Implementasi Kegiatan Manjhe’ (Bertani Padi) dalam Menstimulasi Kemandirian Anak Usia Dini di KB Miftahul Ulum Sukowono
DOI:
https://doi.org/10.53682/pnsayd58Keywords:
Kemandirian;Kegiatan Manjhe’ (Bertani Padi); Anak Usia Dini.Abstract
Pendidikan anak usia dini PAUD memainkan peran kunci dalam membentuk kemandirian anak Melalui PAUD anak anak diberi kesempatan untuk belajar melakukan berbagai hal sendiri sehingga meningkatkan rasa percaya diri mereka Mereka juga belajar cara memecahkan masalah mengelola emosi dan berinteraksi dengan orang lain Ini tidak hanya membantu mereka dalam kehidupan sehari hari tetapi juga meletakkan fondasi yang kuat untuk pendidikan formal dan masa depan mereka Oleh karena itu Pendekatan pembelajaran inovatif sangat diperlukan untuk menumbuhkan kemandirian anak dan salah satu caranya adalah dengan melibatkan mereka dalam kegiatan manjhe bertani padi Penelitian ini menerapkan pendekatan Deskriptif Kualitatif dengan fokus pada anak anak kelompok usia 4 5 tahun serta melibatkan guru tenaga pendidik dan kepala sekolah di KB Miftahul Ulum Sukowono sebagai subjek penelitian Pengumpulan data dilakukan melalui tiga metode utama yaitu observasi wawancara dan dokumentasi untuk mendapatkan gambaran yang komprehensif tentang fenomena yang diteliti Penelitian ini bertujuan untuk memberikan pemahaman yang efektif tentang cara menstimulasi kemandirian anak yang tercermin dari kemampuan mereka menyelesaikan tugas menanam berani mencoba hal baru dan memecahkan masalah Hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi sumber inspirasi bagi guru Pendidikan Anak Usia Dini dalam mengembangkan pendekatan pembelajaran yang mendukung kemandirian anak Selain itu kegiatan manjhe bertani padi diharapkan dapat menjadi referensi berharga bagi pendidik dan orang tua sebagai salah satu metode atau strategi pembelajaran yang efektif untuk menumbuhkan kemandirian pada anak usia dini < p>
References
Anggraeni, A. D. (2017). Kompetensi Kepribadian Guru Membentuk Kemandirian Anak Usia Dini (Studi Kasus di TK Mutiara, Tapos Depok). AWLADY : Jurnal Pendidikan Anak, 3(2), 28. https://doi.org/10.24235/awlady.v3i2.1529
Aprilianarsih, P., & Mil, S. (2023). Kemandirian Anak Dengan Orang Tua Yang Menerapkan Pola Asuh Permisif. Jurnal Ilmiah Potensia, 8(2), 233–242. https://doi.org/10.33369/jip.8.2.233-242
Citra Aulia Fitri. (2024). Analisis Faktor - Faktor Sikap Kemandirian Anak Usia 4-5 Tahun di PAUD Khairin Kids T.A 2023/2024. Jurnal Arjuna : Publikasi Ilmu Pendidikan, Bahasa Dan Matematika, 2(5), 283–291. https://doi.org/10.61132/arjuna.v2i5.1218
Handari, A. T., Sukmawati, E., & Yulhaidir, A. (2022). Implementasi Penggunaan Farming Gardening Project dalam Membangun Pendidikan Karakter Siswa Sekolah Dasar. Prosiding Konferensi Ilmiah Dasar, 3, 803–809. http://prosiding.unipma.ac.id/index.php/KID
Hardiyani, I. K., Diana, & Hartono. (2025). Implementation of Merdeka Belajar Curriculum in the Process of Developing Independence and Creativity in Kindergartens in Juwana District. PAUDIA : Jurnal Penelitian Dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini, 14(1), 129–144. https://doi.org/10.26877/paudia.v14i1.1146
Iriani, F., Nurjannah, S., Wardani, H. K., & Rahayu, S. S. (2023). Upaya Meningkatkan Kemandirian Peserta Didik KejarAURORA melalui Budidaya Tanaman Hias Daun (Aglaonema, Calathea, dan Peperomia). Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 13(1). https://doi.org/10.30999/jpkm.v13i1.2346
Melinda, P. (2020). Implementasi kegiatan bercocok tanam dalam meningkatkan kecerdasan naturalis pada anak usia 5-6 tahun. Iaian Bengkulu, 1516250020.
Mulyana, E. H., Nurzaman, I., & Fauziyah, N. A. (2017). Upaya Meningkatkan Kemampuan Anak Usia Dini Mengenal Warna. Jurnal Paud Agapedia, 1(1), 76–91. https://doi.org/10.17509/jpa.v1i1.7170
Nasution, U. S., Dewi, M., & Maulina Azmi, S. R. (2021). Meningkatkan Motorik Anak Usia Dini Dengan Bercocok Tanam. Jurnal Pemberdayaan Sosial Dan Teknologi Masyarakat, 1(1), 17. https://doi.org/10.54314/jpstm.v1i1.528
Nuranisa, L., Triani, M., Hidayah, W. A., Aurelia, P. M., Sanusi, D. A., Nasyatul K, N., & Khomaeny, E. F. F. (2018). Puzzle Sebagai Media Bermain Untuk Melatih Kemandirian Anak Usia Dini. Early Childhood : Jurnal Pendidikan, 2(2a), 57–65. https://doi.org/10.35568/earlychildhood.v2i2a.286
Nurmawati, A. D. (2020). Upaya Peningkatan Keterampilan Membaca Permulaan Melalui Media Perpustakaan Huruf Abjad Pada Kelompok a Ra As Syafi’Iyah Ponorogo. Edupedia, 4(1), 1. https://doi.org/10.24269/ed.v4i1.424
Nursih, B., Rahmaningrum, A., Fatimah, S., & Farijah, D. (2024). Penerapan Kegiatan Bercocok Tanam dalam Pembelajaran Berdiferensiasi pada Kemampuan Motorik Halus Anak Usia 5-6 Tahun. Elementary Education Journal, 1(1), 7–16.
Ronzon, T., Gurria, P., Carus, M., Cingiz, K., El-Meligi, A., Hark, N., Iost, S., M’barek, R., Philippidis, G., van Leeuwen, M., Wesseler, J., Medina-Lozano, I., Grimplet, J., Díaz, A., Tejedor-Calvo, E., Marco, P., Fischer, M., Creydt, M., Sánchez-Hernández, E., … Miras Ávalos, J. M. (2025). No 主観的健康感を中心とした在宅高齢者における 健康関連指標に関する共分散構造分析Title. Sustainability (Switzerland), 11(1), 1–14. https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/28459981/%0Ahttps://doi.org/10.1016/j.resenv.2025.100208%0Ahttp://scioteca.caf.com/bitstream/handle/123456789/1091/RED2017-Eng-8ene.pdf?sequence=12&isAllowed=y%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.regsciurbeco.2008.06.005%0Ahttps:
Septiani Hapidah, Aldila Andari Kristi, & Dhian Riskiana Putri. (2024). Pembelajaran Menanam Padi untuk Melatih Motorik Halus pada Anak Usia Dini. ASPIRASI : Publikasi Hasil Pengabdian Dan Kegiatan Masyarakat, 2(4), 128–138. https://doi.org/10.61132/aspirasi.v2i4.886
Simatupang, N. D., Widayati, S., Adhe, K. R., & Shobah, A. N. (2021). Penanaman Kemandirian Pada Anak Usia Dini Di Sekolah. Jurnal Anak Usia Dini Holistik Integratif (AUDHI), 3(2), 52. https://doi.org/10.36722/jaudhi.v3i2.593
Yuniarti, R., Cahaya, Y. F., Pratama, A. K., & Fajar, A. S. (2021). Implementasi Usaha Bercocok Tanam Tanpa Lahan Sebagai Pengenalan Dasar Untuk Pendidikan Anak Usia Dini Di Sekolah Islam Al-Yaqut. Jurnal Abdimas Perbanas, 2(1), 32–40. https://doi.org/10.56174/jap.v2i1.375
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 JURNAL PARADIGMA : Journal of Sociology Research and Education

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.






