Meaningful Learning Melalui Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning pada Pembelajaran Sosiologi
DOI:
https://doi.org/10.53682/jpjsre.v6i1.12462Keywords:
meaningful learning, sociology, ausubel, problem based learningAbstract
Urgensi dari penelitian ini terletak pada rendahnya kemampuan berpikir kritis siswa yang membutuhkan perhatian khusus karena pendekatan konvensional terbukti kurang efektif dalam mendorong keterlibatan aktif dan pemahaman bermakna nbsp;< strong>Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi keputusan guru serta menganalisis praktik dalam menggunakan pendekatan meaningful learning pada model pembelajaran Problem Based Learning PBL dalam pembelajaran Sosiologi Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif Sumber data primer diperoleh dari guru dan siswa SMA Batik 2 Surakarta melalui wawancara semi terstruktur observasi passive participant< em> dan dokumentasi Informan diperoleh dari 5 7 siswa SMA Batik 2 Surakarta kelas 11 hingga 12 dan satu guru SMA Batik 2 Surakarta Uji keabsahan data dilakukan dengan triangulasi teknik dan triangulasi sumber Teknik analisis data berupa reduksi data penyajian data dan penarikan kesimpulan Hasil penelitian menunjukkan keputusan guru dalam menerapkan pendekatan meaningful learning < em>melalui PBL sebagai respon terhadap kurangnya pemahaman siswa akibat metode konvensional Praktik penerapannya tercermin melalui aktivitas nbsp; pemanfaatan isu sosial sebagai pemantik diskusi interaktif penyelidikan mandiri presentasi serta refleksi fleksibel untuk memunculkan keterkaitan materi dengan pengalaman siswa < p>
References
Daftar Pustaka
Andini W Masitoh R D Puspitarani S Parhusip J 2025 Penerapan Model Problem Based Learning dalam Membentuk Kemampuan Pemecahan Masalah pada Siswa di Era Digital 07 02 11701 11707
Aprina E A Fatmawati E Suhardi A 2024 Penerapan Model Problem Based Learning Untuk Mengembangkan Keterampilan Berpikir Kritis Pada Muatan IPA Sekolah Dasar Didaktika: Jurnal Kependidikan 13 1 981 990
Ardianti R Sujarwanto E Surahman E 2021 Problem based Learning : Apa dan Bagaimana 3 1 27 35
Astuti N Muntaqo R Farida N 2024 Metode Presentasi Untuk Membangun Keterampilan Public Speaking Dan Kepercayaan Diri Siswa Dalam Pembelajaran PAI di SMAN 1 Mojotengah Wonosobo 3 2 35 44
Chusna F Aini N Putri A Elisa C 2024 LITERATUR REVIEW: URGENSI KETERAMPILAN ABAD 21 PADA PESERTA DIDIK 4 5 0 4 https: doi org 10 17977 um065 v4 i4 2024 1
Darmayanti N Manurung K S B Hasibuan H Puspita S Ginting M F S Harahap M A 2023 Pelaksanaan Teori Belajar Bermakna David Ausubel Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Jurnal Pendidikan Dan Konseling 5 1 https: doi org https: doi org 10 31004 jpdk v5i1 11539
Dwijanti A Lasmawan W Kertih W 2025 PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PBL PADA MATA PELAJARAN IPS UNTUK MENUMBUHKAN KEMAMPUAN BERFIKIR KRITIS SISWA KELAS IV SD NEGERI 1 MANIKYANG 10
Fadillah A R Silalahi T A Putri W A 2024 Kesulitan Siswa Dalam Menangkap Pembelajaran Di Kelas 2 1
Fathoni B 2020 REFLECTIVE PEDAGOGY AS HUMANISTIC LEARNING 2507 February 1 9
Hidayati U Maulidin S Khiolifah S 2024 IMPLEMENTASI PROBLEM BASED LEARNING PBL PADA PROSES PEMBELAJARAN PAI: STUDI DI SMK PELITA BANGUN REJO 4 2 1 23
Iskandar N M Rasmitadila 2024 Peningkatan Kualitas Pembelajaran melalui Evaluasi yang Efektif: Tinjauan Terhadap Praktik dan Metode Evaluasi Iskandar Mujahadah Rasmitadila 3 2 2270 2287 https: doi org 10 30997 karimahtauhid v3i2 11945
Khodir F Khiri I Kibtiyah A 2024 KESENJANGAN GENERASI ANTARA GURU MURID 8 7 210 214
Meiyasa L Ardiasnyah H 2025 Penerapan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Sma EduFisika: Jurnal Pendidikan Fisika 7 2 206 213 https: doi org 10 59052 edufisika v7i2 21325
Muliana Fonna M Nufus H 2024 Pengaruh Penerapan Problem Based Learning Pbl Terhadap Keterampilan Abad 21 Ar Riyadhiyyat: Jurnal Pendidikan Matematika 5 1 22 30
Mulyani A S Yudiyanto M Sabirin A Sabili S Abstract B 2023 Model Meaningful Learning untuk Meningkatkan Kreativitas Pada Pembelajaran Menulis Cerita Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan Oktober 2023 19 1006 1018
Napsiyah S Fazrha Bunga Arcadia R Fadillah Syafa at D Putri Puspita F Naufal Ardiansyah M Rifa Amalia R 2023 Peran Mahasiswa Sebagai Agent Of Change Dalam Mengembangkan Potensi Pemuda Di Kampung Krajan Desa Simpang Jurnal Kesejahteraan Dan Pelayanan Sosial 4 2 182 196 https: doi org 10 52423 jkps v4i2 18
Ndama M Upetran W 2022 Pengaruh Metode Pembelajaran Peer Learning terhadap Peningkatan Nilai Try Out Uji Kompetensi Mahasiswa Prodi DIII Keperawatan Palu Promotif : Jurnal Kesehatan Masyarakat 12 1 102 107 https: doi org 10 56338 promotif v12i1 2694
Ngatminiati Y Hidayah Y Suhono S 2024 Keterampilan Berpikir Kritis Untuk Mengembangkan Kompetensi Abad 21 Siswa Sekolah Dasar Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran JRPP 7 3 8210 8216
Paillin B Prastiti T D Ramdhani S 2024 Pengembangkan Keterampilan Berpikir Kritis dan Solusi Masalah Matematika Melalui Problem Based Learning Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika 8 2 1225 1242 https: doi org 10 31004 cendekia v8i2 3199
Rahmadayanti D Hartoyo A 2022 Potret Kurikulum Merdeka Wujud Merdeka Belajar di Sekolah Dasar Jurnal Basicedu 5 4 2247 2255 https; jbasic org index php basicedu
S Shobihah A Fakhruddin M I F 2024 Implementasi Pembelajaran Bermakna Meaningful Learning dalam Mata Pelajaran PAI dan Budi Pekerti di SMA Mutiara Bunda 00 01 57 74
Sakung N T Fitriana A Diawanto F Wahidah N I 2024 Penerapan Kegiatan Refleksi untuk Meningkatkan Pemahaman Mahasiswa Terhadap Matakuliah Belajar dan Pembelajaran Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan 10 13 1007 1011
Silfiya Siagian I 2024 Penggunaan Teknologi dalam Dunia Pendidikan Tanpa Menghilangkan Nilai Nilai Sosial 07 01 2554 2568
Sulistiani I Nursiwi Nugraheni 2023 Makna Guru Sebagai Peranan Penting Dalam Dunia Pendidikan Jurnal Citra Pendidikan 3 4 1261 1268 https: doi org 10 38048 jcp v3i4 2222
Syamsurijal 2024 Implementasi Berpikir Reflektif Guru Profesional Sebagai Pendidik 5 2 147 153
Tuada N J Raihani N P 2025 Generasi Z Tantangan dan Peluang Bagi Pendidikan 5
Virmayanti N K Suastra I W Suma I K 2023 Inovasi dan Kreativitas GuruDalamMengembangkanKeterampilan Pembelajaran Abad21 Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran 6 4 515 527 https: journal universitaspahlawan ac id index php jrpp article download 20138 14577
Zebua K Zebua N 2024 Analisis prinsip dan peran asesmen autentik pada proses dan hasil belajar peserta didik Edukasi Elita: Jurnal Inovasi Pendidikan 1 2 128 136 https: doi org 10 62383 edukasi v1i2 133






