Peran Work-life Balance Memediasi Pengaruh Spiritualitas di Tempat Kerja Terhadap Loyalitas Guru Era Kini

Authors

  • Ucu Musaropah Universitas Garut
  • Rohimat Nurhasan Universitas Garut
  • Hedi Cupiadi Universitas Garut

DOI:

https://doi.org/10.53682/jpjsre.v6i1.11806

Keywords:

Workplace spirituality, Work-life balance, Teacher loyalty

Abstract

Loyalitas guru memberikan kontribusi yang signifikan terhadap peningkatan mutu pendidikan. Namun, dalam konteks saat ini, menjaga komitmen guru menghadirkan tantangan karena beberapa faktor yang memerlukan eksplorasi menyeluruh. Penelitian ini bertujuan untuk menguji bagaimana spiritualitas kerja mempengaruhi loyalitas guru, sementara juga mempertimbangkan peran mediasi work-life balance. Metodologi yang digunakan bersifat deskriptif dan kausalitas, dengan data yang dikumpulkan dari 86 guru pegawai negeri sipil (PNS) dan kontrak (P3K) di SMP Negeri Samarang Garut melalui survei kuesioner. Metode analisis data yang digunakan adalah Structural Equation Modeling-Partial Least Squares (SEM-PLS). Temuan menunjukkan bahwa spiritualitas kerja mempengaruhi loyalitas guru secara positif, baik secara langsung maupun tidak langsung, dengan work-life balance sebagai mediasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keberadaan spiritualitas kerja, yang ditandai dengan pekerjaan yang bermakna, dapat meningkatkan loyalitas guru. Selain itu, aspek keseimbangan keterlibatan dari work-life balance telah ditemukan untuk lebih mengoptimalkan loyalitas guru. Penelitian ini memberikan wawasan teoritis dan implikasi praktis bagi manajemen sumber daya manusia di lembaga pendidikan, dengan tujuan untuk menumbuhkan suasana kerja produktif yang mendukung work-life balance guru.

References

Aboobaker, N. (2021). Workplace spirituality , well-being at work and employee loyalty in a gig economy : multi-group analysis across temporary vs permanent employment status. September 2021. https://doi.org/10.1108/PR-01-2021-0002

Adhara, Y. L., Nurhasan, R., & Saepuloh, A. (2019). Pengaruh Spiritualitas Kerja terhadap Loyalitas Karyawan dengan Kepuasan Kerja sebagai Variabel Mediasi pada Karyawan di PT . Tri Keeson Utama Garut. Jurnal Of Knowledge Manajement.

Adhara, Y. L., Suryadi, E., & Hadijah, H. S. (2023). Pengaruh Spiritualitas Kerja Terhadap Loyalitas Karyawan Dengan Kepuasan Kerja Sebagai Variabel Mediasi Pada Karyawan. 9(3), 123–132.

Bashir, S., Shahzad, K., Iqbal, J., & Ghani, U. (2023). Workplace spirituality and employee loyalty: The mediating role of job satisfaction. Management Research Review, 46(2), 312–329.

Ghozali, I. (2016). Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program IBM SPSS 23 (Edisi 8). Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Greenhaus, J., Collins, K., & Shaw, J. (2011). The relation between work–family balance and quality of life. Journal of Vocational Behavior, 63(3), 510–531. https://www.polyu.edu.hk/mm/ jason/doc/GreenhausCollinsShaw 2003 JVB

Haar, J. M., Russo, M., Suñe, A., & Ollie Malaterre, A. (2014). Outcomes of work–life balance on job satisfaction, life satisfaction and mental health: A study across seven cultures. Journal of Vocational Behavior, 85(3), 361–373. https://doi.org/10.1016/j.jvb.2014.08.010

Hair, J. F. (2011). Multivariate data analysis: An overview. International Encyclopedia of Statistical Science, 904-907.

Ikhwan, H. (2019). Spiritual Management Teori , Konsep dan Penelitian. Uwais Inspirasi Indonesia.

Ismail, N., & Gunawan, I. (2021). The effect of workplace spirituality on affective commitment and job satisfaction of teachers in Islamic schools. Jurnal Pendidikan Islam, 7(1), 45–60. https://doi.org/10.15575/jpi.v7i1.1111

Izzati, U. A., Handayaningrum, W., & Mulyana, O. P. (2024). Loyalitas Di Dunia Kerja. Cv. Ruang Tentor. https://books.google.co.id/books?id=zCI0EQAAQBAJ

Milliman, J., Gatling, A., & Kim, J. S. (2018). The impact of workplace spirituality on hospitality employees’ work–life balance, job satisfaction, and job performance. Management. International Journal of Contemporary Hospitality Management, 30(5), 1824–1840. https://doi.org/10.1108/IJCHM-08-2016-0504%0A

Pawar, B. (2016). Work-life balance through the lens of spiritual leadership. Journal of Human Values, 22(1), 1–13. https://doi.org/10.1177/0971685815598563%0A

Pawar, B. (2017). The relationship of individual spirituality and organizational spirituality with meaning and community at work and employee happiness: An empirical examination of the moderating effect of gender. Journal of Business Ethics, 141(3), 1–20. https://doi.org/10.1007/s10551-017-3502-z%0A

Pratiwi, A. O., Raziansyah, R., & Pusparina, I. (2024). Hubungan Work Life Balance Dan Lingkungan Kerja Dengan Loyalitas Karyawan Rumah Sakit Bhayangkara Tk . Iii Banjarmasin. 1(November 2023), 61–66. https://doi.org/10.54004/join.v1i2.129

Rego, A., Pina e Cunha, M., & Souto, S. (2016). Workplace spirituality and employee commitment: An empirical study. Journal of Organizational Change Management, 29(1), 122–147. https://doi.org/10.1108/JOCM-11-2014-0202

Robbins, & Judge. (2016). Organizational Behavior.

Roof, D. (2015). The association of individual spirituality on employee engagement: The spirit at work. Journal of Business Ethics, 130(3), 585–599. https://doi.org/10.1007/s10551-014-2246-0%0A

Saputra, A. F., & Masdupi, E. (2025). Work Life Balance Di Dunia Kerja. PACE (Partnership for Action on Community Education).Sugiyono. (2022). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D (2nd ed.). Alfabeta.

Susilo, H. (2020). Spiritualitas kerja dan dampaknya terhadap work-life balance guru sekolah dasar di Jawa Timur. Jurnal Ilmu Manajemen dan Pendidikan. Jurnal Ilmu Manajemen Dan Pendidikan, 14(2), 105–115.

Van der Walt, F., & Swanepoel, S. (2015). The relationship between workplace spirituality and work engagement: A South African study. Journal of Human Resource Management, 13(1), 1–9. https://doi.org/10.4102/sajhrm.v13i1.675

Published

2025-06-07

How to Cite

Musaropah, U. ., Nurhasan, R. ., & Cupiadi, H. . (2025). Peran Work-life Balance Memediasi Pengaruh Spiritualitas di Tempat Kerja Terhadap Loyalitas Guru Era Kini . JURNAL PARADIGMA : Journal of Sociology Research and Education, 6(1), 299-314. https://doi.org/10.53682/jpjsre.v6i1.11806