Memahami Dinamika Komunikasi Gen Z melalui Self Presentation Pasca Putus di Instagram
DOI:
https://doi.org/10.53682/8ztcb805Keywords:
Dinamika Komunikasi, Self-Presentation, Pasca Putus, Gen Z, InstagramAbstract
Putus cinta merupakan pengalaman emosional yang mempengaruhi dinamika komunikasi dan ekspresi diri terutama pada Gen Z yang dekat dengan media sosial Penelitian ini bertujuan untuk memahami dinamika komunikasi dan strategi self presentation < em>pasca putus pada Gen Z di Instagram karena fase setelah putus cinta memunculkan masalah komunikasi yang kompleks seperti kebutuhan untuk menata ulang identitas diri mengelola emosi mengatur audiens serta memanfaatkan berbagai fitur Instagram untuk menyampaikan pesan secara tidak langsung sebagai proses yang belum banyak dipahami secara mendalam terutama terkait bagaimana setiap fitur Instagram membentuk cara Gen Z mengekpspresikan perubahan emosional pasca putus Penelitian ini menggunakan teori dinamika komunikasi untuk melihat bagaimana pengalaman emosional interkasi sosial dan kondisi lingkungan membentuk perubahan komunikasi serta teori self presentation < em>untuk menganalisis strategi pengelolaan citra diri pasca putus Kualitatif deskriptif digunakan sebagai metode dengan paradigma konstruktivisme karena penelitian ini menekankan makna subjektif yang dibangun informan melalui pengalaman personalnya Data diperoleh melalui observasi digital dan wawancara mendalam terhadap lima informan Gen Z yang aktif menggunakan Instagram setelah putus cinta Hasil penelitian menunjukkan bahwa Instagram digunakan sebagai sarana stabilisasi diri dan pemulihan identitas digital melalui perubahan cara berpikir pengaturan batas komunikasi serta pengelolaan ekspresi emosional Strategi self presentation < em>yang dominan adalah ingratiation < em>dan supplication < em>untuk menampilkan citra kuat sekaligus meluapkan emosi secara aman Kombinasi dinamika komunikasi dan self presentation< em> tersebut memperlihatkan bahwa Instagram berfungsi sebagai ruang pemulihan emosional negosiasi identitas dan pengelolaan citra diri bagi Gen Z pasca putus < p>
References
Abdussamad, J., Sopingi, I., Setiawan, B., & Sibua, N. (2024). Research Methods: Quantitative, Qualitative, and Mixed Methods (Metode Penelitian: Kuantitatif, Kualitatif, dan Mixed Methode). PT Media Penerbit Indonesia.
Agil, S. H., & Khadijah. (2025). Dampak Pacaran Generasi Z terhadap Kesehatan Mental. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD FKIP Universitas Mandiri, 11(2), 254–271.
Arnani, N. P. R. (2023). Presentasi Diri Online di Media Sosial Instagram. Journal of Education for All, 1(2), 155–162. https://doi.org/10.61692/edufa.v1i2.39
Aufany, H. R. (2025). Dinamika Komunikasi Interpersonal Ketergantungan Bermain Game Online Mobile Legends Dalam Pembentukan Diri Di Kalangan Remaja Desa Koto Tibun. http://repository.uin-suska.ac.id/86978/
Handayani, T., & Herawati, D. M. (2022). Penggunaan Fitur Instagram Stories Sebagai Selective Self Presentation Pada Wanita Generasi Z. Promedia (Public Relation Dan Media Komunikasi), 8(1), 1–28.
Humbertus, P., Jayanti, L. G. L. E., Cuo, F. O., Laumanto, F., & Pradnya, P. C. (2022). Kecenderungan Pembentukan Inauthentic Self-Presentation Pengguna Instagram. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(5), 1707–1715. http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jpdk/article/view/6867%0Ahttp://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jpdk/article/download/6867/5178
Laksmana, M. K. S., Naryoso, A., & Rakhmad, W. N. (2024). Pengelolaan Privasi pada Pekerja Kreatif Pengguna Media Sosial Instagram. Jurnal Undip, 12(2), 246–258. https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/interaksi-online/article/view/43792
Manalu, S. R. (2017). Penggunaan Media Sosial dalam Dinamika Hubungan pacaran: Studi terhadap Penggunaan Instagram pada Pasangan Berpacaran. Interaksi Online, 5(4), 1–10.
Nurfajriani, W. F., Ilhami, M. W., Mahendra, A., Sirodj, R. A., & Afgani, M. W. (2024). Triangulasi Data Dalam Analisis Data Penelitian Kualitatif. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 17(September), 826–833. https://doi.org/https://doi.org/10.5281/zenodo.13929272
Price, M., Hides, L., Cockshaw, W., Staneva, A. A., & Stoyanov, S. R. (2016). Young love: Romantic concerns and associated mental health issues among adolescent help-seekers. Behavioral Sciences, 6(2), 7–10. https://doi.org/10.3390/bs6020009
Pudrianisa, S. L. G. (2022). Komunikasi simbolik kelompok Gay Semarang. Jurnal Studi Komunikasi (Indonesian Journal of Communications Studies), 6(2), 699–718. https://doi.org/10.25139/jsk.v6i2.4929
Putri, S. N. R. (2024). Pengaruh Self-Esteem dan Self-Consciousness terhadap Self-Presentation pada mahasiswa pengguna media sosial Instagram. UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
Ruliana, P., & Lestari, P. (2019). Teori komunikasi. PT RajaGrafindo Persada.
Sahid, I., Muhammad, A., & Amali, T. (2025). Analisis Hubungan dan Komunikasi Pada Fase Relapse Pasca Putus Cinta antara Laki-laki dan Perempuan di Yogyakarta. Jurnal Komunikasi Nusantara, 7, 241–250. https://doi.org/https://10.33366/jkn.v%vi%i.2502
Sarah Sitinjak, E., Bagus Gde Pujaastawa, I., & Restu Darmawan, D. (2024). Fenomena Ghosting dalam Hubungan Virtual di Kalangan Mahasiswa Fakultas Ilmu Budaya Universitas Udayana. Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 3(8), 224–233.
Sari, W. P., & Kusuma, R. S. (2018). Presentasi Diri dalam Kencan Online pada Situs dan Aplikasi Setipe dan Tinder. Mediator: Jurnal Komunikasi, 11(2), 155–164. https://doi.org/10.29313/mediator.v11i2.3829
Siniwi, N., & Lestari, S. B. (2018). Proses komunikasi untuk mempertahankan hubungan berpacaran. Interaksi Online, 7(1), 1–9.
Yoanita, D., Chertian, V. G., & Ayudia, P. D. (2022). Understanding gen z’s online self-presentation on multiple Instagram accounts. Jurnal Studi Komunikasi (Indonesian Journal of Communications Studies), 6(2), 603–616. https://doi.org/10.25139/jsk.v6i2.4922
Zulfirman, R. (2022). Implementasi Metode Outdoor Learning dalam Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Agama Islam di MAN 1 Medan. Jurnal Penelitian, Pendidikan Dan Pengajaran: JPPP, 3(2), 147–153. https://doi.org/10.30596/jppp.v3i2.11758
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 JURNAL PARADIGMA : Journal of Sociology Research and Education

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.






