Proses Pelaksanaan Metode Belajar dalam Menghafal Al Quran di Rumah Tahfidz Mashdarur Rohmah Desa Senuro Kecamatan Tanjung Batu

Authors

  • Liani Azza Universitas Sriwijaya
  • Aswasulasikin Aswasulasikin Universitas Sriwijaya
  • Azizah Husin Universitas Sriwijaya

DOI:

https://doi.org/10.53682/vyx8kn43

Keywords:

Method,, Memorization,, Tahfidz House

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pelaksanaan metode pembelajaran menghafal Al Qur an di Rumah Tahfidz Mashdarur Rohmah yang berlokasi di Desa Senuro Kecamatan Tanjung Batu Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif Pengumpulan data dilakukan melalui observasi wawancara dan dokumentasi dengan melibatkan kepala rumah tahfidz lima orang guru dan sembilan orang santri dari berbagai kelompok umur Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses menghafal menggunakan beberapa metode antara lain metode bin nazhar tahfidz talaqqi dan takrir Metode metode tersebut diterapkan secara sistematis dan disesuaikan dengan kemampuan masing masing santri sehingga dapat mendukung peningkatan kualitas hafalan dan pembentukan karakter Faktor pendukung meliputi lingkungan yang kondusif kedekatan emosional antara guru dan santri serta dukungan keluarga sedangkan faktor penghambat meliputi gangguan keterbatasan waktu dan motivasi yang tidak menentu Evaluasi hafalan dilakukan secara berkala melalui sesi tilawah dan bimbingan intensif Penelitian ini menyimpulkan bahwa metode pembelajaran yang terstruktur personal dan holistik secara signifikan meningkatkan kemampuan menghafal Al Qur an dan menumbuhkan karakter Al Qur an siswa < span>< span>< p>

References

Astari, A. R. N. (2021), Analisis Faktor Internal Dan Faktor Eksternal Pengorganisasian Dalam Lembaga Pendidikan Islam. Al-Khair Journal: Management, Education, And Law, 1(1), 30-39.

Azizah, N. (2022). Efektivitas Metode Takrir dalam Menghafal Al-Qur’an di Rumah Tahfidz Al-Mujahidin. Skripsi. Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Hakim, I. A., Waty, E. R., & Husin, A. (2020). Studi Implementasi Standar Penyelenggaraan Program Pendidikan Kesetaraan pada Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) di Sumatera Selatan. Jurnal Obor Penmas: Pendidikan Luar Sekolah, 3(1), 181-181.

Kusumastuti, T., Fatkhurrohman, M., & Fatchurrohman, M. (2022). Implementasi Metode Menghafal Qur'an 3t+ 1m Dalam Meningkatkan Kualitas Hafalan Santri. Al'Ulum Jurnal Pendidikan Islam, 259-273.

Latifah, N. (2022). Efektivitas Perencanaan Pembelajaran Tahfidz di Rumah Tahfidz di Yogyakarta. Skripsi. Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Nadhiroh, S. (2022). Efektivitas Metode Bin Nazhar, Talaqqi, dan Takrir dalam Meningkatkan Hafalan Al-Qur’an di Rumah Tahfidz Al-Furqan. Skripsi. Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

Nurhayati, A. (2023). Efektivitas metode talaqqi dalam meningkatkan kualitas hafalan dan tajwid Al-Qur’an pada santri di pesantren modern. Jurnal Pendidikan Islam, 12(1), 45-58.

Ramadhan, A., & Sari, D. (2023). Peran dukungan keluarga dan lingkungan dalam keberhasilan menghafal Al-Qur’an pada santri. Jurnal Pendidikan Islam, 12(1), 45-58.

Sari, A. N. (2022). Pendekatan Personal dalam Meningkatkan Motivasi Santri Tahfidz. Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Dakwah, 8(1), 45-58.

Sahfitri, Hermansyah, & Siti. (2023). Metode Pembelajaran Tahfidz Qur’an dalam Menguatkan Hafalan Santri di Pondok Pesantren Al-Ansor Manunggang Julu Kota Padangsidimpuan. Wahana Didaktika, 7(1), 63–70.

Sastrawati, P., Husin, A., & Nurrizalia, M. (2024). Peran Bimbingan Belajar dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika di Lembaga Bimbel BTA 70 Ogan Ilir. JURNAL PARADIGMA: Journal of Sociology Research and Education, 5(1), 191-200.

Sutejo, R., Husin, A., & Tahyudin, D. (2019). Pelaksanaan Pembelajaran pada Program Diniyah untuk Anak Usia Sekolah Dasar di Desa Permata Baru Indralaya Utara Kabupaten Ogan Ilir. Jurnal Pendidikan Dan Pemberdayaan Masyarakat (JPPM), 6(1).

Yulianti. (2023). Evaluasi Program Tahfidz Al-Qur’an di Rumah Tahfidz Daarul Qur’an Kota Semarang. Skripsi. Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

Published

2025-12-17

How to Cite

Proses Pelaksanaan Metode Belajar dalam Menghafal Al Quran di Rumah Tahfidz Mashdarur Rohmah Desa Senuro Kecamatan Tanjung Batu. (2025). JURNAL PARADIGMA : Journal of Sociology Research and Education, 6(2), 1280-1287. https://doi.org/10.53682/vyx8kn43