Pengaruh Komunikasi Organisasi terhadap Kinerja Karyawan dengan Kepuasan Kerja sebagai Variabel Intervening pada Karyawan Rumah Makan Pujasega Garut

Authors

  • Resti Listian Universitas Garut
  • Rohimat Nurhasan Universitas Garut

DOI:

https://doi.org/10.53682/ejgtce69

Keywords:

Komunikasi Organisasi, Kinerja Karyawan, Kepuasan Kerja

Abstract

Studi ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh komunikasi organisasi terhadap kinerja karyawan, dengan kepuasan kerja sebagai variabel perantara pada Rumah Makan Pujasega Garut. Dasar penelitian ini terletak pada pentingnya penerapan komunikasi yang efektif guna memperlancar koordinasi dan meningkatkan produktivitas karyawan di sektor jasa, terutama industri kuliner. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei, di mana kuesioner disebarkan kepada seluruh 50 karyawan Rumah Makan Pujasega Garut sebagai responden (menggunakan teknik census sampling atau sampling jenuh). Analisis data dilakukan menggunakan metode Structural Equation Modeling – Partial Least Square (SEM-PLS) dengan bantuan aplikasi SmartPLS. Penelitian ini menunjukkan bahwa komunikasi organisasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan, baik secara langsung maupun melalui perantara kepuasan kerja. Hasil tersebut menunjukkan bahwa kepuasan kerja berperan penting sebagai variabel mediasi dalam hubungan antara komunikasi organisasi dan kinerja karyawan. Dengan demikian, optimalisasi komunikasi internal dapat dijadikan langkah strategis untuk memperkuat motivasi, loyalitas, dan produktivitas karyawan, khususnya di sektor jasa..

References

Aghighi, M., Z. Z. R., & M. B. (2025). The role of skill, expertise, and organizational resources in a competitive environment: A case study of Tehran municipality. Journal of Value Creating in Business and Management, 13(2), 120–136.

Agung, A., Wimanta, G., Bawantu, W., & Suwandana, I. G. M. (2024). The influence of organizational communication on employee performance mediated by employee job satisfaction at the Denpasar City Health Office. 4, 25–41.

Al-Swidi, A., & A. Y. M. (2020). The impact of transformational leadership on employees’ performance: The mediating role of job satisfaction. International Journal of Business and Management, 15(7), 1–15.

Azwina, D., & Yusuf, S. (2020). Pengaruh komunikasi organisasi terhadap kinerja karyawan pada PT. Gapa Citramandiri, Radio Dalam – Jakarta Selatan. 3(1), 28–43.

Comunication, I., & Darussalam, M. (2025). Pengaruh iklim komunikasi organisasi terhadap motivasi belajar santri language courses. 8(1).

Ghozali, I., & L. H. (2015). Partial least squares: Konsep, teknik, dan aplikasi menggunakan SmartPLS 3.0. Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Haryono, S., & W. P. (2015). Structural Equation Modeling (Untuk penelitian manajemen menggunakan AMOS 18.00).PT Intermedia Personalia Utama.

Hasan, T., & Sadat, A. (n.d.). Dynamics of job satisfaction in Bangladesh’s banking sector: Implications for employee engagement and organizational success. JBEO, 6(4).

Adawiah, A., & P. K. C. P. Sengkang. (2025). Pengaruh kepuasan kerja terhadap kinerja karyawan pada PT. Bank. 8(April), 114–127.

Islami, A. N., Fridha, M., Palupi, T., & Romadhan, M. I. (2021). Pengaruh komunikasi organisasi terhadap kinerja karyawan di PT. Feva Indonesia. 7(1), 60–68.

Mendis, M. D., & W. W. A. (2020). The impact of job satisfaction on employee performance: A study on government sector employees in Sri Lanka. International Journal of Human Resource Studies, 10(2), 95–115.

Milenia, T. A. (2019). Pengaruh knowledge management terhadap keberhasilan UMKM dengan kompetensi sebagai variabel intervening (Kasus pada UMKM di Kabupaten Sidoarjo).

Nurhasan, R. (2017). Kepuasan kerja dan loyalitas generasi-Y. Jurnal Wacana Ekonomi, 17(1), 13–23.

Pablo, J., Castro, G., Fernando, D., Ramírez, D., & Moscoso, J. (2021). The relationship between intellectual capital and financial performance in Colombian listed banking entities. Asia Pacific Management Review, 26(4), 237–247. https://doi.org/10.1016/j.apmrv.2021.03.002

Pengembangan, D. A. N., Terhadap, K., & Karyawan, K. (n.d.). Kabupaten Malang, 1–6.

Perubahan, D. A. N., & Konsumen, P. (2023). Partial Least Squares–Structural Equation Modeling: Kebiasaan baru masa pandemi COVID-19, 2, 1233–1246.

Prinandita, S., & Nurdin, S. (n.d.). Pengaruh komunikasi organisasi terhadap kinerja karyawan dengan kepuasan kerja.

Rachman, R. M., Yuniarsih, T., & Sojanah, J. (2022). Peranan komunikasi dalam perilaku organisasi pada reposisi jabatan Sekolah Tinggi Desain Indonesia. 13(30).

Rahmawati, Z., Bisnis, D. M., & Bisnis, F. (2019). Hubungan job-related factors terhadap work-life balance dan kepuasan kerja pada pekerja generasi milenial. 8(2), 3–8.

Rizal, M., Wakhid, N., Mardalis, A., & Universitas Muhammadiyah Surakarta. (2024). Pengaruh komunikasi, komitmen organisasi secara virtual, dan kepuasan kerja terhadap kinerja karyawan: Studi kasus pada RSU PKU Muhammadiyah Delanggu. 17(1), 910–923.

Salsabilla, & Nurhasan, R. (2025). Kepuasan kerja sebagai mediator dalam pengaruh work-life balance terhadap kinerja karyawan. Journal of Sociology Research and Education, 6(1). https://doi.org/10.53682/jpjsre.v6i1.11780

Soboohi, A., H. H., & D. A. (2025). Modeling organizational justice and job satisfaction with the mediating role of organizational indifference. Management and Educational Perspective Journal, 7(1), 45–67.

Vivaldy, J. C., Toni, N., & Universitas Pembangunan Indonesia. (2020). Bisnis dan Manajemen. 13(1), 69–80. https://doi.org/10.26740/bisma.v13n1.p69-80

Wicaksana, I. G. A., R. I. G., & P. M. S. (2022). Pengaruh komunikasi organisasi terhadap kinerja karyawan melalui kepuasan kerja sebagai variabel mediasi. Jurnal Manajemen dan Bisnis, 19(2), 145–156.

Zarin Negar, N., & N. M. (2025). Improving employee performance through internal marketing and organizational learning: The mediating role of organizational innovation. Journal of New Achievements in Management and Marketing, 9(1), 78–94.

Zhang, J., W. Y., & L. H. (2022). Exploring the mediating effect of organizational commitment between job satisfaction and job performance. Frontiers in Psychology, 13.

Published

2025-12-16

How to Cite

Pengaruh Komunikasi Organisasi terhadap Kinerja Karyawan dengan Kepuasan Kerja sebagai Variabel Intervening pada Karyawan Rumah Makan Pujasega Garut. (2025). JURNAL PARADIGMA : Journal of Sociology Research and Education, 6(2), 1204-1215. https://doi.org/10.53682/ejgtce69