Membangun Karakter dan Tanggungjawab Moral Melalui Pembelajaran Pendidikan Pancasila Dengan Model Global Inquiry Based Learning GIBL

Authors

  • Seriyanti Seriyanti Universitas Mega Buana
  • Abbas Djohan Universitas Mega Buana

DOI:

https://doi.org/10.53682/2mgthn42

Keywords:

Pendidikan Pancasila, Karakter, Tanggung Jawab Moral, Global Inquiry-Based Learning (GIBL)

Abstract

Pendidikan Pancasila memiliki peran strategis dalam membentuk karakter dan tanggung jawab moral mahasiswa sebagai warga negara yang beradab Namun pembelajaran konvensional sering kali belum efektif dalam menumbuhkan kesadaran nilai nilai Pancasila secara kontekstual dan global Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji efektivitas penerapan model pembelajaran Global Inquiry Based Learning GIBL dalam meningkatkan karakter dan tanggung jawab moral mahasiswa melalui mata kuliah Pendidikan Pancasila Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif Hasil dari penelitian ini diharapkan memberikan kontribusi dalam pengembangan model pembelajaran yang inovatif dan relevan dalam membentuk karakter dan tanggung jawab moral generasi muda Indonesia < p>

References

Lickona, T. (1991). Educating for Character: How Our Schools Can Teach Respect and Responsibility. New York: Bantam Books.

Kaelan. (2010). Pendidikan Pancasila. Yogyakarta: Paradigma.

Oxfam. (2015). Education for Global Citizenship: A Guide for Schools. London: Oxfam GB.

Kemendikbud. (2017). Penguatan Pendidikan Karakter: Panduan untuk Satuan Pendidikan. Jakarta: Kemendikbud.

Samani, M. & Hariyanto. (2012). Konsep dan Model Pendidikan Karakter. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Zamroni. (2011). Pendidikan Karakter Berbasis Nilai dan Etika. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta Press.

Beck, L. W. (1960). A Commentary on Kant's Critique of Practical Reason. University of Chicago Press.

Kant, I. (1785). Groundwork of the Metaphysics of Morals.

Dewey, J. (1938). Experience and Education. New York: Macmillan.

Lee, V. R. (2013). Inquiry-based learning in a connected world. Journal of Learning Sciences

Published

2025-12-15

How to Cite

Membangun Karakter dan Tanggungjawab Moral Melalui Pembelajaran Pendidikan Pancasila Dengan Model Global Inquiry Based Learning GIBL . (2025). JURNAL PARADIGMA : Journal of Sociology Research and Education, 6(2), 1143-1148. https://doi.org/10.53682/2mgthn42