Asesmen Autentik dalam Pembelajaran PAI di Sekolah Dasar: Praktik Tantangan dan Refleksi Guru
DOI:
https://doi.org/10.53682/a2rb7s53Keywords:
Authentic Assessment,, Elementary School, Islamic Religious Education.Abstract
Asesmen autentik merupakan pendekatan strategis dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di Sekolah Dasar karena mampu menilai keterampilan nyata siswa dalam menerapkan nilai keagamaan dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi praktik guru PAI dalam menerapkan asesmen autentik, tantangan yang dihadapi, serta bentuk refleksi yang dilakukan untuk meningkatkan efektivitasnya. Dengan menggunakan pendekatan kualitatif melalui wawancara mendalam, observasi, dan studi dokumen terhadap tujuh guru PAI di berbagai sekolah dasar, penelitian ini mengungkap bahwa asesmen autentik diterapkan melalui praktik ibadah, jurnal harian, proyek keagamaan, serta penilaian diri dan sebaya. Kendala utama yang dihadapi guru meliputi keterbatasan waktu, kesulitan dalam merancang instrumen yang sesuai usia siswa, beban administratif, serta ketimpangan pemahaman terhadap asesmen autentik. Meski belum merata, sebagian guru telah mengembangkan praktik refleksi individual dan kolaboratif sebagai upaya perbaikan berkelanjutan. Temuan ini menunjukkan bahwa asesmen autentik bukan hanya alat evaluatif, melainkan wahana transformatif dalam menanamkan nilai spiritual dan karakter islami. Oleh karena itu, guru PAI perlu diperkuat melalui pelatihan berkelanjutan dan komunitas belajar, sedangkan sekolah dan pembuat kebijakan diharapkan memberikan dukungan struktural berupa fleksibilitas waktu, pengurangan beban administratif, serta kebijakan yang mendorong asesmen kontekstual agar implementasi asesmen autentik dapat berjalan lebih optimal dan bermakna.
References
Achmad, G. H., & Prastowo, A. (2022). Authentic Assessment Techniques on Cognitive Aspects in Islamic Religious Education Learning at Elementary School Level. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 6(1), 75–84. https://doi.org/10.23887/jisd.v6i1.42636
Achmad, G. H., Ratnasari, D., Amin, A., Yuliani, E., & Liandara, N. (2022). Pembuatan Media Video Pembelajaran Fisika SMA. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(4), 5685–5699.
Almas, R., Fazal, D. S., & Nazir, F. (2024). Teachers’ Perceptions About Authentic Assessment in Higher Education A University Case Study. CARC Research in Social Sciences, 3(2), 241–249. https://doi.org/10.58329/criss.v3i2.136
Arsita, S. I. P., & Fathoni, A. (2022). Analisis Faktor Hambatan Guru dalam Melaksanakan Authentic Assesment di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 6605–6612. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3319
Asfiati, A. (2023). Merdeka Curriculum: Encouraging Creativity and Innovation of Islamic Religious Education Teachers in Madrasah. Al-Hayat: Journal of Islamic Education, 7(2), 681. https://doi.org/10.35723/ajie.v7i2.525
Baroroh, U., & Hamani, T. (2022). Development of Authentic Assessment in Islamic Religious Education in Elementary School. Nazhruna: Jurnal Pendidikan Islam, 5(3), 940–955. https://doi.org/10.31538/nzh.v5i3.2380
Creswell, J. W. (2014). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches. In SAGE Publications. https://doi.org/10.4324/9780429469237-3
Diani, A. A., & Sukartono, S. (2022). Peran Guru dalam Penilaian Autentik pada Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 4351–4359. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2831
Fuji Rahayu, & Istikomah. (2024). Implementation of Merdeka Curriculum in Islamic Religious Education Learning: Analysis of Principles and Assessment Models. Ta’dib: Jurnal Pendidikan Islam, 29(1), 149–161. https://doi.org/10.19109/td.v29i1.23688
Herdiawan. (2018). Rama Dwika Herdiawan AUTHENTIC ASSESSMENT IN EFL TEACHING AND LEARNING Rama Dwika Herdiawan English Language Education, Universitas Majalengka. English Teaching Journal, 9(1). http://dx.doi.org/10.26877/eternal.v9i1.2406
Hidayati, A., Bentri, A., & Rahmi, U. (2017). Analyzing the Issues in the Implementation of Authentic Assessment in the 2013 Curriculum. Al-Ta Lim Journal, 24(1), 53–59. https://doi.org/10.15548/jt.v24i1.256
Ijarmana, F., & Putra, E. D. (2021). Analisis Kesulitan Guru dalam Menerapkan Penilaian Autentik di Sekolah Dasar Negeri. NATURALISTIC : Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 6(1), 1050–1059. https://doi.org/10.35568/naturalistic.v6i1.1366
Kifle Mekonen, Y., & Anja Fitiavana, R. (2021). Assessment of Learning Outcomes in Higher Education: Review of literature. International Journal of Research Publications, 71(1), 69–76. https://doi.org/10.47119/ijrp100711220211766
Marfuah, Anis, F. (2019). Penilaian Autentik Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di Sekolah dan Perguruan Tinggi. Fondatia : Jurnal Pendidikan Dasar, 3(2), 35–58.
Maulana, A., Rasyid, A., Hasibuan, F. H., Siahaan, A., & Amiruddin. (2023). Upaya Guru PAI Melakukan Refleksi Pembelajaran Diferensiasi dalam Kurikulum Belajar Mandiri. Jurnal Pendidikan, 3(1), 203–212.
Maulidah Furqoby, Alfan Hariri, & Achmad Anang Darmawan. (2024). Hybrid Learning Authentic Assessment: Teacher Practice and Challenge. Journal of English Language Teaching and Islamic Integration, 7(2), 117–135. https://doi.org/10.62426/jeltii.v7i2.4
Mellyaning Khoiriya, R., & Setyo Wardani, I. (2017). Asesmen Autentik Pada Pembelajaran Terpadu Di Sekolah Dasar. Widyagogik, 4(2), 155–177.
Moleong, L. J. (2017). Metode Penelitian Kualitatif. In PT. Remaja Rosdakarya (36th ed., pp. 1–403).
Nikmah, L., & Toha, M. (2019). Implementasi Penilaian Autentik Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Journal of Islamic Education, 2(2), 102–109.
Robert K. Yin. (2016). Qualitative Research From Start to Finish. In Guilford press (Second Edi). A Division of Guilford Publications. http://scioteca.caf.com/bitstream/handle/123456789/1091/RED2017-Eng-8ene.pdf?sequence=12&isAllowed=y%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.regsciurbeco.2008.06.005%0Ahttps://www.researchgate.net/publication/305320484_SISTEM_PEMBETUNGAN_TERPUSAT_STRATEGI_MELESTARI
Rohmad, R. (2019). Authentic Assessment of Affective Domain in Islamic Education and Character Building at A Curriculum 2013 Pilot Project Elementary School in Banyumas Regency Central Java Indonesia. International Conference of Moslem Society, 3, 69–79. https://doi.org/10.24090/icms.2019.3028
Ruslan, Fauziah, T., & Alawiyah, T. (2016). Kendala Guru dalam Menerapkan Penilaian Autentik di SD Kabupaten Pidie. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(1), 147–157. https://media.neliti.com/media/publications/188254-ID-kendala-guru-dalam-menerapkan-penilaian.pdf
Sugiyono. (2013). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R&D. In Alfabeta (pp. 1–346). ALFABETA.
Suhendra, A. (2021). Implementasi Penilaian Autentik Dalam Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Dirasatul Ibtidaiyah, 1(1), 85–97. https://doi.org/10.24952/ibtidaiyah.v1i1.3724
Tamrin, M., Lubis, R. R., Aufa, A., & Harahap, S. A. (2021). Penilaian Autentik pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 4 Pematangsiantar. Al-Fikru: Jurnal Ilmiah, 15(2), 127–142. https://doi.org/10.51672/alfikru.v15i2.57
Tarihoran, N., Hilmiyati, F., & Oktaviana, F. (2023). Implementation of Authentic Assessment of the Implementation of Merdeka Curriculum in PAI Subjects at Ma Al-Khairiyah Rancaranji , Serang Regency. Tadrib: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 9(1), 174–184.
Ukashatu, A. (2021). Emerging Issues in Educational Measurement: Authentic Assessment. JISAE: Journal of Indonesian Student Assessment and Evaluation, 7(2), 73–80. https://doi.org/10.21009/jisae.v7i2.23056
Villarroel, V., Bloxham, S., Bruna, D., Bruna, C., & Herrera-Seda, C. (2017). Authentic assessment: creating a blueprint for course design. Assessment and Evaluation in Higher Education, 43(5), 840–854. https://doi.org/10.1080/02602938.2017.1412396
Vu, T. T., & Alba, G. D. (2014). Authentic Assessment for Student Learning: An Ontological Conceptualisation. Educational Philosophy and Theory, 46(7), 778–791.
Yunita, L., & Widodo, H. (2023). the Implementation of Merdeka Curriculum in Islamic Education Learning At Smk Muhammadiyah Lumajang. Ta Dib Jurnal Pendidikan Islam, 12(1), 103–112. https://doi.org/10.29313/tjpi.v12i1.11287
Zebua, E. N. K., & Zebua, N. (2024). Analisis prinsip dan peran asesmen autentik pada proses dan hasil belajar peserta didik. Edukasi Elita: Jurnal Inovasi Pendidikan, 1(2), 128–136. https://doi.org/10.62383/edukasi.v1i2.133
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 JURNAL PARADIGMA : Journal of Sociology Research and Education

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.






