Hubungan Lingkungan Sosial Masyarakat terhadap Perilaku Sosiopatik Remaja di Desa Seri Kembang III Ogan Ilir

Authors

  • Fadel Kasman Universitas Sriwijaya
  • Ardi Saputra Universitas Sriwijaya
  • Shomedran Shomedran Universitas Sriwijaya

DOI:

https://doi.org/10.53682/az3w7t05

Keywords:

Lingkungan Sosial, Perilaku Sosiopatik, Remaja.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan lingkungan sosial masyarakat terhadap perilaku sosiopatik remaja di Desa Seri Kembang III Kabupaten Ogan Ilir Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode korelasional Jumlah Responden sebanyak 67 dan jumlah sampel sebanyak 67 orang remaja yang dpilih secara random sampling< em> adapun pengumpulan data yang dilakukan dengan kusioner Hasil uji korelasi menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara lingkungan sosial masyarakat terhadap perilaku sosiopatik remaja di tunjukkan dengan nilai signifikansi sebesar 0 000 dan koefisien korelasi sebesar 0 527 yang berarti pada kategori positif Uji determinasi R Square< em> menunjukkan bahwa lingkungan sosial memberikan kontribusi sebesar 55 terhadap perilaku sosiopatik remaja sedangkan sisanya di pengaruhi faktor lain seperti kondisi psikologis krisis identitas dan pengalaman traumatis Temuan ini menunjukkan pentingnya peran lingkungan sosial yang positif dalam mencegah munculnya perilaku sosiopatik remaja Oleh karena itu diperlukan sinergi antara keluarga sekolah dan masyarakat dalam menciptakan lingkungan yang sehat bagi perkembangan psikososial remaja < p>

References

Ais, P. S. (2022). upaya guru bimbingan dan konseling dalam mengatasi perilaku sosiopatik peserta didik di sma negeri 1 bandar lampung (Doctoral dissertation, UIN RADEN INTAN LAMPUNG).

Biahimo, N.U dan Modjo, D. (2021). Hubungan Pola Asuh Orang Tua dengan Perilaku Sosiopatik pada Siswa SMPN 1 Bulango Timur Kecamatan Bulango Timur Bone Bolango. Zaitun: Jurnal Ilmu Kesehatan, 6(1), 1–8.

Gunadi, A. A. (2017). Pengaruh Lingkungan Sosial Terhadap Imajinasi Anak. Refleksi Edukatika : Jurnal Ilmiah Kependidikan, 7(2). https://doi.org/10.24176/re.v7i2.1215

Hanton. (2020). Metodologi Penelitian Skripsi dengan Aplikasi SPSS. Deepublish.

Pitoewas Berchah. (2018). Pengaruh Lingkungan Sosial dan Sikap Remaja Terhadap Perubahan Tata Nilai. Jurnal Pancasila Dan Kewarganegaraan, 3.1, 8–18.

Sapara, M. M., Lumintang, J., & Paat, C. J. (2020). Dampak lingkungan sosial terhadap perubahan perilaku remaja perempuan di desa ammat kecamatan tampan’ amma kabupaten kepulauan talaud. HOLISTIK, Journal Of Social and Culture.

Siti Fadjryana Fitroh, Qoyimah, A., Arini, D. U., Sarnoto, A. Z., Fuadi, A., Meyrinda, J., Asfitri, M. K., Zain, T. S., Santosa, R. S., Fadhillah, N., Hardiyanto, S., Romadhona, E. S., Fajri, M., SUSANTI, I., Ridwan, Kader, A., Prasetya, H., Rahman, M., Adityawati, I. A., … Mantiri, vive vike. (2018). Buku ajar Perilaku Menyimpang. Pemikiran Syariah Dan Hukum, 3(2), 1–13.

Wahyuni, R. S. (2019). Hubungan Lingkungan Terhadap Penyalahgunaan Narkoba Pada Remaja Di Lembaga Pembinaan Khusus Anak Klas II Pekanbaru. Midwifery Journal: Jurnal Kebidanan UM. Mataram, 4(2), 83-88.

Wulandari, N. K., Komang, N., Resiyanthi, A., Widiastuti, P., Wira, S., Ppni Bali, M., & Badung, R. (2018). Hubungan Pola Asuh Orang Tua Dengan Perilaku Sosiopatik Pada Remaja Kelas Viii Di Smp Pgri 3 Denpasar Relations Parenting Parents With Sosiopatik Behavior in Teens Class VIII in Smp Pgri 3 Denpasar. Bmj, 5(1), 21–30.

Zahroh, S., & Na’imah, N. (2020). Peran Lingkungan Sosial terhadap Pembentukan Karakter Anak Usia Dini di Jogja Green School. Jurnal PG-PAUD Trunojoyo : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Anak Usia Dini, 7(1), 1–9.

Zulkhairi, Z., Arneliwati, A., & Nurchayati, S. (2019). Studi Deskriptif Kualitatif: Persepsi Remaja Terhadap Perilaku Menyimpang. Jurnal Ners Indonesia, 9(1), 145.

Published

2025-12-17

How to Cite

Hubungan Lingkungan Sosial Masyarakat terhadap Perilaku Sosiopatik Remaja di Desa Seri Kembang III Ogan Ilir. (2025). JURNAL PARADIGMA : Journal of Sociology Research and Education, 6(2), 1251-1256. https://doi.org/10.53682/az3w7t05