Peningkatan Hasil Belajar Menggunakan Media Pembelajaran Articulate Storyline 3 Pada Mata Pelajaran IPAS

Authors

  • Annida Nurul Azizah Universitas Sriwijaya
  • Somakim Somakim Universitas Sriwijaya
  • Fitri Widyastuti Universitas Sriwijaya

DOI:

https://doi.org/10.53682/z160hc86

Keywords:

Classrom Action Research, Articulate Storyline 3, IPAS

Abstract

Pendidikan menurut Ki Hadjar Dewantara harus disesuaikan dengan kodrat alam dan kodrat zaman. Maknanya, pendidikan harus ditujukan dan dilaksanakan sesuai dengan tuntutan zaman dan kebutuhan dalam persiapan masa depan. Di kelas 5 D, SDN 55 Palembang, setelah dilakukan observasi atau pengamatan saat pelaksanaan pembelajaran mata pelajaran IPAS oleh guru IPAS di SDN 55 Palembang, peneliti menemukan permasalahan kurangnya antusias peserta didik dalam menyimak pembelajaran terbukti dari hasil belajar peserta didik setelah dilaksanakan asesmen formatif. Dalam pembelajaran abad 21 guru tidak hanya menciptakan pembelajaran yang menarik tetapi juga pembelajaran harus terpusat pada peserta didik agar dapat meningkatkan motivasi dalam belajar peserta didik. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) untuk melihat bagaimana peningkatan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran IPAS, penyajian materi dikolaborasikan menggunakan media pembelajaran berbasis teknologi yaitu Articulate Storyline 3. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media pembelajaran berbasis aplikasi Articulate Storyline efektif dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik dengan presentase ketuntasan sebesar 87,5% dan rata-rata nilai 80,4.

References

Arif S Oktafiana S 2023 PENELITIAN TINDAKAN KELAS www mitrailmumakassar com

Azizah Siti Lathifah 2024 Pemanfaatan Teknologi Digital dalam Pembelajaran Konstruktivisme: Meningkatkan Kualitas Pendidikan di Era Digital Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan JURDIKBUD 4 1 69 76 https: doi org 10 55606 jurdikbud v4i1 2838

Eko S Purwanto M Pd I n d PENELITIAN TINDAKAN KELAS PENERBIT CV EUREKA MEDIA AKSARA

Fayyaz Mumtaz M n d PENERAPAN TEKNIK TEKNIK KOMUNIKASI MUHAFIZH DALAM MEMBINA SANTRI RUMAH TAHFIZH TAKHASUS PEMERINTAH KABUPATEN INDRAMAYU DI DESA SINGARAJA KEC INDRAMAYU KAB INDRAMAYU

Firani Putri Supratman Zakir 2023 Mengukur Keberhasilan Evaluasi Pembelajaran: Telaah Evaluasi Formatif Dan Sumatif Dalam Kurikulum Merdeka Dewantara : Jurnal Pendidikan Sosial Humaniora 2 4 172 180 https: doi org 10 30640 dewantara v2i4 1783

Haswenova F 2024 Inovasi Pengelolaan Kelas di Era Digital: Integrasi Teknologi dan Pendekatan Humanistik dalam Pengembangan Lingkungan Belajar yang Adaptif dan Kolaboratif Journal of Sociology Research and Education 5 2 623 638 https: doi org 10 53682 jpjsre v5i2 10512

Meling M Pendidkan M Sekolah G Universitas D Wacana K S 2019 Indonesian Journal of Primary Education Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran dalam Dunia Pendidikan 2019 Indonesian Journal of Primary Education 3 1 20 28

Mochamad Nashrullah O Okvi Maharani Sp Abdul Rohman Sp Eni Fariyatul Fahyuni Sp Nurdyansyah I Sri Untari MPd R 2023 METODOLOGI PENELITIAN PENDIDIKAN Prosedur Penelitian Subyek Penelitian dan Pengembangan Teknik Pengumpulan Data Diterbitkan oleh UMSIDA PRESS

Nisa A K Tinofa N A Noptario N Abdullah F 2024 Transisi Pembelajaran Teacher Centered Menuju Student Centered: Penguatan Literasi Teknologi Siswa Sekolah Dasar Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru 9 3 1453 1460 https: doi org 10 51169 ideguru v9i3 920

Nur A Yaumil Utami F n d Proses dan Langkah Penelitian Antropologi: Sebuah Literature Review In Sosial dan Budaya Vol 3 Issue 1 Jurnal Dialektika http: jurnal staiddimakassar ac id index

Sarnoto A Z Rahmawati S T Ulimaz A Mahendika D Prastawa S 2023 Analisis Pengaruh Model Pembelajaran Student Center Learning terhadap Hasil Belajar: Studi Literatur Review Jurnal Pendidikan Dan Kewirausahaan 11 2 615 628 https: doi org 10 47668 pkwu v11i2 828

Syaeful Millah A Arobiah D Selvia Febriani E Ramdhani E n d Analisis Data dalam Penelitian Tindakan Kelas Jurnal Kreativitas Mahasiswa 1 2 2023

Udmah S Wuryandini E Mahyasari P 2024 Analisis Desain Pembelajaran Culturally Responsive Teaching dalam Konteks Penguatan Literasi Humanistik di Sekolah Dasar Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran 7 2 749 758 https: doi org 10 30605 jsgp 7 2 2024 4272

Widaningsih M S N Sari M I P Oktaviani F N 2024 PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPAS MATERI TUMBUHAN MELALUI MEDIA PAPAN BILIK PADA SISWA KELAS IV SDN WONOTINGAL JP3 Jurnal Pendidikan Dan Profesi Pendidik 10 1 37 44 https: doi org 10 26877 jp3 v10i1 20197

Published

2025-12-16

How to Cite

Peningkatan Hasil Belajar Menggunakan Media Pembelajaran Articulate Storyline 3 Pada Mata Pelajaran IPAS. (2025). JURNAL PARADIGMA : Journal of Sociology Research and Education, 6(2), 1228-1240. https://doi.org/10.53682/z160hc86