Resiliensi Siswa KKO dalam Menyeimbangkan Prestasi Akademik Dan Non Akademik

Authors

  • Dinda Aviliani Universitas Negeri Semarang
  • Nurul Fatimah Universitas Negeri Semarang

DOI:

https://doi.org/10.53682/q6wxbf12

Keywords:

Resiliensi, Kelas Khusus Olahraga, Motivasi Berprestasi

Abstract

Kelas Khusus Olahraga dibentuk sebagai wadah bagi siswa dengan bakat istimewa Peran ganda sebagai seorang siswa dan juga atlet memiliki keharusan dalam menyeimbangkan prestasi akademik dan olahraga Siswa kelas khusus olahraga perlu memiliki ketangguhan dan kemampuan penyesuaian diri dalam bertahan mengatasi situasi menantang yang biasa dikenal sebagai resiliensi Artikel ini bertujuan menganalisis karakter dan bentuk resiliensi pada siswa kelas khusus olahraga dalam menyeimbangkan capaian akademik dan non akademik Dalam artikel ini pendekatan kualitatif deskriptif digunakan melalui observasi dan wawancara mendalam Teknik analisis yang digunakan meliputi reduksi data penyajian data dan penarikan kesimpulan Hasil penelitian menunjukan karakteristik siswa KKO yang memiliki daya saing tinggi dan menyukai tantangan menjadikan kritik sebagai umpan balik mudah berdaptasi memiliki kendali diri dalam memanajemen waktu serta memiliki hubungan yang lekat dengan keluarga dan teman Ketangguhan resiliensi siswa kelas khusus olahraga SMPN 2 Brebes terbagi dalam a kompetensi personal dan standar yang tinggi b tolerasi pada afektif negatif dan menganggap stress sebagai sumber kekuatan c penerimaan positif akan perubahan dan hubungan yang lekat dengan orang lain d kendali diri e pengaruh spiritual Teori motivasi berprestasi oleh McClelland digunakan dalam menganalisis bentuk resiliensi pada siswa kelas khusus olahraga < p>

References

Amelasasih, P., Aditama, S., & Wijaya, M. R. (2019). Resiliensi Akademik Dan Subjective Well-Being Pada Mahasiswa. Proceeding National Conference Psikologi UMG, 1(1), 161–167.

Anggara, A. R. D., & Laksmiwati, H. (2022). Hubungan Antara Hardiness Dengan Stres Pada Atlet Pelajar Beladiri Kota Blitar. Character: Jurnal Penelitian Psikologi , 9(5), 104–115. https://doi.org/https://doi.org/10.26740/cjpp.v9i5.47487

Bubala, Y. alita, Salem, V., & Singal, Z. H. (2022). Peran Orang Tua Terhadap Anak Dalam Menunjang Pendidikan Di Desa Tomhalu Kecamatan Tobelo Selatan. JURNAL PARADIGMA : Journal of Sociology Research and Education, 3(1), 244–247. https://doi.org/10.53682/jpjsre.v3i1.1785

Fauziahl, A., & Widodo2, P. B. (2022). Hubungan Antara Resiliensi Dengan Motivasi Berprestasi Pada Atlet Mahasiswa Jalur Prestasi Di Semarang. In Jurnal Empati (Vol. 11).

Fitriana, A. (2022). Kinerja Sekolah Berbasis Kelas Khusus Olahraga Di Sekolah Atas Negeri 1 Sewon School Performance Based On Sports Class At Sewon 1 State High School. https://doi.org/https://doi.org/10.21831/sakp.v11i3.18046

Fleur, D. S., van den Bos, W., & Bredeweg, B. (2023). Social Comparison In Learning Analytics Dashboard Supporting Motivation And Academic Achievement. Computers and Education Open, 4, 100130. https://doi.org/10.1016/j.caeo.2023.100130

Fuad Nashori, H., & Iswan Saputro, P. (2021). Psikologi Resiliensi. Universitas Islam Indonesia. https://www.researchgate.net/publication/351283333

Gading, D. A., & Maya, J. H. (2019). Hubungan Tingkat Pencapaian Prestasi Olahraga Dengan Prestasi Akademik Siswa Smp N 1 Borobudur Smp N 1 Borobudur Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang The Relationship Between The Attainment Level Of Sports Achievement And The Academic Achievement Among Students Of SMPN 1 Borobudur, Borobudur District, Magelang Regency. Pendidikan Jasmani Kesehatan Dan Rekreasi, 8(1), 18. http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/57815

Ikhsan, W. N., & Maksum, A. (2022). Pola Belajar Dan Berlatih Siswa Sma Negeri Olahraga Jawa Timur. Jurnal Pendidikan Olahraga Dan Kesehatan, 10(3), 21–26. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-jasmani/issue/archivehttps://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-jasmani

Indriani, A., Djafar, S., S, P., & Nurdin, N. (2024). Literatur Review: Pengaruh Penggunaan Aplikasi Quizizz terhadap Resiliensi Diri pada Pembelajaran Matematika. JagoMIPA: Jurnal Pendidikan Matematika Dan IPA, 4(2), 287–299. https://doi.org/10.53299/jagomipa.v4i2.634

Iqbal, Y. (2022). Penerapan Strategi Pembelajaran Scaffolding Pada Materi Penelitian Sosial Sebagai Pemecehan Masalah Sosial. JURNAL PARADIGMA : Journal of Sociology Research and Education, 3(2), 74–83. https://doi.org/10.53682/jpjsre.v3i2.5486

Jauhari, R., Supriatna, S., Fadhli, N. R., & Roesdiyanto, R. (2022). Hubungan Aktivitas Olahraga dengan Prestasi Akademik pada Atlet Akademi Arema U-14. Sport Science and Health, 4(10), 881–893. https://doi.org/10.17977/um062v4i102022p881-893

Khansa Nabila, T. (2025). Evaluation of the Implementation of the Special Sports Class Program at MAN 2 Yogyakarta. Science and Education, 4, 595–601.

Khodari, R. (2017). Evaluasi Program Pendidikan Kelas Khusus Olahraga Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Sewon Bantul Yogyakarta. Multilateral: Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga, 15(2), 124–132. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.20527/multilateral.v15i2.2740

Kurniawan, A. (2021). Manajemen Kelas Khusus Olahraga Dalam Mewujudkan Mutu Pendidikan Di SMPN 2 Tempel Sleman. Media Manajemen Pendidikan, 4(2), 171–181. http://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/mmp

Maulida, I. Z. (2017). Manajemen Program Kelas Khusus Olahraga Di Smp Negeri 3 Gresik. https://doi.org/https://doi.org/10.26740/jdmp.v2n1.p60-70

Nila Wisudawati, W., Sahrani, R., & Hastuti, R. (2017). Efektivitas Pelatihan Ketangguhan (Hardiness) Untuk Meningkatkan Motivasi Berprestasi Akademik Siswa Atlet (Studi Pada Sekolah X di Tangerang). Provitae: Jurnal Psikologi Pendidikan, 10(2), 1–20. https://doi.org/https://doi.org/10.24912/provitae.v10i2.1285

Nurfauzan, A. Z., Mujahidin, A., Karim, A., & Anggraini, A. (2022). Pengaruh Motivasi dalam Pembelajaran Siswa. Edu Society: Jurnal Pendidikan, Ilmu Sosial Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 2, 613–621.

Prasetiyo, R., & Yunarta, A. (2023). Pengaruh dukungan sosial terhadap motivasi berprestasi akademik dan olahraga pada atlet. Jurnal Porkes, 6(1), 177–188. https://doi.org/10.29408/porkes.v6i1.5713

Prof. Dr. Suharsimi Arikunto. (2018). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan Edisi 3 (R. Damayanti, Ed.; 3rd ed.). Bumi Aksara.

Rafli, R. B., Lomboan, E. B., & Piri, N. (2023). Pembinaan Sasana Tinju Di Sario Boxing Di Kota Manado. JURNAL PARADIGMA : Journal of Sociology Research and Education, 4(1), 78–82. https://doi.org/10.53682/jpjsre.v4i1.6320

Ridho, M. (2020). Teori Motivasi McClelland dan Implikasinya Dalam Pembelajaran PAI. PALAPA : Jurnal Studi Keislaman Dan Ilmu Pendidikan, 8(1). https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/palapa

Sugiyono, S. (2018). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif dan R & D. Alfabeta.

Published

2025-12-16

How to Cite

Resiliensi Siswa KKO dalam Menyeimbangkan Prestasi Akademik Dan Non Akademik. (2025). JURNAL PARADIGMA : Journal of Sociology Research and Education, 6(2), 1241-1250. https://doi.org/10.53682/q6wxbf12