Pengembangan Video Animasi Berbasis AI pada Materi Evolusi untuk Meningkatkan Pemahaman Perubahan Sosial bagi Warga Belajar Paket C di SPNF SKB Kota Palembang

Authors

  • Mona Sinta Universitas Sriwijaya
  • Shomedran Shomedran
  • Aswasulasikin Aswasulasikin

DOI:

https://doi.org/10.53682/jpjsre.v6i1.11710

Keywords:

Media Pembelajaran, Video Animasi Berbasis AI, Perubahan Sosial, Paket C

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengembangkan media pembelajaran berbentuk video animasi berbasis AI pada materi evolusi untuk meningkatkan pemahaman perubahan sosial bagi warga belajar Paket C yang dilihat dari kevalidan dan kepraktisannya. Jenis dari penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan model pengembangan ADDIE dengan 5 (lima) tahap (Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation), namun penelitian ini dilakukan 4 (empat) tahapan saja yakni sampai pada impletantation. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner dan wawancara. Hasil pengembangan media pembelajaran berbentuk video animasi berbasis AI menunjukkan persentase sebesar 97% dengan kategori valid untuk ahli Bahasa Indonesia, kemudian validasi ahli materi memperoleh skor sebesar 94% yang artinya sangat baik dan valid, selanjutnya hasil validasi ahli media memperoleh skor sebesar 92% yang artinya juga sangat baik dan valid, dari tiga validator diperoleh skor rata-rata sebesar 94% yang artinya produk valid. Selanjutnya hasil uji coba produk untuk one to one diperoleh skor sebesar 100%, artinya produk sangat praktis, kemudian hasil uji coba small group memperoleh skor 100%, artinya sangat praktis. Berdasarkan hasil tersebut, dapat dikatakan bahwa produk yang dihasilkan berada pada kategori valid dan sangat praktis untuk digunakan oleh siswa Paket C dalam menunjang proses pembelajaran khususnya pada materi evolusi untuk meningkatkan pemahaman perubahan sosial.

References

Audie, N. (2019, May). Peran Media Pembelajaran Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik. in Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Fkip (Vol. 2, No. 1, Pp. 586-595).

Iswahyudi, M. S., Irianto, I., Salong, A., Nurhasanah, N., Leuwol, F. S., Januaripin, M., & Harefa, E. (2023). Kebijakan dan Inovasi Pendidikan Arah Pendidikan Di Masa Depan. Pt. Sonpedia Publishing Indonesia.

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi Republik Indonesia. (2003). Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. (Online) https://www.kemdikbud.go.id. Diakses Pada 10 Desember 2024

Mesra, R., & Fatimah, S. (2024). Efektivitas Model Fragmented Robin Fogarty dengan Menggunakan Media Podcast Audio Visual untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Sosiologi Mahasiswa. JURNAL PARADIGMA: Journal of Sociology Research and Education, 5(1), 355-373.

Nurfitri, R., Kanthi, Y. A., Rafikayati, A., & Azizah, I. N. (2025). Media animasi 3D surah Al-Ikhlas dan Al-Kautsar sebagai program bimbingan baca tulis untuk anak autis. Jurnal Desain, 12(2), 408-428.

Pristiwanti, D., Badariah, B., Hidayat, S., & Dewi, R. S. (2022). Pengertian Pendidikan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (Jpdk), 4(6), 7911-7915.

Putra, L. D., Azizah, A. N., Widiastuti, B. T., & Sari, S. I. (2023). Pemanfaatan Media Video dalam Pembelajaran Pancasila Kelas V SD Muhammadiyah Bodon. Modeling: Jurnal Program Studi Pgmi, 10(1), 398-406.

Rosaly, R., & Prasetyo, A. (2019). Pengertian Flowchart Beserta Fungsi dan Simbol-simbol Flowchart yang Paling Umum Digunakan.

Saragih, E. Y. B. (2024). Studi Literatur Review: Pengembangan Keahlian dan Keterampilan Kewirausahaan Melalui Pendidikan Non-Formal Di Masyarakat. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 10(24.2), 353-369.

Sidik, M. F. (2021). Penerapan teknologi augmented reality pada media pembelajaran interaktif berbasis android untuk materi instalasi jaringan Komputer. Tematik, 8(1), 14-28.

Susanti, L. Y., Suhardi, A., & Hasanah, R. (2021). Pengembangan Modul Berbasis Virtual Laboratory Terintegrasi Teknologi Tepat Guna pada Mata Kuliah Kimia Dasar. Journal of Natural Science and Integration, 4(2), 235.

Published

2025-06-25

How to Cite

Sinta, M., Shomedran, S., & Aswasulasikin, A. (2025). Pengembangan Video Animasi Berbasis AI pada Materi Evolusi untuk Meningkatkan Pemahaman Perubahan Sosial bagi Warga Belajar Paket C di SPNF SKB Kota Palembang. JURNAL PARADIGMA : Journal of Sociology Research and Education, 6(1), 551-557. https://doi.org/10.53682/jpjsre.v6i1.11710