat Lembaga Kursus dan Pelatihan






