Strategi Homeschooling Entrepreneurship (HSE) Semarang dalam Mengembangkan Jiwa Kewirausahaan pada Peserta Didik

Authors

  • Azka Nurul Izzah Universitas Negeri Semarang
  • Nurul Fatimah Universitas Negeri Semarang

DOI:

https://doi.org/10.53682/czcw6b62

Keywords:

Homeschooling, Entrepreneurship, Strategi Pembelajaran, Nilai-nilai Kewirausahaan, Pendidikan Alternatif

Abstract

Homeschooling sebagai bentuk pendidikan alternatif kian diminati di era modern karena fleksibilitas dan kemampuan dalam menyesuaikan karakter para peserta didik Namun sebagian besar homeschooling di Indonesia masih berfokus pada aspek akademik dasar tanpa mengintegrasikan keterampilan abad ke 21 seperti entrepreneurship< em> Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi nilai nilai kewirausahaan yang ditanamkan dalam Homeschooling Entrepreneurship< em> HSE Semarang dan strategi pembelajaran yang diterapkan untuk mengembangkan jiwa kewirausahaan peserta didik Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara observasi dan dokumentasi Hasil penelitian menunjukkan nilai nilai kewirusahaan yang dikembangkan di HSE meliputi kreativitas tanggung jawab daya juang tinggi disiplin dan manajemen waktu serta kemandirian Strategi yang digunakan antara lain: kurikulum vokasi sesuai jenjang pembelajaran berbasis proyek pelibatan orang tua mentoring oleh coach vokasi kegiatan pameran serta zoominar tematik dari praktisi Strategi ini didesain untuk membentuk karakter peserta didik yang tidak hanya memahami konsep kewirausahaan tetapi juga mengalaminya secara langsung melalui praktik Dengan demikian HSE Semarang menjadi model pendidikan alternatif yang relevan dalam menumbuhkan jiwa kewirausahaan sejak dini< p>

References

Alam, M. D., Rahman, H. A., & Arimbawa, P. A. P. (2023). Workshop Design Thinking dalam Meningkatkan Kreativitas dan Kewirausahaan UMKM di Kota Malang. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Nusantara, 4(5), 309–315. https://ejournal.sisfokomtek.org/index.php/jpkm/article/view/2476

Ambarwati, T., Fitriasari, F., Batista, P. C., De, S., De, J. V, Augusto, O., & Almeida, &. (2021). Jurnal Bisnis dan Manajemen Nilai-Nilai Kewirausahaan Dan Komitmen Berwirausaha Terhadap Kinerja UMKM dengan Strategi Bisnis Sebagai Moderasi. Jurnal Bisnis Dan Manajemen, 8(1), 44–56. http://jurnal.unmer.ac.id/index.php/jbm/index

Annisa, N., Padilah, N., Rulita, R., Yuniar, R., & Priyanti, N. (2023). Model Pembelajaran Homeschooling Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 4, 89–100. http://jurnaledukasia.org

Br Ginting, F., T, N., Kurniyati, W., Nahara, A. S., Sofwan, M., & Sholeh, M. (2024). Strategi Guru Dalam Menumbuhkan Jiwa Kewiraushaan Peserta Didik Melalui Pembelajaran Di Sekolah Dasar. JGK (Jurnal Guru Kita), 8(3), 504–513. https://doi.org/10.24114/jgk.v8i3.58312

Entrepreneur, H. (2020). Tentang Homeschooling Enterpreneur Jogja. PT. Homeschooling Entrepreneur. https://myhomeschoolingentrepreneur.com/h se-jogja/

Fakhrurozi, M., Hidayat, F., Chandra, F., Indriyati, C., Beauty, B., Nurhayati, E., Januarsi, Y., Qomariyah, E., Gilaa, T., & Rosmiati, N. (2024). Fundamental Kewirausahaan UMKM. Yayasan Tri Edukasi Ilmiah.

Fakiha, I., Khuswaidinsyah Ahmadi, A., Kristiono Dwi Susilo, R., & Pascasarjana Magister Sosiologi, P. (2020). Homeschooling Sebagai Pendidikan Alternatif Di Era Modern (Studi Kasus Makna Homeshooling Mayantara Kota Malang). In Jurnal Ilmiah Politik, Kebijakan, & Sosial (Publicio): Vol. 2(2).

Haswenova, F., & Padang, U. N. (2024). Inovasi Pengelolaan Kelas di Era Digital: Integrasi Teknologi dan Pendekatan Humanistik dalam Pengembangan Lingkungan Belajar yang Adaptif dan Kolaboratif. JURNAL PARADIGMA : Journal of Sociology Research and Education, 5(2), 623–638. https://doi.org/10.53682/jpjsre.v5i2.10512

Hisrich, R. D., Peters, M. P., & Shepherd, D. A. (2017). Entrepreneurship Tenth Edition. New York: McGraw-Hill Education.

Maknuni, J. (2021). Strategi Sekolah Dasar Dalam Menumbuhkan Jiwa Kewirausahaan Peserta Didik. Jurnal Ilmiah Kontekstual, 2(2), 9–16. http://jurnal.umus.ac.id/index.php/kontekstual/article/view/392

Malaikosa, Y. M. L. (2021). Penguatan Life Skills Peserta Didik Dengan Pendekatan Ekonomi Kreatif. Idaarah: Jurnal Manajemen Pendidikan, 5(2), 300–312.

Mintardjo, C. M. O., Ogi, I. W., Kawung, G. M. V., & Raintung, M. C. (2020). Sejarah Teori Kewirausahaan: Dari Saudagar Sampai Ke Teknoprenur Startup. JMBI UNSRAT (Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis Dan Inovasi Universitas Sam Ratulangi), 7(1), 187–196.

Moleong, L. J. (2017). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Mulyasa. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka. Jakarta: Bumi Aksara.

Permendikbud. (2014). Permendikbud No 129 tahun 2014 tentang Sekolah Rumah. Jakarta: Pendidikan Nasional Indonesia.

Pratiwi, I., Izani, M., Wijayanti, O., & Trianung, T. (2023). Why Homeschooling? ”The Role of Parental Leadership in Choosing Homeschooling: Maximizing Children’s Potential”. Edunesia : Jurnal Ilmiah Pendidikan, 4(2), 938–951. https://doi.org/10.51276/edu.v4i2.432

Purwaningsih, D., & Al Muin, N. (2021). Mengenalkan Jiwa Wirausaha Pada Anak Sejak Dini Melalui Pendidikan Informal. Jurnal USAHA, 2(1), 34–42. https://doi.org/10.30998/juuk.v2i1.653

Rae, D. (2006). Entrepreneurial learning: A conceptual framework for technology-based enterprise. Technology Analysis & Strategic Management, 18(1), 39–56.

Rusmana, D. (2020). Pengaruh Keterampilan Digital Abad 21 Pada Pendidikan Kewirausahaan Untuk Meningkatkan Kompetensi Kewirausahaan Peserta Didik SMK. Jurnal Ekonomi Pendidikan Dan Kewirausahaan, 8(1), 17–32. https://doi.org/10.26740/jepk.v8n1.p17-32

Schumpeter, J. A. (1934). The Theory of Economic Development: An Inquiry into Profits, Capital, Credit, Interest, and the Business Cycle. Cambridge, MA: Harvard University Press.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan, Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Usoh, E. J., Pontoh, S., Kaparang, M. W., & Kumajas, V. N. (2024). Implementasi Model Pembelajaran Berbasis Proyek dalam Kurikulum Merdeka untuk Pendidikan Dasar. JURNAL PARADIGMA : Journal of Sociology Research and Education, 5(1). https://doi.org/10.53682/jpjsre.v5i1.9211

Wanto, A. H. (2017). Strategi Pemerintah Kota Malang Dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Publik Berbasis Konsep Smart City. JPSI (Journal of Public Sector Innovations), 2(1), 39–43.

Published

2025-12-16

How to Cite

Strategi Homeschooling Entrepreneurship (HSE) Semarang dalam Mengembangkan Jiwa Kewirausahaan pada Peserta Didik. (2025). JURNAL PARADIGMA : Journal of Sociology Research and Education, 6(2), 1172-1188. https://doi.org/10.53682/czcw6b62