Kepuasan Pelanggan pada Jasa Transportasi KPM Trans Garut Dianalisis Melalui Harga dan Fasilitas
DOI:
https://doi.org/10.53682/p5pa9j51Keywords:
Harga, Fasilitas, Kepuasan PelangganAbstract
Artikel ini guna meneliti variabel Kepuasan Pelanggan Pada KPM Trans Garut Dianalisis Melalui Harga dan Fasilitas. Metode yang digunakan yaitu pendekatan kuantitatif dengan data yang didapat dari pembagian angket dengan jumlah 100 responden. Pada proses penentuan karateristik yang dipakai metode non-probability sampling dengan teknik purposive sampling. Untuk populasi yang menjadi patokan adalah pelanggan yang sudah menggunakan jasa transportasi KPM Trans Garut. Metode analisis data yaitu SEM-PLS yang dibantu dengan aplikasi Smart PLS 4.0. Untuk hasil penelitian dapat ditunjukkan bahwa baik harga maupun fasilitas terdapat hasil yang positif juga signifikan terhadap kepuasan pelanggan. Harga yang kompetitif juga fasilitas yang memadai terbukti mampu meningkatkan tingkat kepuasan pengguna layanan. Temuan ini mengindikasikan pentingnya strategi penetapan harga dan peningkatan kualitas fasilitas sebagai upaya untuk membangun kepuasan pelanggan dan memperkuat posisi KPM Trans di tengah persaingan industri transportasi.
References
Achsa, A., & Wibisono, H. B. (2021). Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Fasilitas Terhadap Kepuasan Konsumen Dalam Melakukan Servis Kendaraan (Studi Kasus Di Ahass Astra Honda Motor Kedungsari Kota Magelang). Image : Jurnal Riset Manajemen, 9(2), 92–100. https://doi.org/10.17509/image.v9i2.25936
Aditia, A., Komara, A. T., Roslina, N. Y., & Jatmika, L. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen. Acman: Accounting and Management Journal, 1(2), 104–114. https://doi.org/10.55208/aj.v1i2.25
Afedo, P. D., & Qu, Y. (2021). Analyzing the Antecedents (I.E., Service Price and Service Quality) and Consequences (I.E., Repurchase Intention and Customer Loyalty) Of Customer Satisfaction in Transportation Industry of Ghana: The Mediated Model. International Journal of Social Science and Economics Invention, 7(07), 152–159. https://doi.org/10.23958/ijssei/vol07-i07/308
Amanda Diamontina, Susanto, & Yuliana. (2024). Pengaruh Harga terhadap Kepuasan Pelanggan Jasa Transportasi Online. Journal of Trends Economics and Accounting Research, 4(2), 469–475. https://doi.org/10.47065/jtear.v4i2.1029
Anggraini, F., & Budiarti, A. (2020). Pengaruh Harga, Promosi, dan Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Pelanggan Dimediasi Kepuasan Pelanggan Pada Konsumen Gojek. Jurnal Pendidikan Ekonomi (JUPE), 8(3), 86–94. https://doi.org/10.26740/jupe.v8n3.p86-94
Astuti, R., Ardila, I., & Lubis, R. R. (2021). Pengaruh Promosi Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Sepatu Merek Converse The Effect of Promotion and Product Quality on the Purchase Decision of Converse Brand Shoes. Akmami, 2(2), 204–219.
Berliani, A., Sunarwijaya, I. K., & Adiyandnya, M. S. P. (2021). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Konsumen Dalam Menggunakan Jasa Ekspedisi. Karya Riset Mahasiswa Akuntansi, 1(1), 20–27.
Berlianti, D. F., Abid, A. Al, & Ruby, A. C. (2024). Metode Penelitian Kuantitatif Pendekatan Ilmiah untuk Analisis Data. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 7(3), 1861–1864.
Dephub. (2024). Hadirnya Bus Berkualitas Diharapkan Tingkatkan Minat Masyarakat Gunakan Angkutan Umum. Dephub.Go.Id. https://dephub.go.id/post/read/hadirnya-bus-berkualitas-diharapkan-tingkatkan-minat-masyarakat-gunakan-angkutan-umum
Dimas Realino, Valeria Eldyn Gula, & Sofiana Jelita. (2023). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Harga terhadap Kepuasan Konsumen. Lokawati : Jurnal Penelitian Manajemen Dan Inovasi Riset, 1(4), 68–81. https://doi.org/10.61132/lokawati.v1i4.137
Ghozali, L. (2015). Konsep, Teknik, Aplikasi Menggunakan Smart PLS 3.0 Untuk Penelitian Empiris. Universitas Diponegoro.
Ghozali, L. (2016). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 23 (8th ed.). Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Goodstats. (2024). Masyarakat Puas Dengan Sistem Transportasi Umum di Era Jokowi. Goodstats.Id. https://goodstats.id/article/masyarakat-puas-dengan-sistem-transportasi-umum-di-era-jokowi-rXibR
Hadi, A. P. (2019). Pengaruh Produk Wisata Terhadap Kepuasan Pengunjung Di Tamansari Goa Snyaragi. 13(11), 1–23.
Indrasari, M. (2019). Pemasaran dan Kepuasan Pelanggan. Unitomo Press.
Jayusman, H. (2022). Pengaruh Fasilitas Terhadap Kepuasan Pelanggan Oikos Cafe Pangkalan Bun. Prodi Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Antakusuma, 10(2), 93–100.
Kotler, Philip., dan G. A. (2019). Principles of Marketing (14 th Ed). Prentice Hall.
Kusuma Minarta, M., Wijiastuti, S., & Darsono, D. (2023). Brand Image, Price, and Facilities Affect Consumer Decisions Using Tourism Bus Services (Survey on Consumers Pt. Kusuma Trans in Klaten Regency). International Journal of Business, Law, and Education, 4(1), 61–69. https://doi.org/10.56442/ijble.v4i1.131
Marliana, R. R. (2019). Partial Least Square-Structural Equation Modeling Pada Hubungan Antara Tingkat Kepuasan Mahasiswa Dan Kualitas Google Classroom Berdasarkan Metode Webqual 4.0. Jurnal Matematika, Statistika Dan Komputasi, 16(2), 174. https://doi.org/10.20956/jmsk.v16i2.7851
Maulidiah, E. P., Survival, S., & Budiantono, B. (2023). Pengaruh Fasilitas Terhadap Kualitas Pelayanan Serta Implikasinya Pada Kepuasan Pelanggan. Jurnal Economina, 2(3), 727–737. https://doi.org/10.55681/economina.v2i3.375
Muhammad Rifan Mutaqin, Mochamad Malik Akbar Rohandi, & Septiana Ayu Estri Mahani. (2023). Pengaruh Harga dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Transportasi Online Indrive di Bandung. Jurnal Riset Manajemen Dan Bisnis, 69–78. https://doi.org/10.29313/jrmb.v3i2.2824
Nikin Hardati, R. (2021). Pengaruh Kinerja Driver dan Fasilitas Aplikasi Terhadap Loyalitas Melalui Kepuasan Pelanggan (Studi Kasus Gojek Kota Malang). Profit, 15(01), 74–83. https://doi.org/10.21776/ub.profit.2021.015.01.8
Nurcahyono. (2023). Analisis Penggunaan Moda Transportasi Bagi Pekerja Komuter (Studi Kasus Kecamatan Gunung Putri). Jurnal Transportasi, 23(3), 177–184.
Nurhalizah, S., Kholijah, G., & Jambi, U. (2023). Analisis Structural Equation Modeling Partial Least Square pada. 6(2), 125–135.
P Sondakh, R. S. (2021). Hubungan Antara Pengguna Sepeda Motor Untuk Bekerja Dengan Gender, Usia, Kepemilikan Kendaraan Dan Jarak Perjalanan Di Kota Bandung. 31–44.
Pane, Fikri, &, & Ritonga. (2018). Pengaruh Fasilitas dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan PT Teno Sukses Abadi Di Kota Batam. 4.
Purbohastuti, A. W. (2021). Efektivitas Bauran Pemasaran pada Keputusan Pembelian Konsumen Indomaret INDOMARET. Jurnal Sains Manajemen, 7(1), 1–17.
Setyawati, M. R., Rohaeni, N. W., & Woelandari, H. (2022). Pengaruh Harga, Promosi dan Inovasi Terhadap Kepuasan Pelanggan Provider Telkomsel Pada Generasi Milenial Muslim di Kota Bekasi. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 8(02), 2159–2166.
Susilawati, W., & Wufron, W. (2017). Pengaruh Brand Image Terhadap Brand Trust Serta Implikasinya Terhadap Brand Loyality (Produk Dodol PT. Herlinah Cipta Pratama). Jurnal Wacana Ekonomi, 17, 024–034. www.jurnal.uniga.ac.id
Susilawati Wati, Hanifah Siti Hani, M. N. S. (2022). Tourism Facilities dan Tourist Satisfaction Pada Objek Wisata Situ Bagendit II Kabupaten Garut. Jurnal Wacana Ekonomi, Volume 21.
Trans, K. (2025). KPM Trans. https://www.kpmtrans.id
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 JURNAL PARADIGMA : Journal of Sociology Research and Education

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.






