Transformasi Pembelajaran Nonformal bagi Lansia: Analisis Implementasi Program Selantang di Kecamatan Nganjuk
DOI:
https://doi.org/10.53682/t834rd94Keywords:
Program Selantang, Implementasi Publik, Kualitas Hidup, Pemberdayaan MasyarakatAbstract
Pertumbuhan populasi lanjut usia di Indonesia menghadirkan tantangan baru dalam penyediaan layanan pendidikan nonformal yang mampu meningkatkan kualitas hidup kelompok rentan tersebut Program Sekolah Lansia Tangguh Selantang yang dikembangkan BKKBN merupakan inovasi penting dalam pembelajaran sepanjang hayat yang dirancang untuk meningkatkan ketangguhan fisik mental sosial dan spiritual lansia Penelitian ini bertujuan menganalisis efektivitas Program Selantang di Kecamatan Nganjuk dengan menggunakan model implementasi kebijakan George C Edward III sebagai kerangka analisis utama Penelitian dilakukan melalui pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi wawancara mendalam dan analisis dokumentasi Temuan penelitian menunjukkan bahwa implementasi Selantang memberikan dampak signifikan terhadap peningkatan kesehatan emosional kemampuan kognitif serta keterlibatan sosial peserta terutama melalui kegiatan interaktif seperti diskusi kelompok permainan edukatif dan pelatihan fisik Namun sejumlah hambatan masih muncul terutama pada aspek komunikasi antar pelaksana keterbatasan anggaran kekurangan fasilitas pembelajaran serta lemahnya koordinasi lintas sektor Meskipun demikian tingginya komitmen kader dan penyuluh KB menjadi faktor penentu keberhasilan program Dengan memperkuat sinergi antar lembaga dan meningkatkan dukungan pemerintah daerah program ini berpotensi menjadi model pembelajaran nonformal unggulan bagi lansia di tingkat regional maupun nasional < p>
References
Badan Pusat Statistik. (2023). Bonus Demografi dan Visi Indonesia Emas 2045. Badan Pusat Statistik, 1–12. Retrieved from https://bigdata.bps.go.id/documents/datain/2023_01_2_Bonus_Demografi_dan_Visi_Indonesia Emas_2045.pdf
Boreel, M. S., Meigawati, D., & Amirulloh, M. R. (2022). Implementasi Program Puspaga (Pusat Pembelajaran Keluarga) Dalam Upaya Pencegahan Kekerasan Pada Anak Di Kota Sukabum. Jurnal Inovasi Penelitian, 3(3), 5377–5388.
Daryanto, T. S., Agustin, D., & Pongtuluran, E. (2023). Peningkatan Kapasitas Manajerial dan Kompetensi Pedagogik Bagi Pengelola dan Fasilitator Sekolah Lansia Di DKI Jakarta. JURNAL Comunità Servizio : Jurnal Terkait Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat, Terkhusus Bidang Teknologi, Kewirausahaan Dan Sosial Kemasyarakatan, 5(1), 1133–1146. https://doi.org/10.33541/cs.v5i1.4630
Fitriani, Y., & Febrieta, D. (2024). Menggapai Bahagia dan Sejahtera di Masa Tua: Implementasi Program Sekolah Lansia untuk Peningkatan Kualitas Hidup. Jurnal Pengabdian Masyarakat Bangsa, 2(4), 931–938. https://doi.org/10.59837/jpmba.v2i4.926
Handoyo, E. (2010). Kebijakan Publik sebagai Kebijakan Publik. Jurnal MEDTEK, 2(3), 78–91.
Kartika, I., Barmawi, F. H., & Yuningsih, N. (2024). VISA : Journal of Visions and Ideas Kepemimpinan Ideal di Era Milenial VISA : Journal of Visions and Ideas. Visa, 4(1), 104–113.
Rahmad, B., Febriansyah, D., & Priambodo, B. (2024). Efektivitas Program Permakanan dalam Meningkatkan Kualitas Hidup Lansia Miskin di Kota Surabaya. 5(2). https://doi.org/10.53682/jpjsre.v5i2.9722
Sembodo, T. (2021). Upaya Pemberdayaan Masyarakat pada Lansia dalam Pembangunan Kesehatan di Indonesia. (December), 0–8. Retrieved from https://www.researchgate.net/profile/Theodorus-Sembodo/publication/357366037_Upaya_Pemberdayaan_Masyarakat_pada_Lansia_dalam_Pembangunan_Kesehatan_di_Indonesia_Community_Empowerment_Efforts_for_the_Elderly_in_Health_Development_in_Indonesia/links/61ca84b8
Situmorang, C. H. (2016). Dr. Drs. Chazali H. Situmorang, Apt, M.Sc. Social Security Development Institute (Ssdi), 324.
Tuwu, D., & La Tarifu. (2023). Implementasi Program Posyandu Lansia Untuk Menjaga Kesehatan Lanjut Usia. Journal Publicuho, 6(1), 20–29. https://doi.org/10.35817/publicuho.v6i1.72
Windani, D. A., & Rosdiana, W. (2025). Implementasi Kebijakan Program SELANTANG (Sekolah Lansia Implementation of the “Sri Rejeki” SELANTANG (Resilient Elderly School) Program Policy in Babatan Village, Surabaya City. Inovant, 4(2), 59–75.
Yuswantina, R., Vifta, R. L., & Susilo, J. (2019). Program Pendampingankader Lanjut Usia Melalui Kegiatan Bina Keluarga Lansia Di Desa Lerep Kecamatan Ungaran Barat. Indonesian Journal of …, 1161. Retrieved from https://jurnal.unw.ac.id/index.php/IJCE/article/view/214
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 JURNAL PARADIGMA : Journal of Sociology Research and Education

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.






