Analisis SWOT Penerapan Kurikulum Merdeka Pada Pembelajaran Sosiologi di SMAS Karya Wisata Singaraja
DOI:
https://doi.org/10.53682/jpjsre.v6i1.11826Keywords:
SWOT Analysis, Independent Curriculum, Sociology Learning, Senior High SchoolAbstract
Penerapan kurikulum merdeka dalam pembelajaran sosiologi merupakan upaya dalam menciptkan pembelajaran yang bermakna dan efisien. Terdapat berbagai macam dinamika dalam penerapan kurikulum merdeka pada pembelajaran sosiologi. Seperti yang dilaksanakan di SMAS Karya Wisata Singaraja yang merupakan sekolah menengah atas berbasis pariwisata telah menerapkan pembelajaran sosiologi kelas X, sebagaimana halnya kurikulum merdeka masih merupakan hal yang baru diterapkan di SMAS Karya Wisata. Tujuan dari penelitin ini mendeskripsikan penerapan kurikulum merdeka dalam pembelajaran sosiologi serta mengetahui berbagai unsur pembelajaran sosiologi dengan menggunakan berbagai komponen dalam analisis SWOT (Strengths, Weaknesses, Opportunities, Threats). Metode penelitian menggunakan metode penelitian kualitatif dan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan studi dokumentasi serta teknik analisis digunakan yaitu kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini mengungkapkan bahwa penerapan kurikulum merdeka dalam pembelajaran sosiologi telah dilaksanakan di SMAS Karya Wisata. Berbagai macam bentuk seperti guru diberikan kemudahan dalam menyesuaikan pembelajaran berdasarkan kebutuhan peserta didik sehingga pembelajaran menjadi lebih bervariasi. Begitu juga hasil dari analisis SWOT bahwa terdapat kekuatan seperti dukungan dari sekolah, hingga memberikan kemudahan bagi guru dalam proses pembelajaran serta terdapat beberapa kendala dalam proses penerapan dalam pembelajaran sosiologi, diantaranya kurangnya fasilitas pendukung penerapan kurikulum merdeka menggunakan teknologi dan kurangnya sosialisasi pada guru. Implikasi dari penelitian ini memberikan temuan bagi sekolah, guru maupun pemerintah dalam mengembangkan sebuah kebijkan agar lebih efisien dan menjawab kekurangan yang ada.
References
Afifah, A., & Febrianto, R. (2024). The Relevance of Constructivist Learning Theory to the Application of Independent Learning. Indonesian Journal Of Education, 1(2), 27–34. https://jurnalpustakacendekia.com/index.php/IJE
Alfarizi, L., Umam, K., & Fathiyaturrahmah, F. (2022). Analisis SWOT Pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada Kurikulum Merdeka di Sekolah Penggerak. Scaffolding: Jurnal Pendidikan Islam Dan Multikulturalisme, 4(1), 448–461.
Anggraini, D. L., Yulianti, M., Nurfaizah, S., & Pandiangan, A. P. B. (2022). Peran guru dalam mengembangan kurikulum merdeka. Jurnal Ilmu Pendidikan dan Sosial, 1(3), 290–298. https://doi.org/10.58540/jipsi.v1i3.53
Arwan, A., Kanada, R., Tesva, S., Iswandari, V. R., & Prasilia, H. (2025). Pendampingan Penyusunan Rencana Strategis Dalam Meningkatkan Kualitas Manajemen SMA Negeri 1 Palembang. Jurnal Pengabdian Masyarakat: Pemberdayaan, Inovasi dan Perubahan, 5(2). https://doi.org/10.59818/jpm.v5i2.1418
Assyakurrohim, D., Ikhram, D., Sirodj, R. A., & Afgani, M. W. (2022). Metode Studi Kasus dalam Penelitian Kualitatif. Jurnal Pendidikan Sains dan Komputer, 3(01), 1–9. https://doi.org/10.47709/jpsk.v3i01.1951
Bada, S. O., & Olusegun, S. (2015). Constructivism Learning Theory: A Paradigm for Teaching and Learning. Journal of Research & Method in Education, 5(6), 66–70. https://doi.org/10.9790/7388-05616670
Benzaghta, M. A., Elwalda, A., Mousa, M., Erkan, I., & Rahman, M. (2021). SWOT analysis applications: An integrative literature review. Journal of Global Business Insights, 6(1), 55–73. https://doi.org/10.5038/2640-6489.6.1.1148
Chusniyah, A., & Akhmad, R. A. (2023). Strategic planning for education quality improvement based on SWOT analysis: A case study. Tarbawi: Jurnal Keilmuan Manajemen Pendidikan, 9(02), 199–210. https://doi.org/10.32678/tarbawi.v9i01.8366
Damanik, F. H. S. (2023). Mengembangkan Keterampilan Resolusi Konflik melalui Pembelajaran Sosiologi dalam Kurikulum Merdeka di Sekolah Menegah Atas. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 12(4), 983–992. https://jurnaldidaktika.org983
Dani, A. R., & Nurlizawati, N. (2023). Adaptasi Guru Sosiologi Sekolah Penggerak di Kota Padang Terhadap Kurikulum Merdeka. Naradidik: Journal of Education and Pedagogy, 2(2), 140–147. https://doi.org/10.24036/nara.v2i2.100
Duan, X., & Noirid, S. (2024). Analyzing the Dynamics of Ethnic Cultural Inheritance in Yunnan’s Higher Education: A SWOT Analysis and Strategic Countermeasures in Local University Management. Tec Empresarial, 6(1), 2245–2258.
Ekbal, S. (2024). Strategi Peningkatan Kemampuan Analisis Swot Melalui Pembelajaran Berbasis Proyek Pada Siswa Kelas X Program Bdpm di SMK Negeri 1 Nglegok Blitar. Cakrawala Pendidikan, 28(2), 9–18. http://www.puskur.or.id.Diakses
Fatimatuzzahrah, F., Sakinah, L., & Alyasari, S. A. (2023). Problematika Implementasi Kurikulum Merdeka Di Sekolah: Tantangan Membangun Kualitas Pendidikan. Jurnal Bintang Pendidikan Indonesia, 2(1), 43–53. https://doi.org/10.55606/jubpi.v2i1.2339
Gresinta, E., & Suharyati, H. (2024). Strategi Peningkatan Pembelajaran Tematik Terpadu di Sekolah Dasar dengan Analisis SWOT. International Journal of Social and Management Studies, 5(4), 1–9. http://www.ijosmas.org
Heischmidt, K. A., & Gordon, P. (2020). Different strategic planning models: Considerations for international study programs. Journal of Higher Education Theory and Practice, 20(15), 27–35.
Hidayat, R., Usman, J., & Suyanta, S. (2023). Peluang dan Tantangan Pendidikan Islam (Analisis SWOT Pada Kebijakan Kurikulum Merdeka). EL-Hadhary: Jurnal Penelitian Pendidikan Multidisiplin, 1(02), 96–110. https://doi.org/10.61693/elhadhary.vol102.2023.96-110
Hikmah, S., Alfredo Arianto Permana Putra, Marniati, & Dewanto. (2023). IMPLEMENTATION OF TECHNOLOGY AND VOCATIONAL EDUCATION MANAGEMENT IN FACING THE INDEPENDENT LEARNING CURRICULUM. Improvement: Jurnal Ilmiah untuk Peningkatan Mutu Manajemen Pendidikan, 10(1), 85–94. https://doi.org/10.21009/improvement.v10i1.32657
Iskandar, S., Rosmana, P. S., Fatimah, A. Z., Fitriani, D., Laksita, E. C., & Ramanda, N. (2023). Problematika penerapan kurikulum merdeka di sekolah dasar. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(2), 1594–1602.
Marriati, R., & Nora, D. (2024). Upaya Guru Mata Pelajaran Sosiologi dalam Meningkatkan Keaktifan Siswa pada Kurikulum Merdeka SMA N 1 Ampek Angkek. Naradidik: Journal of Education and Pedagogy, 3(1), 36–44. https://doi.org/10.24036/nara.v3i1.138
Masaong, A. K., Ardhian, N. L., & Mas, S. R. (2024). Exploring the Potential of Independent Curriculum Implementation for Madrasah: An In-depth SWOT Analysis. International Journal of Management Studies and Social Science Research, 06(01), 39–48. https://doi.org/10.56293/ijmsssr.2024.4805
Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldaña, J. (2014). Qualitative data analysis: A methods sourcebook (3rd ed). SAGE Publications.
Nadhiroh, S., & Anshori, I. (2023). Implementasi kurikulum merdeka belajar dalam pengembangan kemampuan berpikir kritis pada pembelajaran pendidikan agama islam. Fitrah: Journal of Islamic Education, 4(1), 56–68. http://jurnal.staisumatera-medan.ac.id/fitrah
Ndari, W., Suyatno, Sukirman, & Mahmudah, F. N. (2023). Implementation of the Merdeka Curriculum and Its Challenges. European Journal of Education and Pedagogy, 4(3), 111–116. https://doi.org/10.24018/ejedu.2023.4.3.648
Putri, V., & Sylvia, I. (2025). Dampak Pelaksanaan Kurikulum Merdeka Bagi Guru (Studi Kasus: SMA Negeri 1 Rambatan). Naradidik: Journal of Education and Pedagogy, 4(1), 74–81. https://doi.org/10.24036/nara.v4i1.276
Ramadhan, I. (2023). Kurikulum Merdeka: Proses Adaptasi dan Pembelajaran di Sekolah Menengah Atas. Dalam Journal of Education Research (Vol. 4, Nomor 4).
Rosa, E., Destian, R., Agustian, A., & Wahyudin, W. (2024). Inovasi Model dan Strategi Pembelajaran dalam Implementasi Kurikulum Merdeka: Inovasi Model dan Strategi Pembelajaran dalam Implementasi Kurikulum Merdeka. Journal of Education Research, 5(3), 2608–2617.
Sari, Y. P., Yasin, F., & Erningsih. (2023). Kesiapan Sekolah Dalam Mengimplementasi Kurikulum Merdeka dI SMA N 1 Kinali Kabupaten Pasaman Barat. Jurnal Pendidikan Sekolah, 1.
Seyyedrezaie, S. H., & Barani, G. (2017). Constructivism and Curriculum Development. Journal of Humanities Insights, 1(3), 119–124. https://doi.org/10.22034/jhi.2017.86954
Sitorus, F. R., & Ratnawati, F. (2024). The Challenges of Implementing the Independent Curriculum in Elementary Schools. Jurnal BELAINDIKA (Pembelajaran dan Inovasi Pendidikan), 6(1), 16–23. https://belaindika.nusaputra.ac.id/indexbelaindika@nusaputra.ac.id
Syahrin, A. A. (2023). Pembelajaran Sosiologi Abad 21: Urgensi Asesmen Autentik bagi Peserta Didik. FOUNDASIA, 14(2), 52–69. https://doi.org/10.21831/foundasia.v14i2.65104
Wulan, P. D., Kudus, W. A., & Tesniyadi, D. (2024). Strategi Guru Mengefektifkan Kegiatan Pembelajaran Sosiologi pada Penerapan Kurikulum Merdeka di Sekolah Menengah Atas Negeri 2 Pandeglang. PADARINGAN (Jurnal Pendidikan Sosiologi Antropologi), 6(02), 130–147.
Wulandah, S., Hufad, A., & Sulistiono, E. (2023). Urgensi kurikulum merdeka dalam pembelajaran sosiologi pada pendidikan abad 21. Jurnal Sosialisasi: Jurnal Hasil Pemikiran, Penelitian Dan Pengembangan Keilmuan Sosiologi Pendidikan, 1.
Zatalini, A. (2023). Implementasi Penilaian pada Kurikulum Merdeka Belajar dalam Pembelajaran Sosiologi di SMAS Santun Untan Pontianak Pontianak. Jurnal Ilmiah Edukatif, 9(2), 148–154. https://doi.org/10.37567/jie.v9i2.2545
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 JURNAL PARADIGMA : Journal of Sociology Research and Education

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.