Pengembangan Media Buku Saku untuk Meningkatkan Kesadaran Sosial bagi Remaja Masjid di Desa Pulau Semambu Kecamatan Indralaya Utara
DOI:
https://doi.org/10.53682/jpjsre.v6i1.11715Keywords:
Social Awareness, Learning Media, Pocket Books, Mosque YouthAbstract
Penelitian pengembangan ini dilatarbelakangi oleh rendahnya tingkat kesadaran sosial dikalangan remaja masjid Desa Pulau Semambu, Kecamatan Indralaya Utara. Untuk mengatasai permasalahan tersebut, maka dikembangkan media pembelaaran berupa buku saku yang dirancang sesuai kebutuhan remaja. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media berupa buku saku bagi remaja masjid di desa Pulau Semambu Kecamatan Indralaya Utara Kabupaten Ogan Ilir. Penelitian ini merupakan jenis penelitian dan pengembangan (R&D) Research and Development dengan model pengembangan yang digunakan adalah model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation)namun, pada penelitian ini hanya dilakukan sampai pada tahap implementasi. Hasil validasi dari ahli materi memperoleh skor 95%, ahli media 92,5%, dan ahli bahasa 95% yang termasuk dalam kategori sangat valid. Selanjutnya, tingkat kepraktisan media diuji coba melalui implementasi dalam dua tahap, yaitu uji coba one to one yang memperoleh skor 93,3% dan uji coba small group memperoleh skor sebesar 96,3%, sehingga dikategorikan sangat praktis. Dengan demikian, media buku saku yang dikembangkan layak digunakan sebagai media dalam meningkatkan kesadaran sosial bagi remaja masjid.
References
Dini, J. P. A. U. (2022). Pengembangan Video Pembelajaran Literasi Sains Anak Usia Dini 5-6 Tahun untuk Belajar dari Rumah. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anka Usia Dini, 6(4), 3648-3658.
Nurfadhillah, S. (2021). Media Pembelajaran. Sukabumi: CV Jejak.
Nurhidayat, N., Ardiansah, D., & Jamiludin, J. (2023). Merencanakan Penerapan Kesadaran Sosial Bagi Siswa SMA di Pantai Madasari. Syi’ar: Jurnal Ilmu Komunikasi, Penyuluhan dan Bimbingan Masyarakat Islam, 6(1), 18-23.
Richi, M., Ardiansyah, A. P., Nurrotul, A., & Roikhatul, W. (2023). Peran guru sosiologi dalam meningkatkan kesadaran sosial peserta didik di era transformasi digital. Education: Jurnal Sosial Humaniora dan Pendidikan, 3(1), 24-29.
Sintasari, B. (2021). Pemberdayaan remaja masjid dan perannya dalam pendidikan islam. Urwatul Wutsqo: Jurnal Studi Kependidikan Dan Keislaman, 10(1), 100-114.
Sugiyono. (2022). Metode Penelitian & Pengembangan (Research and Development). Bandung: Alfabeta
Utami, A. C. N., & Raharjo, S. T. (2021). Pola Asuh Orang Tua Dan Kenakalan Remaja. Focus: Jurnal Pekerjaan Sosial, 4(1), 1-15
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 JURNAL PARADIGMA : Journal of Sociology Research and Education

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.