Analisis SWOT Penerapan Kurikulum Merdeka Pada Pembelajaran Sosiologi di SMAS Karya Wisata Singaraja
DOI:
https://doi.org/10.53682/jpjsre.v6i1.11826Keywords:
SWOT Analysis, Independent Curriculum, Sociology Learning, Senior High SchoolAbstract
Penerapan kurikulum merdeka dalam pembelajaran sosiologi merupakan upaya dalam menciptkan pembelajaran yang bermakna dan efisien Terdapat berbagai macam dinamika dalam penerapan kurikulum merdeka pada pembelajaran sosiologi Seperti yang dilaksanakan di SMAS Karya Wisata Singaraja yang merupakan sekolah menengah atas berbasis pariwisata telah menerapkan pembelajaran sosiologi kelas X sebagaimana halnya kurikulum merdeka masih merupakan hal yang baru diterapkan di SMAS Karya Wisata Tujuan dari penelitin ini mendeskripsikan penerapan kurikulum merdeka dalam pembelajaran sosiologi serta mengetahui berbagai unsur pembelajaran sosiologi dengan menggunakan berbagai komponen dalam analisis SWOT Strengths Weaknesses Opportunities Threats< em> Metode penelitian menggunakan metode penelitian kualitatif dan pendekatan studi kasus Teknik pengumpulan data menggunakan observasi wawancara dan studi dokumentasi serta teknik analisis digunakan yaitu kondensasi data penyajian data dan penarikan kesimpulan Hasil dari penelitian ini mengungkapkan bahwa penerapan kurikulum merdeka dalam pembelajaran sosiologi telah dilaksanakan di SMAS Karya Wisata Berbagai macam bentuk seperti guru diberikan kemudahan dalam menyesuaikan pembelajaran berdasarkan kebutuhan peserta didik sehingga pembelajaran menjadi lebih bervariasi Begitu juga hasil dari analisis SWOT bahwa terdapat kekuatan seperti dukungan dari sekolah hingga memberikan kemudahan bagi guru dalam proses pembelajaran serta terdapat beberapa kendala dalam proses penerapan dalam pembelajaran sosiologi diantaranya kurangnya fasilitas pendukung penerapan kurikulum merdeka menggunakan teknologi dan kurangnya sosialisasi pada guru Implikasi dari penelitian ini memberikan temuan bagi sekolah guru maupun pemerintah dalam mengembangkan sebuah kebijkan agar lebih efisien dan menjawab kekurangan yang ada < p>
References
Afifah A Febrianto R 2024 The Relevance of Constructivist Learning Theory to the Application of Independent Learning Indonesian Journal Of Education 1 2 27 34 https: jurnalpustakacendekia com index php IJE
Alfarizi L Umam K Fathiyaturrahmah F 2022 Analisis SWOT Pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada Kurikulum Merdeka di Sekolah Penggerak Scaffolding: Jurnal Pendidikan Islam Dan Multikulturalisme 4 1 448 461
Anggraini D L Yulianti M Nurfaizah S Pandiangan A P B 2022 Peran guru dalam mengembangan kurikulum merdeka Jurnal Ilmu Pendidikan dan Sosial 1 3 290 298 https: doi org 10 58540 jipsi v1i3 53
Arwan A Kanada R Tesva S Iswandari V R Prasilia H 2025 Pendampingan Penyusunan Rencana Strategis Dalam Meningkatkan Kualitas Manajemen SMA Negeri 1 Palembang Jurnal Pengabdian Masyarakat: Pemberdayaan Inovasi dan Perubahan 5 2 https: doi org 10 59818 jpm v5i2 1418
Assyakurrohim D Ikhram D Sirodj R A Afgani M W 2022 Metode Studi Kasus dalam Penelitian Kualitatif Jurnal Pendidikan Sains dan Komputer 3 01 1 9 https: doi org 10 47709 jpsk v3i01 1951
Bada S O Olusegun S 2015 Constructivism Learning Theory: A Paradigm for Teaching and Learning Journal of Research Method in Education 5 6 66 70 https: doi org 10 9790 7388 05616670
Benzaghta M A Elwalda A Mousa M Erkan I Rahman M 2021 SWOT analysis applications: An integrative literature review Journal of Global Business Insights 6 1 55 73 https: doi org 10 5038 2640 6489 6 1 1148
Chusniyah A Akhmad R A 2023 Strategic planning for education quality improvement based on SWOT analysis: A case study Tarbawi: Jurnal Keilmuan Manajemen Pendidikan 9 02 199 210 https: doi org 10 32678 tarbawi v9i01 8366
Damanik F H S 2023 Mengembangkan Keterampilan Resolusi Konflik melalui Pembelajaran Sosiologi dalam Kurikulum Merdeka di Sekolah Menegah Atas Didaktika: Jurnal Kependidikan 12 4 983 992 https: jurnaldidaktika org983
Dani A R Nurlizawati N 2023 Adaptasi Guru Sosiologi Sekolah Penggerak di Kota Padang Terhadap Kurikulum Merdeka Naradidik: Journal of Education and Pedagogy 2 2 140 147 https: doi org 10 24036 nara v2i2 100
Duan X Noirid S 2024 Analyzing the Dynamics of Ethnic Cultural Inheritance in Yunnan s Higher Education: A SWOT Analysis and Strategic Countermeasures in Local University Management Tec Empresarial 6 1 2245 2258
Ekbal S 2024 Strategi Peningkatan Kemampuan Analisis Swot Melalui Pembelajaran Berbasis Proyek Pada Siswa Kelas X Program Bdpm di SMK Negeri 1 Nglegok Blitar Cakrawala Pendidikan 28 2 9 18 http: www puskur or id Diakses
Fatimatuzzahrah F Sakinah L Alyasari S A 2023 Problematika Implementasi Kurikulum Merdeka Di Sekolah: Tantangan Membangun Kualitas Pendidikan Jurnal Bintang Pendidikan Indonesia 2 1 43 53 https: doi org 10 55606 jubpi v2i1 2339
Gresinta E Suharyati H 2024 Strategi Peningkatan Pembelajaran Tematik Terpadu di Sekolah Dasar dengan Analisis SWOT International Journal of Social and Management Studies 5 4 1 9 http: www ijosmas org
Heischmidt K A Gordon P 2020 Different strategic planning models: Considerations for international study programs Journal of Higher Education Theory and Practice 20 15 27 35
Hidayat R Usman J Suyanta S 2023 Peluang dan Tantangan Pendidikan Islam Analisis SWOT Pada Kebijakan Kurikulum Merdeka EL Hadhary: Jurnal Penelitian Pendidikan Multidisiplin 1 02 96 110 https: doi org 10 61693 elhadhary vol102 2023 96 110
Hikmah S Alfredo Arianto Permana Putra Marniati Dewanto 2023 IMPLEMENTATION OF TECHNOLOGY AND VOCATIONAL EDUCATION MANAGEMENT IN FACING THE INDEPENDENT LEARNING CURRICULUM Improvement: Jurnal Ilmiah untuk Peningkatan Mutu Manajemen Pendidikan 10 1 85 94 https: doi org 10 21009 improvement v10i1 32657
Iskandar S Rosmana P S Fatimah A Z Fitriani D Laksita E C Ramanda N 2023 Problematika penerapan kurikulum merdeka di sekolah dasar Innovative: Journal Of Social Science Research 3 2 1594 1602
Marriati R Nora D 2024 Upaya Guru Mata Pelajaran Sosiologi dalam Meningkatkan Keaktifan Siswa pada Kurikulum Merdeka SMA N 1 Ampek Angkek Naradidik: Journal of Education and Pedagogy 3 1 36 44 https: doi org 10 24036 nara v3i1 138
Masaong A K Ardhian N L Mas S R 2024 Exploring the Potential of Independent Curriculum Implementation for Madrasah: An In depth SWOT Analysis International Journal of Management Studies and Social Science Research 06 01 39 48 https: doi org 10 56293 ijmsssr 2024 4805
Miles M B Huberman A M Salda a J 2014 Qualitative data analysis: A methods sourcebook 3rd ed SAGE Publications
Nadhiroh S Anshori I 2023 Implementasi kurikulum merdeka belajar dalam pengembangan kemampuan berpikir kritis pada pembelajaran pendidikan agama islam Fitrah: Journal of Islamic Education 4 1 56 68 http: jurnal staisumatera medan ac id fitrah
Ndari W Suyatno Sukirman Mahmudah F N 2023 Implementation of the Merdeka Curriculum and Its Challenges European Journal of Education and Pedagogy 4 3 111 116 https: doi org 10 24018 ejedu 2023 4 3 648
Putri V Sylvia I 2025 Dampak Pelaksanaan Kurikulum Merdeka Bagi Guru Studi Kasus: SMA Negeri 1 Rambatan Naradidik: Journal of Education and Pedagogy 4 1 74 81 https: doi org 10 24036 nara v4i1 276
Ramadhan I 2023 Kurikulum Merdeka: Proses Adaptasi dan Pembelajaran di Sekolah Menengah Atas Dalam Journal of Education Research Vol 4 Nomor 4
Rosa E Destian R Agustian A Wahyudin W 2024 Inovasi Model dan Strategi Pembelajaran dalam Implementasi Kurikulum Merdeka: Inovasi Model dan Strategi Pembelajaran dalam Implementasi Kurikulum Merdeka Journal of Education Research 5 3 2608 2617
Sari Y P Yasin F Erningsih 2023 Kesiapan Sekolah Dalam Mengimplementasi Kurikulum Merdeka dI SMA N 1 Kinali Kabupaten Pasaman Barat Jurnal Pendidikan Sekolah 1
Seyyedrezaie S H Barani G 2017 Constructivism and Curriculum Development Journal of Humanities Insights 1 3 119 124 https: doi org 10 22034 jhi 2017 86954
Sitorus F R Ratnawati F 2024 The Challenges of Implementing the Independent Curriculum in Elementary Schools Jurnal BELAINDIKA Pembelajaran dan Inovasi Pendidikan 6 1 16 23 https: belaindika nusaputra ac id indexbelaindika@nusaputra ac id
Syahrin A A 2023 Pembelajaran Sosiologi Abad 21: Urgensi Asesmen Autentik bagi Peserta Didik FOUNDASIA 14 2 52 69 https: doi org 10 21831 foundasia v14i2 65104
Wulan P D Kudus W A Tesniyadi D 2024 Strategi Guru Mengefektifkan Kegiatan Pembelajaran Sosiologi pada Penerapan Kurikulum Merdeka di Sekolah Menengah Atas Negeri 2 Pandeglang PADARINGAN Jurnal Pendidikan Sosiologi Antropologi 6 02 130 147
Wulandah S Hufad A Sulistiono E 2023 Urgensi kurikulum merdeka dalam pembelajaran sosiologi pada pendidikan abad 21 Jurnal Sosialisasi: Jurnal Hasil Pemikiran Penelitian Dan Pengembangan Keilmuan Sosiologi Pendidikan 1
Zatalini A 2023 Implementasi Penilaian pada Kurikulum Merdeka Belajar dalam Pembelajaran Sosiologi di SMAS Santun Untan Pontianak Pontianak Jurnal Ilmiah Edukatif 9 2 148 154 https: doi org 10 37567 jie v9i2 2545






