Dampak Penggunaan Gadget terhadap Perilaku Temper Tantrum pada Anak Usia 4-6 Tahun (Studi Kasus di Desa Senuro)

Authors

  • Rahmi Rahmi Universitas Sriwijaya
  • Henny Helmi Universitas Sriwijaya
  • Azizah Husin Universitas Sriwijaya

DOI:

https://doi.org/10.53682/hg6xfk55

Keywords:

Early Childhood ,, Gagdget ,, Temper Tantrum

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak penggunaan gadget terhadap perilaku temper tantrum pada anak usia 4-6 tahun di Desa Senuro. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui wawancara mendalam dengan beberapa orang tua yang memiliki anak usia dini, observasi langsung terhadap perilaku anak dalam lingkungan rumah, serta dokumentasi yang berkaitan dengan kebiasaan penggunaan gadget anak sehari-hari. Penelitian ini menemukan bahwa penggunaan gadget yang berlebihan dan tanpa pengawasan orang tua dapat menjadi pemicu utama munculnya perilaku temper tantrum. Anak-anak yang terbiasa bermain gadget dalam waktu lama cenderung menunjukkan reaksi emosional yang kuat, seperti menangis, berteriak, atau menunjukkan sikap agresif ketika gadget diambil atau penggunaannya dibatasi. Hal ini menunjukkan adanya ketergantungan terhadap gadget yang mengganggu perkembangan emosi anak. Selain itu, kurangnya interkasi sosial dan pengawasan dari orang tua dapat memperparah kondisi tersebut. Oleh karena itu, pengawasan dan pembatasan waktu penggunaan gadget oleh orang tua sangat diperlukan untuk mencegah dan mengurangi intensitas temper tantrum pada anak usia dini.

References

Fadillah, K. N., & Wulandari, H. (2024). Dampak perilaku tantrum terhadap penggunaan smartphone pada anak usia dini. Innovative: Jurnal Of Social Science Research, 4(2), 3940-3952.

Goleman, D. (2024). Kecerdasan emosional. Gramedia Pustaka Utama.

Ismyama, D. F. (2021). Anti Stres Hadapi Tantrum Pada Anak. Noktah.

Nahar, N. I. (2016). Penerapan teori belajar behavioristik dalam proses pembelajaran. NUSANTARA: jurnal ilmu pengetahuan sosial, 1(1).

Nurrizalia, M., Husin, A., Waty, ERK, & Shomedran, S. (2025). Stimulasi perkembangan anak melalui penggunaan alat permainan edukatif oleh orang tua di rumah dari bahan daur ulang di Desa Tanjung Atap Ogan Ilir. Abdimas Siliwangi , 8 (1), 193-207.

Saputra, A. S. A., & Suryandi, L. S. L.(2020). Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini dalam Perspektif Vygotsky dan Implikasinya dalam Pembelajaran. Pelangi: Jurnal Pemikiran dan Penelitian Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 2(2), 198-206.

Septariani, I., Hakim, A., & Husin, A. (2018). Pendidikan Karakter Pada Anak Usia Dini (Studi Kasus di PAUD Mawar I SKB Ogan Ilir). Jurnal Pendidikan Dan Pemberdayaan Masyarakat, 5(1), 99-10.

Sutisna, I., & Laiya, S. W. (2020). Metode pengembangan kognitif anak usia dini. Gorontalo: UNG Press Gorontalo.

Wulandari, D. A., Saefuddin, S., & Muzakki, J. A. (2018). Implementasi pendekatan metode montessori dalam membentuk karakter mandiri pada anak usia dini. AWLADY: Jurnal Pendidikan Anak, 4(2), 1-19.

Published

2025-12-17

How to Cite

Dampak Penggunaan Gadget terhadap Perilaku Temper Tantrum pada Anak Usia 4-6 Tahun (Studi Kasus di Desa Senuro). (2025). JURNAL PARADIGMA : Journal of Sociology Research and Education, 6(2), 1288-1293. https://doi.org/10.53682/hg6xfk55