Pengembangan Buku Ajar Microteaching Berbasis Gamification Untuk Meningkatkan Kreativitas Mengajar Mahasiswa Sebagai Calon Guru
DOI:
https://doi.org/10.53682/hnxj6c91Keywords:
Gamification, Microteaching Textbook, Teaching CreativityAbstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kreativitas mengajar mahasiswa calon guru dalam mata kuliah microteaching yang ditunjukkan oleh penggunaan metode pembelajaran yang monoton dan kurang variatif Minimnya inovasi dalam merancang pengalaman belajar menyebabkan mahasiswa belum mampu mengembangkan kemampuan pedagogik secara optimal Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan buku ajar microteaching berbasis gamification guna meningkatkan kreativitas mengajar mahasiswa Penelitian menggunakan model pengembangan ADDIE yang meliputi tahap analisis desain pengembangan implementasi dan evaluasi Instrumen penelitian berupa tes kreativitas mengajar lembar validasi ahli dan angket respon mahasiswa Uji coba dilakukan pada mahasiswa calon guru program studi Pendidikan Antropologi Hasil penelitian menunjukkan bahwa buku ajar berbasis gamification yang dikembangkan memiliki tingkat kelayakan yang sangat baik berdasarkan penilaian ahli materi dan ahli media Hasil uji efektivitas menunjukkan adanya peningkatan kreativitas mengajar mahasiswa secara signifikan ditunjukkan oleh naiknya skor rata rata dari 64 pada pretest menjadi 79 pada posttest Perhitungan menggunakan rumus N Gain menghasilkan nilai 0 42 yang termasuk dalam kategori peningkatan sedang Temuan ini menunjukkan bahwa penerapan gamification dalam buku ajar microteaching dapat menjadi alternatif inovatif untuk meningkatkan kreativitas mengajar mahasiswa calon guru < p>
References
Fimansyah W Daud A R Rulyani A Maibang C F B Fatimah Y S Hasibuan A S 2023 Effectiveness Of Pjbl Project Based Learning Based Microteaching Modules Student Learning Results On Basic Teaching Skills Material Journal Of Educational Review And Research 6 2 139 145
H Helmiati Micro Teaching: Melatih Keterampilan Dasar Mengajar Cetakan Ii Yogyakarta: Aswaja Pressindo 2015
Judijanto L Utami R N Suhirman L Laka L Boari Y Lembang S T Yunus M 2024 Metodologi Research And Development: Teori Dan Penerapan Metodologi Rnd Pt Sonpedia Publishing Indonesia
Kurniawati F N A 2022 Meninjau Permasalahan Rendahnya Kualitas Pendidikan Di Indonesia Dan Solusi Academy Of Education Journal 13 1 1 13
Muhardi M 2004 Kontribusi Pendidikan Dalam Meningkatkan Kualitas Bangsa Indonesia Mimbar: Jurnal Sosial Dan Pembangunan 20 4 478 492
Patandung Y Panggua S 2022 Analisis Masalah Masalah Pendidikan Dan Tantangan Pendidikan Nasional Jurnal Sinestesia 12 2 794 805
S Subhash And E A Cudney Gamified Learning In Higher Education: A Systematic Review Of The Literature Comput Hum Behav Vol 87 Pp 192 206 Oct 2018 Doi: 10 1016 J Chb 2018 05 028
Simamora R M Probosini A R Sarjiwo S 2024 Learning to Be a Teacher: Prospective Teachers Experiences and Perceptions in Micro Teaching Course Studies in Learning and Teaching 5 3 688 719
Sudarman D Ellyawati N 2021 Microteaching Dasar Komunikasi Dan Keterampilan Mengajar Malang: Wineka Media
Yunita N P Indrajit R E 2022 Gamification: Membuat Belajar Seasyik Bermain Game Penerbit Andi
Z Zainuddin S K W Chu M Shujahat And C J Perera The Impact Of Gamification On Learning And Instruction: A Systematic Review Of Empirical Evidence Educ Res Rev Vol 30 P 100326 June 2020 Doi: 10 1016 J Edurev 2020 100326
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 JURNAL PARADIGMA : Journal of Sociology Research and Education

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.






