Hubungan Tingkat Keaktifan Dengan Hasil Belajar Afektif Warga Belajar Program Paket C Di PKBM Harapan Ogan Ilir
DOI:
https://doi.org/10.53682/ygv2fh21Keywords:
Level of Activity, Affective Learning Outcomes, Students, Package C Program, PKBMAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat keaktifan belajar, hasil belajar afektif, serta hubungan antara tingkat keaktifan dengan hasil belajar afektif warga belajar Program Paket C di PKBM Harapan Ogan Ilir. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif korelasional dengan sampel penelitian berjumlah 118 sampel dari 167 populasi yang ditentukan dengan teknik simple random sampling. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini berupa skala tingkat keaktifan dan hasil belajar afektif yang diperoleh menggunakan kuesioner. Hasil analisis data menunjukkan bahwa tingkat keaktifan warga belajar sebagian besar berada pada kategori sedang dengan persentase 39% (46 orang), tingkat hasil belajar afektif warga belajar sebagian besar berasa pada kategori sedang dengan persentase 30% (35 orang) Kemudian koefisien korelasi (r) = 0,757 dan sig. (2-tailed) 0,000 atau < 0,05 yang artinya terdapat hubungan positif yang signifikan antara tingkat keaktifan dengan hasil belajar afektif warga belajar program Paket C di PKBM Harapan Ogan Ilir. Temuan ini menunjukkan adanya kecenderungan bahwa warga belajar yang memiliki tingkat keaktifan lebih tinggi cenderung memiliki hasil belajar afektif yang lebih baik begitupun sebaliknya. Sehingga keaktifan warga belajar dapat menjadi indikator penting yang berkaitan dengan pencapaian hasil belajar afektif, dan patut diperhatikan dalam perencanaan dan pelaksanaan program pembelajaran.
References
Andra, C. S., & Sunarti, V. (2022). Hubungan Antara Keaktifan Warga Belajar Dengan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Matematika Program Paket B di PKBM. Jurnal Family Education, 2(2), 183-191.
Iskandar, A. N. (2023). Hubungan Antara Partisipasi Warga Belajar Dengan Hasil Belajar Pada Program Pendidikan Kesetaraan Paket C Kelas XII Binaan UPT SPNF Sanggar Kegiatan (SKB) Daratan Kabupaten Kepulauan Selayar.
Nugraha, A. K. (2019). Peningkatan keaktifan dan prestasi belajar IPA materi sistem organisasi kehidupan makhluk hidup dengan media flash card matching game pada peserta didik kelas VII F SMP negeri 1 pejagoan semester 2 tahun pelajaran 2018/2019. Jurnal Pendidikan Konvergensi, 6(29), 7-18.
Rayaswala, R. (2018). Model Pendampingan Tutor Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Warga Belajar Paket C PKBM Gema Di Kota Tasikmalaya (Doctoral dissertation, Universitas Siliwangi).
Setiawan, D. (2020). Hubungan Minat Belajar Dengan Prestasi Belajar Peserta Didik Paket C (Studi Kasus pada Paket C di PKBM Gema Kota Tasikmalaya) (Doctoral dissertation, Universitas Siliwangi).
Syahniendita, GA. (2020). Hubungan Tingkat Keaktifan Warga Belajar Dengan Hasil Belajar Program Paket C Di Sanggar Kegiatan Belajar Baturaja. Universitas Sriwijaya. Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan. Pendidikan Luar Sekolah: Indralaya.
Syaputra, R., & Shomedran, S. (2023). Penyelenggaraan Program Pendidikan Kesetaraan Pada Satuan Pendidikan Non Formal SKB Kota Palembang. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 9(1), 17-34.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 JURNAL PARADIGMA : Journal of Sociology Research and Education

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.






