Meaningful Learning Melalui Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning pada Pembelajaran Sosiologi
DOI:
https://doi.org/10.53682/jpjsre.v6i1.12462Keywords:
meaningful learning, sociology, ausubel, problem based learningAbstract
Urgensi dari penelitian ini terletak pada rendahnya kemampuan berpikir kritis siswa yang membutuhkan perhatian khusus, karena pendekatan konvensional terbukti kurang efektif dalam mendorong keterlibatan aktif dan pemahaman bermakna. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi keputusan guru serta menganalisis praktik dalam menggunakan pendekatan meaningful learning pada model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dalam pembelajaran Sosiologi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Sumber data primer diperoleh dari guru dan siswa SMA Batik 2 Surakarta melalui wawancara semi terstruktur, observasi passive participant, dan dokumentasi. Informan diperoleh dari 5-7 siswa SMA Batik 2 Surakarta kelas 11 hingga 12, dan satu guru SMA Batik 2 Surakarta. Uji keabsahan data dilakukan dengan triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Teknik analisis data berupa reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan keputusan guru dalam menerapkan pendekatan meaningful learning melalui PBL sebagai respon terhadap kurangnya pemahaman siswa akibat metode konvensional. Praktik penerapannya tercermin melalui aktivitas pemanfaatan isu sosial sebagai pemantik, diskusi interaktif, penyelidikan mandiri, presentasi, serta refleksi fleksibel untuk memunculkan keterkaitan materi dengan pengalaman siswa.
References
Daftar Pustaka
Andini, W., Masitoh, R. D., Puspitarani, S., & Parhusip, J. (2025). Penerapan Model Problem Based Learning dalam Membentuk Kemampuan Pemecahan Masalah pada Siswa di Era Digital. 07(02), 11701–11707.
Aprina, E. A., Fatmawati, E., & Suhardi, A. (2024). Penerapan Model Problem Based Learning Untuk Mengembangkan Keterampilan Berpikir Kritis Pada Muatan IPA Sekolah Dasar. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 13(1), 981–990.
Ardianti, R., Sujarwanto, E., & Surahman, E. (2021). Problem-based Learning : Apa dan Bagaimana. 3(1), 27–35.
Astuti, N., Muntaqo, R., & Farida, N. (2024). Metode Presentasi Untuk Membangun Keterampilan Public Speaking Dan Kepercayaan Diri Siswa Dalam Pembelajaran PAI di SMAN 1 Mojotengah Wonosobo. 3(2), 35–44.
Chusna, F., Aini, N., Putri, A., & Elisa, C. (2024). LITERATUR REVIEW: URGENSI KETERAMPILAN ABAD 21 PADA PESERTA DIDIK. 4(5), 0–4. https://doi.org/10.17977/um065.v4.i4.2024.1
Darmayanti, N., Manurung, K. S. B., Hasibuan, H., Puspita, S., Ginting, M. F. S., & Harahap, M. A. (2023). Pelaksanaan Teori Belajar Bermakna David Ausubel Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 5(1). https://doi.org/https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.11539
Dwijanti, A., Lasmawan, W., & Kertih, W. (2025). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PBL PADA MATA PELAJARAN IPS UNTUK MENUMBUHKAN KEMAMPUAN BERFIKIR KRITIS SISWA KELAS IV SD NEGERI 1 MANIKYANG. 10.
Fadillah, A. R., Silalahi, T. A., & Putri, W. A. (2024). Kesulitan Siswa Dalam Menangkap Pembelajaran Di Kelas. 2(1).
Fathoni, B. (2020). REFLECTIVE PEDAGOGY AS HUMANISTIC LEARNING. 2507(February), 1–9.
Hidayati, U., Maulidin, S., & Khiolifah, S. (2024). IMPLEMENTASI PROBLEM-BASED LEARNING (PBL) PADA PROSES PEMBELAJARAN PAI: STUDI DI SMK PELITA BANGUN REJO. 4(2), 1–23.
Iskandar, N. M., & Rasmitadila. (2024). Peningkatan Kualitas Pembelajaran melalui Evaluasi yang Efektif: Tinjauan Terhadap Praktik dan Metode Evaluasi. Iskandar, Mujahadah Rasmitadila, 3(2), 2270–2287. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i2.11945
Khodir, F., Khiri, I., & Kibtiyah, A. (2024). KESENJANGAN GENERASI ANTARA GURU & MURID. 8(7), 210–214.
Meiyasa, L., & Ardiasnyah, H. (2025). Penerapan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Sma. EduFisika: Jurnal Pendidikan Fisika, 7(2), 206–213. https://doi.org/10.59052/edufisika.v7i2.21325
Muliana, Fonna, M., & Nufus, H. (2024). Pengaruh Penerapan Problem Based Learning ( Pbl ) Terhadap Keterampilan Abad 21. Ar-Riyadhiyyat: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 22–30.
Mulyani, A. S., Yudiyanto, M., Sabirin, A., Sabili, S., & Abstract, B. (2023). Model Meaningful Learning untuk Meningkatkan Kreativitas Pada Pembelajaran Menulis Cerita. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, Oktober, 2023(19), 1006–1018.
Napsiyah, S., Fazrha Bunga Arcadia, R., Fadillah Syafa’at, D., Putri Puspita, F., Naufal Ardiansyah, M., & Rifa Amalia, R. (2023). Peran Mahasiswa Sebagai Agent Of Change Dalam Mengembangkan Potensi Pemuda Di Kampung Krajan Desa Simpang. Jurnal Kesejahteraan Dan Pelayanan Sosial, 4(2), 182–196. https://doi.org/10.52423/jkps.v4i2.18
Ndama, M., & Upetran, W. (2022). Pengaruh Metode Pembelajaran Peer Learning terhadap Peningkatan Nilai Try Out Uji Kompetensi Mahasiswa Prodi DIII Keperawatan Palu. Promotif : Jurnal Kesehatan Masyarakat, 12(1), 102–107. https://doi.org/10.56338/promotif.v12i1.2694
Ngatminiati, Y., Hidayah, Y., & Suhono, S. (2024). Keterampilan Berpikir Kritis Untuk Mengembangkan Kompetensi Abad 21 Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(3), 8210–8216.
Paillin, B., Prastiti, T. D., & Ramdhani, S. (2024). Pengembangkan Keterampilan Berpikir Kritis dan Solusi Masalah Matematika Melalui Problem Based Learning. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 1225–1242. https://doi.org/10.31004/cendekia.v8i2.3199
Rahmadayanti, D., & Hartoyo, A. (2022). Potret Kurikulum Merdeka, Wujud Merdeka Belajar di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 2247–2255. https;//jbasic.org/index.php/basicedu
S Shobihah, A Fakhruddin, M. I. F. (2024). Implementasi Pembelajaran Bermakna ( Meaningful Learning) dalam Mata Pelajaran PAI dan Budi Pekerti di SMA Mutiara Bunda. 00(01), 57–74.
Sakung, N. T., Fitriana, A., Diawanto, F., & Wahidah, N. I. (2024). Penerapan Kegiatan Refleksi untuk Meningkatkan Pemahaman Mahasiswa Terhadap Matakuliah Belajar dan Pembelajaran. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 10(13), 1007–1011.
Silfiya, & Siagian, I. (2024). Penggunaan Teknologi dalam Dunia Pendidikan Tanpa Menghilangkan Nilai- Nilai Sosial. 07(01), 2554–2568.
Sulistiani, I., & Nursiwi Nugraheni. (2023). Makna Guru Sebagai Peranan Penting Dalam Dunia Pendidikan. Jurnal Citra Pendidikan, 3(4), 1261–1268. https://doi.org/10.38048/jcp.v3i4.2222
Syamsurijal. (2024). Implementasi Berpikir Reflektif Guru Profesional Sebagai Pendidik. 5(2), 147–153.
Tuada, N. J., & Raihani, N. P. (2025). Generasi Z , Tantangan dan Peluang Bagi Pendidikan. 5.
Virmayanti, N. K., Suastra, I. W., & Suma, I. K. (2023). Inovasi dan Kreativitas GuruDalamMengembangkanKeterampilan Pembelajaran Abad21. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 6(4), 515–527. https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jrpp/article/download/20138/14577
Zebua, K., & Zebua, N. (2024). Analisis prinsip dan peran asesmen autentik pada proses dan hasil belajar peserta didik. Edukasi Elita: Jurnal Inovasi Pendidikan, 1(2), 128–136. https://doi.org/10.62383/edukasi.v1i2.133
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 JURNAL PARADIGMA : Journal of Sociology Research and Education

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.