Pemberdayaan Kombel Smandalas Sebagai Upaya Mengembangkan Kompetensi Guru Dalam Melakukan Evaluasi Pembelajaran di SMA Negeri 12 Semarang

Authors

  • Lutfi Maelatun Universitas Negeri Semarang
  • Nurul Fatimah Universitas Negeri Semarang

DOI:

https://doi.org/10.53682/8bmsxf66

Keywords:

Kata kunci: Evaluasi pembelajaran, kombel smandalas, kompetensi guru, peningkatan kualitas pembelajaran

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis upaya dan dampak pengembangan kompetensi guru dalam melakukan evaluasi pembelajaran melalui pemberdayaan kombel smandalas di SMA Negeri 12 Semarang Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan melakukan wawancara dan observasi kepada sejumlah 7 informan dengan kriteria wakil kepala sekolah bidang kurikulum sebagai informan kunci guru yang mengikuti pelatihan dan berhasil mengembangkan kompetensinya panitia pelaksana yang menjadi koordinator dan siswa yang merasakan dampak dari pengembangan kompetensi guru Penelitian dilakukan selama 4 bulan Data dianalisis melalui tahapan pengumpulan data kondensasi data penyajian data serta penarikan kesimpulan Kemudian dilakukan pengecekan ulang melalui triangulasi sumber dan teknik Hasil penelitian menunjukkan melalui pemberdayaan kombel smandalas guru memiliki wadah untuk berbagi praktik baik mengikuti pelatihan berbasis kelompok belajar dan mengintegrasikan teknologi dalam evaluasi pembelajaran Selain itu guru mampu menerapkan berbagai teknik evaluasi seperti melalui asesmen diagnostik formatif dan sumatif secara lebih efektif Tantangan utama yang dihadapi dalam proses evaluasi adalah keterbatasan waktu dan ketersediaan alat penunjang yang diatasi melalui penguatan program kombel smandalas strategi manajemen waktu releksi dan evaluasi serta kolaborasi antar guru Pemberdayaan kelompok belajar smandalas memiliki peran penting untuk meningkatkan kompetensi guru dalam melakukan evaluasi pembelajaran sehingga hal ini berdampak pada peningkatan kualitas pembelajaran dan hasil belajar siswa < p>

References

Afrizal 2017 Metode Penelitian Kualitatif: Sebuah Upaya Mendukung Penggunaan Penelitian Kualitatif dalam Berbagai Disiplin Ilmu Depok: Rajawali Pers

Altika W Indryani Hasni U 2023 Analisis Penggunaan Asesmen Formatif Sebagai Alat Penilaian Perkembangan dan Pembelajaran Anak Usia Dini di TK IT Al Azka Kota Jambi Innovative: Journal Of Social Science Research 3 2 13501 13513

Ariza N Afifah Q K 2024 Penggunaan Teknologi Dalam Pengembangan Asesmen Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Belajea: Jurnal Pendidikan Islam 9 1 25 44

Astika L Ramadina R Lativah H Solihin M Nasution I 2024 Peran Guru Dalam Mengevaluasi Program Pembelajaran Untuk Meningkatkan Kualitas Belajar Mengajar di MTS Hifzil Quran Medan Indo MathEdu intellectuals Journal 5 3 2802 2812 doi org 10 54373 imeij v5i3 1183

Azis A C K Lubis S K 2023 Asesmen Diagnostik Sebagai Penilaian Pembelajaran Dalam Kurikulum Merdeka Di Sekolah Dasar Pena Anda: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar 1 2 20 29 doi org 10 33830 penaanda v1i2 6202

Azizah F 2021 Peningkatan Kompetensi Guru dalam Melaksanakan Evaluasi Ulangan Harian melalui Supervisi Akademik Jurnal Pembelajaran dan Riset Pendidikan 1 2 418 430 doi org 10 28926 jprp v1i1 20

Darmiatun S Nurhafizah N 2019 Peningkatan Kompetensi Pedagogig Dan Profesional Guru TK Melalui Program Diklat Pengembangan Keprofesionalan Berkelanjutan PKB di Kabupaten Dharmasraya Jurnal Pendidikan Tambusai 3 2 704 714 doi org 10 31004 jptam v3i2 271

Doswansiba N Hermanto 2022 Strategi Kepala Sekolah Menengah Atas dalam Menyiapkan Sekolah Penggerak Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan 7 2 125 137 doi org 10 24832 jpnk v7i2 3060

Fatmawati Hasbi K Nurdin 2020 Dampak Implementasi Manajemen Musyawarah Guru Mata Pelajaran MGMP IPS Terhadap Profesionalitas Guru SMP Negeri di Palopo Didaktika: Jurnal Kependidikan 9 3 369 383 doi org 10 58230 27454321 53

Giyanto B Hidayah P K S Julizar K Sari D K Hartono D 2023 Implementasi Kebijakan Komunitas Belajar Dalam Kurikulum Merdeka Belajar di Indonesia Jurnal Pengembangan dan Administrasi Publik 5 2 39 52

Halim A 2024 Efektivitas Asesmen Sumatif dalam Pengukuran Capaian Pembelajaran Peserta Didik Kelas IV MIN 19 Bireuen Journal of Comprehensive Science 3 6 doi org 10 59188 jcs v3i6 776

Harlita I Ramadan Z H 2024 Peran Komunitas Belajar di Sekolah Dasar dalam Mengembangkan Kompetensi Guru Didaktika: Jurnal Kependidikan 13 3 2907 2920 doi org 10 58230 27454312 989

Hartini J Matasari O Andirani O Fathiyanabila N 2023 Manfaat Asesmen Dalam Pembelajaran Anak Berkebutuhan Khusus Jurnal Pendidikan Vokasi dan Seni JPVS 2 1 47 54 doi org 10 52060 jpvs v2i1 1749

Hedianti S Isman S M Zuhairi A Nugraha B Hidayah 2023 Pelatihan Evaluasi Pembelajaran bagi Guru Bahasa Inggris di Kota Tangerang Selatan Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Nusantara JPkMN 4 4 3911 3918 doi org 10 55338 jpkmn v4i4 1944

Hidma C A Livinti L Afany S Syafiq Z Z Lubis M K Nasution I 2023 Peran Guru dalam Pelaksanaan Evaluasi Pembelajaran di Sekolah Jurnal Motivasi Pendidikan dan Bahasa 1 2 123 131 doi org 10 59581 jmpb widyakarya v1i2 375

Kasmawati Y 2020 Peningkatan Kompetensi Melalui Kolaborasi : Suatu Tinjauan Teoritis Terhadap Guru Equillibrium : Jurnal Pendidikan 8 2 136 142

Kemendikbudristek 2022 Petunjuk Awal Pengembangan Komunitas Belajar Dalam Sekolah Kemendikbudristek

Liana M Fitriyah D Hindrasti N E K Nevrita Syahputra E F 2023 Pemanfaatan Fitur Pelatihan Mandiri untuk Memahami Kurikulum Merdeka Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan 8 2 138 152 doi org 10 24832 jpnk v8i2 3872

Magdalena I Hidayati N Dewi R H 2023 Pentingnya Evaluasi Dalam Proses Pembelajaran dan Akibat Manipulasinya Masaliq: Jurnal pendidikan dan Sains 3 3 810 823 doi org 10 58578 masaliq v3i5 1379

Milles M B Huberman A M 1992 Analisis data kualitatif UI Press

Munaroh N L 2024 Asesmen dalam Pendidikan : Memahami Konsep Fungsi dan Penerapannya Dewantara: Jurnal Pendidikan Sosial Humaniora 3 3 281 297 doi org 10 30640 dewantara v3i3 2915

Moleong L J 2007 Metodologi Penelitian Kualitatif Bandung: Remaja Rosdakarya

Nurhidayah Arismunandar 2024 Peranan Komunitas Belajar KOMBEL Dalam Meningkatkan Kompetensi Guru di Sekolah Menengah Pertama SMP Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Pembelajaran 6 3 948 953 doi org 10 31970 pendidikan v6i3 1543

Ose T Pius I 2022 Peningkatan Kompetensi Guru Agama Katolik dalam Dunia Pendidikan In Theos: Jurnal Pendidikan Agama dan Teologi 2 9 307 313 doi org 10 56393 intheos v2i3 1281

Pella S M 2020 Exploring the Impact of Teacher Collaboration on Student Learning: A Focus on Writing Teaching Writing: The Journal of Writing Teacher Education 8 1 19 55

Putri K E S Wahyuni M R Hasibuan W F Mustika D 2024 Evaluasi Dan Penilaian Yang Adil Dalam Konteks Pendidikan Inklusi Gadang Jurnal Multidisiplin Ilmu 2 6 143 155 doi org 10 59435 gjmi v2i6 504

Prawira Y A Rachmawati R 2022 Peningkatan Kompetensi Profesional Guru melalui Pelatihan Jarak Jauh dengan Pendekatan Heutagogi dalam masa Pandemi Covid 19 Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan 4 3 4170 4179

Rachma L N Supriyono Djoehartini N 2024 Pemanfaatan Asesmen Diagnostik Untuk Merancang Kegiatan Pembelajaran Dengan Pendekatan Tari Journal on Education 6 03 17756 17760 doi org 10 31004 joe v6i3 5657

Rahmani A 2024 Efektivitas Komunitas Belajar Sebagai Upaya Peningkatan Kualitas Mutu Kinerja Guru Dan Tenaga Kependidikan Jurnal Basicedu 8 6 4625 4636 doi org 10 31004 basicedu v8i6 8889

Samsu S 2017 Metode Penelitian: teori dan aplikasi penelitian kualitatif kuantitatif mixed methods serta research development Rusmini ed PUSAKA

Sopiah Y 2019 Strategi Meningkatkan Kompetensi Guru dalam Menyusun Rencana Program Pembelajaran Harian Melalui Bimbingan Berkelanjutan Jurnal Educatio FKIP UNMA 5 1 44 50 doi org 10 31949 educatio v5i1 35

Suchayadi Y Mirawati M Anjaswuri F Destiana D 2021 Supervisi Akademik Dalam Meningkatkan Kompetensi Guru Sekolah Dasar Jurnal Manajemen Pendidikan 10 01 067 071 doi org 10 33751 jmp v10i1 6155

Sugiyono 2011 Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R D Bandung: Alfabeta

Suherman E Sukjaya Y 1990 Petunjuk Praktis untuk Melaksanakan Evaluasi Pendidikan Matematika Bandung: Wijayakusumah

Sumandya I W Widayani N L M M Nugraha I N B S 2022 PKM Komunitas Belajar Guru Matematika Kabupaten Badung Dalam Pelatihan Pemanfaatan Platfom Merdeka Mengajar Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Widya Mahadi 3 1 169 176 doi org 10 5281 zenodo 7447534

Supriyati Y Muqorobin 2021 Mixed Model Cipp dan Kirkpatrick Sebagai Pendekatan Evaluasi Program Pengembangan Kompetensi Guru Berbasis Kebutuhan Peningkatan Kemampuan Asessment Literasi Numerasi Cilapp Model Dalam Evaluasi Program Jurnal Ilmiah Mandala Education 7 1 203 223 doi org 10 58258 jime v7i1 1733

Utami F B Wulandari S Kemal F Supriyanta J 2023 Peningkatan Karakter Dan Kompetensi Guru Paud Dalam Implementasi Merdeka Bermain Monsu ani Tano: Jurnal Pengabdian Masyarakat 6 1 1 9 doi org 10 32529 tano v6i1 2278

Yusuf A M 2015 Asesmen dan Evaluasi Pendidikan Jakarta: Pranadamedia Group

Published

2025-12-13

How to Cite

Pemberdayaan Kombel Smandalas Sebagai Upaya Mengembangkan Kompetensi Guru Dalam Melakukan Evaluasi Pembelajaran di SMA Negeri 12 Semarang. (2025). JURNAL PARADIGMA : Journal of Sociology Research and Education, 6(2), 1066-1086. https://doi.org/10.53682/8bmsxf66