Manajemen Kesan Mahasiswi Berhijab Perokok di Ruang Publik Sebagai Implementasi dari Pengalaman Hidup
DOI:
https://doi.org/10.53682/jpjsre.v4i2.7628Keywords:
Female, Student, Hijab, & CigarettesAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengalaman dan keputusan mahasisiwi berhijab perokok dalam menentukan upaya manajemen kesan ketika di ruang publik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini berbasis kualitatif dengan pendekatan fenomenologi pengalaman sadar dari perempuan berhijab perokok, khususnya mahasiswi melalui penggalian makna secara mendalam mengenai upaya manajemen kesan yang dipengaruhi oleh pengalaman dan keputusan dalam menjalani hidup sebagai perokok. Hasil daripada penelitian ini ialah diperoleh beberapa pengalaman dalam memutuskan diri untuk menjadi seorang perokok yang diantaranya melalui pengaruh teman sebaya, pengaruh keluarga, keputusan secara pribadi serta alasan untuk menghilangkan stress akademik. Mengenai prasangka buruk, mayoritas informan juga meyakini adanya hal demikian. Terlebih mereka mengenakan hijab dalam keseharian, sehingga membuat mereka harus melakukan manajemen kesan dalam menjalankan kebiasaan merokok terutama ketika di ruang publik. Manajemen kesan ditunjukkan secara teoritis melalui konsepsi dramaturgi yang terdiri dari ranah front stage dan back stage. Pada front stage ditunjukkan informan dengan menghindari kebiasaan merokok mereka ketika orang tua, kemudian ketika di ruang publik tertentu seperti tempat yang ramah keluarga, serta lingkungan kampus. Sedangkan pada back stage, mahasiswi berhijab perokok atau informan merasa lebih leluasa menunjukkan keterbukaan diri mereka ketika bersama teman-teman terdekat, bahkan beberapa informan terkadang melepas hijab untuk menunjukkan sisi keterbukaan diri sebagai perokok.
References
Akbar, F. M. R. (2020). Mahasiswi Perokok: Studi Fenomenologi Tentang Perempuan Perokok di Kampus. Jurnal Sosiologi Dialektika, 15(1), 33–40. https://doi.org/10.20473/jsd.v15i1.2020.33-40
Bachtiar, D. (2020). Masih Remaja Sudah Mulai Merokok? Ini Dampak dan Bahayanya. Emc.Id. https://www.emc.id/id/care-plus/masih-remaja-sudah-mulai-merokok-ini-dampak-dan-bahayanya
Bramantyo, B. D., & Wulandari, C. (2020). Pemahaman Makna Hijab Vapers dalam Menggunakan Vape. WACANA, Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi, 19(2), 263–273. https://doi.org/10.32509/.v19i2.1142
Christy, D. (2012). Rokok dan Jilbab. In W. Nugroho (Ed.), Perempuan Berbicara Kretek (1st ed., pp. 1–320). Jakarta Pusat: Indonesia Berdikari.
Dihni, V. A. (2022). Persentase Perokok Usia di Atas 15 Tahun di Lampung Tertinggi Nasional pada 2021. Databooks.Katadata.Id. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2022/02/07/persentase-perokok-usia-di-atas-15-tahun-di-lampung-tertinggi-nasional-pada-2021
Duhri, M. K. (2021). Perokok Aktif di Soloraya: Sragen Tertinggi – Sukoharjo Terendah. Solopos.Com. https://www.solopos.com/perokok-aktif-di-soloraya-sragen-tertinggi-sukoharjo-terendah-1112968
Fakriah, N. (2020). Hijab: Konsep Gender Space dalam Arsitektur Vernakular Aceh. Gender Equality International Journal of Child and Gender Studies, 6(1), 109–120. http://dx.doi.org/10.22373/equality.v6i1.6597
Fitriana, K. R. (2019). Efek Konsumsi Alkohol dan Merokok Pada Wanita Hamil. Jurnal Ilmiah Kesehatan Sandi Husada, 10(2), 233–237. https://doi.org/10.35816/jiskh.v10i2.159
Goffman, E. (1959). The Presentation of Self in Everyday Life (1st ed.). New York: Doubleday Anchor Books.
Hamzah, A. (2020). Metode Penelitian Fenomenologi Kajian Filsafat dan Ilmu Pengetahuan (N. A. Rahma (ed.); 1st ed.). Malang: Literasi Nusantara.
Irawan, I. B. (2012). Teori-Teori Sosial dalam Tiga Paradigma (Y. Rendy (ed.); 1st ed.). Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.
Irwan. (2017). Etika dan Perilaku Kesehatan (1st ed.). Bantul: CV. Absolute Media.
Jayani, D. H. (2019). Berapa Persentase Perokok Remaja Perempuan dan Laki-Laki di ASEAN? Databooks.Katadata.Id. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2019/09/09/berapa-persentase-perokok-remaja-perempuan-dan-laki-laki-di-asean
Karini, T. A., & Padmawati, R. S. (2018). Fenomena Sosial Unik pada Perokok Wanita di Kabupaten Lebong Bengkulu Indonesia. Berita Kedokteran Masyarakat, 34(1), 19–24. https://doi.org/10.22146/bkm.26942
Miles, M. B., & Huberman, A. M. (1994). Qualitative Data Analysis (R. Holland (ed.); 2nd ed.). Thousand Oaks, California: SAGE Publications.
Munir, M. (2018). Pengetahuan dan Sikap Remaja Tentang Risiko Merokok Pada Santri Mahasiswa di Asrama UIN Sunan Ampel Surabaya. Klorofil: Jurnal Ilmu Biologi Dan Terapan, 1(2), 93–104. http://dx.doi.org/10.30821/kfl:jibt.v1i2.1602
Saputra, I. P. W., & Hasrin, A. (2022). Dekonstruksi Ideologi Feminisme pada Kehidupan Perempuan Pesisir Pantai Hyatt, Sanur-Bali. Jurnal Paradigma: Journal of Sociology Research and Education, 3(2), 95–104. https://doi.org/10.53682/jpjsre.v3i2.5577
Sawitri, H., Maulina, F., & Aqsa, R. K. D. (2020). Karakteristik Perilaku Merokok Mahasiswa Universitas Malikussaleh 2019. Jurnal Averrous, 6(1), 78–86. https://doi.org/10.29103/averrous.v6i1.2663
Setyawan, A. (2019). Merokok dalam Arena Dominasi Kapital dan Religi: Suatu Kajian Teoritik. Mubarrik: Jurnal Dakwah Dan Sosial, 2(2), 115–124. https://doi.org/10.5281/zenodo.3544201
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D (1st ed.). Bandung: Alfabeta.
Tryastuti, D., & Widayaningsih, F. D. (2022). Hubungan Personal Factors dan Interpersonal Influences Dengan Perilaku Merokok Pada Remaja Perempuan. REAL in Nursing Journal, 5(2), 128–143. https://doi.org/10.32883/rnj.v5i2.1993
Wahyuni, H., Putri, R., Putri, P., Yusrini, N., Istiqomah, S. P., Ramadhani, F., & Kharisma, I. (2023). Edukasi Pentingnya Self Disclosure Remaja Kepada Orang Tua dengan Menggunakan Media Leaflet di Kelas VIII E SMA Negeri 11 Kota Jambi. Jurnal Paradigma: Journal of Sociology Research and Education, 4(1), 31–36. https://doi.org/10.53682/jpjsre.v4i1.6742
Yanuar, D., Anisah, N., Sartika, M., & Rahman, R. (2021). Impression Management Perempuan Perokok Di Kota Banda Aceh. Expose: Jurnal Ilmu Komunikasi, 6(1), 14–33. https://doi.org/10.33021/exp.v4i1.1443
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 JURNAL PARADIGMA : Journal of Sociology Research and Education
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.