Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Wisatawan Dimediasi oleh Kepuasan Wisatawan pada Wisata Situ Bagendit Garut
DOI:
https://doi.org/10.53682/zx1v0e56Keywords:
Kualitas Pelayanan, Loyalitas Wisatawan, Kepuasan WisatawanAbstract
Dengan mempertimbangkan fungsi kepuasan wisatawan sebagai variabel mediasi di destinasi wisata Situ Bagendit Garut penelitian ini berupaya mengkaji hubungan antara kualitas pelayanan dengan loyalitas wisatawan Penelitian ini mengkaji hubungan antar variabel dengan menggunakan pendekatan kuantitatif yang meliputi pendekatan deskriptif dan verifikatif Dengan menggunakan rumus untuk populasi yang tidak diketahui strategi purposive sampling digunakan untuk memilih total 100 responden wisatawan Untuk mengumpulkan data melalui Google Forms digunakan untuk mendistribusikan survei kepada responden yang sesuai dengan persyaratan penelitian Survei tersebut dibagikan melalui media sosial WhatsApp dan langsung kepada responden Dengan bantuan perangkat lunak SmartPLS versi 4 0 pendekatan Structural Equation Modeling Partial Least Square SEM PLS digunakan untuk menganalisis data Temuan analisis menunjukkan bahwa loyalitas dan kepuasan wisatawan secara signifikan dipengaruhi oleh kualitas pelayanan Selanjutnya telah dibuktikan bahwa sebagian hubungan antara kualitas pelayanan dan loyalitas dimediasi oleh kepuasan wisatawan Hasil ini memberikan arahan strategis bagi pengelola destinasi untuk menciptakan layanan yang lebih baik dan menyoroti pentingnya peningkatan kualitas pelayanan sebagai langkah utama dalam menumbuhkan loyalitas wisatawan < p>
References
Madani, R. R., Susilawati, W., & Adiatma, D. (2024). Efektivitas Kualitas Pelayananan dan Promosi terhadap Keputusan Berkunjung Wisatawan pada Gunung Papandayan Kabupaten Garut dengan Brand Image Sebagai Variabel Mediasi. JURNAL PARADIGMA: Journal of Sociology Research and Education, 5(2), 778–788.
Sudiarta, I. N., Wirawan, P. E., Astina, I. N.G. & Dewi, I. G. A. M. (2022). Kualitas Layanan Dan Destinasi Wisata Terhadap Kepuasan Wisatawan Untuk Mengunjungi Kembali Desa Wisata. Journal of Management and Bussines (JOMB). 4, 508–526.
Rahayu, A. B., Nurhasan, R. & Dhamayanty, S. (2022). Pengaruh Servicescape Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Café Balong Aja Kabupaten Garut. JIMEA | Jurnal Ilmiah MEA ( Manajemen , Ekonomi , dan Akuntansi ). Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, Dan Akuntansi), 6(3), 38–51.
Adillah R. & Nazmah, N. (2024). Pengaruh Kualitas Layanan Dan Tingkat Kepuasan Wisatawan Terhadap Loyalitas Customer Pada Objekwisata Di Pantai Sejarah. JIMEA | Jurnal Ilmiah MEA ( Manajemen , Ekonomi , dan Akuntansi ). 8(1), 2321–2345.
Hermanto, T. A., Moelyati, T. A., & Fitantina, F. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Tarif dan Aksesibilitas Terhadap Kepuasan serta Dampaknya Terhadap Loyalitas Wisatawan pada Objek Wisata Air Terjun Curup Tenang Bedegung Muara Enim. Motivasi, 7(1), 1. https://doi.org/10.32502/mti.v7i1.4124
Huda, N. N., Suryoko, S., & Waloejo, H. D. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Fasilitas Wisata terhadap Keputusan Berkunjung Kembali dengan Kepuasan Wisatawan sebagai Variabel Intervening (Studi pada Wisatawan Hortimart Agro Center Bawen). Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 11(2), 198–206. https://doi.org/10.14710/jiab.2022.34405
Lutfiyah, Z., & AS, F. (2024). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Citra Destobasi terhadap Loyalitas Wisatawan Wisata Mangrove dengan Kepuasan Wisatawan sebagai Variabel Intervening. El-Mal: Jurnal Kajian Ekonomi & Bisnis Islam, 5(3), 1843–1856. https://doi.org/10.47467/elmal.v5i3.803
Marlina, S., & Wufron, W. (2021). Kualitas Pelayanan Berpengaruh Positif terhadap Kepuasan Pelanggan Café di Kabupaten Garut. Jurnal Wacana Ekonomi, 20(2), 118. https://doi.org/10.52434/jwe.v20i2.1286
Riadi, D., Permadi, L. A., & Retnowati, W. (2023). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Berkunjung Kembali Ke Desa Wisata Hijau Bilebante Yang Dimediasi Oleh Kepuasan Wisatawan. Jurnal Riset Pemasaran, 2(2), 38–49. https://doi.org/10.29303/jrp.v2i2.2678
Siregar, M. Y. (2022). Analisis Pengaruh Ikatan Emosi dan Kualitas Pelayanan Melalui Kepuasan Terhadap Loyalitas Wisatawan Di Wisata Pulau Poncan Gadang, Kabupaten Tapanuli Tengah-Sumatera Utara. TOBA: Journal of Tourism, Hospitality and Destination, 1(3), 142–147. https://doi.org/10.55123/toba.v1i3.837
Trisnawati, R., & Wibisono, N. (2022). Pengaruh Kualitas Layanan, Ketersediaan Produk Wisata, Citra Destinasi Terhadap Kepuasan dan Loyalitas Destinasi Kampung Karuhun Sumedang. Jurnal Bisnis Dan Kewirausahaan, 18(3), 238–247. https://doi.org/10.31940/jbk.v18i3.238-247
Wihelmus Mardo Davinsi, Meitiana, M., & Yunikewaty, Y. (2023). Pengaruh Strategi Pemasaran dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan dan Dampaknya Terhadap Loyalitas Konsumen Daerah Wisata Tahura Lapak Jaru di Kabupaten Gunung Mas. Edunomics Journal, 4(2), 190–209. https://doi.org/10.37304/ej.v4i2.10061
Hair, J. F., Risher, J. J., Sarstedt, M., & Ringle, C. M. (2019). When to use and how to report the results of PLS-SEM. European Business Review, 31(1), 2–24.
Santoso, D., & Santoso, D. S. R. (2021). PLS dan GeSCA dalam Analisis Kuantitatif. Penerbit PT. Kepel Press, Yogyakarta.
Sugiyono, S., & Lestari, P. (2021). Metode penelitian komunikasi (Kuantitatif, kualitatif, dan cara mudah menulis artikel pada jurnal internasional). Alvabeta Bandung, CV.
Yamin, S. (2023). Olah data Statistik SMARTPLS 3 SMARTPLS 4 AMOS & STATA (Mudah & Praktis) Edisi III. Dewangga Energi Internasional Publishing
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 JURNAL PARADIGMA : Journal of Sociology Research and Education

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.






